10 Cara Melakukan Pendekatan dengan Konsumen Potensial Anda

Dalam dunia bisnis, para pelanggan adalah kunci utama yang bisa membuat bisnis Anda berkembang. Dari merekalah, Anda akan tahu seberapa baik atau buruknya kualitas produk yang Anda pasarkan.

Jika memang produk yang Anda jual memiliki kualitas yang baik, maka pelanggan pun tak akan ragu untuk membelinya. Namun, pada prakteknya setiap pebisnis sekalipun sudah memiliki brand ternama perlu strategi khusus untuk mendapatkan konsumen terutama konsumen potensial.

konsumen potensial ini berpeluang besar untuk bisa menjadi konsumen setia Anda yang secara tidak langsung akan memasarkan produk Anda tanpa diminta.

Selain itu, mereka pun akan menjadi bagian terpenting pada bisnis Anda untuk bisa memproduksi produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Bila hal ini terjadi, akan sangat menguntungkan Anda karena produk yang dibuat sesuai dengan target pemasaran.
Tentunya untuk menghadapi konsumen potensial ini tidak mudah karena mereka akan menanyakan segala tentang produk Anda mulai dari harga, kualitas, dan sebagainya.

Oleh karena itu, Anda dan tim marketing membutuhkan pendekatan khusus bagi konsumen potensial. Jangan sampai, mereka kecewa karena pelayanan perusahaan Anda untuk merespon setiap pertanyaannya diabaikan begitu saja.

Baca juga : 7 Tips Sukses Menjaga Loyalitas Pelanggan Agar Bisnis Melejit

Lalu, pendekatan seperti apakah yang harus dilakukan oleh Anda kepada konsumen potensial? Berikut ulasannya yang akan dirangkum dalam 10 tips sukses melakukan pendekatan dengan konsumen potensial.

Tips Sukses Melakukan Pendekatan Kepada Konsumen Potensial

1. Menentukan Target Konsumen Potensial

Setelah Anda membuat produk, langkah selanjutnya adalah menentukan target konsumen potensial Anda.

Target tersebut dibuat berdasarkan usia dan juga kebermanfaatan produk bagi konsumen. Dengan begitu, Anda tak akan sulit untuk mencari konsumen potensial.

Langkah ini perlu untuk Anda lakukan, sebelum melakukan pendekatan lainnya kepada konsumen potensial Anda.

Sebagai contoh, produk yang Anda keluarkan adalah hijab maka target konsumen yang bisa dibidik adalah wanita muslimah.

2. Menggunakan Harga Ganjil pada Setiap Produk Anda

menjaga konsumen potensial

Tentunya Anda pernah melihat sebuah harga yang dibanderol pada sebuah produk dengan harga yang ganjil. Harga ganjil yang dimaksud seperti 99.900, 199.900, 299.900, dan seterusnya.

Harga yang dibuat tersebut merupakan suatu pendekatan untuk bisa mendapatkan konsumen potensial. Harga yang dipasang tersebut, secara psikologis daapt ditangkap dengan cepat oleh para konsumen.

Mereka akan menyangka bahwa harga 200,000 tersebut masih diangka seratus ribu atau 199,9000. Namuan, ketika konsumen tersebut hendak membayarnya tak akan menolak bila mengeluarkan sebuah nominal dua ratus ribu.

Hal tersebut bukan sebagai pembodohan atau penipuan. Melainkan strategi marketing yang banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis.

3. Buat Iklan Pemasaran yang Sesuai dengan Target Konsumen

Langkah berikutnya, untuk melakukan pendekatan kepada konsumen potensial Anda dengan membuat iklan yang sesuai dengan mereka.

Iklan pemasaran yang dimaksud bisa dengan melalui broadcast lewat sosial media. Bila target Anda adalah seorang pebisnis maka bahasa yang digunakan adalah formal. Lain halnya dengan anak muda, bisa menggunakan bahasa yang sesuai dengan mereka.

Baca juga : Pemasaran efektif : 15 Cara promosi produk online ataupun offline

Selain lewat sosial media, bisa pula membuat pamflet yang disesuaikan dengan target pasar. Konsep yang diusung pun hampir sama, pilih warna, gambar, bahasa, dan front tulisan yang memang sesuai dengan mereka.

4. Tidak Ragu untuk Memberikan Garansi

Saat Anda membeli produk pasti pernah menemukan sebuah tulisan dalam kemasan yang cukup menarik. Tulisan tersebut bisa membuat Anda yakin untuk membeli produk yang diinginkan.

Tulisan tersebut tidak lain adalah sebuah kata seperti “Tidak Puas, Uang Kembali”. Pemberian garansi dengan kata-kata tersebut tentunya mengisyaratkan bahwa Anda membuat sebuah produk yang terjamin kualitasnya.

Dengan begitu, konsumen potensial ini tidak akan lama untuk berpikir dan kemungkingkan besar produk tersebut akan dibelinya. Jika tidak, bisa jadi harga yang dibanderol terlalu mahal atau ada pertimbangan lainnya.

5. Mengikut Pameran atau Menjadi Sponsor dalam Acara

Jika produk Anda tergolong baru, tak ada salahnya untuk mempromosikan produk tersebut lewat sebuah pameran atau menjadi sponsor dalam acara.

Mengikuti sebuah pameran, merupakan salah satu langkah efektif untuk bisa mengenalkan produk Anda kepada khalayak umum.

Dalam pameran tersebut, Anda pun akan bertemu dengan calon konsumen potensial secara langsung.

Selain mengikuti pameran, bisa pula untuk menjadi sponsor dalam sebuah acara. Tentu dalam hal ini produk yang Anda buat bisa lebih dikenal. Dan untuk mendapatkan konsumen potensial pun akan lebih besar lagi.

Untuk menjadi sponsor tidak harus selalu menggunakan uang, bisa pula dengan memberikan produk Anda yang biasanya dijadikan sebagai doorprize untuk para peserta.

Keuntungan dalam melakukan langkah tersebut, selain bertemu dengan konsumen potensial produk Anda pun akan semakin dikenal.

6. Lakukan Promo Buy 1 Get 1

Cara berikutnya untuk melakukan pendekatan dengan konsumen potensial Anda adalah dengan melakukan promo Buy 1 Get 1.

Dengan melakukan promo tersebut, konsumen potensial Anda akan tertarik karena merasa diuntungkan dengan pembelian produk tersebut.

Tentunya yang menarik dari promo ini adalah kata “gratis” yang memang dikemas dengan cara lain. Sebagian besar cara yang dipakai oleh marketing ini terbukti berhasil.

Tetapi untuk melakukan promo ini sebaiknya biasa dianalisa terlebih dahulu lewat harga dan juga keuntungan yang didapat.

Penerapan promo ini, bisa dilakukan di event-event besar misalnya saat hari raya, awal serta akhir tahun, dan saat liburan.

7. Melakukan Event Promo Terbatas

Selain menerapkan promo buy 1 get 1, jangan pluap pula untuk menerpakan event promo lainnya yang bisa bersifat harian atau bulanan.

Strategi ini tentunya, sudah banyak yang mengguankan karena memang terbukti cukup efektif. Event promo ini biasanya akan ditunggu oleh para konsumen terutama para konsumen potensial Anda.

Event promo yang dibuat pun bisa bermacam-macam, contohnya saja promo khusus untuk konsumen wanita di hari tertentu, melakukan obral besar-besaran dalam waktu 1-3 jam, gratis produk lain untuk 10 orang pembeli pertama, dan lain sebagainya.

Semakin unik membuat promo, maka semakin bear pula kesempatan untuk menemukan konsumen potensial Anda.

8. Berikan Pelayanan Terbaik untuk Konsumen Potensial Anda

Pembeli adalah raja yang memang harus dilayani sebaik mungkin. Tentunya perumpamaan ini sudah banyak diketahui oleh orang lain terutama para pelaku bisnis.

Karena hal itulah, setiap orang yang berbisnis memiliki caranya sendiri untuk melayani konsumen. Bentuk pelayanan yang banyak dilakukan oleh orang-orang adalah dengan ramah dan murah senyum dalam melayani konsumen.

Selain bentuk pelayanan tersebut, ada hal lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memberikan harga atau pelayanan khusus kepada konsumen potensial Anda saat mereka berulang tahun.

Para konsumen tersebut tentunya akan merasa senang dan sangat dihargai karena mendapatkan pelayanan yang terbaik di hari ulang tahunnya.

Jika pelayanan tersebut akan ada lakukan, maka mau tidak mau And aharus bisa mendapatkan informasi tentang data diri konsumen pelanggan Anda.

9. Follow Up dengan Benar

Ternyata dalam ilmu bisnis, untuk memfollow up seseorang hingga closing membutuhkan ilmu khusus dalam melakukannya. Artinya ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan hingga konsumen potensial Anda benar-benar ingin menggunakan produk yang dijual.

Dilansir dalam website livechatinc.com, ada 3 hal yang harus dilakukan seseorang untuk memfollow up konsumen potensialnnya, yaitu :

  1. Saat Anda menghubungi konsumen dan memperkenalkan diri, biarkan konsumen Anda untuk beberapa menit saja mengingat Anda tanpa harus diberitahu. Akan lebih bagus bila konsumen pun mengingat tentang percakapan Anda beberapa waktu lalu. Karena hal tersebut akan memudahkan untuk melakukan penawaran bahkan untuk bisa closing.
  2. Pastikan bahwa konsumen potensial Anda mengetahui bahwa tujuan Anda untuk menghubunginya adalah untuk menawarkan solusi yang tepat tentang kebutuhan mereka.
  3. Jika situasi tidak memungkinkan, jangan langsung closing saat itu. Namun Anda harus melakukan beberapa tahap follow up kembali seperti meneloponnya-mengirimkan email, mengirimkan BC lewat sosmed-kembali meneloponnya untuk melakukan closing.

Oleh karena itu, tak bisa diprediksi kapan follow up tersebut harus berakhir. Hanya saja, Anda pun tak bisa memaksa atau menghubungi terus menerus. Karena dengan melakukan hal tersebut tanpa cara yang benar akan membuat mereka risih dan juga menghindari dari Anda.

10. Mengevaluasi Produk

menjaga konsumen potensial melalui strategi diskon

Seringnya Anda bertemu dengan konsumen potensial secara tidak langsung bisa membuat Anda untuk lebih baik lagi dalam membuat produk yang dipasarkan.

Karena dengan seringnya bertemu, Anda kan mengetahui selera dan keinginan yang mereka butuhkan. Tentunya kan menjadi ipnut tersendiri untuk melakukan evaluasi dan perubahan pada produk Anda.

Bila produk yang dihasilkan semakin baik, maka konsumen potensial Anda akan menjadi konsumen paling loyal karena mengetahui kualitas dari produk yang Anda jual.

Hal tersebut, memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi, bila hasilnya sangat menguntungkan bagi Anda jangan pernah menyerah untuk melakukannya.

Ciri-Ciri Konsumen Potensial

Sebelum melangkah pada pembahasan tips sukses melakukan pendekatan dengan konsumen potensial, ada baiknya terlebih dulu untuk membahas mengenai ciri dari konsumen potensial. Mengetahui ciri ini diperlukan, agar tidak salah dan juga buang waktu dalam melakukan pendekatan.

Adapun ciri-ciri konsumen potensial yang wajib untuk Anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Terjadinya Tawar Menawar yang Berkepanjangan

Salah satu ciri konsumen potensial yang bisa terdeteksi adalah terus menerus melakukan tawar menawar. Konsumen tersebut, berusaha untuk mendapatkan harga termurah dari Anda.

Bila Anda pernah menghadapi konsumen tersebut jangan langsung diabaikan karena mereka merupakan calon potensial yang bisa membuat bisnis Anda berkembang.

Konsumen tersebut terus menawar karena memang sangat berminat terhadap produk Anda. Mereka serius untuk bisa bekerjasama dengan Anda dalam jangka waktu yang panjang.

Oleh karena itu, bila memungkinkan bisa memberikan harga terbaik untuk konsumen potensial. Bila memang tidak bisa, Anda bisa menjelaskannya dengan ramah dan juga terperinci.

2. Aktif Bertanya

Bila Anda calon konsumen yang bertanya bahkan bertanya detail, jangan merasa jengkel atau malas untuk menghadapinya.

Walaupun informasi sudah diinformasikan dengan jelas lewat broadcast atau website Anda, mereka hanya ingin memastikan langsung dari Anda atau tim.

Calon konsumen tersebut adalah calon konsumen potensial Anda yang memang bisa bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda. Oleh karena itu, tetaplah menjawab denga ramah dan sesuai dengan kemampuan Anda.

3. Penuh Pertimbangan

Tentunya banyak yang mengira bahwa seseorang konsumen yang akan membeli, kemudian penuh pertimbangan dari segi waktu dan sebagainya adalah konsumen yang tidak akan membeli produk Anda.

Justru dengan adanya konsumen yang penuh pertimbangan merupakan ciri dari konsumen potensial. Mereka biasanya mempertimbangkan dari segi waktu pengiriman, kelebihan, kekurangan dan juga budget yang dimiliki.

Biasanya mereka pun akan membandingkan harga serta produk dari brand lain. Tentunya Anda harus bersabar dan terus memfollow up konsumen di waktu yang tepat. Yakinkan mereka agar mau untuk membeli produk Anda.

Penutup

Di dunia ini tidak ada yang sulit untuk dijalani, asalkan kita mau untuk bekerja keras. Bila Anda adalah seorang pengusaha yang memang tak kenal menyerah, maka tak ad akata menyerah untuk melakukan pendekatan kepada konsumen potensial.

Jika masih kesulitan untuk melakukannya, Anda bisa melakukan tips sukses di atas untuk bisa melakukan pendekatan dengan konsumen potensial Anda. Semoga bermanfaat dan sukses selalu. ` `

Loading...