Pentingnya Networking Untuk Mengembangkan Bisnis

Networking itu penting bagi pengembangan bisnis. Sekilas mungkin Anda sudah sering mendengarnya. Namun sebenarnya apa sih manfaat dari jaringan itu sendiri secara spesifik bagi bisnis kita?

Dalam dunia bisnis, persaingan adalah sebuah keniscayaan. Semakin ramainya bisnis, maka persaingan akan semakin ketat. Munculnya kompetitor dari bisnis sejenis, kebutuhan dan trend pasar yang berubah, dan lain sebagainya adalah sesuatu yang harus dihadapi.

Saat hal itu terjadi kita tentu tidak bisa bekerja sendirian atau dengan tim yang minimimalis kita saja. Sehingga sebagai pebisnis, kita perlu membangun networking yang luas dan berkualitas.

Networking atau biasa kita kenal juga sebagai ‘silaturahmi’ bisa menjadi salah satu jalan untuk membangun bisnis kita sampai ke puncak. Untuk Anda para pemula, wajib tahu apa sih pentingnya networking, dengan begitu Anda bisa mulai mempersiapkannya dari sekarang.

Penasaran apa saja manfaat networking untuk perkembangan bisnis? Yuk kita bahas satu persatu!

1. Membuka Sudut Pandang Baru

Sumber gambar : unsplash.com/ Bud Helisson

Memang betul, menjalin networking bisa kita jadikan salah satu strategi dalam memgembangkan bisnis. Networking yang bagus memang pada akhirnya akan berpengaruh pada pendapatan usaha kita. Tapi bisnis tidak semata-mata hanya tentang untung, untung dan untung. Justru yang sangat penting bagi pengusaha dalam melangkah adalah ilmu.

Bicara tentang ilmu bisnis dan ilmu terkait lainnya memang tidak akan pernah ada habisnya. Nah, membangun networking adalah salah satu jalan untuk menggali ilmu dan membuka cara pandang kita yang tentu saja tidak bisa di pandang remeh.

Saat kita menjalin hubungan pertemanan, kita pasti akan mengobrol. Pada setiap obrolan santai tentang bisnis maupun pengembangan diri, kita akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda. Nah inilah yang berharga, dari setiap pertemuan silaturahmi.

Dalam suatu obrolan biasanya bisa membuka sudut pandang yang lebih luas. Apalagi jika Anda masih pemula dan orang yang berteman dengan Anda sudah menekuni bidangnya selama bertahun-tahun. Wah, Anda akan kaya sekali.

Kaya dengan ilmu, jika bisa menjalin networking yang baik dengannya. Sudut pandang maupun ilmu yang di dapatkan pastinya akan sangat bermanfaat untuk membangun bisnis Anda kedepannya.

2. Memperluas Pergaulan

Bukan hanya ilmu dan cara pandang yang baru, sebenarnya silaturahmi juga membuat pergaulan kita akan bertambah luas. Kita akan bertemu dengan berbagai macam orang dengan latar belakang dan gaya komunikasi yang berbeda.

Pertemanan bisa terjalin bukan hanya karena adanya kesamaan, tapi juga karena adanya perbedaan. Dari sini kita bisa belajar untuk lebih terbuka dengan yang namanya perbedaan dam kepekaan dalam mengenal kepribadian seseorang semakin tinggi. Yang mana ini adalah kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha.

Baca juga, Ternyata Ini, Skill yang Di miliki Banyak Orang Kaya!

Dengan pergaulan yang luas akan semakin mendewasakan kita dalam menghadapi persoalan. Kita semakin tegas dalam mengambil keputusan dan bisa bersikap santai di sisi lainnya. Ini karena kita sudah bertemu dengan banyak orang sehingga terlatih untuk mengidentifikasi dan memilah hal-hal yang bisa meningkatkan manfaat saat berelasi.

Disisi lain, dalam perjalanan membangun bisnis pasti kita akan menghadapi masa-masa sulit. Namun jika kita memiliki teman di bidang yang sama, minimal kita bisa berbagi dengan orang yang lebih memahami bidang usaha yang kita tekuni. Dengan begitu kita tidak akan merasa sendirian dan akan lebih terbantu secara psikologis saat melewatinya.

3. Mempermudah Kolaborasi/ Kerja sama

Alasan lainnya mengapa networking itu penting untuk mengembangkan bisnis adalah karena dengan terjalinnya hubungan maka akan mempermudah kita dalam berkolaborasi antar bisnis. Namun kerjasama tidak akan bisa terjadi begitu saja bukan?

Apalagi jika kerjasama yang di lakukan dalam bentuk modal usaha misalnya. Kita pastinya perlu mengenal dengan siapa kita akan melakukan kolaborasi. Begitupun sebaliknya. Nah, dengan adanya kolaborasi ini, beban modal tidak akan kita tanggung sendirian melainkan bersama-sama dengan partner kita.

Selain kolaborasi dalam bentuk modal usaha, kolaborasi ini juga bisa terjadi dalam bentuk skill , ide, atau produk. Misalnya saja Anda punya produk makanan tertentu dan partner Anda memiliki usaha di bidang minuman. Karena networking sudah terjalin dengan baik, maka ini memungkinkan Anda dan partner menggabungkan ide untuk membuat paket yang berisi makanan dan minuman dari usaha masing-masing.

Begitupun dalam bentuk skill. Misalnya Anda punya skill menulis dan ingin membangun sebuah media dengan niche tertentu namun memiliki keterbatasan dalam meng-hire karyawan desain. Lalu setelah berdiskusi dengan partner yang memiliki skill desain, Anda dan dia memiliki tujuan yang sama dan bersepakat untuk membuat sebuah media tertentu.

Di banding meng-hire karyawan Anda dan partner bisa menyumbang skill masing-masing. Ini juga merupakan salah satu bentuk dari kolaborasi yang tercipta dari networking. Cita-cita bisa tercapai meski sumber daya terbatas.

4. Belajar Bersaing Secara Sehat

Networking juga membuat kita belajar bersaing secara sehat. Kenapa demikian?

Adanya orang-orang yang memiliki bisnis serupa dengan produk atau konsep yang sama, tidak lantas akhirnya harus saling bermusuhan. Justru dengan komunikasi yang terjalin dengan baik, kita semakin terbiasanya untuk bersaing secara sehat.

Anda bisa membedakan antara urusan bisnis menjadi bidang yang profesional, sementara networking menjadi urusan sosial. Artinya jika berbicara bisnis, maka tinggal bersaing saja secara kinerja. Sementara dalam pertemanan, kita bisa belajar mengenai ilmu dan kebijaksanaan yang berhasil dipelajari dari masing-masing dari usaha yang di tekuni. Tentunya dengan tetap menyadari batasan data yang perlu dan tidak perlu di share.

5. Menambah Second Opinion Sebelum Mengambil Keputusan

Sumber gambar : unsplash.com/ Cherrydeck

Dalam mengambil keputusan penting, tidak jarang kita bingung dengan pilihan-pilihan yang ada atau bahkan justru mendapati jalan buntu. Jika networking terjalin dengan baik apalagi jika Anda di kelilingi orang-orang yang lebih bijak dan lebih sukses dari Anda, maka ini menjadi kesempatan untuk menambah second opinion.

Semakin banyak opini yang Anda terima dari suatu persoalan, maka Anda bisa semakin tajam dalam menganalisa hingga mendapatkan clue dalam mengambil keputusan. Anda bisa bertanya kepada orang-orang yang Anda anggap bisa memberikan opini yang lebih objektif dari permasalahan bisnis yang sedang Anda hadapi. Coba bayangkan jika tidak ada teman yang bisa di ajak berdiskusi!

Bukan tidak mungkin Anda bisa menemukan jawaban, namun pastinya Anda akan kerepotan sendiri. Waktu dan energi yang di butuhkan untuk mengambil keputusan juga akan semakin lama. Padahal tidak semua keputusan penting bisa menunggu untuk mendapatkan dampak yang lebih baik.

6. Menjadi Platform Untuk Promosi

Di awal bisnis, kita pasti menyadari kalau teman, sahabat dan keluarga adalah tempat promosi terbaik untuk bisnis kita. Namun untuk mengembangkan bisnis kita tidak bisa hanya mengandalkan lingkaran relasi itu saja. Oleh karena itu, adanya relasi bisnis juga bisa menjadi media untuk promosi yang juga powerful.

Jika di amati, bisnis yang sukses biasanya sangat akrab di telinga karena di kabarkan dari mulut ke mulut. Kenapa ini bisa terjadi? Salah satunya adalah karena networking.

Coba lihat bisnisnya para influencer. Banyak sekali yang mudah teratensi publik karena selain kekuatan dari para followersnya, mereka juga ikut berpromosi di kanal atau media milik partner. Begitupun sebaliknya. Alhasil, semakin banyak orang yang tahu, bisnis yang di bangun juga semakin banyak di bicarakan dan dikenal masyarakat luas.

7. Bisa Meningkatkan Pendapatan Bisnis

Salah satu hasil yang terlihat dari networking yang terjalin dengan baik adalah meningkatnya pendapatan bisnis. Ini masih berhubungan dengan promosi.

Menjalin networking bisa menjadi salah satu platform promosi yang akhirnya berdampak pada pendapatan bisnis. Mengapa?

Logikanya begini, jika kita mempromosikan bisnis kita kepada orang-orang yang mengenal kita dan bisnis kita seperti kepada ayah, ibu, saudara, teman dan sahabat maka merekapun tidak ‘asal-asalan’ dalam mempromosikannya. Nah dengan networking, bisnis Anda juga bisa jadi di perkenalkan dengan klien atau customer baru. Semakin di kenal banyak orang, bisnis semakin ramai dan akhirnya income pun semakin besar.

8. Membuka Peluang Bisnis Baru

Manfaat networking selanjutnya adalah membuka peluang bisnis baru. Sebab semakin banyak Anda mengenal orang baru yang menekuni berbagai macam bisnis, maka ini juga membuka akan peluang bisnis baru yang memungkinkan untuk di garap.

Tidak menutup kemungkinan kalau partner bisnis Anda yang memiliki bisnis di bidang yang berbeda mengajak untuk join membuka bisnis baru bersamanya. Tentunya ini adalah suatu hal positif ya. Anda maupun partner bisa saling berdiskusi mana yang akan menjadi tugas masing-masing dalam mengembangkan bisnis yang baru.

Baca juga, 10 Tips Memulai Usaha Baru Bagi Pemula Dari Praktisi Bisnis

9. Membuka Kesempatan yang Belum Terpikirkan Sebelumnya

Sumber gambar : unsplash.com/ Razvan Chisu

Pernah menghadapi pikiran buntu dalam mencari peluang bisnis?

Poin ini sebenarnya adalah inti dari networking. Karena sebagai manusia kita tentu bisa menghadapi kebuntuan. Kadang kita ingin menyerah karenanya.

Tapi sebenarnya pikiran kita saja yang sedang stuck. Sebab ketika pikiran stuck bukan berarti tidak ada kesempatan lain di luar sana yang lebih baik. Nah dengan memiliki networking setidaknya akan membantu Anda di saat-saat seperti itu. Mata kita bisa terbuka dengan kesempatan-kesempatan yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Bayangkan jika sedari awal kita menutup komunikasi dengan orang lain?

Kesempatan-kesempatan yang mungkin seharusnya bisa kita raih mungkin tidak akan pernah terbuka. Kita tidak pernah tahu siapa yang bisa menolong kita di masa depan dan juga sebaliknya. Kenyataannya, lebih banyak orang yang kita kenal maka semakin besar peluang untuk menolong ataupun di tolong oleh orang lain saat kita memerlukannya. Tapi tentu, kita juga perlu bijak dalam memilih teman.

Penutup

Dalam dunia bisnis kita pasti membutuhkan partner. Biasanya, ketika bisnis semakin besar maka kita membutuhkan relasi yang lebih luas juga dan tentunya harus berkualitas.

Nah itulah beberapa alasan pentingnya membangun networking untuk mengembangkan bisnis. Jadi ada benarnya orang bilang kalau silaturahmi itu membuka pintu rezeki. Karena dengan menjalin relasi, sebenarnya bukan hanya urusan bisnis yang akan terkena efeknya. Tapi juga secara tidak langsung bisa memenuhi kebutuhan psikologis kita sebagai makhluk sosial yang butuh terhubung dengan orang lain.

Bagaimana, siap membangun networking? Semoga dengan penjelasan diatas bisa menambah wawasan Anda untuk mengembangkan bisnis lebih besar lagi.

Tinggalkan komentar