Inilah 6 Faktor Perempuan Bisa Investasi Lebih Baik Daripada Laki-Laki

Di tengah zaman yang perekonomiannya serba tak menentu, memiliki rencana keuangan yang baik adalah sebuah keharusan.

Apalagi saat ini dunia tengah dilanda pandemi Covid-19, membuat siapapun bisa saja kehilangan penghasilan dalam waktu singkat. Dalam kondisi seperti ini, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah mulai belajar investasi.

Memang, tak dapat dihindari bahwa uang merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia saat ini.

Oleh sebab itu, harus pintar-pintarlah dalam mengatur keuangan agar pendapatanmu tidak habis begitu saja dan lakukanlah sebuah investasi demi masa depan.

Apakah hanya pria saja yang harus memikirkan soal ini secara mereka akan jadi kepala keluarga? Tentu tidak! Perempuan juga wajib tahu seluk-beluk investasi.

Tak berlebihan jika disebutkan kalau pada dasarnya, perempuan lebih baik dalam urusan keuangan. Meskipun saat ini jumlah investor perempuan masih lebih sedikit dibandingkan dengan investor laki-laki.

Namun yang cukup menggembirakan, perkembangan investasi di kalangan wanita saat ini telah mencapai 965% lebih cepat.

Dilansir dari data investasi Indonesia, kini total investor yang telah ada di pasar modal sekitar 476.772 orang wanita.

Baca juga: Inspirasi Model-model Bisnis Menarik dan Powerful Saat ini

Sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan Fidelity Investments pada tahun 2010, menyatakan bahwa para perempuan berhasil mendapatkan return investasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki. Yang mana para pria hanya memiliki return sekitar 0,4% yang lebih rendah dibandingkan perempuan.

Dengan adanya hal tersebut yang membuktikan bahwa perempuan memiliki beberapa faktor yang dapat membuat dirinya menjadi lebih unggul dibandingkan dengan laki-laki.

Dianggap menjadi investor yang lebih baik dibandingkan pria. Mari simak penjelasan lebih lengkap mengenai investasi yang dilakukan oleh perempuan.

Faktor-Faktor Perempuan Lebih Baik Dari Lelaki Saat Investasi

Dilansir dari CNBIndonesia, FX Iwan selaku Founder dan Managing Director dari Jagartha Advisors mengatakan bahwa telah banyak studi penelitian, yang mana menunjukkan perempuan sesungguhnya lebih pintar berinvestasi dibandingkan dengan pria.

Ada beberapa faktor atau karakter yang menyebabkan investor wanita terlihat lebih menonjol, antara lain :

faktor perempuan pandai investasi © christakhova/Freepik
© christakhova/Freepik

1. Sabar Untuk Hasil Lebih Besar

Dari data dunia investasi, kaum perempuan melakukan trading instrumen investasi lebih sedikit dibandingkan dengan investor laki-laki.

Hal tersebut dikarenakan, investor laki-laki memiliki kepercayaan diri yang berlebihan terhadap kemampuan mereka dalam proses menganalisa suatu investasi.

Tingkat kepercayaan diri pada seorang investor tentunya memicu akan semakin banyaknya aktivitas trading yang mungkin untuk dilakukan.

Dengan demikian, dapat membuat terimbas pada biaya dan hasil dari instrumen investasi yang digunakan.

Umumnya, pria cenderung melakukan perdagangan 45% lebih banyak dari investor perempuan. Biasanya perempuan dapat menyikapi hal ini dengan lebih tenang dan lebih memilih bertahan, untuk menghindari sebuah resiko yang besar.

2. Wanita Lebih Terbuka, Pria Lebih Pede

Investor perempuan memiliki karakter yang lebih terbuka dibandingkan dengan sifat investor laki-laki yang cenderung lebih pede dalam melakukan suatu transaksi.

Karakter terbuka ini dimaksudkan bahwa perempuan memiliki sifat yang mau menerima dan mendengarkan masukan atau saran dari berbagai pihak lainnya.

Meskipun perempuan terbuka dengan berbagai hal, Ia tetap realistis dengan keputusan apa yang akan diambil untuk investasi kedepannya.

Berbeda dengan pria yang sangat jarang mendengarkan masukan dari orang lain dan cenderung sangat pede dengan keputusan transaksi yang diambilnya.

3. Bersedia Belajar

Perempuan lebih mau untuk belajar dan meminta saran dari berbagai pihak yang dianggap lebih tahu atau lebih berpengalaman dalam bidang ini.

Faktor ini juga didukung pada penjelasan sebelumnya bahwa perempuan, adalah pribadi yang berpikiran terbuka alias open minded. Mereka tak segan bertanya dan senantiasa belajar, sekalipun mungkin diremehkan.

Sementara laki-laki, kepercayaan diri yang terlalu tinggi membuat harga diri mereka sangat kuat dan banyak yang enggan susah-payah belajar.

Karena bagi laki-laki, yang terpenting adalah langsung bertindak dan belajar dari kesalahan. Mana yang lebih unggul?

Baca juga: Tahapan Menuju Financial Freedom dan Tips Mencapainya

4. Kesabaran Seorang Perempuan

Para investor perempuan pada dasarnya memiliki sifat yang lebih sabar dibanding dengan pria yang umumnya lebih agresif.

Perempuan lebih selektif dalam segala hal yang menurutnya dapat menimbulkan sebuah resiko. Hal inilah yang membuat perempuan memiliki banyak pertimbangan ketika akan melakukan investasi secara berlebihan tanpa adanya pemikiran yang matang.

Kesabaran yang dilakukan oleh perempuan pada dasarnya sedang menandakan sebuah pertimbangan yang sangat matang dibandingkan investor laki-laki.

Dimana sebelum melakukan suatu tindakan yang berisiko pada portfololio investasi, perempuan bakal cenderung berpikir ulang, dengan sangat sabar. Bahkan sekalipun aset yang mereka pilih mendatangkan profit kecil, semua dijalani dengan begitu sabar.

5. Disiplin dan Konservatif

Sesuai data di lapangan, investor perempuan lebih disiplin dalam menjalankan rencana investasinya. Sehingga mereka memiliki risk-adjusted return yang lebih kuat dibandingkan dengan investor pria.

Ada suatu studi yang mengatakan bahwa laki-laki terbukti jauh lebih sering melakukan perubahan alokasi investasi atau perubahan rencana.

Dalam hal ini, investor perempuan lebih unggul karena mereka bersifat lebih konservatif. Dikarenakan mereka lebih berorientasi pada suatu investasi yang berjangka waktu panjang.

Maka itu, perempuan cenderung lebih membeli dan menahan investasi yang telah ia miliki.

6. Memiliki Sifat Keibuan

Sifat keibuan adalah sebuah naluri alami yang dimiliki oleh setiap perempuan. Mau mereka hidup melajang atau sudah bekerluarga, perempuan tentu mempunyai sifat keibuan seperti mandiri, rela berkorban, perhitungan dan gigih.

Sifat-sifat keibuan yang tidak dimiliki oleh laki-laki ini justru membuat perempuan memiliki kemampuan bertahan di pasar investasi yang begitu sengit. Sehingga bukan tak mungkin, mereka bisa setara atau melebihi investor laki-laki.

Pentingnya Investasi Bagi Perempuan

Terdapat beberapa alasan mengapa perempuan perlu melakukan suatu investasi. Lagi-lagi kembali pada fakta bahwa saat ini perekonomian serba tidak tentu.

Bukan zamannya perempuan hanya ada di rumah, menanti penghasilan dari pasangan atau menunggu keajaiban tiba.

Perempuan masa kini, haruslah mampu berdiri di kedua kakinya sendiri dalam berbagai hal termasuk finansial. Berikut beberapa hal yang membuat investasi sangatlah penting bagi seorang perempuan:

pentingnya investasi bagi perempuan © ghozidigital/Freepik
© ghozidigital/Freepik

1. Dapat Berjiwa Mandiri

Baca juga: Cara Cerdas Investasi Untuk Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Saat ini menjadi zamannya emansipasi wanita atau yang biasa disebut dengan kata persamaan derajat. Perempuan bukanlah lagi sosok yang selalu menanti bantuan, tapi justru harus jadi sosok yang bisa membantu dirinya sendiri.

Dengan melakukan investasi, Anda akan belajar untuk menentukan keputusan dalam setiap aset investasi. Belajar menentukan keputusannya sendiri inilah yang akan membuat perempuan bisa jadi pribadi mandiri dengan jiwa yang kuat.

2. Mengumpulkan Dana Darurat

Dengan melakukan investasi dapat membuat Anda mengumpulkan dana darurat yang secara tidak sadar akan terkumpul secara banyak.

Dana darurat ini biasanya dipergunakan untuk keadaan yang terdesak sehingga tidak perlu kebingungan saat membutuhkan suatu uang atau dana. Hal tersebut tentunya membuat Anda merasa lebih aman karena telah mempunyai uang simpanan atau jaga-jaga.

Namun di luar dana darurat ini, seharusnya juga memiliki dana atau uang lain yang tidak boleh disentuh atau digunakan sama sekali dalam kurun waktu tertentu dan membiarkan dananya berkembang.

Pada masa yang akan datang, dana investasi ini mungkin dapat berguna jika Anda membutuhkan anggaran yang lebih besar.

3. Membiayai Diri Sendiri

Perempuan yang melakukan investasi tentunya dapat membiayai kehidupan dirinya sendiri. Dengan begitu ia dapat terbebas dan tidak bergantung pada seseorang.

Terlebih apabila perempuan telah dapat menghasilkan uang sendiri, ada baiknya untuk mengatur uang sebaik mungkin dan jangan sampai terbuang sia-sia.

Baca juga: Mau Investasi Reksadana? Perhatikan 8 Tips ini Untuk Pemula!

Ada berbagai jenis investasi yang dapat dilakukan oleh perempuan. Apabila Anda berani dan rajin mengikuti perkembangan maka tak ada salahnya untuk mencoba berinvestasi sebuah saham.

Atau juga Anda dapat melakukan investasi emas, pada investasi ini sangat menjanjikan dan memiliki untung yang lumayan. Jika sudah merasa mampu untuk melakukan suatu investasi, maka lakukanlah dengan berhati-hati.

Itulah beberapa alasan mengapa perempuan dapat berinvestasi lebih baik dibandingkan laki-laki. Sebagian besar perempuan pada mulanya mempersiapkan diri untuk investasi namun selalu maju-mundur mundur untuk memulainya.

Karakter dasar berupa cenderung takut terhadap resiko atau lebih menghindari resiko, sabar, selalu belajar dan berorientasi jangka panjang menjadikan sosok investor perempuan lebih baik dibandingkan laki-laki.

Bagikan ;