10 Perlengkapan yang Wajib Dipakai Saat Kamu Wisuda

Di Indonesia, kata wisuda tidak lagi digunakan bagi seseorang yang telah menyelesaikan pendidikannya di bangku kuliah melainkan juga digunakan untuk pelepasan siswa yang telah menyelesaikan pendidikan di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat.

Segala macam persiapan dilakukan untuk acara wisuda ini bahkan melibatkan orangtua dan keluarga. Bagi kamu yang telah menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah tentunya kamu akan ribet mempersiapkan segala macam syarat untuk dapat mengikuti wisuda di kampusmu, seperti penggandaan Skripsi, penyelesaian administrasi bahkan sewa menyewa perlengkapan wisuda.

Bagi kamu yang telah lulus Ujian Nasional, tentunya kamu akan bahagia karena kalian akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Sebagai penghormatan atas kelulusan kalian dari Ujian Nasional, pihak sekolah akan mengadakan acara pelepasan siswa melalui acara wisuda.

Pastinya untuk menghadiri acara wisuda ini, kamu akan menyiapkan perlengkapan wisuda yang akan kamu pakai saat acara wisuda tersebut.

Perlengkapan wisuda ini dapat kamu peroleh dari sekolah dan universitas tempat kalian menempuh pendidikan baik pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi. Biasanya pihak sekolah dan universitas mewajibkan siswa dan mahasiswanya menyewa atau bahkan membeli perlengkapan wisuda ini.

Selain, perlengkapan wisuda yang wajib kamu pakai saat wisuda, kamu juga harus memakai pakaian resmi bahkan untuk perempuan harus menggunakan riasan wajah.

Baca juga : 10 Tips memilih kado wisuda yang unik

Nah, apa saja perlengkapan yang wajib dipakai saat kamu wisuda? Berikut adalah 10 perlengkapan yang wajib dipakai saat kamu wisuda.

1. Kemeja Resmi, Dasi dan Jas untuk Wisudawan Laki-Laki

kemeja wisuda

Acara wisuda memang acara formal yang diselenggarakan pihak sekolah ataupun universitas untuk melepas siswa ataupun mahasiswanya. Oleh karenanya, untuk menghadiri acara ini baik siswa ataupun mahasiswa bahkan kedua orangtua  yang hadir diwajibkan memakai pakaian resmi.

Bagi laki-laki atau biasa disebut wisudawan diwajibkan untuk memakai  kemeja resmi seperti kemeja warna putih polos yang berpadu dengan celana hitam polos. Selain itu, wisudawan juga diwajibkan memakai dasi dan jas. Ada juga pihak sekolah ataupun universitas yang mewajibkan wisudawan untuk memakai baju batik.

Hal tersebut tergantung dari peraturan sekolah ataupun universitasnya. Jadi, bagi kamu yang akan wisuda harus mempersiapkan kemeja resmi serta dasi dan jas jika diperlukan.

2. Kebaya untuk Perempuan

kebaya wisuda

Saat Acara wisuda yang paling ribet mempersiapkan segala macam persiapan wisuda adalah kaum perempuan karena mereka biasanya diwajibkan memakai kebaya dan bersanggul tentunya. Selain itu, wisudawati yang memakai kebaya belum afdol jika tidak memakai riasan wajah atau make up.

Nah, bagi kamu kaum perempuan saat acara wisuda siapkanlah jauh hari karena kamu harus menyewa dapat juga menjahit baju kebaya plus ke salon untuk merias wajah.

Memang saat wisuda bagi kaum perempuan cukup ribet dan menyita waktu memikirkan pernak-pernak untuk tampil maksimal di acara wisuda tersebut.

3. Sepatu Pantofel

sepatu wisuda

Acara wisuda memang acara resmi yang diselanggarakan pihak sekolah atau universitas untuk melepas siswa dan mahasiswa yang telah lulus. Tentunya yang hadir di acara wisuda ini juga harus hadir dengan pakaian resmi dan formal.

Nah, jika kamu diwajibkan memakai pakaian resmi saat wisuda tentu saja sepatu yang akan kamu pakai pun harus resmi.

Baca juga : 10 Hadiah wisuda paling romantis untuk pasangan Anda

Pakaian resmi saat wisuda memang cocok dipadukan dengan sepatu yang resmi juga. Sepatu yang cocok untuk acara resmi adalah sepatu pantofel. Nah, begitu juga saat wisuda sebaiknya kamu memakai sepatu pantofel warna hitam atau dapat juga kamu matching-kan dengan warna pakaian yang kamu pakai.

4. Jubah Toga Wisuda

Jubah toga wisuda

Wisuda memang acara yang sangat dinantikan bagi kamu yang sudah lulus memempuh jenjang pendidikan tertentu. Oleh karenanya, acara wisuda ini harus spesial. Di acara wisuda ini, semua wisudawan wajib memakai jubah toga wisuda. Apa itu jubah toga wisuda?

Jubah toga wisuda merupakan pakaian khusus untuk wisudawan yang terbuat dari bahan kain dengan panjang 6 meter atau 20 kaki. Orang biasanya menyebut toga wisuda. Toga wisuda ini berbentuk seperti jubah panjang dan berwarna hitam. Bahn kain jubah toga wisuda ini biasanya terbuat dari jenis kain saten, garbadine, bestway atau tessa.

Biasanya pohak sekolah atau universitas menyewakan jubah toga wisuda ini kepada para wisudawan selanjutnya wisudawan membayar biaya sewanya. Kamu juga dapat menjahit sendiri jubah toga wisuda ini atau membelinya.

5. Kerah Wisuda Berbentuk Teratai atau Sleber

kerah wisuda

Selain menggunakan jubah toga wisuda, seorang wisudawan juga wajib memakai kerah wisuda. Kerah wisuda ini memiliki beberapa nama unik, seperti kragh, sleber atau teratai (karena bentuk kerah ini seperti bunga teratai).

Kerah wisuda ini dipakai di bagian dada tepatnya di atas jubah toga wisuda sehingga menutupi dada bagian depan dan pundak bagian belakang.

Kerah wisuda ini biasanya terbuat dari kain dari bahan saten atau beludru bahkan bisa juga terbuat dari kombinasi kedua kain tersebut. Nah, biasanya pihak universitas dan sekolah menyewakan kerah wisuda ini satu set dengan jubah toga wisuda beserta perlengkapan lainnya.

Bagi kamu yang wisudawan yang lulus dari perguruan tinggi biasanya pihak universitas menyewakan kerah wisuda ini berbeda warna sesuai dengan kampus masing-masing, misalnya jika kamu lulus dari fakultas ekonomi suatu universitas maka kerah wisuda yang harus kamu pakai perpaduan warna hijau dan kuning sedangkan fakultas hukum kerah wisuda yang harus dipakai perpaduan warna merah dan biru.

6. Slayer Wisuda

slayer wisuda

Perlengkapan wisuda yang wajib dipakai selain jubah toga wisuda dan kerah wisuda adalah slayer. Slayer ini merupakan kalung yang terbuat dari bahan kain. Slayer ini diletakkan di atas kerah wisuda. Selain itu, warna slayer ini senada dengan warna kerah wisuda dan biasanya sesuai dengan kampus masing-masing.

Slayer ini disebut juga dengan nama tali wisuda atau kalung wisuda. Nah, fungsi slayer ini sebagai alat untuk menyematkan gordon. Namun, ada juga gordon yang langsung menempel di kalung wisuda, hal ini tergantung kebijakan masing-masing sekolah atau universitas.

7. Gordon atau Medali Wisuda

mendali wisuda

Gordon atau disebut juga dengan nama medali wisuda merupakan benda yang terbuat dari logam berbentuk lingkaran dan pipih seperti medali. Gordon itu sendiri merupakan logo dari universitas dan sekolah tempat kamu menempuh pendidikan.

Nah, gordon ini ada yang disematkan di slayer wisuda, namun ada juga yang langsung berbentuk kalung wisuda. Jadi, gordon di kalung wisuda berfungsi sebagai liontin. Gordon wisuda ini biasanya terbuat dari bahan resin atau kuningan.

Gordon wisuda ini disediakan oleh pihak sekolah atau universitas untuk siswa dan mahasiswa yang telah lulus menempuh pendidikan.

8. Topi Wisuda

Topi wisuda

Topi wisuda merupakan topi yang digunakan di atas kepala atau bisa juga disebut sebagai penutup kepala yang bagian atasnya berbentuk segi empat atau segi lima. Nah, di bagian tengah topi wisuda ini dilengkapi tali yang terbuat dari bahan kain dengan ujung yang berumbai. Tali di bagian topi wisuda ini menjulur hingga ke bagian mata jika topi ini dipakai.

Beberapa orang menyebut tali berumbai kecil di bagian topi wisuda tersebut sebagai kuncir layaknya kuncir Aladin. Namun, tahukah kamu apa makna dari kuncir tali pada topi wisuda tersebut? Kuncir tali di topi wisuda memiliki makna yang mendalam.

Tentunya kamu pernah memperhatikan acara wisuda di televisi yang mana di acara wisuda, seorang profesor selalu memindahkan kuncir tali di topi wisuda dari yang semula terletak di sebelah kiri kemudian dipindahkan di sebelah kanan. Nah, disinilah makna dari kuncir tali topi wisuda ini.

Memindahkan kuncir tali topi wisuda ini bermakna bahwa pihak universitas berharap bahwa setelah lulus kuliah, kamu menjadi sarjana yang tidak hanya mengandalkan otak kiri (kemampuan berpikir hardskills) saja melainkan juga menggunakan otak kanan (kemampuan softtkills berkaitan dengan daya inovasi, imajinasi serta kreativitas).

Begitu juga bagi kamu yang lulus sekolah, harapan sekolah cara berpikir kamu lebih dewasa lagi saat melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya.

Topi wisuda ini memang khusus didesain untuk para wisudawan dan wajib dipakai untuk acara wisuda. Topi wisuda ini didesain khusus untuk acara wisuda saja. Topi wisuda ini terbuat dari bahan kain beludru dan matador.

9. Map Khusus Wisuda

map wisuda

Perlengkapan wisuda yang wajib saat acara wisuda berlangsung adalah map wisuda. Map wisuda ini merupakan map yang berbentuk persegi panjang dan berfungsi untuk menyimpan ijazah dan transkip nilai.

Desain map wisuda ini tergantung dari kebijakan masing-masing sekolah dan universitas karena biasanya di sampul depan map wisuda ini terdapat logo sekolah atau universitas. Biasanya map wisuda ini terbuat dari bahan Hse, semi kulit, Ase, imitasi kulit, bahan sit, mika, plastik, bahan MKT atau dari bahan karton dengan kualitas tertentu.

Bagian cover depan map wisuda ini didesain sesuai dengan kebijakan masing-masing sekolah dan universitas, ada yang hanya didesain dengan logo dan tulisan menggunakan sablon biasa, ada juga  yang menggunakan desain khusus, seperti embos.

10. Tabung Khusus Wisuda

Tabung wisuda

Selain map wisuda, perlengkapan wisuda lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah tabung wisuda. Sesuai dengan namanya, tabung khusus wisuda ini berbentuk tabung yaitu bulat yang dilengkapi dengan penutup.

Pada dasarnya, tabung wisuda ini memiliki fungsi yang sama dengan map wisuda yaitu untuk menyimpan ijazah atau transkip nilai. Tentunya, saat menyimpan dokumen di tabung wisuda ini harus digulung sesuai dengan bentuk tabung wisuda. Biasanya tabung wisuda ini merupakan benda yang diberikan saat seremoni wisuda.

Baca juga : 10 Hadiah terbaik bagi sahabat saat wisuda

Tabung wisuda ini terbuat dari bahan dasar karton tebal kualitas tertentu atau pipa paralon. Karton tebal atau pipa paralon tersebut dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan ukuran dokumen yang kemudian dilapisi dengan kain beludru.

Loading...

Penutup

Nah, 10 perlengkapan di atas merupakan perlengkapan yang wajib dipakai saat kamu wisuda nantinya. Oleh karenanya, kamu harus mempersiapkan segala perlengkapan wisuda dengan saksama dan jangan sampai saat hari H wisuda ada yang tertinggal yang dapat berakibat acara wisudamu jadi rimpang.

Namun, sebelum wisuda, kamu harus belajar dengan giat agar nilaimu bagus dan kamu dapat meraih prestasi.