12 Persyaratan Buka Rekening BRI 2020, Lengkap dengan Caranya!

Bank BRI merupakan salah satu bank terbesar dan terkemuka di Indonesia. Jumlah nasabah yang setiap tahun bertambah, merupakan salah satu indikator bahwa kinerja bank plat merah yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, kemudahan dan juga jumlah minimal setoral awal yang rendah menjadi salah satu daya tariknya yang membuat masyarakat ingin membuka rekening tabungan di BRI. Apakah Anda juga sedang mencari tahu tentang apa saja persyaratan untuk buka rekening BRI dan juga bagaimana caranya?

Berdiri sejak 1895, membuat Bank kebanggaan masyarakat Indonesia ini memiliki pengalaman yang kaya dan senantiasa berkembang. Jadi Anda tidak perlu khawatir dalam menyimpan uang untuk berbagai tujuan keuangan di Bank BRI.

Sebelum membahas persyaratan membuka rekening BRI, ada baiknya Anda mengetahui jenis rekening yang ada di BRI karena setiap rekening memiliki karakteristik yang berbeda.

Jenis Rekening Tabungan BRI

Perlu Anda ketahui, bahwa rekening BRI ada beberapa jenis. Setidaknya ada 6 jenis rekening BRI yang paling sering digunakan, yakni :

  • BritAma
    BritAma adalah jening rekening BRI yang paling umum dan sering di gunakan nasabah baru untuk menyimpan uang. Anda sudah bisa membuka rekening BritAma dengan minimal saldo Rp. 250.000 saja (kartu classic) dan Rp. Rp.500.000 (kartu gold). Namun Anda juga bisa membuka rekening BritAma untuk keperluan bisnis/usaha Anda dengan minimal deposit awal Rp. 1.000.000 dengan biaya admin bulanan sebesar Rp 11.000 untuk saldo kurang dari Rp. 10.000.000 dan Rp. 12.000 jika saldo tabungan Anda lebih dari Rp. 10.000.000.
  • Simpedes
    Simpedes adalah kependekan dari Simpanan Pedesaan, karena memang rekening ini menargetkan hingga menyentuh masyarakat pedesaan baik secara individu maupun untuk usaha. Rekening Simpedes cocok untuk masyarakat yang membutuhkan produk tabungan yang terjangkau. Minimal saldo untuk membuka rekening simpedes lebih rendah, yakni Rp. 100.000 dengan biaya admin bulanan hanya Rp. 5.500/bulan.
  • SimpedesTKI
    Produk lainnya yang serupa yakni SimpedesTKI. SimpedesTKI ini diperuntukan untuk masyarakat yang menjadi TKI di luar negeri. Untuk membuka tabungan jenis ini Anda harus melampirkan bukti dari Penyalur TKI atau lembaga Pemerintahan yang isinya menyatakan bahwa Anda merupakan Tenaga Kerja Indonesia di negara tertentu. Minimal saldonya sangat terjangkau yakni Rp. 10.000 saja. Hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian BRI terhadap TKI yang ingin menabung selama bekerja di luar negeri.
  • BritAma Junio
    Selain itu, terdapat juga produk tabungan BritAma Junio, yang khusus digunakan untuk kelompok pemula atau anak-anak. Nah, jika Anda ingin mengajari anak-anak menabung sejak dini maka bisa membuka rekening ini. Karena di bawah umur, dokumen yang di perlukan untuk membuka rekening ini adalah identitas orangtua atau wali dari pemegang rekening. Setoral awal yang perlu di siapkan untuk membuka rekening BritAma Junio adalah sebesar Rp. 100.000.
  • BritAma Rencana
    Jenis rekening yang satu ini cocok untuk Anda yang sulit menabung. Rekening BritAma Rencana adalah jenis tabungan berjangka yang akan meng-autodebet saldo dari rekening utama Anda di BRI. Sehingga pastinya ada sejumlah uang yang di setor setiap bulannya berkisar mulai dari Rp. 100.000-Rp. 5.000.000.
  • Tabungan Naik Haji BRI
    Nah untuk Anda yang berencana naik haji, BRI juga menyediakan produk tabungan dengan setoran saldo minimal yang sangat terjangkau yakni Rp. 50.000 dengan gratis biaya admin. Jika Anda membuka rekening ini, Anda juga sekaligus akan mendapatkan souvenir perlengkapan haji dan juga asuransi jiwa dan kecelakaan.

Syarat Buka Rekening BRI

Persyaratan Buka Rekening BRI 2020

Jika sudah mengetahui jenis rekening mana yang cocok untuk Anda saat ini maka selanjutnya Anda bisa memahami persyaratannya terlebih dahulu sebelum Anda membuka rekening BRI.

Baca juga : 10 Pinjaman Modal Usaha Terbaik (Bunga dan Syaratnya)

Berikut adalah persyaratan untuk buka rekening BRI, khususnya untuk rekening BritAma dan Simpedes

1. Usia Nasabah Minimal 17 tahun

Syarat pertama untuk membuka rekening BritAma atau Simpedes adalah usia Anda minimal 17 tahun. Hal ini akan berkaitan dengan dengan dokumen yang harus Anda siapkan.

Tapi Anda masih bisa membuka rekening BRI jika Anda berusia di bawah 17 tahun dengan produk tabungan BritAma Junio atau BRI Simpel (Simpanan Pelajar).

2. Siapkan Kartu Identitas

Untuk membuka rekening BRI Anda harus menyiapkan persyaratan administrasi seperti kartu identitas. ini adalah syarat yang sangat penting untuk kelancaran transaksi dan keamanan akun tabungan Anda kedepannya.

Jika Anda WNI maka siapkan e-KTP. Namun jika Anda WNA sedang tinggal di Indonesia Anda tetap bisa membuka rekening di BRI dengan menggunakan passport dan KIMS/KITAP/KITAS sebagai syarat dokumen identitas.

3. Menyiapkan Setoran Awal Minimal

Selanjutnya Anda harus menyiapkan setoran awal minimal. Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, setoran awal BRI termasuk cukup rendah yakni mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 250.000 saja maka Anda sudah bisa membuka rekening BRI.

Jumlah besaran setoran awal ini bergantung pada produk rekening yang Anda buka. Jika Anda membuka rekening BritAma untuk personal maka setoran minimalnya adalah Rp.250.000 namun jika Anda membuka rekening Simpedes Anda hanya perlu menyiapkan Rp. 100.000.

Bahkan jenis kartu debit yang Anda pilih juga bisa mempengaruhi minimal setoran awal. Terdapat 2 jenis kartu debit BritAma, yakni classic dan gold.

Untuk Anda yang memilih kartu classic setoran awal minimumnya adalah Rp. 250.000 sedangkan untuk pemegang kartu gold adalah Rp. 500.000.

Begitu juga dengan tujuan pembukaan rekening, jika Anda ingin membuka rekening BritAma atas nama bisnis maka setoran awalnya akan lebih besar yakni Rp. 1.000.000.

4. Siapkan Setoran Lanjutan Minimal

Nah, setelah menyetor sejumlah uang sebagai deposit awal, untuk jumlah minimal yang bisa Anda setorkan bisa mulai dari Rp. 10.000 atau sesuai tergantung ketentuan produk tabungan dan jenis kartu debit yang Anda pilih.

Anda bisa menabung dengan cara menyetorkan langsung lewat teller di Bank BRI atau melalui ATM BRI Setor tunai terdekat.

5. Siapkan Surat Izin Usaha (SIUP/TDP) dan Dokumen Akta Pendirian Usaha

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, bahwa Anda bisa membuka rekening BritAma atau Simpedes untuk keperluan personal dan juga untuk usaha.

Namun jika Anda ingin membuka rekening BritAma atau Simpedes atas nama usaha Anda sendiri, maka dokumen izin dan akta pendirian usaha perlu Anda siapkan juga.

6. Harus Melampirkan NPWP

Untuk membuka rekening BritAma atau Simpedes Anda juga di haruskan melampirkan NPWP terutama jika And amembuka rekening atas nama usaha.

Namun jika Anda belum memiliki NPWP dengan alasan tertentu maka Cs akan meminta Anda mengisi lampiran pernayataan tidak memiliki NPWP. Jadi jangan sampai lupa menyiapkan NPWP Anda jika ingin membuka rekening BRI untuk bisnis Anda.

Cara Membuka Rekening BRI

cara Buka Rekening BRI 2020

1. Pastikan Anda Sudah Menyiapkan Semua Persyaratan Buka Rekening BRI

Sebelum membuka rekening BRI, pastikan bahwa persiapan syarat untuk membuka rekening BRI sesuai produk tabungan yang Anda pilih sudah Anda penuhi.

Hal ini agar Anda tidak perlu bolak-balik dan proses pembukaan rekening bisa lancar tanpa hambatan yang berarti. Maka dari itu, coba cek kembali daftar persyaratan diatas, apakah masih ada yang kurang atau terlewat?

2. Temukan Kantor Cabang BRI Terdekat

Jika sudah yakin ingin membuka rekening BRI dan membuka semua persyaratannya, Anda bisa mencari alamat kantorcabang BRI terdekat.

Jangan khawatir, karena kantor cabang BRI sudah banyak tersebar di berbagai daerah di Indoensia bahkan BRI sudah punya cabang di luar negeri. Kini sudah ada sekitar 467 kantor cabang, 611 kantor cabang pembantu BRI.

Anda bisa mencarinya langsung dengan memanfaatkan mesin pencari seperti google, atau google maps dan juga melalui website resmi BRI. Jika sudah menemukannya, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang BRI terdekat pada waktu jam kerja yakni 09.00-15.00 Senin-Jum’at.

3. Mengambil Nomor Antrian untuk Customer Service

Ada dua jenis nomor antrian di bank BRI, untuk tujuan teller dan customer service. Karena Anda ingin membuka rekening baru, maka pilihlah nomor antrian untuk custor service.

Biasanya juga petugas satpam akan menanyakan tujuan Anda dan mengambilkan nomor antrian yang tepat. Anda bisa duduk sambil menunggu nomor antrian Anda di panggil.

4. Kunjungi Customer Service BRI dan Menyampaikan Tujuan Pembukaan Rekening

Jika nomor antrian Anda sudah saatnya di panggil, maka kunjungi cs BRI yang menyebutkan nomor antrian Anda. Cs akan menanyakan tujuan Anda, maka Anda bisa menyampaikan kalau Anda ingin membuka rekening BRI.

Selanjutnya Cs akan menanyakan perihal produk tabungan yang ingin Anda buka. Jika Anda sudah menentukan dan sudah mengetahui persyaratannya maka Cs akan langsung mengambil formulir pembukaan rekening dan meminjam e-KTP ataupun dokumen lainnya sesuai dengan produk tabungan yang Anda pilih.

5. Mengisi Formulir Pembukaan Rekening

Anda akan di berikan beberapa lembar formulir berwarna biru. Biasanya Cs akan mencentang beberap kolom yang wajib Anda isi.

Jika Anda belum memiliki NPWP, Anda bisa mengisi surat pernyatakan mengenai hal tersebut. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap.

Pada bagian akhir formulir pembukaan rekening BRI, Anda juga harus menandatangani form dengan nama jelas di bawahnya.

Baca juga : 10 Cara Transfer Uang Dari ATM BRI ke BCA dan Biayanya

6. Rekening BRI Siap Digunakan

Jika proses pembukaan rekening sudah dilakukan, Anda akan mendapatkan buku tabungan dan juga kartu ATM BRI. Anda bisa bertransaksi menggunakan fasilitas ATM BRI, datang langsung ke cabang BRI di seluruh Indonesia.

Namun jika Anda memerlukan fasilitas i-banking atau mobile banking, Anda juga bisa langung sekaligus mendaftarkan akun BRI Anda. Customer service akan memandu Anda untuk membuka internet banking atau BRI Mobile Banking, ketika proses sudah selesai Anda bisa menggunakan fasilitas tersebut.

Baca juga : Panduan KUR BRI Terbaru (Bunga dan Syaratnya)

Penutup

Sudah memilih produk tabungan BRI apa yang ingin Anda buka? Coba pertimbangan kebutuhan tabungan Anda di BRI secara jangka pendek maupun jangka panjang. Nah, itulah persyaratan buka rekening BRI beserta caranya, mudah bukan? Kini Anda bisa langsung menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan dan mengunjungi salah satu cabang BRI terdekat. Terakhir, jangan lupa daftarkan langsung rekening BRI Anda untuk m-Banking atau internet banking, karena di jaman digital seperti ini fasilitas tersebut pasti sangat berguna untuk melakukan aktifitas perbankan dengan lancar.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar