Menjawab 12 Pertanyaan dalam Model Bisnis SBM (Smart Business Map)

Banyak perusahaan besar yang sudah lama berdiri tiba-tiba bangkrut, banyak juga perusahaan yang baru berdiri beberapa tahun sudah mampu tumbuh dengan cepat.

“tools” dapat digunakan dalam membenahi sebuah bisnis atau melihat kesehatan sebuah usaha?

Smart Business Map (SBM). Dalam model bisnis ini, Kita akan membagi model bisnis plan menjadi 3 bagian utama  yaitu Playing Field, Market Landscape dan Operational Profitability.

Untuk teori lengkapnya anda bisa membaca di artikel “Membedah Persoalan Sebuah Business Lebih Baik Secara Holistik” di situs budiisman.com.

Model bisnis Smart Business Map ( Board SMB )
Model Board Smart Business Map (SBM)

Artikel ini akan memberikan contoh sederhana  dalam  menjawab  12 pertanyaan yang terdapat dalam gambar MAP di gambar ; Jawaban ini di rancang untuk menganalisa bisnis startup media online teknologi.

Sekali lagi ini hanya contoh saja.

Baca juga : 17 Ide bisnis online terbaru paling menjanjikan

Playing Field

1. What is the problem your business is trying to solve?

Masalahnya, media teknologi ( baik review produk, berita dan panduan) yang ada sekarang kurang akurat dalam memberikan data dan informasi, labtekno hadir dengan konsep data dan informasi yang komplit yang ditujukan untuk generasi muda.

2. Who has the problem?

Target pembaca dikalangan generasi milenia dan generasi Z ( kisaran umur 14-35 tahun). Minimnya informasi seputar produk, berita dan panduan teknologi yang dilengkapi dengan data serta ditulis dengan gaya kekinian yang disukai anak muda.

3. What is the solution?

Labtekno memberikan informasi dan data yang relevant dalam setiap konten yang dipublish, serta disajikan dengan bahasa dan tampilan yang menarik menyesuaikan anak muda.

4. How Big is the Market?

Anak muda umur  14-35 tahun di Indonesia (60% dari 300 juta jiwa penduduk Indonesia) +-180 juta jiwa. Data dari BPS ada sekitar 50% dari populasi sudah melek internet. (90 juta jiwa).

( Berapa volume market yang akan kita peroleh dengan menganalisis 2-5 pesaing dengan niche yang sama, kemudian kita maping berapa trafik yang sudah kita dapat, dan berapa % dari total market)

5. What Factors will impact the business?

Pesaing dengan modal lebih besar.  Serta hambatan dalam pembuatan legalitas usaha

Baca juga : 15 Cara promosi produk online maupun offline

Market Landscape

6. Why do people choose you?

Konten labtekno memiliki data (baik konten review teknologi, berita teknologi dan panduan teknologi) yang lengkap serta disajikan dengan tampilan yang menarik seperti ( Tampilan infografik, Gambar karikatur serta penggunaan bahasa yang tidak membosankan).

Loading...

( Untuk lebih realnya, dilakukan survey kepada 10-100 anak muda umur 14-35 tahun  tentang apa yang mereka inginkan dari sebuah media teknologi. Setelah itu baru bisa menentukan pembeda yang menarik bagi mereka )

7. How do you sell your products?

Produk kami berupa konten  (artikel, gambar dan vidio) yang kami promosikan kepada pembaca dengan cara SEO optimasi, google Ads, facebook ads dan berbagai periklanan online. Kami juga menjual produk-produk afiliasi dari marketplace secara online.

8. How do you keep your customer?

Memberikan konten yang selalu uptodate, menyediakan Email langganan menjadi salah satu cara labtekno menjaga loyalitas pembaca, dan mengajak pembaca untuk kembali membaca konten baru dilabtekno.

(bisa dilakukan survey kepada pengunjung blog dengan pertanyaan “apakah Anda akan kembali membaca artikel di situs kami lain waktu?”  apa kategori konten kesukaan anda?)

Baca juga : 10+ peluang bisnis menjanjikan terbaru

Operational Profitability

9. How do you increase your revenue?

Business tanpa cash flow akan mati. Labtekno memiliki beberapa sumber revenue ;

  1. Membuka Artikel review dari brand-brand produk teknologi
  2. Affiliasi produk teknologi dari marketplace
  3. Google adsense, dan iklan pihak ketiga lainnya
  4. Iklan mandiri

( jika mengacu pada berapa keuntungan yang di peroleh tergantung jenis monetize yang akan di lakukan dan  volume trafik yang didapat)

10. How do you manage your cost?

Keuntungan didapat jika pendapatan lebih besar dari biaya, kami akan menyeimbangkan antara biaya oprasional dan pendapatan agar tetap seimbang dan terus berkembang. Kami juga membuka kesempatan investasi untuk pemodal yang ingin bekerja sama.

11. What is your Core Resources?

Kualitas konten, data berupa  infografis serta penggunaan bahasa yang menarik dan tidak membosankan.

12. How do you develop your team?

Memberikan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan membuat konten berkualitas  (untuk writer); menulis artikel, membuat vidio, membuat infografik, serta memberikan pelatihan manajemen marketing serta teknis oleh ahlinya setiap 3 bulan 1 kali.

*Catatan : Ini hanya contoh saja, dan merupakan versi saya saja. Jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang model bisnis SBM (Smart Business Map ) silahkan belajar pada ahlinya.

Baca juga : 10 Hal yang harus dipersiapkan dalam membuka bisnis baru

Model bisnis ini menurut saya sangat mudah diterapkan baik untuk bisnis kecil seperti UMKM, bisnis dengan skala sedang ataupun skala besar.

Artikel Terkait :

Loading...