3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Berinvestasi dalam Bitcoin

investasi Bitcoin

Sejak diluncurkan pada 2010 lalu, Bitcoin merupakan aset digital pertama yang menciptakan sebuah ekosistem lengkap dari mata uang kripto. Bitcoin kian menjadi populer, banyak akhirnya yang melihat potensi dari mata uang digital untuk menggantikan sistem moneter fisik, tidak terbatas pada pemerintah ataupun swasta.

Pemerintah dari negara-negara di dunia akhirnya berusaha untuk campur tangan dengan membuat beberapa aturan dasar tentang mata uang kripto. Di Indonesia misalnya yang tertuang dalam Peraturan Bappeti Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto Di Bursa Berjangka yang bisa diunduh disini.

Aturan tersebut menjadi langkah awal bagi komunitas dan pemerintah di seluruh dunia untuk belajar dan membuat aturan yang lebih ketat terkait mata uang kripto. Dengan semakin diterimanya Bitcoin dan mata uang kripto lainnya di seluruh dunia, kini investasi Bitcoin tidak bisa lagi dipandang sebelah mata.

Walaupun tingkat volatilitas dari Bitcoin bisa menjadi kelemahan tersendiri untuk saat ini, mata uang kripto tetap dipandang sebagai salah satu instrumen investasi yang berhasil menciptakan banyak kisah sukses baru. Terlebih harga Bitcoin saat ini kembali meningkat dan mulai dilirik kembali oleh banyak pihak, tidak terbatas pada investor professional saja.

Pasar kripto kian dewasa, mulai dari komunitas sampai pemerintah untuk bisa bersama-sama mendukung instrumen yang memiliki manfaat besar dalam transaksi internasional. Jika kamu ingin ikut berinvestasi dalam Bitcoin, baca dulu 3 hal yang perlu kamu pertimbangkan berikut.

Lakukan Diversifikasi Resiko

 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Berinvestasi dalam Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin

Kamu tetap harus berhati-hati investasi dalam Bitcoin. Banyak pemula yang mengira mereka bisa untung banyak dalam seminggu dengan investasi Bitcoin. Tidak, ini tidak begitu. Investasi bukan judi. Semua perlu waktu dan persiapan yang matang. Salah satu cara menghindari resiko adalah dengan melakukan diversifikasi.

Parul Gujral, sebagai seorang pakar investasi dalam Bitcoin mengatakan bahwa cara sukses adalah dengan membeli lebih banyak jenis mata uang kripto selayaknya reksadana. Cara ini cukup praktis untuk kamu gunakan, hanya lewat aplikasi HP kamu bisa berinvestasi dalam mata uang kripto dengan mudah.

Dengan diversifikasi, berarti kamu tidak menaruh satu-satunya harapan di satu mata uang saja. Banyak pemula gagal dan kehabisan dana karena investasi di satu ICO saja saat pasar mata uang kripto jatuh tahun lalu.

Kamu tidak boleh hanya berfikir tentang potensi keuntungan. Potensi kerugian juga perlu dihitung dan pertimbangkan matang-matang sebelum melakukan investasi apapun, termasuk Bitcoin.

Investasi Di Broker Teregulasi

Tantangan selanjutnya, kamu perlu mencari broker yang menjual portofolio mata uang kripto dengan ROI yang nyata dan resiko kecil. Kamu bisa mulai dari Indodax yang berubah nama dari Bitcoin, situs milik Oscar Darmawan yang juga memperkenalkan TEN di Indonesia.

Disana kamu akan perlu untuk mendaftarkan KTP sampai verifikasi foto. Hal ini akan meminimalisir penipuan dan transaksi akan bertanggung jawab terhadap pemerintah lewat pembayaran pajak. Selain Indodax, perhatikan registrasi dan organisasi yang bertanggung jawab terhadap transaksi mata uang kripto disana, salah satunya RIA, SEC, FinCEN sampai FINRA untuk standar internasional.

Dengan adanya organisasi yang memonitor broker, investor bisa melindungi diri mereka dan aset lewat aturan-aturan yang diterapkan. Terlebih broker juga diuntungkan. Mereka yang teregulasi akan memiliki kredibilitas lebih baik sehingga mendapatkan lebih banyak anggota, jumlah transaksi dan komisi.

Fokus Untuk Belajar Dan Mengakumulasi Kekayaan

Ingat, tidak bijak rasanya jika kamu menempatkan terlalu banyak kepercayaan kepada penasehat keuangan yang kamu sewa, atau lewat aplikasi dan broker tanpa kamu lakukan pembelajaran sendiri. Investasi dalam Bitcoin masih termasuk baru dengan banyak hal yang masih abu-abu. Salah satu cara untuk meraup keuntungan besar adalah dengan mempelajari luar dalam dari potensi aset yang satu ini.

Baca juga : 7 Fakta tentang bitcoin untuk investasi masa depan

Banyak juga pakar yang setuju dengan potensi dari mata uang kripto. Karena itu tidak ada salahnya untuk belajar dan melakukan kesalahan. Kembali lagi, kesalahan boleh, asal terukur. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan manajemen resiko.

Seiring berjalannya waktu, kamu akan mampu untuk mengetahui seluk beluk dari mata uang kripto, tidak terbatas pada Bitcoin saja.

Scroll to Top