Hal Yang Perlu Menjadi Pertimbangan Saat Investasi Rumah

Memiliki pertimbangan saat investasi rumah adalah suatu keharusan bagi setiap orang. Sebab untuk bisa membeli atau membangun sebuah rumah membutuhkan modal yang tidak bisa dibilang sedikit.

Setiap orang tentu berharap bisa mendapat keuntungan besar ketika memulai investasi rumah. Namun hal ini akan sulit tercapai jika Anda tidak memiliki pertimbangan yang matang.

Bahkan tanpa adanya pertimbangan matang, investasi rumah justru bisa berakhir pada kerugian. Sayangnya banyak orang yang belum paham pertimbangan apa saja agar bisa mengoptimalkan investasi rumah.

Oleh karena itu dalam artikel ini kami akan menjelaskan beberapa pertimbangan penting sebelum memulai investasi rumah. Pastikan Anda memahami hal ini agar bisa memulai investasi rumah yang menguntungkan.

Alasan Investasi Rumah Memiliki Berpotensi Tinggi

Hal Yang Perlu Menjadi Pertimbangan Saat Investasi Ruma/Unsplash

Salah satu pertimbangan saat investasi rumah yang dimiliki oleh banyak orang adalah potensi return besar. Hal ini memang tidak salah, karena rumah merupakan salah satu aset terbaik untuk investasi.

Namun mungkin Anda belum mengetahui mengapa investasi rumah memiliki potensi yang begitu besar. Berikut ini adalah beberapa alasan tingginya potensi return yang akan Anda dapatkan ketika investasi rumah.

  • Kebutuhan Kepemilikan Rumah Terus Ada

Tentu Anda sudah memahami bahwa rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang. Keberadaan rumah sangatlah penting sebagai tempat tinggal dan membangun sebuah keluarga.

Oleh karena itu kebutuhan kepemilikan terhadap rumah merupakan salah satu kebutuhan yang akan terus ada. Hal ini membuat permintaan rumah di masa depan cenderung tidak pernah habis.

  • Jumlah Rumah Terbatas

Tingginya permintaan rumah berbanding terbalik dengan ketersediaan rumah. Hal ini juga merupakan salah satu pertimbangan saat investasi rumah yang dimiliki oleh banyak investor di bidang properti.

Sebab dengan ketersediaan rumah terbatas namun permintaan terus ada akan membuat nilai rumah mengalami peningkatan. Sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan ketika menjual rumah di masa depan.

  • Harga Tanah Cenderung Selalu Mengalami Kenaikan

Salah satu hal yang membuat ketersediaan rumah terbatas adalah terbatasnya luas tanah. Karena tanah merupakan aset yang jumlahnya tetap dan cenderung tidak akan bisa ditambah.

Kondisi ini akan membuat harga tanah meningkat seiring dengan banyaknya permintaan dari pasar. Meningkatnya harga tanah secara otomatis juga akan meningkatkan nilai jual rumah di atasnya.

  • Tingginya Pembangunan

Pertimbangan saat investasi rumah lainnya yang membuat banyak investor yakin dalam melakukan investasi rumah adalah tingginya pembangunan. Khususnya di Indonesia, potensi pembangunan di masa mendatang masih sangat luas.

Dengan meningkatnya pembangunan, artinya kegiatan ekonomi juga akan semakin meningkat. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan value dari lingkungan tersebut termasuk pada nilai harga jual rumah.

  • Banyak Aliran Revenue

Investasi rumah juga bisa memberikan return yang tinggi karena banyaknya aliran revenue. Ketika berinvestasi rumah, Anda tidak hanya bisa mendapatkan return dari nilai jual rumah tersebut di masa mendatang.

Baca juga, Lebih Baik Mana, Investasi Rumah atau Apartemen?

Anda bisa menjadikan rumah tersebut sebagai sumber pemasukan lain seperti dengan menyewakannya. Dengan begitu Anda akan mendapatkan pendapatan pasif dari rumah tersebut untuk menambah sumber pemasukan.

Beberapa Pertimbangan Investasi Rumah

Beberapa Pertimbangan Investasi Rumah/Unsplash

Anda telah memahami alasan yang membuat rumah memiliki potensi return yang tinggi. Namun jangan terburu-buru untuk memulai investasi rumah. Karena Anda perlu memiliki pertimbangan matang agar bisa mengoptimalkannya.

Ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan saat hendak melakukan investasi rumah. Pastikan Anda memasukkan beberapa pertimbangan berikut ini sebelum mengambil keputusan untuk investasi rumah.

  • Lokasi Strategis

Pertimbangan pertama yang perlu Anda perhatikan saat hendak melakukan investasi rumah adalah lokasi. Sebab aspek lokasi sangat penting dalam menentukan nilai harga jual rumah di masa mendatang.

Pastinya Anda sudah menyadari bahwa rumah dengan luas yang sama bisa memiliki harga berbeda. Rumah dengan harga yang lebih tinggi biasanya berada di lokasi strategis.

Sehingga dengan menjadikan aspek lokasi sebagai pertimbangan saat investasi rumah, Anda bisa mengoptimalkan keuntungan yang akan didapatkan. Pastikan Anda berinvestasi pada rumah di lokasi strategis.

  • Fasilitas Umum Di Sekitar Rumah

Pertimbangan selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah fasilitas di sekitar lokasi rumah. Sebab hal ini juga sangat berpengaruh terhadap potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan di masa mendatang.

Pilihlah rumah yang dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti jalan tol, mall, tempat ibadah dan universitas. Dengan begitu Anda akan lebih mudah ketika hendak menyewakan atau menjual rumah tersebut.

Sebab salah satu pertimbangan banyak orang ketika hendak membeli atau menyewa rumah adalah jarak ke fasilitas umum. Sehingga Anda bisa menjadikan kedekatan jarak tersebut sebagai salah satu nilai jual.

  • Potensi Bencana Alam

Salah satu pertimbangan saat investasi rumah yang tidak boleh dilewatkan adalah potensi bencana alam. Hindarilah berinvestasi pada rumah yang berada di lokasi rawan bencana alam.

Sebab selain akan sulit untuk dijual atau disewakan, rumah Anda juga rawan terkena bencana dan mengalami kerusakan. Beberapa bencana yang biasanya perlu diperhatikan seperti banjir, tanah longsor hingga gempa bumi.

Pastikan Anda melakukan survey dengan menanyakan warga sekitar mengenai kondisi rawan bencana di lokasi rumah yang ingin Anda beli. Dengan begitu Anda bisa memahami apakah lokasi tersebut aman atau tidak.

  • Pengembangan Di Masa Mendatang

Mungkin Anda berpikir bahwa modal untuk membeli rumah di daerah strategis dan dekat fasilitas umum akan sangat mahal. Hal ini sebenarnya tidak salah karena memang alamiahnya akan seperti itu.

Oleh karena itu Anda bisa memasukkan asumsi pengembangan di masa mendatang sebagai pertimbangan saat investasi rumah. Artinya Anda bisa membeli rumah di daerah pinggiran yang akan dikembangkan di masa mendatang.

Tentunya rumah di daerah pinggiran akan cenderung lebih murah. Namun ketika pengembangan telah dilakukan di daerah tersebut, nilai rumah akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

  • Waktu Pembelian

Waktu pembelian juga perlu Anda pertimbangkan untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Jangan sampai Anda membeli sebuah properti atau rumah ketika harganya sedang mengalami kenaikan cukup tinggi.

Sebab hal ini akan membuat Anda kesulitan mendapatkan keuntungan ketika menjual rumah tersebut. Pastikan Anda melakukan pembelian rumah saat harganya sudah normal bahkan cenderung rendah.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Investasi Rumah

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Investasi Rumah/Unsplash

Pertimbangan saat investasi rumah bukan hanya terkait hal-hal yang bisa meningkatkan keuntungan. Masih ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan agar investasi rumah tidak menghasilkan kerugian.

Sayangnya pertimbangan inilah yang seringkali diabaikan oleh banyak orang. Pastikan Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar tidak mengalami kerugian ketika melakukan investasi rumah.

  • Biaya Perawatan

Ketika hendak berinvestasi rumah, pastikan Anda sudah memikirkan biaya perawatan yang akan dikeluarkan. Sebab jika tidak, rumah yang ingin Anda jadikan sumber keuntungan justru menambah beban pengeluaran.

Karena bagaimanapun rumah membutuhkan perawatan agar tetap prima. Perawatan ini meliputi renovasi kecil ataupun besar tergantung kondisi rumah. Tentunya biaya untuk melakukan perawatan tersebut juga berbeda-beda.

  • Pajak

Pertimbangan saat investasi rumah yang perlu diperhatikan agar tidak membawa pada kerugian adalah pajak. Karena pasti Anda juga sudah memahami bahwa kepemilikan rumah akan dikenakan beban pajak.

Nominal besaran pajak yang harus dibayarkan juga bergantung pada lokasi, luas tanah, luas bangunan dan lain-lain. Pastikan Anda sudah memahami berapa besaran pajak yang harus dibayar ketika memiliki rumah tersebut.

Jangan sampai besaran pajak tersebut terlampau besar hingga tidak menutupi semua keuntungan yang Anda dapatkan. Meski biasanya rumah dengan pajak tinggi juga berkemungkinan besar memiliki herga sewa tinggi.

  • Bangun Sendiri Atau Beli Rumah Jadi

Hal lain yang juga perlu dipikirkan ketika hendak berinvestasi rumah adalah perihal membeli rumah jadi atau membangun sendiri. Sebab kedua hal tersebut memiliki kelebihan dan keuntungan tersendiri.

Pertimbangan saat investasi rumah jadi biasanya adalah karena bisa langsung disewakan begitu rumah sudah menjadi milik Anda. Dengan begitu Anda langsung bisa merasakan keuntungan dari rumah tersebut.

Namun Anda perlu memerhatikan kualitas bangunan dan desain rumah tersebut. Jangan sampai Anda membeli rumah jadi yang ternyata memiliki kualitas buruk sehingga memerlukan banyak renovasi.

Baca artikel, Jangan Terjebak! Inilah 9 Mitos Keliru Soal KPR

Jika membangun rumah sendiri, Anda bisa menentukan kualitas bangunan dan desain rumah. Hanya saja Anda perlu menunggu proses pembangunan yang bisa memakan waktu bulanan hingga tahunan.

Tips Saat Melakukan Investasi Rumah

Tips Saat Melakukan Investasi/Unsplash

Saat ini Anda telah memahami beberapa pertimbangan saat investasi rumah. Dengan begitu Anda bisa meningkatkan potensi keuntungan dan meminimalisir potensi kerugian dari investasi rumah tersebut.

Sebagai tambahan, kami memiliki beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat berinvestasi rumah. Beberapa tips berikut ini bisa Anda gunakan agar investasi rumah semakin optimal.

  • Miliki Tujuan Investasi yang Jelas

Ketika melakukan investasi rumah, sebaiknya Anda memiliki tujuan investasi yang jelas. Dengan begitu Anda bisa mengambil keputusan yang tepat saat berkaitan dengan investasi rumah tersebut.

Tujuan investasi yang jelas akan mencegah Anda melakukan penjualan rumah tanpa adanya alasan. Selain itu, tujuan ini juga akan membantu Anda dalam menentukan rumah yang dipilih sebagai investasi.

  • Buat Perencanaan Fungsi Rumah

Seperti kami sebutkan dalam pertimbangan saat investasi rumah, pemilihan lokasi merupakan aspek yang sangat penting. Pemilihan lokasi ini juga harus Anda sesuaikan dengan perencanaan fungsi rumah.

Anda harus memahami rumah tersebut nantinya akan digunakan untuk apa. Apakah Anda hendak menyewakannya sebagai ruko, kost mahasiswa, kost keluarga, digunakan sendiri, dipinjamkan pada anak dan lain sebagainya.

Ketika perencanaan fungsi rumah sudah jelas, Anda bisa menentukan lokasi rumah yang tepat. Sebagai contoh jika Anda ingin menjadikan rumah tersebut sebagai kost mahasiswa, maka harus mencari rumah dekat universitas.

  • Beli Rumah Melalui KPR

Tips selanjutnya yang juga bisa Anda jadikan pertimbangan saat investasi rumah adalah terkait metode pembelian. Jika Anda belum memiliki dana secara cash, Anda bisa mengambil KPR sebagai metode pembelian rumah.

Namun Anda perlu memastikan bahwa nantinya harga sewa rumah tersebut bisa menutupi cicilan KPR. Bahkan jika bisa, harga sewa rumah tersebut lebih besar daripada cicilan ke bank.

Pastikan juga bahwa rumah tersebut akan mudah untuk mendapatkan penyewa potensial. Dengan begitu Anda akan mendapatkan keuntungan dari harga sewa walau rumah tersebut masih dalam keadaan cicil.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa rumah merupakan salah satu aset investasi yang digemari banyak orang. Karena selain harganya yang cenderung selalu mengalami kenaikan, rumah juga bisa disewakan sebagai pendapatan pasif.

Namun memang untuk membeli atau membangun sebuah rumah membutuhkan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu pastikan Anda telah memikirkan berbagai pertimbangan saat investasi rumah agar bisa mengoptimalkan keuntungan.

Tinggalkan komentar