5 Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia

perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia

Bagi Anda yang mungkin sudah terbiasa bergelut di dunia investasi, perusahaan sekuritas tentu bukan hal yang asing. Namun bagi pemula yang baru mau mencoba peruntungan dalam dunia saham, istilah perusahaan sekuritas mungkin tampak janggal. Memang apa sih perusahaan sekuritas itu? Secara sederhana, perusahaan sekuritas adalah perantara antara investor dengan pasar modal karena mereka bergerak di bidang transaksi jual beli efek.

Sebagai negara Islam terbesar di dunia, perusahaan sekuritas di Indonesia ada dua kategori yakni perusahaan sekuritas konvensional dan yang berbasis syariah. Meskipun konsep bisnis berbeda, keduanya punya tugas sama yakni sebagai pialang (broker) alias perantara antara Anda dengan pusat pasar modal.

Seorang broker tidaklah membeli atau menjual saham, tapi mereka bakal merekomendasikan kepada investor soal saham-saham mana yang menguntungkan dan waktu transaksi yang tepat.

Seluruh rekomendasi saham ini diberikan berdasarkan riset para analis yang bekerja di perusahaan sekuritas. Biasanya hasil analisis itu bisa berupa aktivitas pasar hingga laporan ekonomi. Dengan tugas mereka yang cukup penting baik bagi perusahaan sekuritas dan calon investor, akhirnya para pialang inipun dibedakan berdasarkan layanan yang ditawarkan.

Baca juga : 10 Tips belajar saham bagi pemula

Jenis-Jenis Pialang yang Ada di Perusahaan Sekuritas

jenis-jenis pialang perusahaan sekuritas

Meskipun mungkin berkesan hanya memberikan rekomendasi, seorang pialang jelas memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Bahkan melalui informasi yang diperoleh broker dari para analis kepada calon investor, kelangsungan sebuah perusahaan sekuritas sangatlah ditentukan. Perusahaan sekuritas yang memberikan rekomendasi saham terbaik jelas akan membuat nilai jual perusahaan dan jumlah investor bertambah.

Dalam perkembangannya, para pialang alias broker inipun akhirnya dibedakan menjadi tiga kategori sesuai dengan pelayanannya. Apa saja? Berikut ulasan singkatnya:

  • Full Service Broker: Sesuai sebutannya, broker jenis ini jelas menawarkan jasa lengkap kepada para investor. Mereka akan memberikan informasi, saran, hasil analisis sampai melaksanakan keinginan investor dalam membeli saham. Karena layanannya begitu lengkap, harga broker jenis ini tentu cukup mahal. Namun bagi Anda yang sangat sibuk sehingga tak punya waktu untuk memperhatikan pasar modal, tentu Full Service Broker adalah pilihan terbaik
  • Discount Broker: Dengan layanan jasa yang tak selengkap Full Service Broker, pialang jenis ini sangat cocok bagi Anda yang sudah cukup memiliki pemahaman dasar terhadap pasar modal. Tentu saja harga layanannya tidak semahal pialang jenis pertama
  • Deep Discount Broker: Ingin menggunakan jasa pialang tapi modal terbatas? Maka Deep Discount Broker bisa jadi pertimbangan karena harganya paling murah. Hanya saja harga yang ditawarkan tentu sesuai dengan layanannya. Di mana para Deep Discount Broker ini biasanya cuma bertugas memelihara rekening investor dan melakukan transaksi jual-beli saja

Yang Harus Diperhatikan Saat Pilih Perusahaan Sekuritas

tips pilih perusahaan sekuritas

Dalam menjalankan bisnisnya, ada dua kegiatan utama yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas yakni perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek. Sebagai perantara perdagangan efek, perusahaan sekuritas bertanggung jawab atas jual beli efek untuk kepentingan sendiri/pihak lain dan pelaksanaan jual beli saham serta obligasi lewat bursa atau di luar bursa efek. Sementara sebagau penjamin emisi efek, perusahaan sekuritas membantu calon emiten melaksanaan penawaran umum saham (IPO).

Lantaran memiliki fungsi yang sangat penting terutama bagi para investor, tentu Anda harus memilih perusahan sekuritas dengan cukup teliti. Jangan sampai keinginan memperoleh keuntungan besar dalam investasi saham jadi gagal hanya karena keliru memilih perusahaan sekuritas. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih perusahaan sekuritas:

Baca juga: 5 Aplikasi Trading Saham Terbaik dan Terpercaya Untuk Pemula

1. Reputasi dan Pengalaman Perusahaan Sekuritas

Reputasi adalah hal pertama yang jadi pertimbangan dalam memilih perusahaan sekuritas. Sebuah perusahaan sekuritas yang memiliki reputasi positif jelas memiliki izin dari pihak terkait. Untuk para pialang yang ada di dalamnya haruslah memiliki izin resmi dari Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal) seperti WPPE (Wakil Perantara Pedagang Efek), WMI (Wakil Manajer Investasi) dan WPEE (Wakil Penjamin Emisi Efek).

Sementara bagi perusahaan sekuritas itu sendiri, haruslah bersih dari sanksi pelanggaran OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jika memang reputasinya benar-benar sesuai dengan izin yang berlaku, tentu bisa dipastikan perusahaan tersebut memiliki pengalaman yang sangat profesional dalam mengatur klien sampai membaca pergerakan pasar modal. Tak heran kalau perusahaan sekuritas yang seperti ini bakal direkomendasikan oleh banyak investor.

2. Kompetensi Perusahaan Sekuritas

Seperti yang disinggung sebelumnya, seorang pialang yang profesional jelas akan memberikan rekomendasi dan informasi analisis terbaik untuk investor mereka. Darimana informasi analisis itu diperoleh? Dari para analis yang bekerja di perusahaan sekuritas. Untuk itulah pertimbangan berikutnya adalah Anda harus memperhatikan kemampuan para analis.

Perusahaan sekuritas terpercaya jelas punya tim riset yang benar-benar profesional dalam meneliti saham baik secara fundamental atau teknikal. Bahkan demi memperbanyak informasi, beberapa perusahaan sekuritas sampai bekerjasama dengan pihak ketiga untuk memberikan hasil analisis terbaik.

Tentunya dengan hasil analisis yang netral dan obyektif akan membuat Anda sebagai investor sangat diuntungkan. Satu hal yang harus diperhatikan, semakin lengkapnya kompetensi perusahaan sekuritas, tentu biaya layanannya akan makin berimbang. Namun jika memang budget terbatas, ada baiknya memilh perusahaan sekuritas yang menawarkan harga terjangkau dengan layanan maksimal.

3. Modal dan Likuiditas Perusahaan Sekuritas

Hal terakhir yang jadi perhatian dalam memilih perusahaan sekuritas adalah perkara modal. Yap, perusahaan yang memiliki modal besar jelas memiliki ketahanan bisnis yang mumpuni. Sebuah perusahaan sekuritas yang berkualitas jelas punya aktivitas bisnis beragam dan melakukan berbagai transaksi. Untuk itulah usahakan memilih perusahaan sekuritas dengan MKBD (Modal Kerja Bersih) minimal Rp100 miliar.

Tak cuma modal yang besar, finansial perusahaan sekuritas juga dilihat dari likuiditasnya yang dipengaruhi oleh aset lancar dan aset tetap. Makin besar aset tetapnya, tentu artinya perusahaan sekuritas tersebut kurang baik dalam hal finansial.

Inilah 5 Perusahaan Sekuritas Terbaik 2019 yang Layak Dipilih

1. Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas @irfan.id

Sebagai anak perusahaan dari perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, Mandiri Sekuritas memang layak masuk dalam daftar perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia. Bagi Anda yang ingin investasi saham terbaik di pihak yang benar-benar terpercaya, Mandiri Sekuritas bisa jadi pilihan dengan berbagai pertimbangannya berikut ini:

  • Menggunakan RDI (Rekening Dana Investor) di Mandiri Tabungan Bisnis
  • Menawarkan akun Syariah, Reguler dan Full Service
  • Untuk mahasiswa, setoran awal pembukaan akun adalah Rp2 juta dan untuk masyarakat umum minimal Rp5 juta. Sementara jika ingin buka akun di HPX Reguler, deposit awal minimalnya ialah Rp25 juta
  • Tak ada minimal transfer untuk deposit berikutnya
  • Tak ada biaya bulanan dan tahunan untuk pemeliharaan akun
  • Biaya jual saham 0,28% per transaksi + Rp5 ribu per hari sementara biaya beli saham 0,18% pertransaksi + Rp5 ribu per hari
  • Menyediakan platform MOST yang bisa diakses di smartphone atau website

Baca juga: 7 Deposito Syariah Terbaik di Indonesia yang Bisa Anda Coba!

2. Indo Premier Sekuritas

Inilah satu-satunya perusahaan sekuritas yang menawarkan pembukaan akun saham dengan modal yang sangat kecil. Bayangkan saja, dengan Rp100 ribu, Anda sudah bisa melakukan investasi saham melalui Indo Premier Sekuritas di berbagai sektor seperti perdagangan, konsumsi, pertanian hingga infrastruktur. Berdiri sejak tahun 1996, Indo Premier Sekuritas adalah pilihan terbaik bagi Anda para pemula dalam investasi saham. Berikut beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan:

  • Menggunakan RDI (Rekening Dana Investor) di bank BCA, Mandiri dan CIMB Niaga
  • Menawarkan dua pilihan akun yakni Syariah dan Reguler dengan minimal setoran awal untuk pembukaan akun adalah Rp100 ribu
  • Tak ada minimal transfer untuk deposit berikutnya
  • Tak ada biaya bulanan dan tahunan untuk pemeliharaan akun
  • Menawarkan fasilitas informasi pasar secara real-time dengan biaya Rp33 ribu yang bisa dipilih atau tidak oleh investor
  • Biaya jual saham 0,29% per transaksi dan biaya beli saham 0,19% per transaksi
  • Menyediakan platform khusus yakni IPOT yang bisa diakses melalui website atau smartphone

3. BNI Sekuritas

Kantor cabang BNI Sekuritas

Sebagai anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang bergerak di Pasar Modal, BNI Sekuritas tentu banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia karena cukup terjamin kualitasnya. Lantaran jadi bagian dari BNI, maka RDN (Rekening Dana Nasabah) yang dipakai adalah dari BNI 46. Berikut adalah beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan dalam memilih BNI Sekuritas:

  • Menyediakan akun Syariah, Reguler dan Margin. Jika Anda membuka akun Syariah, akan otomatis memperoleh akun Reguler
  • Setoran awal Rp1 juta untuk membuka akun Reguler dan Syariah serta minimal Rp200 juta untuk akun Margin
  • Tak ada minimal transfer untuk deposit selanjutnya
  • Tak ada biaya bulanan dan tahunan
  • Tak ada informasi pasar modal secara real-time
  • Biaya untuk jual saham 0,25% per transaksi dan biaya untuk beli saham 0,15% per transaksi
  • BNI Sekuritas menyediakan platform Esmart yang bisa diakses baik melalui mobile atau website

4. HP Sekuritas

Tak banyak yang menyadari bahwa HP (Henan Putihrai) Sekuritas sudah berjalan selama 29 tahun dan memperoleh berbagai prestasi. Salah satu keunggulan dari HP Sekuritas adalah adanya fasilitas aplikasi trading online saham yang bisa diakses oleh pengguna desktop atau smartphone. Berikut beberapa pertimbangan jika ingin bergabung di HP Sekuritas:

  • Menggunakan RDN BCA dan CIMB Niaga
  • Menyediakan dua pilihan akun yakni Syariah dan Reguler
  • Setoran awal untuk pembukaan akun Syariah minimal Rp500 ribu dan untuk akun Reguler minimal Rp10 juta
  • Tak ada minimal transfer untuk deposit berikutnya
  • Tak ada biaya bulanan dan tahunan untuk pemeliharaan akun
  • Memberikan informasi pasar modal secara real-time dengan biaya Rp33 ribu per bulan
  • Biaya jual saham 0,28% per transaksi dan biaya beli saham 0,18% per transaksi

Baca juga: 8 Cara Menghindari Gaya Hidup Boros Untuk Milenial, Wajib Dicoba!

5. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Menduduki Top 3 Stock Exchanges, Mirae Asset Sekuritas Indonesia merupakan perusahaan sekuritas pilihan bagi Anda yang modalnya pas-pasan. Bukti bahwa mereka layak sebagai salah satu perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia adalah tim teknis yang sering menghubungi nasabah dalam hal informasi pasar modal dan pelayanan pelanggan 24 jam. Berikut beberapa hal yang bisa dipertimbangkan jika ingin bergabung di Mirae Asset Sekuritas Indonesia:

  • Menggunakan RDI di bank BCA, Mandiri, Permata dan CIMB Niaga
  • Menyediakan akun Syariah, Day Trading, Reguler dan Margin
  • Minimal setoran untuk akun Syariah, Day Trading dan Reguler adalah Rp10 juta sementara untuk akun Margin sebesar Rp200 juta
  • Tak ada minimal transfer untuk deposit berikutnya
  • Tak ada biaya bulanan dan tahunan untuk pemeliharaan akun
  • Tak ada biaya untuk informasi real-time atas pasar modal
  • Biaya jual saham 0,25% per transaksi dan biaya beli saham 0,15% per transaksi

Melihat ulasan perusahaan-perusahaan sekuritas di atas, tentu cukup menjadi pertimbangan bagi Anda yang hendak mencoba investasi di bidang saham. Pastikan Anda memilih perusahaan sekuritas sesuai dengan kemampuan.

Jangan paksakan melakukan investasi saham di luar batas budget karena dikhawatirkan bisa membebani keuangan Anda. Usahakan juga untuk memilih perusahaan sekuritas yang sudah memenuhi berbagai faktor agar Anda mendapatkan hasil terbaik dalam hal investasi saham. Jadi, kapan nih mau beli saham?

Loading...
Scroll to Top