10 Pilihan Bisnis Terbaik Saat Anda Harus Tinggal di Pedesaan

Seperti yang diketahui bersama, banyak orang yang lebih memilih untuk pergi ke kota mencari pundi-pundi rupiah, daripada tinggal di desa.

Padahal, jika anda kreatif banyak peluang usaha yang bisa djalankan dan bisa sangat menguntungkan apabila dijalankan sebaik mungkin.

Memang benar, banyak orang yang tinggal di kota bisa mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan. Tetapi tidak sedikit juga orang yang mencari penghidupan di kota juga kesulitan untuk menyesuaikan mengingat gaya hidup yang tinggi tidak bisa diraih hanya mengandalkan pendapatan yang pas-pasan.

Bila dicermati dengan baik, sebenanya banyak peluang usaha yang bisa dilakukan di desa. Sumber daya alam di desa sangat melimpah, fasilitas yang minim juga bisa anda jadikan peluang jika anda kreatif.

Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini, berikut akan dipaparkan tentang 10 pilihan bisnis terbaik saat anda harus tinggal di pedesaan. Dan Ini Dia Ulasannya !

1. Bisnis Pom Bensin Mini / Pertamini

Bisnis Pom Bensin Mini / Pertamini

Di desa, memang banyak yang menjajakan bensin literan yang biasanya berupa bensin campuran. Mereka biasanya menampung bensin pada jerigen dan dijual eceran dengan harga per liternya lebih dari Rp. 10 ribu rupiah.

Tetapi, walaupun begitu orang-orang sudah menyadari akan bahayanya bensin campuran tersebut, sehingga kebanyakan orang sekarang lebih suka mengisi di pom bensin.

Sayangnya, banyak orang yang merasa kesulitan saat harus membeli bensin di desa karena tidak ada pom bensin atau masih jarang.

Padahal, jika dilihat dari jumlah pengendara motor yang tinggi di desa, peluang anda untuk membuat pom mini sangatlah besar. Pom mini sangat potensial untuk dijadikan sumber bisnis di desa, karena lebih praktis dan terpercaya.

Penghasilan yang bisa didapatkan dari penjualan bensin dengan pom mini juga cukup menguntungkan dengan modal yang tidak terlalu besar.

Kisaran harga pom mini biasanya dibandrol dengan harga Rp. 5 juta rupiah saja. Jika harga bensin perliter Rp. 7500, maka 100 liternya seharga Rp. 750 ribu saja. Jika dihitung-hitung total kebutuhan untuk memasang pom mini tidak akan lebih dari Rp8 juta.

Tetapi jumlah kebutuhan tergantung dari lokasi tempat anda tinggal. Bisa lebih murah atau bahkan lebih mahal untuk biaya awalnya. Yang jelas, bisnis pom bensi di pedesaan ini begitu menjanjikan.

2. Bisnis Ternak Ayam Kampung

Ternak Ayam Kampung

Pilihan bisnis terbaik beriktunya saat anda harus tinggal di pedesaan adalah bisnis ternak ayam kampung. Di desa, banyak sekali orang yang suka memelihara ayam kampung. Tetapi biasanya mereka hanya memelihara beberapa ayam saja untuk dimanfaatkan dagingnya atau telurnya.

Di desa, jarang sekali orang yang serius ternak ayam kampung. Padahal potensi penjualan ayam kampung sangatlah besar. Sementara, data pada tahun 2015 menyebutkan bahwa kebutuhan ayam kampung meningkat dan di pasar hanya bisa menyediakan 25 % – 30% saja dari kebutuhan.

Anda bisa mencoba ternak ayam kampung dengan tiga metode, yaitu metode umbaran, metode semi intensif, dan metode intensif.

Metode umbaran adalah metode tradisional yang biasa dilakukan orang-orang di pedesaan. Dimana ayam dibiarkan mencari makanan sendiri, dan anda hanya menyediakan tempat berteduh ketika hujan. Pemilik biasanya hanya memberi makan ayam sehari dua kali.

Jika menggunakan metode ini, anda harus punya lahan yang cukup luas. Kemudian ayam dipagari agar tidak berkeliaran ke rumah tetangga.

Selanjutnya metode semi intensif, metode ini digunakan agar anda bisa lebih memperhatikan pola makan ayam. Bisa memantau kesehatan mereka dan perkembangbiakannya. Anda harus membuat kandang yang luas, dan ditutupi dengan jaring agar ayam tidak kabur.

Sedangkan metode intensif adalah anda harus membuat kandang dan membiarkan mereka terus di kandang. Tentu metode ini butuh modal untuk membuat kandang dan pakan.

3. Bisnis Pulsa HP dan Token Listrik

bisnis jualan pulsa bagi pemula

Bisnis pulsa dan token listrik zaman sekarang ini memang sangat potensial di daerah pedesaan. Mengingat pulsa dan token listrik adalah kebutuhan pokok saat ini. Selain itu, modalnya juga tidak terlalu besar sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja.

Untuk jualan pulsa dan token listrik anda hanya perlu punya HP. Setelah itu Anda bisa mendaftar menjadi agen pulsa. Caranya dengan mencari agen pulsa terpercaya atau menjadi agen online seperti di Tokopedia yang juga menyediakan harga pulsa dan token listrik dengan harga yang relatif murah.

Jualan pulsa HP dan token listrik memang sangat umum di pedesaan. Tetapi, tidak banyak yang berkembang. Agar usaha ini berkembang, pastikan agar pembeli memberikan anda uang cash, dan catat dengan teratur setiap kali anda pembeli.

Jangan lupa pisahkan uang pulsa dan uang lainnya, agar keuntungannya bisa lebih cepat terasa.

4. Bisnis Rental PlayStation

Bisnis Rental PlayStation

Pilihan bisnis terbaik berikutnya saat anda harus tinggal di desa adalah rental PlayStation (PS). Rental PS banyak digandrungi anak-anak terutama anak-anak remaja.

Apalagi jika rentalnya banyak menyediakan game baru yang sedang booming dikalangan anak muda pasti mereka akan sangat menyukainya.

Untuk mendapatkan gambaran usaha rental PS, pastikan anda bertanya terlebih dahulu kepada orang yang sudah berpengalaman rental PS.

Sedangkan, untuk alat rentalnya sendiri sekarang banyak yang menyediakan paket usaha. Sehingga harganya bisa lebih murah. Keuntungan dari rental PS ini juga lumayan besar, harga rental PS biasanya Rp 3.500/jam.

Tetapi, pastikan untuk bisa menjaga hubungan baik dengan warga. Jangan biarkan anak-anak sekolah main PS saat waktu jam sekolah.

5. Bisnis Bimbel

Bisnis Bimbel

Kesadaran akan pentingnya pendidikan di masyarakat desa sendiri sudah mulai tinggi. Sehingga banyak orang-orang desa yang memperdulikan pendidikan anak-anaknya termasuk akan pentingnya bimbingan belajar atau bimbel di luar sekolah.

Tujuannya para orang tua di desa pun ingin agar anak-anaknya bisa lolos di perguruan tinggi favorit atau bisa memiliki keahlian tertentu setelah lulus dari sekolah formal.

Oleh karena itulah, membuka bisnis bimbel ini sangat menjanjikan. Dalam hal ini, Anda hanya perlu satu keahlian khusus. Misalnya jika anda pandai mata pelajaran Bahasa Inggris, bukalah bimbel Bahasa Inggris. Karena pelajaran ini tergolong pelajaran yang dibenci dan sulit, apalagi untuk anak-anak di pedesaan.

Anda tidak perlu menawarkan tarif yang mahal untuk anak-anak yang akan belajar. Selain untuk mengamalkan ilmu yang sudah dipelajari, dengan anak-anak konsisten belajar maka akan menjadi pendapatan yang menjanjikan.

6. Bisnis Toko Sembako

Distributor sembako

Bisnis membuka toko sembako juga bisa menjadi pilihan bisnis terbaik saat anda harus tinggal di pedesaan. Jenis usaha ini merupakan usaha kebutuhan utama yang diperlukan orang-orang di desa .

Apalagi desa- desa yang akses untuk mendapatkan bahan makanan pokoknya cukup sulit, tentu saja itu bisa jadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang ingin memulai usaha.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuka toko sembako. Diantaranya adalah lokasi, pastikan memilih lokasi yang strategis saat akan membangun toko.

Agar orang-orang bisa dengan mudah menemukan toko dan akses menuju toko pun harus bisa dilewati kendaraan.

Selain itu, pastikan untuk menentukan jenis barang yang akan anda jual. Jika desa anda tergolong desa yang mayoritas petani. Tentu menjual beras bukan pilihan meskipun beras merupakan bahan pokok.

Biasanya orang desa lebih suka minum kopi atau cemilan lain yang sulit didapatkan jika tidak datang ke kota.

7. Budidaya Ikan

Budidaya Ikan

Budidaya ikan adalah bisnis yang tidak kalah menggiurkan untuk dikembangkan di desa. Apalagi potensi alam yang dimiliki oleh desa masih sangat subur. Air melimpah dan banyak lahan tanah yang masih kosong.

Bisnis budidaya ikan akan sangat menguntungkan, apalagi jika di pasar pemasokan ikan tidak terlalu banyak. Tetapi, pastikan untuk survei pasar terlebih dahulu.

Yang tidak kalah penting saat akan memulai bisnis budidaya ikan adalah pasokan bibit unggul yang nantinya akan menjadi ikan-ikan yang bagus. Pakan juga harus diperhatikan, agar ikan yang anda pelihara bisa tumbuh dengan baik.

8. Bisnis Jamur Tiram

Bisnis Jamur Tiram

Budidaya jamur tiram tidak kalah bagus sebagai pilihan bisnis di pedesaan. Karena usaha ini bisa memberikan penghasilan harian untuk anda.

Bisnis jamur tiram ini tidak memerlukan biaya besar, bahan-bahan untuk membuatnya juga relatif mudah di cari. Bahan-bahannya antara lain serbuk gergaji, dedak, dan kapur.

Keuntungan juga bisa anda dapatkan lebih banyak jika sudah menemukan pembeli tetap seperti pembeli borongan. Dengan begitu, usaha anda bisa terus jalan dan keuntungan tetap bisa anda dapatkan.

9. Bisnis Desain dan Percetakan

Bisnis Desain dan Percetakan

Jenis Bisnis yang satu ini sangat potensial di desa, sebab sangat jarang sekali usaha seperti ini ada di desa. Mengingat, membuat desain perlu keahlian khusus.

Jika Anda memiliki usaha ini, bisa memulanya dengan memiliki komputer, printer dan kertas saja. Jika anda telaten dan sabar, usaha akan berkembang semakin besar sehingga anda bisa merambah ke bisnis fotocopy.

Jasa yang bisa anda tawarkan seperi jasa desain kartu undangan, jasa pengetikan, bahkan jasa desain baligho atau iklan.

Bisnis seperti ini akan lebih berkembang jika anda berada dekat dengan kantor desa, atau sekolahan.

10. Bisnis Online

Ide bisnis toko online

Jaringan internet kini sudah bisa sampai ke desa dengan kualitas sinyal yang kencang. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba bisnis online.

Dengan bisnis online Anda bisa menjual barang sendiri ataupun barang orang lain dengan sistem dropshiper. Sistem ini sangat menguntungkan bagi anda yang ingin mendapatkan akses langsung ke pelanggan.

Jika Anda kurang pandai berjualan, bisnis online lain yang juga tidak kalah menguntungkan adalah membuat website dan menghubungkannya dengan adsense. Sehingga pundi-pundi uang akan terus mengalir setiap bulan.

Jika ternyata membuat website cukup ribet dan memakan waktu, bagi Anda yang suka menulis bisa menjadi conten writer.

Apalagi sekarang zamannya membuat konten YouTube, Bagi anda yang percaya diri bisa membuat konten YouTube seru sesuai dengan passion yang anda miliki. Kanal YouTube sekarang menjadi lahan mendulang uang yang sangat populer di berbagai kalangan.

Meskipun tinggal di pedesaan, Anda bisa membuat konten YouTube seru dan bermanfaat. Contohnya seperti konten Youtuber asal China yang memperkenalkan masakan tradisional mereka melalui channel miliknya.

Penutup

Itulah pilihan bisnis yang bisa anda lakukan saat harus berada di pedesaan. Meskipun tinggal di pedesaan, tidak ada alasan untuk anda tetap kreatif. Karena orang kreatif tidak akan kehabisan ide dimanapun dia berada.

Membangun usaha di pedesaan juga bisa menjadi lahan pekerjaan bagi warga desa lain. Sehingga secara tidak langsung anda bisa mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di desa.

Bagikan ;