7 Pinjaman Kredit Laptop Online Tanpa DP Cicilan 0% dan Tanpa Bunga

Saat ini laptop merupakan barang digital yang sangat penting untuk banyak orang. Apalagi saat work from home ataupun study from home bagi kalangan pelajar dan mahasiswa, rasanya akan serba sulit beraktivitas dengan lancar tanpa ada laptop. Maka dari itu wajar kalau kebutuhan membeli laptop cukup meningkat.

Nah, untuk mempermudah pembelian, banyak e-commerce yang menyediakan sistem kredit laptop online. Jadi masyarakat bisa lebih mudah membeli laptop dengan cara di cicil.

Berdasarkan pengalaman, biasanya saat pembelian barang yang cukup mahal seperti laptop kita perlu membayar DP dan juga ada biaya admin serta bunga cicilan. Tapi ternyata ada juga pinjaman kredit laptop online yang tidak memerlukan DP ataupun tanpa ada bunga cicilan.

Penasaran apa platformnya dan bagaimana cara mengajukan pinjamannya? Supaya Anda lebih punya perbandingan saya ingin membagikan informasi tentang beberapa cara untuk bisa mengambil kredit laptop beserta kelebihan dan juga kekurangannya.

Daftar Pinjaman Kredit Laptop

1. Credit Card (CC)

kredit laptop online dengan kartu kredit

Cara yang paling universal dan mudah untuk mengambil pinjaman kredit laptop adalah kartu kredit. Untuk Anda yang baru memiilki kartu kredit perlu tahu bahwa semua jenis credit card bisa di gunakan pada semua e-commerce.

Anda hanya perlu memasukan nomor credit card Anda pada metode pembayaran saat akan check out laptop yang Anda pilih. Kemudian nantinya credit card Anda yang mengkonfirmasikan apakah pembayaran ingin di bayar lunas, ataukah cicilan dengan tenor 3-12 bulan.

Setelah Anda memilih tenor kredit laptop, maka tagihan pembayaran akan masuk ke kartu kredit Anda. Salah satu kelebihan menggunakan kartu kredit untuk cicilan laptop di e-commerce adalah proses yang cepat dan mudah. Karena Anda tinggal menggunakan kartu kredit yang memang sudah di setujui oleh pihak bank. Jadi Anda tidak perlu mengajukan apa-apa lagi.

Kekurangan jika Anda mengambil pinjaman kredit adalah Anda akan di tagih bunga cicilan namun besarannya sendiri berbeda setiap penerbit kartu kredit. Disisi lain terkadang pemegang kartu kredit tertentu juga bisa mendapatkan program-program yang cukup menguntungkan dari penerbit CC.

Namun tidak semua orang memiliki kartu kredit dan pengajuan kartu kredit untuk calon pengguna baru juga cukup sulit. Nah, inilah mengapa muncul jenis pinjaman tanpa kartu kredit.

2. Kredivo

kredit laptop online lewat kredivo

Anda pasti pernah mendengar Kredivo. Iklannya selalu ada di youtube ataupun medsos seperti instagram. Kredivo adalah salah satu platform online yang menyediakan pinjaman tanpa kartu kredit.

Fintech cicila tanpa kartu kredit ini sudah bekerjasama dengan berbagai merchant, seperti Shopee dan Tokopedia. Sehingga saat akan melakukan pembayaran, salah satu metode yang muncul dan bisa di pilih adalah Kredivo.

Untuk bisa menggunakan Kredivo, Anda perlu registrasi agar bisa memiliki akun Kredivo. Cranya bisa mengajukan lewat merchant ataupun langsung lewat aplikasi Kredivonya sendiri. Jika Anda ingin melakukan registrasi Kredivo, berikut adalah beberapa persyarakat yang harus di penuhi :

  • Berwarga negara Indonesia dan memiliki kartu identitas (KTP)
  • Berusia 18-60 tahun
  • Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Pulau Bali, Malang, Makasar, Yogyakarta, Solo, Cirebon & Sukabumi
  • Memiliki penghasilan minimal Rp. 3.000.000/ bulan

Saat melakukan registrasi, nantinya Anda akan minta berfoto selfi dengan KTP. Usahakan agar foto terlihat jelas agar proses ACC lebih lancar.

Kemudian, nantinya Anda perlu menghubungkan kredivo dengan marketplace sebagai bukti verifikasi alamat. Terakhir, siapkan juga bukti slip gaji/penghasilan Anda.

Kelebihan menggunakan cicilan Kredivo untuk kredit laptop adalah Kredivo termasuk fintech yang menyediakan fasilitas cicilan tanpa DP. Ini sangat memudahkan Anda yang ingin membeli laptop tapi belum menyiapkan DP.

Ditambah lagi Kredivo tengah memberikan promo cicilan 0% untuk masa tenor 3 dan 6 bulan dengan minimal nominal Rp. 1.000.000 (syarat & ketentuan berlaku). Namun kekurangannya, di luar promo tersebut bunga cicilan kredivo tetap berjalan.

3. Akulaku

kredit laptop lewat akulaku

Pinjaman tanpa kartu kredit yang lainnya ada Akulaku. Hampir sama dengan Kredivo Aku laku juga sudah bisa di gunakan di berbagai e-commerce, salah satunya adalah Shopee.

Proses pengajuan limit kredit cukup mudah, namun sebelum itu Anda perlu melakukan registrasi berikut langkahnya :

  • Download aplikasi Akulaku yang telah tersedia di google playstore ataupun app store
  • Klik “Daftar Akun” dan ikuti prosedur pendaftaran dengan mengisi nomor hp yang aktif
  • Masukan kode verifikasi yang masuk lewat whatsapp
  • Isi semua data yang di ajukan untuk mendapatkan limit kredit
  • Jika sudah terdaftar selanjutnya Anda harus mengisi formulir pengajuan limit kredit
  • Ikuti prosedur daan pengajuan kredit Akulaku
  • Jika sudah selesai, tunggulah beberapa hari. Limit pengajuan Anda sedang di proses.

Sebagai informasi, Akulaku juga memiliki ketentuan wilayah pengajuan meliputi Jabodetabek, Bandung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Medan, Padang, dan Palembang.

Jika sudah berhasil mendapatkan limit kredit dari Akulaku, Anda bisa memilih metode pembayaran Akulaku yang terhubung dengan marketplace atau toko tempat Anda membeli laptop dengan tenor kredit 3, 6 sampai 15 bulan tanpa kartu kredit.

4. Home Credit Indonesia

kredit laptop home credit

Sama seperti Kredivo dan Akulaku, Home Credit juga merupakan fintech yang menawarkan pinjaman tanpa kartu kredit. Pinjaman ini bisa Anda gunakan untuk mencicil berbagai kebutuhan barang, termasuk laptop (multiguna).

Mitra yang sudah bekerjasama dengan Home credit sudah banyak, di antaranya Tokopedia, iBox, Bhinneka dan masih banyak lagi.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Setelah checkout laptop atau barang yang Anda pilih di sebuah e-commerce, Anda bisa memilih pilihan pembayaran Home Credit.

Baca juga : Emas Digital Online vs Fisik, Review Kelebihan dan Kekurangan

Kemudian isilah form yang di sediakan aplikasi dan tunggu sekitar 30 menit. Nantinya Anda akan menerima pemberitahuan dan diminta untuk mengkonfirmasi kontrak. Lalu barang Anda akan segera dikirimkan oleh penjual.

Bagaimana cara mendapat limit kredit dari Home Credit? Berikut adalah syaratnya!

  • Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Berusia diatas 21 tahun atau 19 tahun (jika sudah menikah)
  • Memiliki KTP dan 1 dokumen pendukung asli yang masih berlaku
  • Memiliki penghasilan tetap minimum Rp. 1.500.000 atau Rp. 1.200.000 (untuk area Yogyakarta dan Semarang)

5. Cicil

kredit laptop aplikasi cicil

Nah kalau yang satu ini, adalah fintech yang target utamanya menyasar pasar mahasiswa. Namanya aplikasi Cicil, dan sudah di awasi OJK. Aplikasi Cicil punya 3 layanan utama yakni Cicil Barang, Cicil Uang Kuliah, dan Cicil Belajar.

Selama ini mahasiswa mungkin sulit mendapatkan pinjaman. Nah dengan aplikais Cicil, Anda yang masih berstatus mahasiswa bisa membeli laptop untuk kebutuhan kuliah dengan layanan Cicil Barang dan bisa di bayar secara bulanan tanpa kartu kredit.

Untuk melihat simlasi cicilannya, Anda bisa mengunjungi website Cicil lalu copy paste link barangnya. Setelah itu klik “simulasi cicilan”, nantinya akan mucul berbagai simulasi cicilan.

Sekema cicilannya bisa mulai dari 2 bulan hingga 24 bulan. Anda bisa mengajukan pinjaman kredit laptop lewat Aplikasi Cicil dengan cara :

  • Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Cicil
  • Isi data profil dengan lengkap
  • Pilih produk lewat e-commerce terpercaya dan paste linknya
  • Pilih tenor pembayaran dan setujui syarat serta ketentuannya
  • Pengajuan Anda akan di proses dalam waktu 2-3 hari
  • Jika pengajuan di setujui, maka Anda akan bertemu dengan Ambassdor menandatangani kontrak serta membayar DP
  • Setelah itu barulah barang Anda di kirim oleh pihak e-commerce

6. Adira Finance

kredit multiguna adira finance

Selain ke-5 platform diatas Anda juga bisa mengajukan pinjaman kredit laptop lewat Adira Finance. Seperti yang kita ketahui, Adira Finance merupakan salah satu perusahaan multifinance terbesar di Indonesia dan seringkali menjadi pembiayaan kendaraan bermotor.

Untuk mengajukan cicilan, Anda perlu datang ke cabang Adira Finance terdekat ataupun merchant-merchant yang sudah bekerjasama.

Baca juga : 10 Situs P2P Lending Terbaik Indonesia Legal OJK

Adira menyediakan plafon mulai dari Rp. 1 juta hingga 100 juta dengan sistem konvensional maupun syariah. Apa saja syarat untuk mengajukan kredit di Adira Finance?

  • Merupakan WNI
  • Minimal berusia 21 tahun dan maksimal 55 tahun saat akhir tenor
  • Minimum berpenghasilan Rp. 1 juta
  • Mengisi form dan menyerahkan syarat pendaftaran seperti photocopy KTP dan bukti penghasilan

7. Spektra dari FIF Group

Anda mungkin heran, apakah benar FIFAstra bisa digunakan untuk mencicil laptop? Pasalnya FIFA Astra terkenal dengan pembiayaan kendaraan bermotor.

Tapi ternyata FIF Astra juga menyediakan cicilan untuk gadget, termasuk laptop bernama Spektra. Spektra bisa membiayai kebutuhan laptop Anda.

Apalagi saat ini Spektra sedang mengadakan promo “Sekolah dari rumah” yakni cicilan laptop dengan DP mulai dari Rp. 0 dan juga bisa mendapatkan cashback Rp. 10.000 sampai dengan akhir Desember 2020.

Baca juga : 10 Kredit Pinjaman UMKM Online Program Pemerintah dan Bunganya

Kredit laptop melalui Sprektra berbeda dengan pinjaman yang menyediakan limit kredit. Jika Anda ingin melakukan cicilan barang selanjutnya maka Anda perlu mengajukannya lagi. Berikut adalah caa mengajukan kredit melalui Spektra :

  • Pilih laptop di merchant yang bekerjasama dengan FIF
  • Pilih metode pembayaran FIF
  • Nantinya pihak FIF akan melakukan survey dalam waktu 1×24 jam lewat telepon
  • Jika pengajuan kredit Anda di setujui, maka Anda akan menerima nomor virtual account untuk pembayaran angsuran pertama dan biaya admin (DP sesuai program dan jumlah pengajuan kredit)
  • Setelah itu barulah laptop akan di kirimkan

Tips Mengambil Cicilan Laptop

Sebelum Anda memilih platform mana yang akan digunakan untuk mengajukan kredit laptop secara online, berikut ada beberap tips untuk Anda yang hendak mengambil cicilan laptop!

  • Buat rencana dan anggaran keuangan. Baiknya, sebelum memutuskan untuk mencicil laptop, buat dulu rencana dan anggaran keuangan. Berapa makimal cicilan yang sanggup Anda bayar, sehingga Anda tidak terkena kredit macet nantinya. Cicilan masksimum yang di sarankan agar keuangan tetap sehat adalah 30% dari jumlah penghasilan.
  • Perhatikan biaya layanan dan admin. Sebenarnya walaupun bisa mengajukan 0% bunga dengan promo maupun ketentuan program tertentu tapi tetap saja ada biaya lainnya yang harus di bayar seperti biaya layanan dan admin. Jadi saat menghitung anggaran, sertakan juga biaya-biaya ini.
  • Pastikan data registrasi maupun pengajuan kredit sudah benar dan jelas, serta mudah di hubungi. Banyak kasus pengajuan kredit di tolak karena maslah administrasi dan juga sulitnya di hubungi pihak penyedia kredit.

Penutup

Itulah beberapa platform pinjaman kredit laptop online yang bisa Anda pertimbangkan. Coba perhatikan promo-promo yang sedang di adakan. Siapa tahu Anda bisa bisa mengikuti promo dan berkesempatan mendapatkan keuntungan lebih dari kredit laptop di sebuah platform fintech, mengingat pihak fintech pastilah memahami akan kebutuhan laptop yang meningkat ini. Kini mencicil barang bisa lebih mudah tanpa kartu kredit bahkan tanpa DP.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar