20 Pinjaman Kredit Multiguna Terbaik Saat Ini

Setiap orang memiliki hambatannya masing-masing dalam menjalankan usaha atau memiliki Aset tertentu. Yang paling sering adalah soal dana. Di tahun 2020 apakah Anda berencana membuka usaha atau memiliki aset tertentu juga namun terhambat masalah dana?

Mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan pinjanan kredit multiguna. Apa itu kredit multiguna?

Pinjaman kredit multiguna adalah merupakan salah satu produk perbankan yang menawarkan pinjaman dana kepada masyarakat yang membutuhkan pembiayaan baik untuk pengembangan usahanya maupun kebutuhan konsumtif lainnya dengan memberikan jaminan tertentu.

Namun sebelum mengambil kredit multiguna, sebaiknya Anda mengecek kondisi keuangan pribadi Anda. Jangan sampai kondisi keuangan Anda dalam keadaan tidak sehat saat mengambil pinjaman kredit multiguna. Misalnya cash flow Anda tidak lancar, punya banyak hutang untuk hidup sehari-hari, menunggak pembayaran utang dll. Karena hal ini juga akan menjadi pertimbangan bank untuk menyetujui pengajuan kredit multiguna Anda.

Dalam mengajukan kredit multiguna, Anda harus menyediakan aset sebagai agunan. Jenisnya bisa tanah, mobil, rumah, emas, deposito, perkebunan dan aset lainnya. Semakin besar nilai aset yang di agunkan maka semakin besar pula limit kredit yang bisa Anda ajukan.

Anda juga perlu menyiapkan biaya-biaya untuk mengajukan kredit multiguna seperti biaya:

  • Administrasi
  • Provisi
  • Premi asuransi (jiwa dan kerugian)
  • Notaris
  • Balik Nama
  • Pengikatan Agunan
  • Taksasi Agunan
  • dll

Nah, apa saja pinjaman multiguna terbaik saat ini yang bisa di jadikan pilihan? Yuk kita bahas satu-persatu!

1. Mandiri Multiguna

20 Pinjaman Kredit Multiguna Terbaik

Kredit multiguna terbaik yang pertama adalah Mandiri Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Multiguna yang merupakan produk kredit multiguna Bank Mandiri. Mandiri KPR Multiguna melayani pinjaman kredit secara perorangan untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Tentunya ada jaminan yang harus di siapkan, dalam hal ini Mandiri Multiguna menerima jaminan berupa properti.

Terdapat 2 fitur Mandiri KPR Multiguna yakni :

  • Mandiri KPR Multiguna Take Over
  • Mandiri KPR Multiguna Top Up

Suku bunga yang di tawarkan Mandiri KPR Multiguna adalah 14,25% p.a (floating). Sedangkan waktu tenor pembayarannya bisa sampai 10 tahun. Untuk informasi mengenai syarat dan jenis dokumen yang harus Anda penuhi, Anda bisa langsung mengunjungi website resmi Bank Mandiri.

Baca juga : Panduan KUR BRI Terbaru 2020 (Bunga dan Syaratnya)

2. KPR BCA Refinancing

Produk kredit multiguna dari BCA adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BCA Refinancing. Meskipun namanya KPR BCA Refinancing, layanan ini tidak hanya melayani pembiayaan untuk membelian rumah tapi juga pembiayaan pribadi lainnya seperti biaya pendidikan, kesehatan dll

Salah satu keunggulan KPR BCA Refinancing adalah bebas penalti jika ANda melunasi pinjaman sebagian atau secara full. Tapi ketentuan ini tidak berlaku jika ANda mengajukan suku bunga fix 3, 5 tahun).

3. BRI Agro Kredit Multiguna

20 Pinjaman Kredit Multiguna Terbaik

Produk kredit multiguna lainnya adalah BRI Agro Kredit Multiguna dari Bank BRI. Ada banyak keunggulan yang di tawarkan jika Anda mengajukan kredit multiguna BRI tertutama pada biaya-biaya persiapakn pengajuan. Mulai dari biaya provisi yang cukup ringan yakni 1 % atau biaya administrasi mulai daro Rp. 300.000.

Selain itu, barang/objek yang di jadikan Agunan oleh debitur akan mendapatkan asuransi kerugian. Namun jangka waktu kredit yang disediakan hanya 3 tahun.

4. BNI Griya Multiguna

Selanjutnya ada BNI Griya Multiguna yang meruapkan produk kredit multiguna Bank BNI. Sama seperti layanan kredit multiguna lainnya, pembiayaan yang di ajukan pada BNI Griya Multiguna dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk pendanaan konsumtif. Sebagai informasi, BNI Griya Multiguna hanya menerima agunan berupa properti atas nama debitur atau suami istri (yang tidak memiliki perjanjian harta terpisah).

Biaya provisi BNI hanya 1% dsari maksimal kredit eenmalig. Mengenai asuransi dan, appraisal dan notaris akan di tentukan sambil berjalannya proses pengajuan kredit. Sementara jangka waktu pelunasan kredit Juga bisa sampai 10 tahun. Cukup lama ya?

5. Kredit Agunan Rumah (KAR) BTN

20 Pinjaman Kredit Multiguna Terbaik

KAR BTN adalah jenis layanan kredit multiguna dari bank BTN yang dapat melakukan pinjaman dana untuk berbagai keperluan Anda. Kelebihan dari KAR BTN ini adalah tersedian jangka waktu pelunasan sampai dengan 10 tahun dan juga terdapat asuransi jiwa kredit.

Bagaimana dengan suku bunganya? Berikut adalah daftar suku bunga yang di tawarkan oleh KAR BTN!

Masa FixSuku BungaKeterangan
Fixed 1 Tahun11,50%Untuk KAR Umum
Fixed 2 Tahun12,00%Untuk KAR Umum
Fixed 1 Tahun9,50%Untuk PNS, TNI, POLRI, BUMN/BUMD
Fixed 2 Tahun9,75%Untuk PNS, TNI, POLRI, BUMN/BUMD
Fixed 1 Tahun9,50%Untuk Kompensasi/Top up
Fixed 2 Tahun9,75%Untuk Kompensasi/Top up

6. BJB Kredit Guna Bhakti

Bank BJB adalah termasuk bank yang memiliki banyak jenis layanan kredit. Salah satunya adalah BJB Kredit Guna Bhakti yang dapat memenuhi bergabagi keperluan. BJB Kredit Guna Bhakti ditujuakan kepada debitur yang memiliki penghasilan tetap. Nantinya sumber pengembalian dana diambil dari dana tersebut.

Ada beberapa mavam suku bunga fix yang bisa Anda pilih :

NoMasa Fix
1Suku bunga Fix pada 2 tahun pertama, CAP di tahun ke-3 dan ke-4, selanjutnya floating
2Suku bunga Fix 3 pada tahun ke-1, dan selanjutnya floating
3Suku bunga Fix Rate sepanjang tenor yang dipilih (Berlaku untuk bjb KPR Sejahtera FLPP)

7. Kredit Serbaguna (KSG) Panin

Pinjaman Kredit Multiguna

KSG Panin adalah layanan kredit multiguna dari Panin Bank. terdapat beberapa jenis pinjaman yang di sediakan KSG Panin diantaranya :

  • Pinjaman Rekening Koran (PRK-KSG) untuk 1 tahun (dapat diperpanjang) dengan plafond minimal Rp 100.000.000
  • Pinjaman Angsuran (PA-KSG) dari 1 hingga 10 tahun dengan plafond minimal  Rp 250.000.000

Jaminan /agunan yang bisa ANda berikan untuk pengajuan Pinjaman Rekening Koran (PRK-KSG) untuk 1 tahun dan dapat diperpanjang , atau Pinjaman Angsuran (PA-KSG) dari 1 hingga 10 tahun. adalah properti atas nama peminjam, atau keluarga inti terdekat.

8. Kredit Multiguna MNC

Kredit Multiguna (KMG) MNC adalah layanan kredit multiguna milik MNC Bank. Agunan yang bisa di ajukan adalah berupa properti. Peminjaman bisa dilakukan oleh ANda yang berstatus sebagai karyawan, pengusaha maupun profesional. Salah satu keunggunakan dari KMG MNC adalah dalam jangka waktu tenor yang cukup panjang yakni 10 tahun.

9. Kredit Multiguna Permata

Kredit Multiguna Terbaik

Terdapat 2 jenis kredit multiguna dari Permata Bank yakni berdasarkan prinsip bank konvensional dan juga syariah. Permata Home Ready Cash adalah kredit multiguna konvensional dan PermataKTA iB Multiguna adalah kredit multiguna berbasis syariah.

Biaya-biaya yang harus di siapkan untuk melakukan peminjaman kredit multiguna di Permata Home Ready Cash adalah biaya provisi sebesar 1 % dari limit kredit, administrasi 0,1 % dari limit kredit minimal Rp. 400.0000.

Sementara PermataKTA iB Multiguna cukup unik karena dikelola berdasarkan prinsip syariah yakni Murabahah atau Ijarah. Anda bisa melakukan peminjaman hingga Rp. 300.000.000. Keunggulan yang cukup menonjol dari PermataKTA iB Multiguna ini adalah biaya administrasi dan juga admin keuangan yang gratis.

10. Kredit Multiguna CIMB Niaga

Sama seperi kredit multiguna lainnya, pinjaman multigunan CIMB Niag juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan mutiguna. Agunan yang bisa di ajukan untuk mendapatkan limit kredit dari Pinjaman Multiguna CIMB Niaga adalah deposito, tabungan berjangka, berbagai jenis obligasi dan juga market linked deposit.

Jenis pinjaman yang bisa Anda ajukan berupa :

  • Pinjaman installment
  • PInjaman tetap
  • PInjaman Rekening koran

11. Kredit Multiguna Bank Jatim

Jika biasanya kredit multiguna di tujukan untuk pegawai, wiraswasta atau profesional, produk kredit multi guna Bank Jatim bisa di ajukan oleh PNS, CPNS,Pegawai/Calon Pegawai BUMN/BUMD, Anggota POLRI/TNI bahkan pensiunan dan purnawirawan. Kantor pusat Bank Jatim berada di Jalan Basuki Rachmat No 98 – 104 Surabaya.

Mengenai plafonnya sendiri, akan di sesuaikan secara proporsional sesuai gaji/penghasilan debitur. Menariknya lagi, jangka waktu/tenor yang di berikan kredit multiguna Bank jatim sangat panjang hingga 15 tahun. Anda dapat melakukan pengajuan dengan menghubungi 14044 atau kantor bank Jatim terdekat.

12. Kredit Multiguna Bank DKI

Selain Bank Jatim, layanan kredit multiguna serupa adalah kredit multiguna Bank DKI. Kredit Multiguna Bank DKI ditujuan untuk CPNS,PNS, Karyawan BUMD maupun yang berstasus sebagai Pensiunan di DKI Jakarta. Ada 3 (dua) macam kredit multiguna yang di tawarkan Bank DKI :

  • Kredit Multiguna Pegawai Aktif
  • Kredit Multiguna Masa Persiapan Pensiun
  • Kredit Multiguna Purna Karya

13. Kredit Multiguna Maybank

20 daftar Kredit Multiguna terbaik

Layanan kredit multiguna lainnya adalah berasal dari Maybank. LImit pinjaman yang bisa Anda ajukan minimun Rp. 250.000.000. Sejauh ini tenor pinjaman paling panjang di banding yang lainnya di miliki oleh kredit multiguna Maybank yakni 20 tahun. Bagaimana dengan suku bunganya?

Ada beragam suku bunga fix yang bisa Anda pilih!

Masa FixSuku Bunga
fix 1 tahun11,00%
fix 2 tahun11,00%
fix 3 tahun11,25%
fix 4 tahun11,25%
fix 5 tahun11,25%
fix 6 tahun11,35%
fix 7 tahun11,35%
fix 10 tahun11,50%

14. Mega GUNA

Mega GUNA adalah layanan kredit multiguna dari Bank Mega. Jika Anda memerlukan dana yang tidak terlalu banyak seperti halnya minimun limit kredit multiguna Maybank Anda mungkin dapat menggunakan fasilitas Mega GUNA. Plafon kredit yang di sediakan oleh Mega GUNA yakni mulai dari Rp. 15.000.000 hingga Rp. 100.000.000.

Sesuai dengan jumlah kreditnya yang tidak terlalu banyak, tenor yang di berikan pun hanya 1-5 tahun saja. Mengenai suku bunganya sendiri, yakni suku bunga Effektif in arrear, fixed rate untuk 3 bulan pertama, dan selanjutnya floating.

15. Kredit Multiguna Danamon

Jika Anda mencari dana tunai besar, kredit multiguna Danamon termasuk layanan kredit multiguna yang memberikan limit kredit besar. Jumlah pinjaman yang bisa Anda Ajukan bisa sampai dengan Rp. 8 Milyar (dengan jenis mata uang Rupiah) dengan rasio pinjaman terhadap agunan adalah 80%. Misalnya nilai agunan Anda Rp Rp. 1 milyar, maka maksimal dana yang bisa Anda pinjam adalah Rp. 800 juta.

Sementara itu suku bunga kredit multiguna Danamon sebesar 9,5%. Jenis agunan yang bisa Anda gunakan mengajukan pinjaman kredit multiguna Danamon berupa rumah,ruko atau apartemen. Tenornya sendiri bisa di ajukan hingga 10 tahun lamanya.

16. Kredit Multiguna OCBC NISP

Kredit multiguna OCBC NISP Juga termasuk layanan kredit multiguna yang memiliki limit dana pinjaman yang besar. Dana tunai yang dapat Anda ajukan bisa sampai dengan maksimal Rp. 10 milyar. Selain itu tenornya pun sangat panjang.

Jika Danamon dapat memberikan tenor sampai 10 tahun, maka kredit multiguna OCBC NISP bisa memberikan tenor selama maksimal 15 tahun. Jenis agunan yang dapat digunakan debitur adalah properti yang telah 100% selesai pembangunannya dan memiliki sertifikat lengkap atas nama perorangan.

17. Kredit Multiguna BFI Finance

20 Pinjaman Kredit Multiguna Terbaik

Selain Bank, Anda Juga dapat mengajukan pinjaman kredit multiguna kepada perusahaan multifinance. Salah satunya adalah BFI yang merupakan salah satu perusahaan multifinance terbesar di Indonesia. Di BFI Finance ada beberapa jenis pembiayaan seperti pembiayaan kendaraan bermotor, pembiayaan alat-alat berat, pembiayaan rumah dan ruko dan tentunya pembiayaan pengadaan barang & jasa (multiguna).

Jenis agunan yang dapat di gunakan oleh debitur dalam mengajukan pembiayaan multi guna adalah sertifikat rumah tinggal/ruko, bisa juga berupa BPKB. Mengenai informasi dokumen apa saja yang perlu Anda siapkan dapat langsung mengunjungi situs resmi BFI Finance.

18. Kredit Multiguna Adira Finance

Biasanya mendengar kata Adira, pasti terasosiasi untuk pembayaran cicilan kendaraan bermotor. Namun ternyata Adira Finance juga menyediakan layanan kredit multiguna yang memberikan pinjaman dana cash untuk memenuhi berbagai kebutuhan lainnya. Produknya ada 2 yakni MAXI dan Multiguna Maxi.

Perbedaannya, Multiguna MAxi ditujukan untuk pembiayaan yang spesifik seperti renvasi rumah, pendidikan, traveling dll. SEmentara MAXI lebih flexible sehingga tidak perlu melaporkan invoice/bukti pembelanjaan. Layanan ini dapat di ajukan oleh semua masyarakat yang merubakan debitur aktif dan non aktif Adira maupun customer baru. Jenis agunan yang di terima adalah berupa BPKP motor ataupun mobil.

19. Kredit Multiguna Mandiri Tunas Finance

Kredit multiguna Mandiri Tunas Finance berbeda dengan produk kredit multiguna Bank Mandiri yang telah di bahas sebelumnya. Tenor kredit layanan Multiguna Mandiri Tunas Finance cenderung lebih singkat yakni maksimal 3 tahun saja.

Namun jumlah angsurannya bersifat tetap setiap bulannya, sehingga Anda tidak perlu was-was dengan naiknya suku bunga. Jenis jaminan pembiayaan bisa berupa kendaraan pribadi dengan kententuan usia maksimal kendaraan tertentu. Selain itu, bPKP Kendaraan yang di agunkan harus sesuai dengan nama peminjam atau keluarga.

20. Kredit Multiguna Clipan Finance

20 Pinjaman Kredit Multiguna Terbaik

Sama seperti Mandiri Tunas FInance yang merupakan anak perusahaan Bank Mandiri, Clipan Finance juga merupakan anak usaha Panin Bank. Namun kredit multiguna Clipan Finance berbeda dengan Panin Bank. Jenis agunan yang bisa di gunakan adlah BPKB atau sertiginat rumah/tanah.

Baca juga :

Tenor yang di berikan Clipan Finance yakni 1-3 tahun. Angsuran kreditnya berdasarkan jenis pinjaman yang di ambil: Multiguna BPKB atau Multiguna Sertifikat. Ternyata berdasarkan simulasi kredit dalam website resminya, jumlah angsuran kredit multiguna BPKB lebih kecil dibanding multiguna sertifikat dengan pokok pinjaman dan tenor yang sama. Berikut hasil simulasi kredit Clipan Finance !

  • Multiguna BPKB
    Pokok Pinjaman = Rp. Rp. 100.000.0000 dengan jangka waktu 36 bulan (3 tahun). Maka jumlah pembayaran Angsuran Anda Rp. 3.781.944/bulan
  • Multiguna Sertifikat
    Pokok Pinjaman = Rp. Rp. 100.000.0000 dengan jangka waktu 36 bulan (3 tahun). Maka jumlah pembayaran Angsuran Anda Rp. 4.236.111/bulan

Apa itu kredit multiguna?

Pinjaman kredit multiguna adalah merupakan salah satu produk perbankan yang menawarkan pinjaman dana kepada masyarakat yang membutuhkan pembiayaan baik untuk pengembangan usahanya maupun kebutuhan konsumtif lainnya dengan memberikan jaminan tertentu.

Biaya-biaya untuk mengajukan kredit multigun?

Administrasi
Provisi
Premi asuransi (jiwa dan kerugian)
Notaris
Balik Nama
Pengikatan Agunan
Taksasi Agunan
dll

Apa saja pinjaman multiguna terbaik saat ini?

Untuk penjelasan lengkapnya, bisa dibuka artikelnya yah…

1. Mandiri Multiguna
2. KPR BCA Refinancing
3. BRI Agro Kredit Multiguna
4. BNI Griya Multiguna
5. Kredit Agunan Rumah (KAR) BTN
6. BJB Kredit Guna Bhakti
7. Kredit Serbaguna (KSG) Panin
8. Kredit Multiguna MNC
9. Kredit Multiguna Permata
10. Kredit Multiguna CIMB Niaga
11. Kredit Multiguna Bank Jatim
12. Kredit Multiguna Bank DKI

Bagikan ;

SEKURITAS

INFO

  • 15% Instant Bonus

  • Min Deposit: $5

  • Regulasi Terjamin

5/5
  • Bonus 100% per deposit

  • $1 Deposit Awal

  • Trading Saham dan Forex

5/5
  • 50% Bonus deposit

  • $ 50 Deposit Awal

  • Trading Forex, CFD

  • Komoditas dan indeks Saham

5/5