Ingin trading FOREX legal BAPPEBTI? Anda bisa mendaftar di OCTA.ID, DAFTAR YUK !

Mengenal Ceria, Produk Pinjaman Online Resmi dari BRI

Gaya hidup yang serba online saat ini bukan hanya dilakukan oleh mereka yang hidup di kota-kota besar saja, tapi hingga pelosok Indonesia. Apalagi di masa pandemi Covid-19, banyaknya orang memilih melakukan social dan physical distancing membuat segala hal dilakukan secara online mulai dari sekolah, bekerja hingga berbelanja.

Bahkan untuk urusan finansial, rasa-rasanya melakukan yang serba online jauh lebih efektif dan efisien. Kini berbagai lembaga perbankan sudah mulai membiasakan pelayanan online supaya nasabah jauh lebih mudah. Mulai dari transfer antar rekening, mengecek saldo rekening, pembayaran multipayment, bahkan layanan pinjaman juga bisa dilakukan secara online.

Khusus untuk produk pinjaman online alias pinjol, dalam beberapa tahun terakhir begitu digandrungi oleh masyarakat. Tak perlu ribet harus ke bank, menyetorkan sejumlah jaminan dan survei yang bertele-tele, layanan pinjol tinggal dilakukan lewat mengunduh dan memasang aplikasi melalui smartphone.

Baca juga: 7 Kartu Kredit Terbaik dari BRI (Bunga, Fitur, Syarat Pengajuan)

Dalam waktu singkat asalkan proses pendaftaran dan verifikasi bisa dilakukan dengan lancar, aplikasi pinjaman online pun bisa disetujui dan uang tunai segera masuk ke rekening Anda. Sangat mudah bukan? Tak heran kalau dalam data Perkembangan Fintech Lending (pinjol) yang dirilis OJK (Otoritas Jasa Keuangan) pada awal Mei 2020 lalu, total penyaluran pinjol nasional menembus Rp102,53 triliun!

Jumlah yang sangat fantastis itu melalui laporan OJK, disalurkan oleh sekitar 640.233 lender (penyelenggara pinjol). Seperti dilansir Medcom, ada 24,15 juta peminjam (borrower) yang mengajukan pinjol sejak awal 2018 hingga Maret 2020. Melihat peluang besar dari bisnis pinjaman online, membuat bank dengan jumlah aset terbesar di Indonesia yakni BRI (Bank Rakyat Indonesia) pun menawarkan produk Ceria.

Apa Sih Produk Ceria itu?

apa itu pinjol Ceria

Ceria adalah produk layanan kredit dari BRI dengan skema cicilan online tanpa kartu. Jika Anda pernah mendengar yang namanya Akulaku, Kredivo dan Cicil, maka Ceria memiliki konsep yang serupa. Pengguna Ceria akan bisa berbelanja di e-commerce tertentu yang telah bekerjasama dengan BRI, lalu kemudian tinggal membayar tagihan dalam jangka waktu sesuai yang disepakati.

Menggunakan slogan Cicilan Cepat, Ringan dan Aman, nasabah Ceria bisa bebas membeli barang idaman tanpa mengeluarkan uang tunai, seolah-olah memiliki kartu kredit. Resmi dikenalkan pada Desember 2019 lalu, Ceria memang ditawarkan BRI untuk target pasar generasi milenial yang memiliki jiwa konsumtif tinggi.

Agar bisa bersaing dengan fintech pinjol yang sudah populer di kalangan masyarakat, Ceria memasang target untuk penyaluran portofolio kredit hingga Rp40 miliar sampai akhir 2020 ini. Tentu saja target yang dipatok Ceria bukanlah tanpa alasan. Karena hingga akhir Februari 2020 kemarin, sudah ada penyaluran kredit mencapai Rp18 miliar.

Seperti dilansir CNBC Indonesia, dalam waktu tiga bulan perkenalan, aplikasi Ceria sudah diunduh lebih dari 150 ribu pengguna. Bahkan di saat pandemi Covid-19 merebak di Tanah Air sejak Maret 2020, Ceria menjadi salah satu produk unggulan yang ditawarkan BRI. Dengan rekam jejak BRI sebagai bank milik pemerintah, tak heran kalau akhirnya Ceria kini menjadi layanan pinjol yang banyak diminati berkat beragam keunggulannya.

Keunggulan Pinjaman Online Ceria

keunggulan Ceria

Bukan cuma sekadar membawa nama besar BRI, Ceria memang memiliki banyak sekali keunggulan yang membuat layanan pinjol ini memang layak dipilih. Apalagi jika Anda yang saat ini tengah membutuhkan dana darurat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari tapi gajian masih lama, tentu layak untuk mempertimbangkan pengajuan pinjol ke Ceria. Supaya makin yakin, berikut ulasan keunggulan Ceria untuk Anda:

1. Pinjaman Aman Karena Diawasi OJK

Kalau mendengar pinjol, mungkin yang terbayang adalah sisi negatifnya seperti penagihan yang tidak manusiawi mulai teror debt collector hingga data pribadi yang disebarkan lantaran menunggak. Belum lagi beberapa pinjol terutama ilegal, mematok bunga dan denda yang amat sangat besar, hingga melebihi batas pinjaman. Hal-hal ini yang membuat banyak orang enggan mengajukan pinjol lantaran merasa memperoleh perilaku semena-mena.

Baca juga: KKB BRI, Kredit Kendaraan dengan Bunga Kompetitif

Namun tenang saja, dengan Ceria semua itu tak akan terjadi. Sebagai bagian dari layanan BRI, Ceria jelas tunduk pada ketentuan OJK. Rekam jejak BRI sebagai salah satu bank terbaik di Indonesia adalah bukti kalau Ceria akan mampu memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan transaksi. Sehingga Anda tak perlu cemas mengenai keamanan data atau masalah penagihan dan bunga, karena Ceria sudah pasti aman, nyaman dan terpercaya.

2. Pinjol Resmi Pertama dari Bank BUMN

tampilan aplikasi Ceria di Play Store
© infopena

Meskipun layanan pinjaman online di Tanah Air sudah ramai dikenal masyarakat dalam waktu 3-4 tahun terakhir, faktanya belum ada satupun bank BUMN alias bank milik pemerintah yang menawarkan layanan tersebut. Berbeda dengan bank-bank swasta yang sudah melirik bisnis pinjol, bank plat merah tampak malu-malu menawarkan layanan ini. Sehingga bisa dipastikan kalau Ceria merupakan produk pinjaman online pertama dari bank milik pemerintah.

Namun satu yang cukup menarik, Ceria sebetulnya bukanlah pinjol pertama dari BRI. Rupanya bank yang selama ini identik dengan kebutuhan kredit pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) itu, sudah memiliki produk pinjaman online sebelum Ceria yakni Pinang (Pinjaman Tenang) yang disalurkan oleh anak usaha BRIAgro. Dengan pertumbuhan kredit BRI sepanjang 2019 menembus Rp908,8 triliun, tentu kinerja Ceria sangat menjanjikan.

3. Pengajuan Singkat dan Digital

Memahami bahwa gaya hidup serba online dan digital tengah menjadi primadona, BRI tampaknya menerapkan sentuhan yang sama pada Ceria. Jika produk-produk kredit mereka yang lain seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat), KTA (Kredit Tanpa Agunan), KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) hingga kartu kredit harus diajukan juga di kantor cabang BRI, tidak dengan Ceria. Ceria hadir melalui sebuah aplikasi online selayaknya pinjol-pinjol dari fintech pada umumnya.

Lantaran sistem sudah digital sepenuhnya, Anda tinggal mengunduh aplikasi di Play Store dan kemudian dipasang pada smartphone. Kemudian lakukan proses pengajuan pinjaman dan tunggu sistem Ceria melakukan verifikasi dan kredit skoring. Terakhir jika aplikasi disetujui, Anda bisa melakukan digital signature yang sudah diakui keabsahannya oleh OJK dan Kominfo. Dengan sistem serba digital ini, proses pengajuan pinjol di Ceria bisa dilakukan dalam waktu 15 menit saja.

4. Syarat Pendaftaran Mudah

tampilan form pengajuan Ceria
© siajun

Sudah disinggung sebelumnya bahwa Ceria merupakan layanan pinjol yang berbeda dengan produk-produk kredit dari BRI yang lain. Melalui Ceria, siapapun bisa melakukan pengajuan pinjaman, sekalipun tak punya jaminan aset atau masih fresh graduate serta belum menikah. BRI pun menerapkan syarat pengajuan yang sangat mudah yakni:

  • Mempunyai e-KTP
  • Memiliki tabungan atau rekening BRI
  • Usia minimal 21 tahun
  • Mempunyai smartphone Android untuk mengunduh dan memasang aplikasi Ceria

5. Limit Besar Hingg Rp20 Juta

tampilan halaman tagihan dan limit Ceria
© duwitmu

Banyak keluhan yang disebutkan masyarakat bahwa layanan pinjol mayoritas memiliki plafon pinjaman sangat kecil yakni kisaran Rp200 ribu-Rp1 juta. Namun dengan Ceria, hal itu teratasi karena BRI memberikan limit kredit mulai Rp500 ribu sampai Rp20 juta. Bukan cuma limit kredit maksimal yang cukup besar, tenor alias jangka waktu peminjaman di Ceria juga tidak membebani debitur.

Ceria menawarkan tenor antara 1-12 bulan yang artinya, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan limit lebih besar dalam waktu yang cukup lama. Tentunya supaya bisa menembus limit besar dan jangka waktu bayar panjang, Anda harus memiliki skor kredit yang memuaskan dalam sistem OJK dan BI Checking.

Baca juga: KTA BRI, Informasi Lengkap Soal Jenis, Syarat dan Produk

6. Suku Bunga Kompetitif

Dan inilah keunggulan terakhir yang membuat Anda harus mempertimbangkan Ceria sebagai solusi pinjaman online. Yap, suku bunga Ceria bisa dibilang sangat kompetitif dan terendah apalagi jika dibandingkan dengan produk-produk pinjol sejenis. Di mana Ceria menawarkan bunga 1,42% flat per bulan. Bahkan BRI tidak membebankan biaya administrasi, yang tentunya makin menguntungkan calon debitur. Seperti dilansir Gopinjol, berikut adalah simulasi suku bunga yang ditawarkan Ceria:

simulasi suku bunga dan kredit Ceria © gopinjol

Tata Cara Pengajuan Pinjaman Online di Ceria

Melalui informasi yang tertera di situs resmi BRI, disebutkan kalau Ceria hingga saat ini sudah bekerjasama dengan marketplace Tokopedia, agen wisata Panorama JTB, e-commerce khusus gawai Dinomarket dan beberapa merchant lain. Tertarik untuk mendapatkan limit pinjaman dari Ceria? Berikut ini tata cara pengajuannya yang bisa Anda lakukan:

tampilan awal aplikasi Ceria
© siajun
  1. Unduh aplikasi Ceria di Play Store lalu pasang di smartphone
  2. Buka aplikasi Ceria dan lakukan pendaftaran lewat tombol SIGN UP
  3. Tulis nomor HP pribadi yang masih aktif dan tunggu sampai Anda menerima SMS berisi OTP (One Time Password) dari Ceria
  4. Masukkan OTP di aplikasi Ceria lalu buat PIN dan lakukan konfirmasi sebagai bukti proses pendaftaran Ceria berhasil
  5. Agar bisa langsung melakukan pengajuan, Anda bisa pilih tombol AJUKAN LIMIT SEKARANG
  6. Lakukan verifikasi nomor rekening BRI milik Anda. Pastikan kalau rekening BRI ini sebagai rekening tujuan penghasilan bulanan
  7. Isi formulir pengajuan secara lengkap mulai dari data pribadi, informasi keluarga dan keuangan
  8. Unggah foto KTP dan foto selfie dengan KTP
  9. Tunggu proses verifikasi dan perhitungan skor kredit berdasarkan data yang Anda ajukan
  10. Jika proses pengajuan pinjol disetujui oleh Ceria, maka Anda akan memperoleh tawaran limit
  11. Terakhir pilih TERIMA PENAWARAN dan limit kredit akan masuk ke akun Ceria

Jika limit sudah masuk ke dalam akun, maka Anda bisa langsung melakukan pembelanjaan di merchant yang sudah bekerjasama dengan Ceria. Untuk bisa berbelanja dengan limit dari Ceria, pada dasarnya tidak berbeda dengan proses belanja online pada umumnya. Hanya saja Anda tinggal mengubah metode pembayaran dengan Ceria. Nanti merchant akan kembali mengirim OTP sebagai bukti verifikasi kalau Anda yang memang melakukan pembelanjaan dengan akun Ceria.

Baca juga: 8 Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik Saat Ini

Jika barang yang Anda kehendaki masih sesuai dengan limit dari Ceria, maka Anda bakal memperoleh barang yang diidam-idamkan. Tanpa menggunakan kartu kredit, Anda bisa mendapat produk impian dan tinggal membayar tagihan sesuai dengan kesepakatan plafon dan tenor. Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan? Untuk itu tunggu apalagi? Segera unduh dan pasang aplikasi Ceria sekarang juga, lalu lakukan pembelian online.

Bagikan ;