7 Pinjaman Online Terbaik yang Terdaftar OJK dan Cocok untuk Pemula

Selayaknya layanan transportasi online, Fintech (Financial Technology) juga beroperasi secara online dengan layanannya adalah bidang keuangan. Tak perlu keluar rumah, Anda hanya tinggal mengunduh aplikasi resminya di PlayStore dan memasang di HP. Cuma menggunakan KTP sebagai syarat, dalam waktu beberapa menit saja pengajuan pinjaman online Anda dapat disetujui dan dana langsung dicairkan ke dalam rekening.

Namun rupanya maraknya Fintech ini justru menimbulkan masalah baru. Banyak nasabah yang tidak bisa membayar tagihan tepat waktu mendapatkan teror dari perusahaan Fintech. Mulai dari data pribadi disebarkan hingga teror melalui telepon dan bunga super besar. Hal ini tentu meresahkan hingga akhinya OJK (Otoritas Jasa Keuangan) turun tangan dengan menertibkan Fintech liar. Nah, supaya Anda tidak merasa dirugikan saat mau pinjam uang online, berikut ini beberapa perusahaan penyedia jasa pinjaman online terbaik yang terdaftar OJK dan layak dicoba!

7 Penyedia Pinjaman Online Terbaru yang Sudah Resmi Terdaftar di OJK

1. Kredit Pintar

Kredit Pintar - Fintech OJK

Resmi dikenalkan untuk pengguna Android pada September 2017, Kredit Pintar populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai pinjaman online yang anti ribet. Dengan ukuran aplikasi yang tak terlalu besar, Anda bisa mengunduh dan langsung melakukan peminjaman. Hanya butuh KTP dan selfie dengan KTP saja, Anda bisa memilih nominal dan tenor pinjaman sesuai kebutuhan.

Beberapa informasi tambahan yang diperlukan biasanya mengenai data pribadi, informasi pekerjaan, beberapa dokumen penunjang limit, informasi kontak darurat dan rekening bank pribadi. Yang membuat Kredit Pintar sangat disukai banyak orang dan cocok untuk pemula adalah proses verifikasi super singkat. Hanya dalam hitungan menit saja, aplikasi pinjaman Anda bakal diproses dan jika memenuhi syarat, bakal langsung setuju serta tentunya uang cair ke rekening Anda.

Baca juga: Tabungan Minim? Yuk Coba 7 Bisnis dengan Modal di bawah Rp 500 Ribu!

Untuk pengguna pertama, Fintech yang sudah berizin OJK lewat PT Kredit Pintar Indonesia memberikan nominal Rp 500 ribu yang bisa naik bertahap asalkan bayar tepat waktu hingga Rp 2 juta. Tenor yang ditawarkan pun mulai dari 14 hari sampai tiga bulan lamanya dengan kisaran bunga 0,5% per hari. Selain proses pencairan kilat dan anti ribet, keunggulan lain Kredit Pintar adalah bisa melayani nasabah di seluruh Indonesia.

2. Finmas

Finmas - Fintech OJK

Salah satu keengganan melakukan pinjaman online di Fintech adalah bunga yang dibebankan terlalu besar. Bahkan bisa saja Anda mengajukan pinjaman Rp 500 ribu, pencairan ke rekening hanya di kisaran Rp 250 ribuan saja. Namun tenang saja, jika Anda memilih Finmas, tidak akan mengalami hal tersebut. Berpusat di Cocowork Uptown, lantai 3A Jl. Timor no. 16, Gondangdia, Menteng Jakarta Pusat 10350, Finmas dikenal sebagai salah satu penyedia pinjaman online dengan bunga terendah.

Berbasis Peer to Peer Landing (P2P), Finmas siap memberikan pinjaman jumlah kecil dalam jangka pendek tanpa ribet. Asalkan memiliki penghasilan tetap minimal Rp 2 juta per bulan, hanya menyetorkan KTP dan mengisi data-data pribadi, Anda sudah bisa memperoleh dana segar Rp 500 ribu dengan tenor pinjaman 30 hari. Kalau ingin meningkatkan limit hingga Rp 1 – 2 juta, diperlukan slip gaji.

3. Cashwagon

Cashwagon - Fintech OJK

Ingin melakukan pinjaman uang secara online tapi tak mau terkena beban bunga? Maka bisa mencoba mengunduh dan memasang aplikasi Cashwagon. Adanya penawaran bebas bunga untuk pinjaman pertama selama tenor 10 hari, Cashwagon tentu cocok untuk pemula yang tengah bingung mencari dana darurat. Tak butuh waktu lama, aplikasi pinjaman Anda bakal diproses dalam waktu kurang dari 24 jam.

Dengan nomor registrasi sahnya yaitu S-5475/NB.111/2017 dan izin OJK pada nomor 77/POJK.01/2016, Cashwagon jelas menjadi salah satu Fintech paling aman dan terpercaya. Asalkan memiliki KTP dalam batas usia 20-60 tahun serta penghasilan tetap (karyawan atau wiraswasta), pinjaman Anda bakal cair langsung ke rekening pribadi dan memperoleh peningkatan limit asalkan bayar tepat waktu.

4. UangTeman

UangTeman - Fintech OJK

Berstatus sebagai lembaga peminjaman dana mikro pertama di Indonesia, aplikasi UangTeman yang dimiliki PT Digital Alpha Indonesia adalah satu Fintech terpercaya. Di saat kehadiran Fintech belum menjamur seperti sekarang, UangTeman sudah menawarkan cara pinjaman uang secara online sejak April 2015. Jika awalnya hanya beroperasi di Jabodetabek, kini area cakupan UangTeman sudah hampir di seluruh Jawa dan berkembang ke Sumatera, Kalimantan serta Sulawesi.

Baca juga: Ingin Capai Sukses? Berikut 5 Bisnis yang Bisa Membuat Anda Cepat Kaya!

Memiliki nomor registrasi terdaftar yang diterbitkan pada tahun 2017 yakni S-2970/NB.111/2017 dan POJK nomor 77/POJK.01/2016, UangTeman mampu menjaga komitmennya sebagai penyedia pinjaman online terbaik. Hanya membutuhkan foto KTP dan selfie dengan KTP, Anda bisa langsung mengajukan dan memilih nominal serta tenor sesuai kemampuan.

5. Danamas

Danamas - Fintech OJK

Menyadari bahwa izin OJK saat ini jadi pertimbangan utama peminjaman online, Danamas yang berada di bawah naungan PT Pasar Dana Pinjaman pun melengkapi layanan mereka. Melalui peraturan OJK dengan nomor 77/POJK01/2016, Danamas memiliki surat izin rezmi pelayanan bernomor Kep-49/D.05/2017 yang diterbitkan pada 6 Juli 2017. Bahkan Danamas juga telah terdaftar di Kominfo dan AFPI.

Berbasis P2P seperti Finmas, Danamas pada dasarnya bertugas sebagai perantara para pemodal dan peminjam. Mereka berhak melakukan proses verifikasi untuk peminjam di mana dana yang disetujui akan dicairkan ke rekening bank Sinarmas. Dengan tenor mulai dari 7 hari hingga setahun. Untuk mengajukan pinjaman, Anda harus berusia minimal 21 tahun, memiliki usaha produktif dan rekening bank Sinarmas.

6. KTA Kilat

KTA Kilat - Fintech OJK

Memulai layanan keuangan online sejak Desember 2016, KTA Kilat berada di bawah kendali Hadoop Fintech, perusahaan teknologi keuangan asal Hong Kong. Tidak memerlukan jaminan apapun, KTA Kilat termasuk salah satu Fintech terpercaya yang memiliki proses verifikasi dan pengajuan pinjaman modal singkat.

Bahkan kini, KTA Kilat juga bekerjasama dengan marketplace populer seperti Akulaku dan Bukalapak untuk mempermudah calon nasabah. Hanya butuh foto KTP dan selfie KTP, Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir data diri pribadi. Dengan nominal awal pinjaman Rp 500 ribu dalam waktu 15 hari, tentu KTA Kilat bisa jadi solusi tepat untuk kebutuhan dana darurat.

7. Dana Rupiah

Dana Rupiah - Fintech OJK

Merupakan aplikasi pinjaman uang online dari PT Layanan Keuangan Berbagi, Dana Rupiah menjadi Fintech yang layak dipertimbangkan calon nasabah. Memiliki tiga produk pinjaman utama yakni pribadi, produktif dan pendidikan, Dana Rupiah juga termasuk Fintech berbasis P2P. Sejak beroperasi, Dana Rupiah sudah mencairkan lebih dari empat juta transaksi sehingga mereka memperoleh sertifikat ISO 27001:2013, sebagai standar sistem manajemen keamanan informasi.

Baca juga:

Sama seperti pinjaman online lainnya, Anda hanya perlu menyetorkan foto KTP sekaligus selfie bersama KTP untuk bisa melakukan pinjaman. Asalkan membayar tepat waktu, nominal pinjaman pun bakal meningkat dengan drastis saat Anda mengajukan pinjaman ulang di Dana Rupiah.

Nah, bagaimana? Sudah cukup memperoleh gambaran soal perusahaan penyedia pinjaman online terbaik kan? Anda tentu tinggal memilih salah satu di antaranya. Satu hal yang perlu diingat, meminjam uang secara online tak ubahnya berhutang di bank di mana bakal memiliki besaran bunga tertentu dan tenor pinjaman yang wajib diikuti. Karena ketika Anda telat membayar tagihan, tentu harus siap dengan segala risiko yang bakal ditanggung. Untuk itulah sebelum meminjam, pikirkan secara bijak.

Loading...