Prediksi Mirae Asset Tentang Saham Cuan Di 2023

Berkaca dari pertumbuhan laba bersih emiten berkelanjutan, ini prediksi Mirae Asset tentang saham cuan di 2023.

Sebagai salah satu perusahaan konsultan saham dan sekuritas di Indonesia, Mirae Asset melihat ada sentiment positif pada iklim investasi tahun 2023.

Mirae Asset juga memprediksi IHSG tahun depan dapat mencapai 7.880 atau naik sekitar 11% dari posisi November 2022.

Hariyanto Wijaya, Head of Research Team & Strategist Mirae Asset Sekuritas, memaparkan skenario dasar (base-case scenario) yang melejit atas dukungan preferensi investor global pada pasar saham negara berkembang, termasuk Indonesia.

Dua emiten saham yang menurut Mirae Asset akan stabil menghasilkan cuan di tahun 2023 adalah sektor konsumen primer dan keuangan.

Kedua sektor ini akan tetap prospektif dan dapat menjadi pilihan tahun depan bagi para investor ritel.

Ada juga opsi lain pada sektor barang konsumen non-primer yang menurut Hariyanto masih menarik.

Margin keuntungan perusahaan-perusahaan di bidang tersebut masih dapat meningkat dan laba bersihnya dapat tumbuh pada 2023.

Semenjak normalisasi ekonomi pada Juli 2022, dampak positif dirasakan pada penjualan barang konsumen non-primer yang mampu menghasilkan margin tinggi.

Selisih margin yang tinggi antaara harga produksi dan harga jual kemudian turut mengerek pertumbuhan kinerja emiten saham di sektor tersebut.

Membaiknya sektor ekonomi juga berdampak positif pada meningkatnya pengajuan kredit yang secara otomatis mendukung pertumbuhan pinjaman dan margin bunga bersih hingga tahun depan.

Turunnya beban pencadangan atau beban provisi yang diprediksi terjadi tahun depan juga turut mendukung pertumbuhan laba bersih perbankan.

Saham Pilihan Mirae Asset

Sejalan dengan prediksi Mirae Asset diatas, dipaparkan juga mengenai saham pilihan untuk investasi bulanan.

Ada beberapa emiten dari konsumen non primer, yaitu ICBP, INDF, dan MYOR. Kemudian ada juga pilihan emiten dari beragam perusahaan seperti BMRI, BBRI, BTPS, BNGA, ITMG, INDF, ICBP, dan MYOR.

Per 5 Desember, rerata stock pick bulanan dari emiten diatas mampu menghasilkan accumulated return 79,9% (vs accumulated return IHSG 9,3%).

Oleh karena itu, stock pick bulanan mampu mengungguli IHSG sebesar 70,6%.

Pertumbuhan RI Masih Positif Pada 2023

Senada dengan Hariyanto, Senior Economist Mirae Asset Sekuritas Rully Arya Wisnubroto juga memprediksi pertumbuhan kredit perbankan tahun depan masih cukup menjanjikan.

Hal ini didukung oleh kebijakan pemerintah dan otoritas moneter yang masih cukup akomodatif meskipun kenaikan suku bunga diprediksi masih akan berlanjut.

Bank Indonesia masih akan melanjutkan penaikan suku bunga sebagai bentuk penyesuaian dari kenaikan inflasi dan nilai tukar dolar AS.

Namun hal ini tidak menyurutkan kebijakan makroprudensial dan sektor perbankan yang akan selalu akomodatif untuk mendukung pertumbuhan kredit perbankan.

Pulihnya mobilitas dan konsumsi masyarakat bersamaan dengan kuatnya neraca perdagangan luar negeri membuat ekonomi tetap stabil hingga kuartal III-2022.

Ini yang membuat Mirae Asset tetap optimis bahwa 2023 kita akan baik-baik saja, meski kewaspadaan terhadap situasi global terus selalu dilakukan.

Konsumsi rumah tangga hingga kuartal I-2023 masih akan moderat meski terjadi perlambatan ekonomi nasional tahun depan.

Salah satunya disebabkan oleh semakin terbatasnya mobilitas masyarakat setelah harga BBM bersubsidi naik.

Baca juga: Apa Itu Rupiah Digital Dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Namun perlambatan ekonomi dalam negeri masih akan lebih baik daripada perlambatan ekonomi di tingkat global yang sudah mulai terlihat hingga penghujung tahun 2022.

Melemahnya aktivitas manufaktur di negara-negara ekonomi maju merupakan salah satu pertanda dari perlambatan ekonomi global.

Sebagaimana yang terjadi pada negara di Inggris Raya dan Zona Eropa yang sudah lebih dulu mengalami pelemahan ekonomi.

Dua hal yang menyebabkan pelemahan ekonomi Eropa adalah kebijakan pengetatan moneter, serta krisis energi yang disebabkan konflik Rusia-Ukraina.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar