Rencana Bisnis : Panduan Langkah demi Langkah

Panduan cara menulis rencana bisnis ini akan menjelaskan bagian-bagian terpenting dari rencana bisnis yang Anda buat menjadi efektif.

Rencana bisnis merupakan deskripsi tertulis rencana ide atau gagasan tentang masa depan bisnis , bisnis yang akan atau sudah Anda lakukan. Rencana bisnis / bisnis plan adalah sebuah dokumen yang berisi gambaran apa yang akan Anda rencanakan dan bagaimana Anda merencanakan untuk mewujudkan rencana tersebut.

Rencana bisnis / bisnis plan secara inheren bersifat strategis.  Anda mulai di sini, hari ini, dengan sumber daya dan kemampuan tertentu. Anda ingin sampai ke sana, sebuah titik di masa depan (biasanya tiga sampai lima tahun) pada saat dimana bisnis Anda akan memiliki sumber daya dan kemampuan yang berbeda serta keuntungan dan peningkatan aset yang lebih besar.

Nah, Rencana bisnis akan mengantarkan dan memberikan petunjuk bagaimana  Anda akan bisa dari sini dan hari ini akan bisa sampai ke sana dan mencapai rencana besar Anda.

Rencana Bisnis
Rencana Bisnis

Oke,  Sebelum menulis rencana Anda ada beberapa hal yang harus Anda penuhi sebelum menulis rencana bisnis.

  1. Berapa Lama Rencana Anda ?/  How Long Should Your Plan Be?
  2. Kapankah Anda Harus Menuliskannya?/ When Should You Write It?
  3. Siapa yang butuh Rencana Bisnis?/ Who Needs A Business Plan?
  4. Mengapa Anda Harus Menulis Rencana Bisnis?/ Why Should You Write A Business Plan?
  5. Tentukan Tujuan Anda dan objeknya / Determine Your Goals and Objectives
  6. Buat Garis Besar Kebutuhan Pembiayaan Anda / Outline Your Financing Needs
  7. Rencanakan Apa yang Akan Anda Lakukan dengan Rencana Anda tersebut
  8. Jangan Lupakan Pemasaran

Setelah mengetahui beberapa hal penting tersebut, mari  mulai menulis rencana bisnis Anda

  • Cara Menulis Rencana Bisnis
  • Bagaimana Memulai Bisnis
  • Bahan dari Rencana Pemasaran
  • Memperbarui Rencana Bisnis Anda
  • Meningkatkan Rencana Bisnis Anda

Tools Rencana Bisnis yang bisa digunakan

  • Perangkat Lunak Rencana Bisnis
  • Buku dan Petunjuk Praktis
  • Template Rencana Bisnis
  • Contoh Rencana Bisnis

Rencana bisnis / business plan memiliki fungsi sangat vital pada keberhasilan bisnis Anda nantinya. Bisnis plan akan memberikan Anda gambaran, visi dan segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Merencanakan bisnis dan menulis rencana bisnis lebih dari sekadar memiliki lokasi yang dipilih dan produk atau layanan untuk dijual. Pembiayaan, strategi pemasaran dan pertumbuhan masa depan semuanya memerlukan rencana bisnis yang diteliti dan dipikirkan dengan baik.

Mengapa Rencana Bisnis itu penting?

Rencana bisnis sangat penting fungsinya, bahkan sebelum Anda memulai usaha. Berikut adalah tujuh alasan penting kenapa rencana bisnis / bisnis plan itu penting :

Rencana Bisnis:

  1. Menyediakan cara melalui format terstruktur untuk mengatur pemikiran Anda dan mengklarifikasi ide Anda.
  2. Membantu Anda menetapkan tujuan Anda dan menemukan potensi masalah dalam mencapai tujuan bisnis Anda.
  3. Memberi Anda strategi yang jelas untuk diikuti.
  4. Sangat penting untuk menjaga kondisi kesetabilan keuangan eksternal untuk bisnis Anda ( diperlukan jika Anda mengajukan pinjaman awal) baik ke investor atau perbankkan.
  5. Memungkinkan Anda mengukur kemajuan sampai di mana bisnis Anda bahkan saat saat Anda sedang berpergian.
  6. Pastikan semua tim Anda bekerja menuju visi yang sama.
  7. Membantu Anda merencanakan masa depan.

Bagian penting dari Rencana Bisnis:

Rencana Bisnis dapat mencakup informasi apa pun yang Anda rasa diperlukan. Hal ini untuk menjawab pertanyaan “bagaimana Anda merencanakan agar bisnis Anda berkelanjutan?”.

Tujuan bisnis dan objeknya :

Penjelasan singkat tentang bisnis dan produk. Bagian ini juga mencakup ikhtisar yang jelas dan ringkas tentang tujuan yang ingin dicapai bisnis Anda selama periode waktu tertentu. Biasanya dibagi menjadi tujuan jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Pembagian tersebut membantu mengukur (seberapa jauh Anda sudah mencapai tujuan bisnis?) Dan realistis dengan kondisi yang ada (dapatkah Anda mencapainya sumber daya , uang dan waktu yang Anda miliki ?)

Keterampilan dan pengalaman :

Gambaran tentang pengalaman Anda terkait dengan bisnis Anda. Jika sebelumnya Anda pernah bekerja dalam bisnis serupa, atau memiliki pengalaman menjalankan bisnis lain, ini akan membantu memberikan keyakinan bahwa Anda berada dalam posisi yang baik untuk memulai bisnis tersebut.

Target pelanggan, pasar dan persaingan :

Ringkasan seberapa jauh Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang:

  • Pelanggan Anda ( tentang bagaimana mengidentifikasi mereka),
  • pasar Anda (bagaimana memposisikan diri Anda di dalamnya),
  • pesaing Anda (bagaimana membedakan produk Anda dari produk  pesaing seperti harga, kualitas, merek dll).

Rencana penjualan dan pemasaran :

Bagian ini tentang bagaimana untuk menarik pelanggan membeli kepada Anda.  Seperti di mana Anda akan mendistribusikan produk Anda, apa merek dan logo,  berapa harga yang akan Anda terapkan.

Selain itu, Anda juga perlu menunjukkan bagaimana Anda akan menyebarkan berita tentang produk untuk meningkatkan  permintaan / penjualan, seperti menggunakan media sosial untuk strategi promosi, mengikuti pameran atau dengan iklan online berbayar.

Rencana operasional :

Rencana operasional tergantung model bisnis Anda, pada intinya mencakup informasi tentang kemana Anda akan bertransaksi (seperti di kantor di rumah atau di luar gedung), jumlah staf yang harus Anda pekerjakan, peran mereka dan peralatan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis Anda.

Pada bagian ini,  Anda bisa merinci proses oprasional, merinci peraturan industri, pajak atau hukum apa pun yang terkait dengan bisnis Anda.  Pada bagian ini juga dapat memperkirakan risiko yang mungkin Anda hadapi, bagaimana Anda akan mengatasinya dan apa yang akan Anda lakukan.

Keuangan

Menguraikan bagaimana Anda akan mendanai semua aktivitas dan pendapatan yang akan Anda hasilkan. Prakiraan Arus kas dari modal, hasil dan pendapatan.

Nah, silahkan Anda pelajari poin demi poin tentang rencana bisnis / bisnis plan tersebut ini, artikel ini adalah artikel pilar dan memiliki beberapa link yang menjelaskan setiap bagian-bagiannya.