Review Aplikasi Blu BCA Digital, Lengkap!

Sudah tahu kalau BCA meluncurkan Blu BCA Digital? Blu BCA Digital adalah bank digital kekinian yang di rilis Bank BCA. Setelah sebelumnya memiliki BCA mobile dan klik BCA, Bank BCA semakin menunjukan keseriusannya di dunia digital banking lewat aplikasi Blu.

Blu dirilis sejak Juli 2021 lalu sebagai alternatif bank digital anak muda. Karena secara umum, layanan ini sepertinya memang menyasar nasabah usia produktif dari gen Z maupun milenial. Oh ya, layanannya sudah bisa di nikmati oleh pengguna android loh!

Kita semua pasti tahu bagaimana rekam jejak salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang satu ini. Inilah yang membuat bank digitalnya sangat menarik. Bahkan mungkin ditunggu banyak orang. Apa saja fiturnya, bagaimana cara mendaftarnya, bagaimana dengan biaya-biaya yang berlaku?

Baiklah, langsung kita bahas secara detail tentang aplikasi Blu dari Bank BCA!

Mengenal Apa Itu Aplikasi Blu dan Fiturnya

Sama seperti bank digital lainnya, aplikasi Blu juga merupakan bank yang beroperasi tanpa cabang (branchless). Sebagai aplikasi bank digital, Blu juga menawarkan kemudahan versinya. Anti Ribet dan Anti Skip, katanya.

Anti ribet karena Blu BCA punya menu “favorit” untuk menandai transaksi rutin. Dengan begitu kita bisa dengan mudah mengulang kembali transaksi tanpa ribet menginput data di lain waktu.

Selain itu Blu BCA sudah anti skip dengan fitur seperti alarm untuk transaksi rutin, yakni “Set reminder Bayar/Bel”. Nantinya, notif akan muncul di highlight setiap tanggal yang sudah kita atur, sehingga sudah tidak perlu lagi ada kata lupa dan skip-skip tagihan rutin.

Lalu apa saja fitur utamanya? Sudah tidak sabar?

Nah secara umum, Blu BCA Digital punya 4 menu utama yakni : Tabungan, Transaksi, Monitor dan juga Ekstra. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang masing-masing fitur!

Tabungan

Menu utama yang pertama adalah tabungan. Disini, ada 4 sub menu yang penting sekali dimiliki oleh bank digital. Karena biasanya anak muda seringkali punya banyak tujuan keuangan tapi tidak mau ribet mengurusnya.

Jadi bukan hanya ada rekening utama yang biasanya digunakan untuk berbagai transaksi. Melainkan ada rekening lain-lainnya. Di aplikasi Blu, masing-masing di beri nama bluAccount, bluSaving, bluGether, dan bluDeposit.

1. bluAccount

Adalah rekening digital utama yang digunakan sebagai rekening aktif untuk berbagai transaksi.

2. bluSaving

Yakni rekening menabung yang bisa di atur sesuai dengan tujuan menabung kita. Jadi kita tidak perlu lagi membuat banyak rekening di bank yang berbeda untuk sekedar menabung. Yap, inilah keuntungan punya bank digital seperti aplikasi Blu.

3. bluGether

Merupakan fitur single rekening (seperti bendahara) yang bisa di manfaatkan jika ingin patungan online. Kita bisa mengundang beberapa teman untuk menjadi membernya sehingga bisa ikut memonitor arus kas transaksi saldo yang ada di rekening.

4. bluDeposit

Adalah rekening deposito berjangka yang bisa di buka secara online dengan minimal deposit Rp 10 juta. Kita bisa memilih tenor antara 1-12 bulan. Mengenai bunganya, tentu akan lebih tinggi di bandingkan jika kita menyimpan uang di bluSaving. Bagaimana cara membuatnya?

Jika sudah terdaftar sebagai nasabah blu, Anda tinggal masuk ke menu “Buka bluDeposit”. Lalu masukan nama dan juga jumlah dana yang ingin di simpan dalam rekening deposito. Jangan lupa untuk memilih tenor deposito Anda. Terakhir, klik ” Buka bluDeposit” dan deposito Anda sudah aktif.

Baca juga, Tips Keuangan yang Harus di Biasakan Mulai dari Usia 20-30 Tahun-an

Menurut saya pribadi, fitur paling unik di bagian menu Tabungan ini adalah fitur bluGether. Masih agak jarang bank digital yang memiliki fitur seperti ini. Padahal memang, di era digital anak-anak muda seringkali punya program ataupun acara tertentu untuk patungan online. Jadi fitur ini sangat bermanfaat sekali untuk para gen Z atau milenial.

Transaksi

Sekarang kita masuk ke menu transaksi. Apa saja fitur transaksi yang dimiliki aplikasi Blu dari BCA?

Transfer

Fitur transaksi transfer pastinya sudah menjadi fitur wajib yang dimiliki mobile banking. Tapi uniknya, aplikasi blu BCA Digital punya bluRewards yang membuat kita bisa “gratis” transfer ke sesama rekening BCA maupun rekening bank lainnya. Nah, tentang bluRewards ini akan di bahas lebih detail pada poin khusus setelah ini ya.

Bayar/Beli

Masih bicara tentang fitur transfer basic yang “wajib” ada dalam aplikasi digital banking. Saat ini transaksi pembayaran atau pembelian banyak dilakukan secara online. Membeli sesuatu di market place, bayar listrik, PDAM dan masih banyak lagi. Kita tidak perlu repot ke ATM.

QRIS

Ingin transaksi tanpa ribet? Di aplikasi blu ini sudah tersedia fitur QRIS. Kode QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah metode transaksi menggunakan QR code resmi dari Bank Indoensia.

Fitur ini nampaknya menjadi salah satu fitur yang rasanya mulai wajib ada di aplikasi keuangan digital. Apalagi dimasa pandemik, penyebaran virus sangat memungkinkan terjadi saat ada kontak fisik saat bertransaksi. Dengan kode QRIS, kita bisa langsung membayar transaksi dengan mudah tanpa harus kontak fisik dengan kasir. Jadi tinggal di scan saja. Mudah, cepat dan lebih aman.

Tarik Tunai

Walaupun beroperasi tanpa cabang (branchless) tapi di aplikasi Blu kita tetap bisa melakukan tarik tunai. Bahkan transaksi tarik tunai ini bisa di lakukan tanpa kartu (Cardless Withdraw) lewat ATM BCA secara gratis. Karena ATM BCA terhitung mudah di temukan, jadi hampir bisa di pastikan kalau kita tidak akan kesulitan jika sewaktu-waktu harus mengambil uang cash dari saldo Blu.

Caranya sangat mudah :

  • Tinggal masuk saja ke “Tarik Tunai” di aplikasi Blu
  • Lalu pilih nominal sesuai kebutuhan Anda, klik “Lanjut”
  • Kemudian konfirmasi nominalnya, dan masukan PIN
  • Nantinya Anda akan mendapatkan kode OTP yang berlaku 1 jam
  • Anda tinggal pergi ke ATM BCA terdekat, pilih menu “Transaksi tanpa kartu” lalu ikuti instruksinya.

Oh ya, untuk tarik tunai Anda bisa mulai pada nominal dan kelipatan Rp 50.000. Limit transaksinya sebesar Rp 1,25 juta dan maksimal Rp 7 juta/ hari.

Top Up E-money

Bisa dibilang kita sudah masuk ke era cashless. Banyak generasi muda yang sudah menerapkan gaya hidup ini. Sehingga kebutuhan melakukan top up atau isi ulang e-money pasti sangat tinggi. Di aplikasi blu top up e-money bisa jadi gampang sekali. Tinggal tap tombol shorcut yang ada di bagian halaman depan aplikasi.

Semua transaksi top ini juga bisa di simpan sebagai favorit, sehingga isi ulang e-wallet cukup beberapa detik saja menggerakan jari. Ada kabar gembira nih untuk para cashless-er! Karena top up e-money di aplikasi Blu BCA Digital bisa di lakukan tanpa biaya admin atau gratis. Nah info selengkapnya nanti akan di bahas khusus pada bagian biaya ya.

Monitor

Apa itu fitur monitor? Fitur ini adalah salah satu fitur penting untuk para milenial dan gen Z yang gajiannya hanya numpang lewat saja. Nah dengan monitoring, data transaksi kita akan terekam secara otomatis sehingga kita bisa mengevaluasi pengelolaan keuangan kita. Secara umum ada 3 sub fitur utama dalam menu monitor, yaitu : Laporan keuangan, Riwayat Transaksi dan Tracker.

Laporan Keuangan

Di aplikasi blu, Anda akan di berikan 3 jenis laporan keuangan yakni Laporan Portofolio, E-Statement, Data Pendukung SPT. Apa bedanya laporan portofolio dan E-statement?

laporan portofolio itu adalah laporan keuangan yang mencakup semua transaksi di semua jenis rekening Blu yang kita miliki. Sedangkan E-statement tersedia pertiap rekening. Laporan portofolio dan E-statement bisa di download setiap bulannya sedangkan Data Pendukung SPT setiap per tanggal 4 Januari.

Riwayat Transaksi

Dengan aplikasi Blu Anda bisa melakukan checking transaksi secara spesifik dengan menggunakan filter tertentu. Misalnya berdasarkan waktu, tipe, dan fitur apa yang kita gunakan sewwaktu bertransaksi. Sehingga tidak perlu repot scroll sampai bawah dan memakan banyak waktu.

Tracker

Kalau fitur ini adalah fitur khusus untuk memonitor cashflow kita. Tracker akan memperlihatkan data pemasukan dan pengeluaran kita tiap bulan. Angka tidak bisa berbohong, jadi bagi yang merasa cashflownya baik-baik saja tapi nyatanya “bocor” akan bisa terlihat dari sini. Jadi fitur ini akan sangat membantu sekali bagi yang sedang belajar mengatur keuangan pribadinya.

Ekstra

Nah, terakhir ada fitur ekstra. Ekstra apa saja ya?

Ada fitur yang bernama Blibli x blu, bluRewards dan juga haloblu. Fitur pertama ini adalah bentuk kerjasama blu dengan Blibli yang bisa di manfaatkan nasabah untuk bertransaksi dengan lebih mudah di Blibli dan juga mendapatkan berbagai keuntungan lainnya.

Kemudian bluRewards adalah “kupon digital” yang bisa di apply untuk menikmati gratis biaya admin. Terakhir, fitur haloblu adalah cs Blu untuk verifikasi pembukaan rekening online dan konsultasi lainnya yang dibutuhkan nasabah.

Cara Mendaftar Blu BCA Digital

Sumber gambar : situs resmi aplikasi blu BCA

Pastikan Anda sudah menyiapkan KTP asli dan perangkat terkoneksi dengan internet yang lancar. Nah jika Anda tertarik menjadi nasabah blu, coba ikuti langkah-langkah ini!

  • Download dan install aplikasi Blu dari BCA
  • Klik “Yuk Mulai!”
  • Masukan nomor hp yang masih aktif, baca syarat & ketentuan lalu klik “Lanjut”
  • Verifikasi nomor hp dengan kode yang di kirimkan
  • Buat password konfirmasi
  • Isi data-data yang di perlukan. Jika Anda nasbah BCA, Anda bisa menarik data yang tercatat untuk mendaftar sebagai nasabag Blu, tapi jika bukan Anda tetap bisa melanjutkan pengisian data
  • Jika data sudah terkirim, nantinya Anda akan di hubungi via video call untuk verifikasi bersama petugas dari haloblu

Baca juga,

Biaya-biaya

Inilah yang ditunggu-tunggu. Untuk mendaftar sebagai nasabah tentunya gratis. Tapi ada lagi yang gratis selain ini. Jika Anda menjadi nasabah blu, maka Anda bisa menikmati berbagai keuntungan seperti :

  • Gratis Biaya admin bulanan
  • Gratis biaya transfer ke sesama blu/ BCA dan tarik tunai di ATM BCA
  • Free biaya admin top up e-money pada 2 bulan awal pembukaan rekening. Tapi kita tetap bisa menikmati gratis biaya admin sebanyak 20x/ bulan kalau rata-rata saldo bulanan kita di atas Rp 1 juta.

Penutup

Meskipun terhitung masih baru, tapi aplikasi Blu sudah di download oleh lebih dari 100 ribu pengguna android dan mendapatkan rating yang sangat bagus. Jika melihat kinerja dan profesionalitas Bank BCA selama ini, sepertinya bukan tidak mungkin jika aplikasi Blu BCA Digital ini akan berkembang lebih canggih dari hari ini. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Bagaimana menurut Anda? Apakah aplikasi Blu layak di pertimbangkan untuk menjadi alternatif untuk bertransaksi digital banking? Nah bagi Anda yang tertarik mendaftar menjadi nasabah, semoga informasi mengenai aplikasi Blu dari Bank BCA ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar