Review Aplikasi Qoala Asuransi Online, Murah Mudah Tanpa Ribet

Pernah dengar tentang aplikasi Qoala? Aplikasi ini tidak behubungan dengan hewan peliharaan atau semacamnya, melainkan merupakan insurtech (insurance technology) yang telah terdaftar dan di awasi OJK.

Sekarang, membeli dan klaim berbagai asuransi bisa di lakukan dengan mudah dan praktis. Anda tidak harus ribet mengunjungi kantor asuransi dan bisa berkonsultasi secara online bersama Konsultan Qoala. Begitulah yang di tawarkan aplikasi asuransi Qoala. Ini tentunya menjadi kabar gembira, apalagi bagi kaum milenial yang punya segudang aktifitas dan suka menunda menyiapkan asuransi karena alasan terlalu ribet dan tidak ada waktu.

Iklan

Tapi, pertanyaannya semudah apa sih teknologi asuransi yang ditawarkan aplikasi Qoala? Apa saja jenis asuransi yang bisa di beli dan bagaimana cara klaimnya? Lalu, apakah preminya affordable dan worth it untuk di beli?

Nah, untuk menjawab segudang pertanyaan tentang aplikasi Qoala, kita akan membahasnya nanti. Namun bagi Anda yang masih awam mengenal asuransi ada baiknya menyimak penjelasan di bawah ini terlebih dahulu.

Apa itu Asuransi dan Apa Saja Jenisnya

Asuransi adalah perjanjian antara dua belah pihak, yakni perusahaan asuransi dan pemegang polis. Di mana perusahaan berkewajiban mengcover kebutuhan asuransi yang telah di sepakati sedangkan pemegang polisnya harus membayar premi sesuai ketentuan.

Asuransi pada dasarnya hendak menjawab salah satu kebutuhan akan rasa aman masyarakat. Seperti yang di sebutkan dalam piramida perencanaan keuangan dari Finansialku, asuransi menempati urutan kebutuhan di level kedua setelah dana darurat. Lalu di level ketiganya barulah investasi.

Namun banyak orang meng-skip investasi karena menganggap asuransi itu karena tidak terlalu mengerti atau bahkan menganggap tidak terlalu prioritas. Padahal asuransi itu sangat penting. Ini sebabnya konsultan keuangan Finansialku menempatkan kebutuhan ini di level kedua setelah dana darurat.

Berdasarkan pengalaman, 1 tahun lalu dokter menyarankan saya untuk melakukan operasi untuk pembedahan gigi geraham bungsu karena di diagnosis akan bisa membahayakan syaraf. Ini bukanlah operasi kecil untuk pencabutan gigi namun masuk pada tindakan pembedahan sehingga mau tidak mau pasti membutuhkan biaya yang cukup besar.

Pada saat itu saya belum punya asuransi apapun, karena sudah keluar dari askes orangtua. Akhirnya saya membeli asuransi kesehatan secara mendadak dan membutuhkan waktu sekitar 2 minggu hingga asuransi bisa di gunakan. Syukurnya operasi saya bisa di tunda hingga saat itu dan seluruh biaya operasi, rawat inap hingga obat bisa di cover oleh pihak asuransi.

Kalau tidak menggunakan bantuan asuransi kesehatan, sepertinya saya akan kesulitan mencari dana dadakan belasan juta untuk membiayai operasi ini karena dana darurat saya pun belum cukup.

Nah itu adalah sedikit gambaran mengapa asuransi itu sangat penting yakni mengatasi keadaan darurat seperti kesehatan. Begitupun dengan jenis asuransi lainnya. Karena ada banyak jenis asuransi sesuai dengan kebutuhannya. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi gadget, asuransi perjalanan dll.

Asuransi kesehatanpun sebenarnya bermacam-macam, tergantung paket dan kebutuhan Anda. Ada yang menawarkan asuransi kesehatan secara umum, penyakit kritis, penyakit tropis, penyakit yang berhubungan erat dengan kewanitaan dll. Sampai disini, semoga Anda sudah punya gmabaran mengenai apa itu asuransi ya.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana dengan aplikasi Qoala? Apa saja yang di tawarkan ? Yuk langsung saja kita bahas!

Mengenal Aplikasi Qoala

Qoala adalah teknologi asuransi (insurance technology) terbesar di Asia Tenggara milik PT Archor Teknologi Digital yang di dirikan pada tahun 2018 bekerjasama dengan PT Mitra Jasa Pratama dan sudah berizin OJK. Qoala menawarkan berbagai asuransi guna menjawab resiko finansial tidak terduga yang bisa saja terjadi kapanpun.

Dengan aplikasi Qoala, asuransi menjadi memungkinkan untuk lebih mudah di akses oleh semua orang. Jadi, Qoala ini seperti marketplace asuransi, menyediakan berbagai jenis dan pilihan produk asuransi dari berbagai perusahaan yang sudah bekerjasama dengan Qoala.

Mulai dari proses konsultasi, pembelian aplikasi hingga klaim bisa langsung di lakukan lewat aplikasi. Bukan hanya, itu, Anda juga bisa menbandingkan dengan mudah sehingga bisa bisa mendapatkan pilihan asuransi terbaik sesuai kebutuhan.

Aplikasi Qoala memiliki layanan konsultasi online lewat whatsapp. Jadi jika Anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu agar bisa memilih asuransi dan premi yang tepat, Anda bisa mengklik menu “Atur Jadwal” dan mengisi beberapa data yang di perlukan, termasuk memilih tanggal dan jam konsultasi. Nantinya konsultan Qoala akan menghubungi Anda terkait pertanyaan yang ingin Anda ajukan.

Atau jika Anda butuh bantuan secara cepat, Anda bisa langsung mengunjungi website resminya www.qoala.app dan klik icon chat yang ada di pojok kanan bawah, live chat, lewat email ataupun telepon cs Qoala.

Banyak sekali brand-brand ternama yang sudah bekerjasama dengan Qoala. Diantaranya seperti Digimap, Pegipegi, OVO, JD.ID, Alodokter, Adira Insurance, AXA Mandiri dll.

Produk, Cara Membeli dan Cara Klaim Asuransi

Apa ya jenis dan produk asuransi yang paling kita butuhkan? Jangan sampai memilih banyak asuransi yang ternyata tidak terlalu kita butuhkan dan pembayaran premi asuransi menjadi membengkak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan Konsultan Qoala. Konsultasi ini gratis kok, tanpa di pungung biaya apapun.

Agar proses konsultasi menjadi lebih lancar dan efisien ada baiknya Anda mengenal apa saja asuransi yang di tawarkan di aplikasi Qoala. Nah, berikut adalah ulasan selengkapnya!

1. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi pertama yang ada di aplikasi Qoala tentunya adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan adalah perlindungan atas risiko finansial yang berupa penggantian biaya medis jika Anda sebagai peserta asuransi mengalami sakit ataupun kecelakaan.

Apakah asuransi kesehatan berbeda dengan BPJS kesehatan?

Secara prinsip sama, namun asuransi kesehatan bisa memberikan manfaat lebih dari BPJS Kesehatan. Misalnya perawatan yang lebih cepat ataupun fleksibilitas dalam memilih rumah sakit di banding dengan BPJS kesehatan.

Aplikasi Qoala menyediakan berbagai produk asuransi kesehatan yang cocok untuk keluarga dan berbagai kalangan, diantaranya asuransi kesehatan untuk :

  • Rawat Inap : Mengcover pembiayaan rawat inap Anda di rumah sakit
  • Rawat Jalan : Mengcover pembiayaan rawat jalan, seperti obat-obatan yang di resepkan, vitamin dan sebagainya
  • Rawat Inap & Rawat Jalan : Mengcover kebutuhan pembiayaan rawat inap sekaligus obat-obatan yang di resepkan, vitamin dll

Karena aplikasi Qoala ini merupakan marketplace, di dalamnya tersedia berbagai macam produk asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan terbama seperti Prudential, Allianz, Sinarmas, Manulife, AXA Mandiri, BNI Life, BCA, AIA dan masih banyak lagi.

Anda tidak perlu khawatir pusing memilihnya, karena aplikasi Qoala dengan sigap menyediakan konsultan yang siap membantu Anda memilih asuransi kesehatan terbaik.

Premi dan Cara Membeli Asuransi Kesehatan di Aplikasi Qoala

Untuk mendapatkan biaya pertanggungan, peserta asuransi harus membayar sejumlah premi secara berkala. Besarannya premi setiap orang bisa berbeda-beda tergantung padausia, tingkat resiko dan kebutuhan Anda sebagai pemegang polis. Tapi sebagi informasi, Anda bisa membeli polis asuransi kesehatan dengan premi yang cukup terjangkau di aplikasi Qoala, mulai dari Rp100.000/bulan.

Membeli asuransi kesehatan secara online di Qoala sangat mudah. Yakni dengan :

  • Setelah Anda berkonsultasi, Anda tinggal memilih produk asuransi kesehatan yang sesuai anggaran dan kebutuhan Anda
  • Lalu mengisi form dengan data yang benar
  • Lakukan pembayaran dan cek polis Anda lewat email.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Dalam klaim pertanggungan asuransi kesehatan, umumnya terdapat 2 jenis sistem. Yakni tanpa uang kontan atau cashless, dan bayar di depan (reimbursement). Sebelum melakukan klaim, pastikan Anda selalu rutin membayar premi.

Lalu bagaimana caranya untuk mengklaim asuransi kesehatan?

  • Pastikan penyakit yang Anda klaim tidak masuk dalam pengecualian asuransi kesehatan yang Anda pilih.
  • Hubungi agen asuransi bahwa Anda sedang di rawat. Nantinya agen asuransi akan memberitahukan apa yang harus Anda lakukan
  • Siapkan dokumen-dokumen seperti : fotocopy/Scan KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, bukti pembayaran premi pertama
  • Lampirkan rincian tagihan rumah sakit
  • Mengisi form pengajuan klaim asuransi yang disediakan pihak perusahaan, biasanya bisa di unduh lewat website resminya
  • Kirimkan kembali form klaim asuransi dan dokumen yang dibutuhkan
  • Jika form sudah di terima dan persyaratan dokumen sudah terkonfirmasi maka pihak asuransi akan segera membayarkan biaya pertanggungan sesuai dengan manfaat tercantum pada polis

2. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi lain yang di tawarkan Qoala adalah asuransi jiwa. Apa bedanya dengan asuransi kesehatan?

Perbedaannya ada pada objek pertanggungannya. Jika asuransi kesehatan memberikan perlindungan berupa pertanggungan biaya pengobatan saat kita sakit atau mengalami kecelakaan, asuransi jiwa menawarkan perlindungan dari resiko hidup yang mungkin bisa terjadi dan diberikan kepada ahli waris ketika pemegang polis mengalami caat permanen atau meninggal dunia.

Secara umum, asuransi jiwa terbagi menjadi empat yaitu :

  • Asuransi jiwa berjangka (Term Life Insurance) : Jenis asuransi yang memberikan proteksi bagi pemegang polis dalam jangka waktu tertentu, biasanya antara 5 hingga 20 tahun
  • Asuransi jiwa seumur hidup (Whole Life Insurance) : Jenis asuransi yang memberikan proteksi bagi pemegang polis dalam jangka seumur hidup, maksimal 100 tahun
  • Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance) : Jenis asuransi ini secara umum hendak menawarkan dua fungsi yakni asuransi jiwa berjangka dan juga tabungan untuk pemegang polis
  • Asuransi Jiwa Unit Link :Jenis asuransi ini menawarkan produk asuransi jiwa sekaligus investasi

Manfaat utama dari asuransi jiwa ini adalah memberikan keringanan dari segi ekonomi kepada pemegang polis ataupun keluarga jika tertanggung mengalami sakit atau kecelakan dan mengakibatkan kecatatan permanen atau meninggal dunia.

Di aplikasi Qoala juga trsedia asuransi jiwa syariah yang di kelola berdasarkan prinsip saling tolong menolong dan saling melindungi di antara para peserta polis asuransi yang di salurkan lewat Dana Tabarru (uang kontribusi para peserta asuransi).

Baca yuk, 5 Jenis Asuransi yang Harus Anda Miliki

Premi dan Cara Membeli Asuransi Jiwa di Aplikasi Qoala

Di aplikasi Qoala, Anda bisa membeli asuransi jiwa dengan premi yang terjangkau yakni mulai dari Rp17.000 dengan santunan meninggal dunia hingga Rp2 Miliar. Biasanya asuransi jiwa berjangka termasuk proteksi jiwa paling murah. Anda bisa melakukan pendaftaran, pembelian, hingga pengajuan klaim secara online.

Cara membeli asuransi jiwa di aplikasi Qoala sangat mudah :

  • Setelah Anda berkonsultasi, Anda tinggal memilih produk asuransi jiwa yang sesuai anggaran dan kebutuhan Anda
  • Mengisi form pendaftaran dengan data yang benar
  • Lakukan pembayaran dan tunggulah pihak perusahaan untuk men-acc pendaftaran yang Anda lakukan
  • Cek polis Anda lewat email.

Cara Klaim Asuransi Jiwa

Secara umum, proses klaim asuransi jiwa memiliki kemiripan dengan klaim asuransi kesehatan. Namun ada beberapa proses yang agak berbeda mengingat kondisi tertanggung menderita cacat atau meninggal dunia. Berikut adalah cara untuk mengklaim asuransi jiwa!

Iklan
  • Anda atau ahli waris menghubungi agen asuransi bahwa pemegang polis telah mengalami cacat permanen atau meninggal dunia. Nantinya pihak perusahaan asuransi akan menghubungi ahli waris untuk interview
  • Siapkan dokumen-dokumen seperti : identitas diri, kartu keluarga, surat dokter yang menyatakan bahwa peserta asuransi mengalami cacat permanen atau surat keterangan meninggal dunia dan surat keterangan kepolisian/ BAP (jika diperlukan)
  • Mengisi form pengajuan klaim asuransi yang disediakan pihak asuransi
  • Kirimkan kembali form klaim asuransi dan dokumen yang dibutuhkan
  • Jika form sudah di terima dan persyaratan dokumen sudah terkonfirmasi maka pihak asuransi akan segera membayarkan biaya pertanggungan sesuai dengan manfaat tercantum di polis kepada ahli waris

3. Asuransi Mobil

Bukan hanya kesehatan dan jiwa yang di asuransinkan, properti berharga seperti mobilpun bisa Anda ikutkan asuransi. Asuransi mobil ini bertujuan untuk meminimalisir resiko kerugian yang terjadi akibat kerusakan mesin (kecelakaan, bencana alam, kebakaran, kerusuhan) bahkan pencurian mobil. Sehingga kita tidak perlu menanggung total biaya perbaikan mobil karena sudah di tanggung oleh pihak asuransi.

Di aplikasi Qoala, Anda juga bisa membeli asuransi mobil tanpa survey. Cukup daftar secara online dan proses pembelian polis asuransi bisa langsung Anda lakukan.

Asuransi mobil terbagi menjadi dua :

  • Komprehensif/All Risk : Jenis asuransi mobil yang menawarkan perlindungan keseluruhan risiko kerugian mulai dari kerusakan kecil hingga besar yang mungkin terjadi
  • Kerugian Total/TLO : Jenis asuransi mobil yang hanya menanggung kerugian jika nilainya lebih dari 75%dari harga mobil atau kehilangan akibat tindak kejahatan misalnya pengrusakan atau pencurian.

Premi dan Cara Membeli Asuransi Mobil di Aplikasi Qoala

Bukan hanya mudah dan cepat, Anda juga bisa Anda bisa membeli asuransi mobil dengan premi terjangkau lewat aplikasi Qoala. Namun perlu Anda tahu bahwa di dalam asuransi mobil ada yang namanya loading fee atau kenaikan premi asuransi. Semakin tua usia mobil, maka loading feenya (kenaikan premi asuransi) pun akan semakin besar.

Biaya asuransi mobil tergantung dari rate premi dasar dan premi perluasan serta kategori mobil Anda. Bagi Anda yang tidak tahu, premi perluasan merupakan jaminan tambahan yang tidak termasuk di dalam polis tanggungan utama. Nah, bagaimana cara membeli asuransi mobil di aplikasi Qoala?

  • Download aplikasi Qoala dan daftar akun dengan email
  • Masuk ke laman Asuransi Mobil
  • Pilih tahun produksi mobil dan detail keterangan mobil Anda
  • Pilih jenis asuransi mobil yang Anda inginkan Komprehensif (All Risk) atau Kerugian Total (TLO)
  • Bandingkan antar asuransi mobil dan pilih sesuai kebutuhan (Anda juga bisa konsultasi terlebih dahulu)
  • Pilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Isi formulir pengajuan dan lampirkan semua dokumen yang dibutuhkan
  • Lakukan pembayaran dan tunggu dokumen e-polis dikirimkan ke alamat e-mail yang terdaftar di aplikasi Qoala
  • Pendaftaran asuransi mobil selesai

Cara Klaim Asuransi Mobil

Kira-kira bagaimana ya cara klaim asuransi mobil? Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan klaim asuransi jika mobil Anda mengalami kerusakan atau hilang karena di curi.

  • Melaporkan kejadian yang menimpa mobil Anda dengan melampirkan foto atau video kerusakan pada mobil kepada pihak asuransi
  • Siapkan dokumen-dokumen yang di butuhkan untuk klaim asuransi mobil seperti : STNK, SIM, dan surat keterangan dari kepolisian ketika kerusakan mobil lebih dari 75% dan juga Polis asuransi mobil Anda.
  • Isi form klaim asuransi secara online atau offline
  • Dalam waktu 2×24 jam Anda akan di hubungi oleh tim surveyor untuk membuat janji survey. Lalu datanglah ke cabang untuk di lakukan pemeriksaan dokumen dan juga kerusakan pada mobil oleh pihak asuransi
  • Jika survey berjalan lancar mobil Anda akan di bawa ke bengkel dan akan di kembalikan ke tempat yang Anda pilih atau pertanggungan mobil yang hilang akan segera di proses

4. Asuransi Motor

Selain asuransi mobil, motor Anda juga bisa di asuransikan loh!

Sama dengan asuransi mobil, asuransi motor juga meminimalisir esiko kerugian yang terjadi akibat kerusakan mesin (kecelakaan, bencana alam, kebakaran, pengrusakan) bahkan pencurian. Walaupun pada umumnya harga motor lebih rendah daripada mobil, tapi resiko kerugian ini bisa saja menimpa Anda. Apalagi jika harga motor Anda cukup tinggi.

Selain itu persentase premi juga di pengaruhi oleh tempat tinggal Anda. Apakah tempat tinggal Anda termasuk wilayah 1, 2 atau 3 . Polis asuransi motor biasanya berlaku selama satu tahun, tapi bisa juga berbeda tergantung produk dan persetujuan And dengan pihak asuransi. Asuransi motor sendiri dibagi menjadi dua :

  • Komprehensif/All Risk : Jenis asuransi motor yang menawarkan perlindungan keseluruhan risiko kerugian mulai dari kerusakan kecil hingga besar yang mungkin terjadi (disarankan untuk pemilik motor mewah)
  • Kerugian Total/TLO : Jenis asuransi motor yang hanya menanggung kerugian jika nilainya lebih dari 75% dari harga motor atau kehilangan akibat tindak kejahatan misalnya pengrusakan atau pencurian. Dengan kata lain, jika kerugiannya tidak kurtang dari 75%, maka asuransi tidak akan membayarkan biaya pertanggungan

Premi dan Cara Membeli Asuransi Motor

Pembelian asuransi motor melalui aplikasi Qoala bisa di lakukan dengan mudah dan cepat tanpa survey. Anda bisa memilih asuransi motor dari berbagai asuransi kendaraan terkemuka contohnya FIF Astra. Dengan pembelian asuransi motor secara online dalam beberapa menit saja proses sudah selesai. Coba ikuti langkah berikut!

  • Download aplikasi Qoala dan daftar akun dengan email
  • Masuk ke laman Asuransi Motor
  • Pilih tahun produksi motor dan detail keterangan motor Anda
  • Pilih jenis asuransi motor yang Anda inginkan Komprehensif (All Risk) atau Kerugian Total (TLO)
  • Bandingkan antar asuransi motor dan pilih sesuai kebutuhan (Anda juga bisa konsultasi terlebih dahulu)
  • Pilih produk asuransi motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Isi formulir pengajuan dan lampirkan semua dokumen yang dibutuhkan
  • Lakukan pembayaran dan tunggu dokumen e-polis dikirimkan ke alamat e-mail yang terdaftar di aplikasi Qoala
  • Pendaftaran asuransi motor selesai

Cara Klaim Asuransi Motor

Lalu bagaimana cara melakuikan klaim asuransi motor? APakah sama dengan klaim asuransi mobil? Berikut adalah penjelasan lengkapnya!

  • Kumpulkan bukti kerusakan kendaraan se-akurat mungkin. Karena ini akan menentukan apakah motor Anda layak mendapatkan pertanggungan dari asuransi ataukah tidak
  • Siapkan dokumen-dokumen yang di butuhkan untuk klaim asuransi mobil seperti : STNK, SIM, dan surat keterangan dari kepolisian ketika kerusakan mobil lebih dari 75% dan juga Polis asuransi motor Anda
  • Anda bisa datan ke bengkel yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi. Nantinya pihak bengkel akan menghubungkan Anda dengan pihak asuransi dan melakukan survey
  • Jika kecelakaan atau pencurian terjadi di luar kota Anda bisa mengunjungi kantor cabang dan melakukan prosedur klaim maksimal 3 x 24 jam setelah kejadian

5. Santunan Tunai Harian (Hospital Cash Plan Insurance)

Jenis asuransi Santunan Tunai Harian (Hospital Cash Plan Insurance) merupakan asuransi turunan dari asuransi kesehatan. Santunan berupa uang tunai yang diberikan jika pemegang polis sedang sakit atau mengalami kecelakaan dan harus di rawat inap di rumah sakit atau bahkan meninggal. Asuransi ini meliputi perlindungan diri dan keluarga terhdap penyakit yang di sebabkan oleh virus covid 19.

Jumlah santunan yang diberikan kepada pemegang polis sesuai dengan jumlah hari rawat inapnya. Sebagai contoh, jika Anda adalah pemegang polis Hospital Cash Plan Insurance (HCP) sebesar Rp 2 juta/ hari maka jika Anda di rawat di rumah sakit selama 3 hari, Anda akan mendapatkan santunan cash esebesar Rp 3 juta x 4 = Rp 6 juta.

Produk HCP ini bisa di jadikan pelengkap asuransi kesehatan jika belum memiliki manfaat santunan tunai.Manfaatnya bisa digunakan untuk menambah biaya rumah sakit yang tidak tercover ataupun mengganti penghasilan yang yang tidak bisa di dapatkan selama berada di rumah sakit.

Premi dan Cara Membeli HCP

Premi HCP tiap perusahaan asuransi bisa berbeda-beda berkisar Rp12.500 hingga di atas Rp1.000.000. Besar atau kecilnya harga premi HCP yang harus di bayar tergantung pada nilai manfaat dan juga seberapa lama waktu perlindungannya. Anda berminat membeli HCP untuk melengkapi asuransi kesehatan yang Anda miliki sekarang?

Jika iya, Anda bisa dengan mudah membeli HCP melalui aplikasi Qoala!

  • Setelah Anda berkonsultasi, Anda tinggal memilih produk HCP yang sesuai anggaran dan kebutuhan Anda
  • Isi formulir dengan data yang benar
  • Lakukan pembayaran dan cek polis Anda lewat email.

Cara Klaim HCP

Cara melakukan klaim dari HCP cukup mudah :

  • Siapkan dokumen yang diperlukan seperti : bukti rawat inap, identitas diri,pbukti pembayaran premi dll
  • Isi formulir klaim (klaim di lakukan paling lama 90 hari kalender pasca Anda menjalani rawat inap)
  • Kirimkan formulir klaim dan dokumen yang di butuhkan melali email atau ke alamat kantor perusahaan
  • Jika formulir dan dokumen dinyatan lengkap dan terverifikasi maka Anda akan menerima biaya pertanggungan maksimal selama 14 hari kerja

6. Asuransi Penyakit Tropis

Karena Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis, maka penyakit-penyakit yang umum di daerah tropis seperti penyakit daerah tropis seperti demam berdarah, tifus, malaria juga umum di temukan. Oleh karena itu, ada perusahaan yang menyediakan produk asuransi penyakit tropis. Misalnya saja Asuransi Demam Berdarah (Syariah) dari Adira Insurance.

Tujuan utama dari asuransi ini adalah untuk melindungi Anda dan keluarga dari resiko penularan penyakit-penyakit tersebut dengan memberikan biaya pertanggungan rawat inapnya bahkan jika meninggal dunia. Lalu bagaimana dengan premi dan cara pembelian asuransi penyakit tropis di aplikasi Qoala?

Baca yuk, Jenis, Produk dan Tips Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Perempuan

Premi dan Cara Membeli Asuransi Penyakit Tropis di Aplikasi Qoala

Di aplikasi Qoala, Anda bisa membeli asuransi penyakit tropis dengan premi mulai dari Rp 50.000/ tahun. Jika Anda tertarik memberikan proteksi khusus penyakit tropis, Anda bisa membelinya di aplikasi Qoala dengan cara :

  • Download aplikasi Qoala dan daftar akun dengan email
  • Masuk ke laman Asuransi Penyakit Tropis
  • Pilih tanggal, bulan dan tahun lahir, klik “lanjut”
  • Anda akan melihat daftar produk asuransi terkait, klik “beli”
  • Isi formulir dengan data yang benar
  • Lakukan pembayaran dan cek polis Anda lewat email

Cara Klaim Asuransi Penyakit Tropis

Secara umum, cara klaim asuransi penyakit tropis tidak jauh berbeda dengan proses klaim asuransi kesehatan.

  • Lakukan pelaporan pada perusahaan asuransi terkait dan informasikan data-data seperti : Nama Peserta, Nomor Polis dan Nomor KTP
  • Siapkan dokumen-dokumen yang di butuhkan : Fotokopi identitas diri, peserta/ Kartu Keluarga (jika Peserta masih di bawah umur), fotocopy/ asli hasil lab
  • Jika form sudah di terima dan persyaratan dokumen sudah terkonfirmasi maka pihak asuransi akan segera membayarkan biaya pertanggungan sesuai dengan manfaat tercantum pada polis
  • Iklan

7. Asuransi Smartphone

Jika dulu, smartphone rusak maka biaya perbaikannya akan kita tanggung sendiri. Seiring berkembangnya teknologi, maka kini orang-orang sudah mulai memberikan perhatian ekstra pada smartphonenya dengan membeli asuransi smartphone.

Apalagi jika harga smartphone lumayan mahal. Biasanya semakin mahal smartphone maka biaya perbaikannya juga akan semakin tinggi jika seandainya rusak karena benturan atau cairan.

Apa saja merek smartphone yang bisa di asuransikan?

Berbagai smartphone bisa Anda asuransikan mulai dari Samsung, Apple, Vivo, Realme, OPPO, Xiaomi, Advan, ASUS dan lainnya. Secara umum ada 2 jenis asuransi smartphone yang ada di aplikasi Qoala yakni :

  • Asuransi Full Protection : Perlindungan smartphone dari resiko kerusakan baik itu karena terjatuh atau terkena cairan.
  • Asuransi Screen Protection (tidak berlaku untuk iPhone) : Perlindungan layar smartphone dari resiko retak karena tidak tidak di sengaja

Premi dan Cara Membeli Asuransi Smartphone

Harga premi asuransi smartphone bermacam-macam tergantung merek, model dan berapa lama masa perlindungannya. Sebut saja, iPhone 11 256 GB dengan nilai perlindungan 16.499.000 dan masa perlindungan 6 bulan preminya adalah Rp 349.000. Nah jika Anda juga ingin mengasuransi smartphone Anda bisa mengikuti langkah berikut!

  • Download aplikasi Qoala dan daftar akun dengan email
  • Masuk ke laman Asuransi Smartphone
  • Isi merek, model dan periode perlindungan smartphone, klik “lanjut”
  • Anda akan melihat daftar produk asuransi terkait, klik “beli”
  • Isi formulir dengan data yang benar
  • Lakukan pembayaran dan cek polis Anda lewat email

Cara Klaim Asuransi Smartphone

Anda bisa melakukan klaim melalui aplikasi dan terdapat layanan antar jemput, sehingga Anda tidak perlu bolak-balik ke service center. Untuk mengajukan klaim asuransi smartphone berikut yang bisa Anda lakkan!

  • Hubungi pihak asuransi terkait dan informasikan kerusahan smartphone Anda
  • Ikuti instruksi klaim dari pihak perusahaan asuransi (tanpa form)
  • Jika klaim Anda di setujui maka smartphone Anda akan di perbaiki oleh service center resmi yang bekerjasama dengan pihak asuransi
  • Tunggulah sementara smartphone sedang di perbaiki. Smartphone Anda akan kembali maksimal 7 hari

Kesimpulan

Jenis asuransi yang di tawarkan di aplikasi Qoala cukup lengkap bukan? Anda bisa berkonsultasi secara gratis dan membeli asuransi dengan mudah dan cepat lewat aplikasi. Walupun proses klaim tetap harus menghubungi pihak asuransi terkait dan mnegikuti prosedur yang di tetapkan.

Selain itu terdapat berbagai promo dan diskon menarik dari aplikasi Qoala yang bisa Anda manfaatkan. Nah bagi Anda yang berminat membeli asuransi lewat aplikasi marketplace asuransi terbesar di Asia tenggara ini, bisa mendowloadnya di Google Play Store maupun App Store.

Yulinda Nurlisdiana: Hai, saya Yulinda Nurlisdiana, penulis di folderbisnis

This website uses cookies.