Review Digibank: Cara Daftar, Transfer, Tarik Tunai Gratis di ATM

Sejak dunia perbankan Indonesia mulai beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital, membuka rekening digital kerap kali menjadi pilihan banyak orang saat ini. Pasalnya membuka rekening digital menawarkan berbagai keuntungan bagi kita. Salah satu rekening tabungan digital terbesar yang banyak di pilih para milenial adalah Digibank dari Bank DBS.

Digibank merupakan produk rekening digital dari Bank DBS. Pada awal kemunculannya, daya tarik dari Digibank ini adalah karena banyaknya promo yang di tawarkan seperti voucher ataupun dana tunai mulai dari Rp 50.000.

Berdasarkan pengalaman pribadi yang sudah lebih dari 2 tahun menggunakan Digibank, saya masih nyaman menggunakannya hingga sekarang. Walaupun dengan beberapa kekurangan dari Digibank ini.

Jika Anda ingin membuka rekening tabungan Digibank, kali ini saya ingin membagikan review Digibank secara pribadi baik hal yang di sukai maupun yang menjadi rekening digital yang satu ini, hingga cara daftar, dan transfer gratis. Oh ya, Digibank juga memiliki layanan tarik tunai gratis sampai saat ini. Baiklah, selamat menyimak!

Review Digibank dari Bank DBS

Review Digibank dari Bank DBS

Seperti yang kita tahu, Digibank merupakan merupakan produk rekening digital dari Bank DBS Indonesia. DBS sendiri sebenarnya Bank asal Singapura dan di sebut-sebut sebagai Bank terbesar di Asia Tenggara.

Tertarik membuka rekening tabungan Digibank? Berikut adalah ulasan dari aplikasi Digibank!

Kelebihan

Tampilan Aplikasi User Friendly

Perubahan pada interface aplikasi semakin baik dari pertama kali menggunakan aplikasi Digibank. Sejak awal, aplikasi Digibank memang sudah mudah untuk digunakan, bahkan untuk orang awam. Kini tampilannya semakin user friendly dan membuat mata nyaman berlama-lama menggunakan aplikasi.

Fitur Lengkap

Fitur yang ada di dalam aplikasi Digibank juga lengkap. Mulai dari :

  • Transfer Rupiah atau valas
  • Bayar beli (pembayaran tagihan, pulsa, e-money, paket data, listrik dll)
  • Pencairan cashline
  • Spending tracker
  • KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Selain itu, Digibank juga menyediakan alternatif investasi yang bisa langsung di beli melalui aplikasi seperti Deposito, Obligasi dan juga Valas. Anda juga bisa mengajukan kartu kredit Digibank lewat aplikasi. Oh ya, Deposito di Digibank bisa di buka mulai dari Rp 1.000.000 dengan tenor mulai dari 1 bulan. Ini sangat cocok untuk para Anda yang baru saja bekerja dan ingin belajar berinvestasi.

Sistem Kemanan

Selain password, aplikasi Digibank sudah di lengkapi dengan login menggunakan fingerprint. Anda bisa mengaktifkan log in sidik jari dengan menekan menu “Lainnya”, lalu mencentang sub menu ” Login dengan Sidik jari/ Face ID” hingga menjadi berwarna hijau.

Digibank juga menerapkan verifikasi password saat hendak melanjutkan bertransaksi. Jadi aplikasi akan meminta password Anda kembali pada step trakhir sebelum saldo Anda benar-benar terpotong untuk transaksi.

Punya Layanan Transfer Gratis ke Rekening Manapun

Berbicara tentang transfer uang, biasanya Bank menerapkan biaya tranfer sebesar Rp 6000/ transfaksi. Namun dengan aplikasi Digibank, Anda bisa melakukan transfer ke rekening manapun secara gratis asalkan saldo rata-rata bulan sebelumnya berada pada angka minimal Rp 1.000.000.

Punya Layanan Tarik Tunai Gratis di ATM Mana Saja

Di Indonesia, ATM Digibank mungkin jumlahnya tidak sebanyak ATM dari Bank-bank besar lain. Namun hal ini tidak masalah, karena kita bisa tarik tunai secara gratis lewat ATM mana saja. Selain layanan tranfer gratis, Anda juga bisa menikmati layanan tarik tunai gratis di ATM mana saja yang memiliki jaringan ALTO /ATM Bersama /PRIMA sebanyak 5x/ bulan.

Bagi saya pribadi, hal ini sangat bermanfaat, manakala membutuhkan uang tunai secara mendadak karena cukup sering. Dengan layanan ini kita bisa melakukan tarik tunai di banyak ATM tanpa khawatir tentang biaya admin tarik tunai. Nah, untuk menikmati tarik tunai gratis syaratnya sama, yakni saldo rata-rata bulan sebelumnya yang ada di rekening minimal Rp 1.000.000.

Kekurangan

Pendaftaran Belum 100% Online

Sayangnya proses pembukaan rekening Digibank belum 100% online karena kita harus melakukan verifikasi biometric secara offline dengan petugas/agen. Tidak seperti beberapa Bank lain yang sudah menerapkan pendaftaran secara full online. Tapi walaupun begitu, hal ini masih mending dibanding harus mengantri di Bank dan bertemu dengan banyak orang terlebih di masa pandemik seperti saat ini.

Kadang Aplikasi Terhenti Tiba-tiba

Ketika awal-awal menggunakan aplikasi Digibank, seringkali aplikasi tiba-tiba terhenti saat saya sedang menggunakannya. Sehingga saya harus mengulangi login. Namun seiring berjalanannya waktu, pihak Digibank mungkin mulai meningkatkan kualitas aplikasinya, sehingga saat ini gangguan seperti itu terhitung sangat jarang di banding 2 tahun yang lalu.

Nominal Isi Ulang E-Wallet Tidak Fleksibel

Salah satu hal yang membuat saya kurang nyaman mengisi ulang e-wallet seperti OVO atau Gopay lewat aplikais Digibank adalah karena nominal isi ulang e-wallet yang tidak fleksibel.

Misanya hanya tersedia isi ulang e-wallet dengan minimal saldo Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 150.000 dan seterusnya. Namun hal ini benar-benar tergantung masing-masing orang, karena banyak orang juga masih nyaman dengan nominal isi ulang yang seperti ini.

Cara Membuka Rekening Digibank Secara Online

Sebenarnya ada dua cara untuk membuka rekening Digibank, dengan registrasi secara online terlebih dahulu atau melalui booth Digibank yang biasanya tersedia di tempat-tempat umum.

Namun mengingat saat pandemik datang, banyak pembatasan yang di berlakukan di ruang publik. Jika Anda tidak menemukan booth Digibank, maka Anda bisa dengan mudah melakukan registrasi secara online terlebih dahulu.

1. Download Aplikasi Digibank

Langkah pertama untuk mendaftar akun rekening Digibank, pastikan aplikasi Digibank sudah terinstal di smartphone Anda. Aplikasi Digibank sudah tersedia di App Store (pengguna Apple) dan Google Play Store (pengguna android). Jadi Anda bisa dengan mudah menemukannya.

2. Ikuti Petunjuk Pendaftaran

Ikuti Petunjuk Pendaftaran rekening digibank

Jika aplikasi sudah terinstal di smartphone, Anda akan melihat sebuah pertanyaan “Hai, sudah punya produk dari digibank atau Bank DBS?”. Pilihlah menu “Belum. Yuk, mulai!”.

Selanjutnya maka aplikasi akan meminta izin untuk akses lokasi dan kontak. Lalu muncul 2 opsi antara “Rekening Digibank” dan “KTA”, pilih “Tabungan Digibank” untuk registrasi akun rekening tabungan Digibank, lalu klik “Ayo mulai!”

3. Isi Data yang di Perlukan

Isi data yang di perlukan untuk membuka rekening

Seperti pendaftaran rekening biasanya, Anda akan di minta mengisi data-data pribadi. Di bagian awal ada kolom nama, nomor hp yang masih aktif, alamat email dan kode promo (jika ada) yang harus Anda isi.

Jika sudah di isi, klik “Lanjut” dan isi data-data lain yang di perlukan ataupun menjawab pertanyaan yang di ajukan sistem.

4. Bertemu Agen Untuk Verifikasi Biometric

Anda juga harus membuat jadwal (tanggal dan jam) untuk bertemu agen dari Digibank untuk melakukan verifikasi Biometric. Anda bisa bertemu di cafe, atau di manapun asal wilayahnya masih dalam jangkauan. Saya sendiri janjian di depan sebuah tempat makan karena proses verifikasinya hanya 5 menit saja.

Baca juga, 10 Cara Transfer Uang Biaya Gratis Tanpa ATM Tanpa Rekening

Sudah selesai mendaftar secara online dan membuat janji dengan agen Digibank? Sekarang saatnya Anda bertemu dengan agen Digibank untuk verifikasi. Agen akan mengeluarkan sebuah alat dan meminta Anda untuk melakukan print screen jari tangan. Proses ini tidak akan lama, jadi tidak akan menyita waktu Anda terlalu lama.

5. Tunggu Kartu Debit Digibank di Kirim ke Alamat Rumah

Setelah verifikasi, sebenarnya akun Digibank Anda sudah aktif dan bisa digunakan untuk bertransaksi. Namun untuk melakukan tarik tunai, Anda harus menunggu kartu debit Digibank Anda di kirim ke alamat tempat tinggal Anda sekitar 3-7 hari kerja. Verifikasi maupun pengiriman kartu debit ini gratis, Anda tidak perlu membayar apapun.

Cara Transfer Melalui Aplikasi Digibank Gratis

Review Digibank Cara Daftar, Transfer dan Tarik Tunai Gratis di ATM Manapun

Jika proses pendaftaran rekening Digibank Anda sudah berhasil dan Anda ingin melakukan transfer Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini! Namun sebelum itu, pastikan bahwa salo rata-rata bulan sebelumnya minimal Rp 1.000.000 ya untuk menikmati gratis transfer melalui aplikasi.

Jadi bisa di bilang, Anda baru bisa menikmati gratis transfer setelah 1 bulan menyimpan dana minimal 1 juta di rekening Digibank Anda. Baiklah, sekarang kita akan membahas cara transfer ke rekening manapun lewat aplikasi Digibank!

1. Login ke Aplikasi Digibank

Anda bisa masuk ke aplikasi melalui password ataupun fingerprint. Pastikan jaringan internet Anda dalam keadaan baik untuk kelancaran bertransaksi.

Jika Anda lupa password login, Anda bisa meminta bantuan dengan mengklik “Lupa password” dan mengubah password lewat link yang di kirimkan melalui email yang terdaftar pada aplikasi.

2. Pilih Menu “Transfer Rupiah” atau “Transfer” > “Transfer Rupiah”

Selanjutnya, jika And aingin mentransfer dalam kurs mata uang Rupiah, pilihlah menu “Transfer Rupiah” atau menu “Transfer” > “Transfer Rupiah”.

3. Klik “Pilih atau tambah penerima”

Jika nomor rekening belum ada pada daftar penerima, pilih “Tambah penerima” dan pilih jenis transfer. Karena akan mentransfer dalam mata uang Rupiah, maka pilih lah “Tranfer Rupiah”.

Lalu pilih bank penerima dan masukan nomor rekening. Centang “Simpan orang ini ke daftar penerima pembayaran” jika sekiranya Anda hendak melakukan transaksi di lain waktu. Klik “Lanjut”. Kalau sudah, pilihlah daftar rekening penerima tersebut.

Baca juga, Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI dengan Mudah

4. Masukan Nominal Transfer

Masukan berapa jumlah saldo yang akan Anda transfer dengan hati-hati. Maksimal limit transaksi di aplikasi Digibank adalah Rp 200.000.000. Lalu pilih jadwal transfer “Sekali” jika Anda akan mentransfer sekali saja (tidak rutin). Pilih metode transfer dan berita (opsional). Tekan tombol “Lanjut”.

5. Konfirmasi Transfer dan Masukan Password

Selanjutnya, aplikasi akan meminta konfirmasi transfer untuk memastikan data dan jumlah yang hendak Anda transfer sudah benar. Di dalamnya akan tertera penerima dan rincian transfer.

Lalu aplikasi akan meminta Anda memasukan password. Jika sudah berhasil, maka transaksi selesai dan Anda bisa logout dari aplikasi.

Cara Tarik Tunai Gratis di ATM

Sebenarnya untuk melakukan tarik tunai gratis caranya sama dengan kebanyakan ATM. Namun jika Anda ingin menikmati layanan gratis tarik tunai di ATM dengan jaringan ALTO /ATM Bersama /PRIMA sebanyak 5x/ bulan, pastikan saldo rata-rata bulan sebelumnya minimal Rp 1.000.000.

  • Pilih Gerai ATM Terdekat dengan jaringan ALTO /ATM Bersama /PRIMA
  • Masukan kartu ATM Digibank ke dalam lubang kartu mesin ATM
  • Piilih bahasa (Indonesia/ English)
  • Pilih jenis transaksi “Tarik Tunai”
  • Masukan jumlah penarikan
  • Jika sudah selesai, tekan tombol “CANCEL” pada mesin ATM
  • Transaksi selesai, ambil kembali kartu ATM Digibank Anda

Penutup

Demikian review Digibank, aplikasi rekening digital Digibank yang menawarkan berbagai kemudahan dan minim potongan saldo. Setelah membaca review ini, apakah Anda masih tertarik membuka rekening Digibank? Jika iya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah registrasi, juga mencermati cara dan ketentuan transfer serta tarik tunai gratis dari Digibank agar Anda bisa menikmati layanannya. Nanti kalau Anda sudah memiliki rekening Digibank dan lupa bagaimana cara melakukan tranfer dan tarik tunai gratis, Anda bisa kembali membaca artikel ini kapanpun.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar