Pengalaman Investasi Reksadana di Aplikasi Ajaib : Review Pemula

Ketika mulai bisa mendapatkan income secara mandiri, saya baru ‘ngeh’ tentang pentingnya investasi dan perbedaannya dengan menabung biasa. Saya mulai membandingkan jenis investasi seperti apa yang kira-kira cocok dan mampu saya lakukan saat ini.

Akhirnya dengan berbagai pertimbangan saya memilih reksadana sebagai salah satu instrumen investasi. Tapi saya juga bingung, mau pilih platform investasi reksadana yang mana?

Karena saat ini sudah ada beberapa aplikasi investasi reksadana yang sudah terdaftar secara resmi dan fiturnya secara umum terlihat cukup bisa diandalkan terutama bagi pemula.

Diantara banyaknya pilihan platform online investasi alah satunya adalah aplikasi Ajaib, dan sekarang saya ingin membagikan review pengalaman pribadi saya sebagai pemula saat berinvestasi reksadana di platform online yang satu ini. Tapi untuk Anda yang belum tahu apa itu aplikasi Ajaib, bagaimana legalitasnya, dan lain sebagainya mungkin bisa menyimak penjelasan di bawah ini dulu.

Apa itu Aplikasi Ajaib

Aplikasi Ajaib adalah aplikasi investasi dari Group Ajaib yang telah berdiri sejak tahun 2018 dan menaungi PT Ajaib Sekuritas Asia (Sekuritas) serta PT Takjub Teknologi Indonesia (Resadana).

Awalnya aplikasi Ajaib ini hanya melayani transaksi reksadana. Tapi dengan mendirikan kedua perseroan tersebut, memang saat ini dalam satu aplikasi Ajaib, kita tidak hanya bisa berinvestasi reksadana tapi juga saham secara bersamaan.

Aplikasi Ajaib tentunya sudah punya izin usaha dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan terdaftar di Kominfo dan BEI (Bursa Efek Indonesia). Jadi Anda tidak perlu khawatir soal legalitasnya, sebagai investor kita terlindungi oleh payung hukum yang berlaku di Indonesia.

Walaupun baru 2 tahun berdiri, Ajaib ternyata sudah meraih berbagai penghargaan yang cukup bergengsi seperti 30 Under 30 Award Asia dari Forbes, Top 10 Fintech Startups in Indonesia dari FinTechnews Singapore, Startup Investasi Reksa Dana Online Terbaik versi DuniaFintech, dan Top 10 Startups from Y Combinators versi TechCrunch.

Seperti yang telah di jelaskan, bahwa aplikasi Ajaib ini tidak hanya menyediakan fasilitas investasi reksadana, tapi juga saham. Namun kali ini saya akan membagikan review aplikasi ajaib dari sisi investasi reksadana saja. Semoga bisa membantu para pemula yang ingin terjun dalam investasi reksadana lewat aplikasi Ajaib.

Review Investasi Reksadana di Aplikasi Ajaib

Review investasi di aplikasi ajaib

Registrasi Online yang Mudah dan Cepat

Hal yang paling umum ketika kita ingin mengikuti sebuah layanan adalah registrasi begitu juga jika kita ingin menggunakan aplikasi Ajaib untuk berinvestasi reksadana. Menurut saya, registrasi online Ajaib cukup mudah dan cepat. Bahkan sebagai pemula pun bisa melakukannya tanpa kendala. Syaratnya juga tidak ribet, hanya butuh e-KTP dan rekening bank.

Berdasarkan pengalaman saya, setelah mengisi form registrasi dan submit hanya butuh beberapa menit saja hingga akun sudah bisa aktif digunakan untuk transaksi reksadana.

Sebagai orang yang tidak suka ribet, saya sangat suka dengan simplenya registrasi ala Ajaib. Karena saya pernah mendaftar di platform lain, tapi hanya menerima dokumen buku tabungan, padahal saya menggunakan rekening digital (tidak ada buku tabungan).

Interfacenya User Friendly

Ketika sudah akun sudah terdaftar, saya bisa log ini dan mulai mengexplore segala fitur yang ada di dalam aplikasi Ajaib. Bagi saya, sebelum memutuskan mentransfer sejumlah uang untuk beli reksadana saya perlu tahu dulu apa saja fitur-fitur yang ada.

Fitur utama yang saya cari diantaranya, bagaimana mencari daftar reksadana beserta informais terkait tentang masing-masing reksadana, lalu fitur membeli dan menjual kembali reksadana.

Kesan awal saat menggunakan Ajaib adalah aplikasinya mudah di pahami dan digunakan. Apalagi sekarang sudah ada versi updatenya. Tidak butuh waktu lama untuk mempelajari fitur-fitur utama yang saya cari. Tapi ini masih soal teknis transaksi di aplikasi Ajaibnya saja ya, berbeda dengan strategi investasi reksadananya.

Fitur Aplikasi Ajaib

Fitur Aplikasi Ajaib

Pada tampilan awal setelah log in, kita akan masuk pada menu beranda. Secara umum inilah menu -menu pada tampilan aplikasi ajaib :

  • Beranda : Tampilan total investasi kita beserta returnya, ada watchlist saham, dan reksadana populer
  • Menu Cari : Untuk melihat indeks dan mencari saham serta daftar reksadana. Kita bisa bisa memfilter reksadana berdasarkan jenisnya ataupun minimal investasi. Sudah tahu kan kalau di Ajaib kita bisa mulai berinvestasi dengan nominal Rp. 10.000 saja?
  • Portofolio : Untuk melihat daftar investasi yang yang kita miliki dan juga masing-masing returnnya
  • Menu transaksi : Untuk melihat proses dan histori investasi yang kita lakukan
  • Menu Kabar : Berisi berita dan tips seputar investasi serta fasilitas komunitas (jika sudah mendaftar akun saham di Ajaib)
  • Akun Saya (Simbol image di pojok kiri beranda) : Berfungsi untuk mengelola profil, ada juga kamus seputar investasi, kalkulator return dll.

Fitur Keamanan Investasi

Soal keamanan, awalnya saya menggunakan password. Lalu setelah di update ternyata sekarang fiturnya sudah lebih canggih yakni ada fitur fingerprint (keamanan sidik jari).

Jadi setiap ingin membuka aplikasi untuk melihat perkembangan portofolio investasi ataupun hal lainnya cukup menggunakan jari saja, walaupun tetap ada pilihan membuka aplikasi dengan password.

Jika ingin merubah password, Anda tinggal masuk pada menu “Akun Saya” > “Lihat profil > Password (klik ubah). Lalu masukan email yang terdaftar pada akun Ajaib dan klik “Reset Password”.

Baca juga : 10 Cara Beli Saham Online Untuk Investasi Pemula Biar Cuan di 2020!

Maka secara otomatis email penggantian password akan segera masuk, dari situ tinggal masukan password barunya. Saran saya, untuk menghindari hal yang tidak di inginkan jika Anda memiliki beberapa email pakailah email yang benar-benar Anda miliki 100% kendali di dalamnya.

Pilihan Reksadana Terpopuler

Fitur reksadna popular Aplikasi Ajaib

Seperti yang telah di sebutkan, bahwa pada tampilan menu “Beranda” ada yang namanya sub menu “Reksadana Terpopuler”. Nah di sinilah daftar produk reksadana yang paling banyak di beli di tampilkan.

Jika And ameng-klik “selengkapnya” maka Anda bisa memfilter reksadana bukan hanya berdasarkan yang paling populer, tapi juga berdasarkan tema. Misalnya produk reksadana yang kecenderung isi produknya lebih ke obligasi negara, atau SBSN, Bank syariah dll.

Kita juga bisa memfilternya berdasarkan resiko terendah ataupun jenis reksadananya (lebih ke syari’ah, saham, obligasiatau campuran).

Selain itu, kita juga bisa membandingkan antar produk reksadana dengan meng-klik “Bandingkan”. Plih 2-3 produk reksadana, lalu klik “Bandingkan”.

Setelah itu akan muncul bagaimana gambaran performa return dan informasi detail dari setiap produk reksadana yang mana Anda isa melihat rata-rata return tahunannya, jenis reksadana, resiko, total dana kelolaan, dan juga tahun mulai beroperasi.

Tentang Layanan CS (Customer Service)

Seperti layanan lainnya, aplikasi investasi Ajaib juga punya cs (customer service). Layanan cs Ajaib berada pada menu “Akun Saya”> “Pusat Bantuan”. Jika Anda tidak menemukan jawaban dari FAQ yang telah di sediakan dan membutuhkan berbicara langsung pada CS Anda bisa mengklik kolom e-mail atau chat.

Saya pernah mencoba layanan cs Ajaib beberapa waktu lalu. Saat itu saya tidak bisa melakukan repurchase salah satu produk reksadana yang saya beli sebelumnya. Akhirnya saya coba melakukan kontak dengan cs melalui fitur chat. Tidak lama kemudian cs menjawab. Namun saya belum puas atas jawaban cs, akhirnya saya coba memperjelas pertanyaan saya.

Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan lanjutan ini saya perlu menunggu cukup lama. Akhirnya saya memutuskan melakukan aktifitas lain terlebih dahuku. Lalu saya mendapatkan email balasan dari cs Ajaib beberapa jam kemudian.

Setelah saya mencari berita tentang manajer investasi dan produk reksadananya yang saya beli ternyata memang sedang ada masalah yang saya pikir sepertinya cukup serius karena ternyata sampai sekarang produk reksadana tersebut sudah tidak tampil lagi di Ajaib.

Inilah mengapa sesibuk apapun kita, rasanya tetrap perlu membaca berita-berita investasi. Saya juga melihat nilai reksadananya turun terus menerus. Hal ini di luar trend dari produk reksadana yang saya beli itu. Akhirnya saya putuskan untuk menarik semua reksadana pada produk tersebut.

Fitur Berita, Tips Hingga Komunitas

Fitur berita dan tips rasanya wajib ada di setiap platform yang bergerak dalam bidang layanan investasi. Di aplikasi Ajaib kita bisa selalu meng-update berita seputar invesai dengan mudah dari menu “Kabar”. Apalagi jika Anda berencana membuka akun saham.

Beritanya selalu up to date. Tips investasi juga sangat membantu bagi pemula untuk mempertimbangkan jenis reksadana apa yang cocok sesuai tujuan investasi, melihat produk yang “bagus” dalam artian kredibitasnya sudah teruji, strategi menyimpan dana dll.

Sebenarnya ada satu fitur lagi yang sangat menarik dari aplikasi Ajaib ini, yakni fitur Komunitas. DI fitur ini Anda bisa bertemu dengan berbagi investor pemula hingga yang senior.

Ya, ini seperti medsosnya para investor. Namun untuk bergabung, Anda perlu membuka rekening saham melalui Aplikasi Ajaib terlebih dahulu.

Gratis Biaya Admin Pembelian Reksadana

Salah satu yang saya suka dari Ajaib adalah gratis biaya pembelian reksadana. Selain bisa mulai berinvestasi dengan Rp. 10.000 saja, kita juga tidak dipungut biaya apapun saat ingin membeli produk reksadana tertentu.

Cara transfer saldo reksadana juga tersedia dengan berbagai pilihan cara dan bank. Bisa lewat mini market, transfer ATM, transfer mobile banking, dan juga OVO. Mudah sekali!

Baca juga : 5 Aplikasi Trading Saham Terbaik dan Terpercaya Untuk Pemula

Tapi tentu saja ada yang namanya biaya penarikan reksadana. Untuk biaya penarikan reksadana, besarannya tergantung produk reksadananya biasanya berkisar maksimal 1%-2% saja dari return yang kita terima. Saya sendiri tidak keberatan, karena tidak ada biaya-biaya tersembunyi lainnya sejauh ini.

Tips Sebelum Berinvestasi Reksadana di Aplikasi Ajaib

Berdasarkan pengalaman saya sebagai pemula, mungkin ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum berinvestasi reksadana lewat aplikasi Ajaib :

  • Jangan memilih produk reksadana hanya berdasarkan return yang paling besar. Karena grafik return bukanlah gambaran return yang pasti akan terjadi sama persis di masa depan
  • Perhatikan keterangan produk reksadana, jika memilih reksadana pendapatan dengan profil resiko rendah-moderat tetap lihatlah seberapa besar dana kelolaannya. Semakin besar biasanya semakin banyak yang memilih, artinya kemungkinan produk reksadana kredilitasnya sudah teruji..
  • Cari tahu tentang manajer investasi, seperti profil perusahaannya dan berita-berita terkait kinerjanya

Kesimpulan

Aplikasi Ajaib ini cukup mudah di gunakan dengan proses registrasi yang juga simple dan cepat. Itulah review pengalaman investasi reksadana melalui Aplikasi ajaib. Semoga bermanfaat terutama bagi Anda yang baru ingin belajar investasi rekasadana melalui aplikasi Ajaib.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar