10 Situs Web Terbaik untuk Para Freelance Kreatif Indonesia

Menjadi seorang pekerja freelance di zaman yang serba canggih ini sangatlah menguntungkan. Karena untuk mencari proyk-proyek yang Anda inginkan bisa dengan mudah diakses lewat gengaman.

Artinya, hanya mengandalkan perangkat smartphone atau laptop yang terkoneksi dengan internet sudah bisa mendapatkan proyek yang diinginkan lewat situs-situs terbaik dan terpercaya yang ada saat ini.

Pemiliki situs tersebut biasanya akan menjadi perantara untuk mencari pemilik proyek dan freelance itu sendiri. Situs tersebut tergolong banyak dan sudah ‘’bertebaran’’ di dunia maya.

Walaupun begitu, Anda harus tetap waspada dan berhati-hati karena kejahatan via online pun sudah marak.

Karena itulah, pada pembahasan berikut ini akan dipaparkan tentang situs-situs terbaik untuk para pekerja freelance di Indonesia. Lalu, situs-situs mana saja yang dimaksud? Ini dia ulasannya!

Mengenal Situs Terbaik untuk Para Freelance kreatif di Indonesia

1. Sribu.com

Situs Web Terbaik untuk Para Freelance

Sribu meluncur pada 11 Juli 2011. Sribu.com menyediakan platform desain dengan metode crowd-sourin.

Pada 2020 ini sudah ada lebih dari 10.000 klien.

Situs ini sangat cocok untuk para freelancer desain grafis dan komunitas desainer.

Jika anda jago design, seperti logo, flyer, web, packaging sampai interior dan brand naming.

Sribu.com selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi para penggunanya.

Apakah Anda tertarik bergabung menjadi freelancer di situs sribu.com ini?

Yap, silahkan langsung mengunjungi situsnya di sribu.com

2. Situs Website Freelance Crowdsource

Situs Terbaik untuk Para Freelance
Crowdsource

Salah satu situs terbaik untuk para pekerja freelance yang ada di Indonesia adalah Crowdsource. Situs Crowdsource ini dikenal sebagai salah satu website freelance terbesar yang ada di dunia maya saat ini.

Website tersebut sudah ada sejak tahun 2006 silam, dimana pencetusnya pertama kali bernama jeff Howe.

Crowdsource memfasilitasi para freelance dari mulai pembuat konten, editing, perusahaan media, dan penerbit untuk menemukan proyek-proyek yang sesuai dengan keahlian mereka.

Ketika Anda memilih perusahaan yang cocok akan proyek yang dimilikinya, tugas selanjutnya adalah mengirimkan CV dan contoh karya yang telah dibuat.

Jika perusahaan tersebut sangat cocok dengan Anda dan dianggap telah memenuhi syarat, tahap selanjutnya adalah mengerjakan proyek tersebut sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setelah selesai mengerjakan proyek, pihak perusahaan akan memberikan bayaran yang telah disepakati diawal.

Setelah selesai mengerjakan proyek tersebut, Anda bebas memilih proyek dari perusahaan lain yang ada di situs tersebut.

Biasanya, jika perusahaan tersebut menyukai cara kerja Anda dan hasil pekerjaan, mereka akan meng-hire Anda kembali.

3. Situs Website Freelance Upwork

Situs Website Freelance Upwork
Upwork

Situs untuk para pekerja freelance terbaik berikutnya adalah Upwork. Situs ini dikenal memiliki jumlah klien dan freelance terbesar.

Website ini bisa digunakan oleh siapapun dari berbagai kalangan dengan menyajikan berbagai jenis pekerjaan dimulai dari web developer, mobile developer, jasa penulisan, administrasi, accounting, design, customer service, dan juga marketing.

Banyaknya pilihan pekerjaan di atas, jelas merupakan ‘’surga’’ untuk para freelancer memilih dan menyaring pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Tidak perlu khawatir tentang keamanan situs tersebut karena sudah memiliki fitur yang bisa mendeteksi apakah klien yang menyediakan pekerjaan palsu atau tidak.

Karena hal itulah, upwork merupakan salah satu website freelance terbaik yang juga terintegritas dan memiliki layanan dan kualitas tinggi.

Para freelancer sendiri nantinya harus membuat akun atau mendaftarkan diri terlebih dahulu di website tersebut.

Agar proses pekerjaan lancar, tersedia pula layanan komunikasi antara perusahaan dan freelancer.

Sebaiknya, jadilah anggota dari situs tersebut agar freelancer bisa mengambil pekerjaan dalam jumlah yang banyak dalam waktu satu bulan.

Tentunya setelah mendapatkan pekerjaan dan bisa mengerjakan proyek tersebut Anda akan mendapatkan komisi yang diterima sesuai dengan kesepakatan di awal.

4. Situs Website Freelance Behance

Situs Website Freelance Behance
Behance

Situs freelance terbaik berikutnya yang bisa Anda akses untuk proyek freelance adalah Behance.

Situs ini mayoritas menyediakan proyek untuk design grafis dan berbasis audio visual. Sehingga selain mencari proyek, Anda pun bisa mengupload hasil karya visual lewat situs ini.

Pada dasarnya, situs ini bukanlah asli buatan Indonesia, dimana hal ini bisa menjadi kesempatan untuk Anda karena bisa menerima proyek dari klien yang ada di luar negeri.

Jika hasil pekerjaan Anda sangatlah memuasakan, Anda bisa mendapatkan proyek dalam waktu jangka panang atau mengerjakan proyek yang bersifat remote.

Situs ini sangatlah praktis, selain bisa diakses lewat PC, Anda pun bisa mengaksesnya lewat smartphone dimana Anda harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu.

5. Situs Website Freelancer.co.id

Situs Website Freelancer.co.id
Freelancer

Sesuai dengan namanya, situs tersebut memang didesign untuk para freelancer. Versi asli dari situs freelancer tersebut dibuat oleh Australia.

Sama seperti situs freelancer pada umumnya, situs ini memuat beragam proyek dari berbagai bidang seperti design, programming, jasa penulisan, dan lain sebagainya yang disedikan oleh perusahaan dalam dan luar negeri.

Setiap proyek yang tersedia disajikan dengan detail sehingga Anda tidak perlu bingung lagi untuk mengerjakannya.

Walaupun menyajikan pekerjaan yang sama, situs ini memiliki fitur yang uniik dimana Anda bisa menawar atau melelang fee dari proyek yang disediakan perusahaan.

Fee yang diterima oleh para freelancer biasanya berupa rupiah atau dollar dimana Anda bisa mengambilnya lewat paypal ataupun kartu kredit.

6. Situs Website Freelancer Fastwork

Situs Website Freelancer Fastwork
Fastwork

Salah satu situs website terbaik berikutnya adalah Fastwork. Situs ini asli buatan Thailand yang diinvasi ke Indonesia lewat fastwork. Proyek pekerjaan yang ada di website ini adalah design grafis, jasa penulisan, penerjemahan, programmer, hingga jasa konsultasi.

Agar bisa mendapatkan proyek dari situs tersebut, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah registrasi terlebih dahulu di fastwork. Setelah berhasil membuat akun, Anda bisa memilih proyek-proyek yang ada sesuai minat dan bakat.

Ketika menemukan proyek yang cocok, Anda bisa melamar ke perusahaan tersebut.

Biasanya seseorang yang ingin mengerjakan proyek harus bisa memenuhi kriteria yang diberlakukan perusahaan.

Maka tugas Anda adalah memenuhi persyaratan tersebut dan tunggu selama 24 jam sampai ada jawaban dari pihak perusahaan.

Di website pun tersedia fitur chat bersama klien, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk berdiskusi tentang proyek tersebut.

Lakukanlah sebisa dan seprofesional mungkin hingga Anda bisa memperoleh penawaran dan kontrak kerja yang Anda anggap terbaik.

7. Situs Website Freelancer Projects.co.id

Situs Website Freelancer Projects.co.id
Projects

Situs freelancer terbaik berikutnya adalah projects.co.id. situs ini menawarkan beragam bidang yang bisa Anda pilih sesuai dengan keahlian, mulai dari sosial media, IT, content writing, design, dan lain sebagainya.

Agar bisa mendapatkan ptoyek tersebut, Anda bisa mendaftarkan diri secara gratis di website tersebut.

Setelah mendaftarkan diri, pilih proyek-proyek yang ada di situs tersebut kemudian lakukan bid jika ada proyek yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Ketika mengajukan bid, Anda pun diminta untuk memberikan CV, portofolio, atau hasil karya agar klien bisa menggunakan jasa Anda.

Di kolom tersebut, walaupun klien sudah mencantumkan harga untuk membayar proyek yang akan dikerjakan, Anda tetap bisa mengajukan penawaran harga yang sesuai dan layak untuk ukuran proyek tersebut.

Menariknya, selain bisa mencari poyek, Anda pun bisa menjual produk kepada para klien. Contohnya design kaos, buku, template website, logo, tulisan, dan lain sebagainya.

Freelancer yang ada di website ini cukup banyak, sehingga Anda harus bersaing dengan freelancer lain. Biasanya freelancer yang diterima adalah yang menawarkan fee tidak terlalu mahal dan bisa diajak berdiskusi.

Perlu diketahui pula, pembayaran yang akan Anda terima di situs ini tidaklah full 100 persen, karena pihak admin projects.co.id akan memotong fee tersebut dari mulai 5-10 persen.

8. Situs Website Freelance Sribulancer

Situs Website Freelance Sribulancer
Sribulancer

Situs website freelancer berikutnya yang cukup terkenal di Indonesia adalah situs sribulancer.com.

Situs asli buatan Indonesia ini bisa memberikan fee kepada freelancer dalan kurs USD dimana pembayarannya bisa dilakukan melalui transfer bank, kartu kredit, dan Paypal.

Proyek pekerjaan yang ada di situs ini pun beragam mulai dari design, penerjemahan, penulisan artikel, grafis, dan lain sebagainya.

Situs ini sangat bersahabat bagi freelancer baru karena sudah dilengkapi pandian yang cukup lengkap. Bahkan situs tersebut bisa diubah kedalam bahasa Inggris.

Sampai saat ini website tersebut sudah menampung ribuah klien dan freelancer, dimana mereka saling ‘’berjodoh’’ dalam proyek yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

9. Situs Website Freelance Kreavi

Situs Website Freelance Kreavi
Kreavi

Situs kreavi pada mulanya adalan sebuah tempat komunitas kreatif untuk berjejaring dan memamerkan karya-karya mereka.

Seiring dengan berjalannya waktu banyak perusahaan atau klien yang tidak hanya minat pada karyanya saja, melainkan ingin meng-hire orang dibalik karya tersebut untuk bekerjasama menciptakan proyek yang lebih besar dan baik.

Karena itulah, di situs tersebut pun terdapat banyak lowongan kerja yang mumpuni mulai dari informasi kerja fulltime, magang, dan untuk para freelancer.

Situs kreavi sendiri lebih menitik beratkan pada bidang pekerjaan yang bersifat kreatif, seperti copy writing, design grafis, pekerjaan berbasis visual dan audio yang kreatif.

10. Situs Website Freelance Getcraft

Situs Website Freelance Getcraft
Getcraft

Situs freelance terbaik berikutnya adalah Getcraft. Situs tersebut dicetuskan oleh Anthony Reza dan Patrick Searie dalam format yang cukup berbeda dengan situs serupa.

Dalam situs ini, para freelancer harus menjual jasanya terlebih dahulu agar bisa mendapatkan proyek. Sebelumnya, Anda pun harus mengisi profil Anda dan wajib mengisi fitur add new service.

Karena melalui add new service tersebut, Anda bisa mempromosikan jasa atau keahlian yang dimiliki. Tidka hanya itu Anda pun bisa menjelaskan kesanggupan untuk mengerjakan pekerjaan, mematok harga, hingga deal dengan calon klien.

Kabar baiknya, perusahaan yang ada di Getcraft tersebut adalah perusahaan-perusahaan yang cukup ternama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Bagaimana para freelancer, sudah puaskah dengan pembahasan situs diatas? Semoga bermanfaat dan bisa menambah klien Anda untuk mengembangkan keahlian yang dimiliki. Enjoy your work.

Bagikan ;

SEKURITAS

INFO

  • 15% Instant Bonus

  • Min Deposit: $5

  • Regulasi Terjamin

5/5
  • Bonus 100% per deposit

  • $1 Deposit Awal

  • Trading Saham dan Forex

5/5
  • 50% Bonus deposit

  • $ 50 Deposit Awal

  • Trading Forex, CFD

  • Komoditas dan indeks Saham

5/5

Tinggalkan komentar