Software Akuntansi : 8 Rekomendasi Produk Terbaik Gratis dan Berbayar

Usaha yang dikelola professional pasti akan membutuhkan semi otomatisasi, salah satunya adalah  pengelolaan keuangan. Anda bisa melakukan terintegrasi secara online atau offline.

Dalam bisnis, baik itu bisnis kecil, menengah atau besar pasti akan memiliki beberapa hambatan usaha yang harus di selesaikan. Misalnya;

masalah modal,

Sumberdaya manusia,

Masalah produksi,

Dan masalah keuangan seperti arus kas.

Oke, pada kesempatan ini folderbisnis akan merekomendasikan 8 software akuntansi, baik yang didapat secara gratis dengan fitur premium, atau software akuntansi premium dan berbayar.

Software akuntansi akan mempermudah anda dalam pengelolaan keuangan. Membantu anda menyusun strategi keuangan dan pembukuan yang rapi.

Sebuah laporan keuangan akan menentukan arus kas sebuah usaha, sederhananya dari perhitungan modal sampai keuntungan setiap bulannya.

Kenapa laporan keuangan sangat penting ?

Software akuntansi gratis terbaik

Sebuah usaha atau bisnis harus melakukan pembukuan. Tujuannya mengetahui cash flow usaha. Dengan pembukuan yang tertata rapi anda dapat memantau perkembangan bisnis dan kondisi keuangan usaha Anda.

Dengan pembukuan , anda akan  mengetahui perbandingan secara jelas dari rencana kegiatan dan pelaksanaan. Kemudian menyusun laporan yang diperlukan yang biasanya digunakan sebagai laporan pertanggung jawaban keuangan.

Nah, laporan pertanggung jawaban ini digunakan sebagai informasi untuk keperluan manajemen, seperti pemantauan, evaluasi, pengendalian serta penyusunan anggran selanjutnya. Pembukuan dan laporan keuangan akan memberikan informasi tentang keuntungan dan kerugian dari usaha Anda.

Pembukan, lalu laporan keuangan membutuhkan software akuntansi untuk memudahkan kegiatan pembukuan tersebut. Pembukuan bisa dilakukan dengan manual, namun jika ada software akuntansi yang mempermudah dan mempercepat  kenapa harus memilih manual.

Penggunaan software akuntansi membutuhkan sedikit keahlian, namun semua itu bisa dipelajari dan biasanya sudah diberikan  buku panduan dari produk akuntansi yang Anda gunakan.

software akuntansi terbaik gratis

Software akuntansi harus memiliki beberapa fitur yang mampu membantu penggunanya. Banyak pengusaha pemula seperti UKM dan bisnis kecil menengah yang sangat membutuhkan software akuntansi. Berikut, 8 rekomendasi software akuntansi online terbaik baik gratis atau premium yang bisa anda coba gunakan.

Berikut 8 software akuntansi terbaik untuk bisnis Anda.

1. ZAHIR Accounting

Sebagain pengusaha mungkin Anda sudah mengenal software zahir ini. Software akutani ini sudah sangat populer di kalangan pembisnis.

Salah satu aplikasi yang dimiliki software zahir aplikasi zahir akuntansi online. Pengguna dapat mengelola keuangan secara online berbasis website.

Zahir Small Business memudahkan pelaku usaha kecil menengah membuat laporan pembelian dan penjualan barang, mengelola hutang piutang, mengelola persediaan barang serta membuat laporan pembukuan seperti laporan kas dan tabungan.

Semua kegiatan itu bisa dilakukan secara real time melalui komputer yang terkoneksi dengan internet. Biaya untuk memiliki software akuntansi zahir sebesar Rp2,2 jutaan.

2. Software Akuntansi QuickBooks Online

Menjadi salah satu software accounting terbaik rekomendasi kami. Software ini dirilis sekitar tahun 1996 oleh perusahaan Intuit inc. Perusahaan ini memiliki beberapa produk seperti ; Quicken, QuickBase, TurboTax dan banyak yang lainnya.

Dengan aplikasi QuickBooks, pengguna dapat membuat laporan keuangan, seperti laporan penjualan, laporan pembelian, laporan hutang piutang, laporan inventory serta laporan laba rugi dan neraca.

Kelebihan software akuntansi ini, pengguna dapat mengelompokan transaksi pendapatan berdasarkan projeck dan lokasi. Dengan kelebihan itu anda bisa membuat laporan laba rugi berdasarkan kelompok maupun lokasi yang bisa anda lakukan melalui komputer, tablet android, smartphone yang terhubung dengan koneksi internet.

Keamanan data sangan terjamin, karena mnggunakan teknologi data enkripsi yang digunakan oleh perbangkan. Anda juga bisa melakukan backup data keuangan yang akan tersimpan secara otomatis.

Software ini dibandrol dengan harga US$ 15.00 – US$ 31.00 atau sekitar Rp 200-400 ribu perbulan.

#3. Software Akuntansi Jurnal

Software akuntansi Jurnal ini mengatur sistem pembukuan bagi pemilik usaha kecil dan menengah.

Fiturnya sebagai berikut ;

dapat membuat Invoce dan PO, seperti faktur penjualan, pesanan dan pembelian, surat jalan profesional secara otomatis, pembuatan laporan finansial dan aktivitas bisnis real time, dapat memonitor stok serta multi tasking, bahkan memiliki online live chat bagi pengguna yang ingin menanyakan atau bertanya informasi lebih lanjut.

Data di lindungi dengan keamanan enskripsi yang terjamin keamanannya. Aplikasi akuntansi online ini dibandrol Rp149 ribu sampai Rp399 ribu dengan berbagai spesifikasi yang berbeda yang disesuaikan dengan harga.

#4. Aplikasi software Omega

Omega adalah software akuntansi online yang menyediakan modul standar yang lengkap. Sangat cocok digunakan oleh pengusaha kecil dan menengah atas. Omega berbasis cloud computing 1.0, merupakan generasi terbaru dari cloud computing yang lebih personal/ provat.

Dengan teknologi layanan cloud computing dari Omegasoft, software akuntansi ini dapat menghubungkan database setiap cabang usaha yang anda miliki diberbagai wilayah dengan koneksi internet.

Layanan ini dibandrol dengan harga paket selama setahun sebesar Rp1.6 jutaan.

#5. Software akuntansi Sleekr

Software online premium selanjutnya adalah sleekr. Awalnya bernama kiper, kemudian diakuisisi oleh perusahaan sleekr. Software akuntansi yang dapat mengakses, mengelola serta kolaborasi data usaha berbasis online. Sangat cocok untuk UKM. Pengguna dapat membuat invoice tagihan, return dan pembayaran.

Software akuntansi ini menyediakan layanan transaksi dengan mata uang berbeda yang akan di konversi secara otomatis ke mata uang yang anda gunakan.

Setelah membahas  5 software akuntansi premium di atas, selanjutnya akan di bahas 3 software akuntansi gratis namun patut Anda pertimbangkan karena memiliki fitur premium.

Software di bawah ini dapat anda dapatkan gratis ;

#6 . Software akuntansi  SQL Ledger

Sebuah software akuntansi gratis dengan sistem entri ganda. Software SQL Ledger cocok digunakan oleh toko yang membutuhkan inventory control, cek printing, multi user, multi location, poin of sales, packing list, serta purchase orders.

Software ini berbasis sistem ERP berbasis web, sehingga mudah dipantau dari jauh. Cocok dengan OS (windows, linuk, mac).

Selain menyediakn versi gratis, SQL Ledger juga menawarkan versi berbayar. Untuk usaha kecil dan menengah bagi saya cukup menggunakan versi gratis. Versi gratis sudah cukup lengkap untuk usaha kecil menengah Anda.

Jika Anda membutuhkan fasilitas barcode, label printing, invoice consolidation, dan fitur premium lainya. Anda bisa melakukan upgrade ke versi berbayar. Anda bisa mendownloadnya di sini.

#7. Software akuntansi GNU Cash

Software akuntansi yang memang didesin untuk usaha kecil menengah seperti UKM dan UMKM.  Aplikasi ini cukup lengkap dengan fitur seperti;

account invoicing,

receivables,

account payables,

akun investasi,

depresiasi nilai,

tax table,

akun kredit dan pinjaman.

Jika fitur yang Anda butuhkan belum tersedia, Anda bisa menambahkan secara manual variabel yang diinginkan.

Misalnya; Anda ingin menambahkan fitur pajak dan payroll

Dengan GNUCash Anda dapat melacak pendapatan, rekening bank, beban dan bahkan saham. Fitur double entry accounting dapat mendeteksi kesalahan dan menemukan sumbernya.

Software ini dibangun dengan dasar prinsip akuntansi profesional agar neraca tetap seimbang dan laporan keuangan yang dihasilkan semakin akurat.

#8. Software Akuntansi  Turbo  Cash

Fitur yang tersedia pada software turbo case; barcodes, quotes, trial balance, batch operations, VAT accounting, multi-user and access controls, point of sale, invoicing, reporting and analysis, inventory and stock pricing.

Dengan fitur yang dimiliki, TurboCase menandingi software premium Quickbookpro dan akuntansi Saga.

Software ini memiliki tampilan muka yang mudah dioprasikan. Biasanya software ini digunakan oleh UKM karena kemudahan penggunaannya. Turbo  Cash terkenal dengan software akuntansi yang user friendly.

Penutup

Jika Anda adalah pengusaha pemula yang sedang membangun usaha, Anda bisa memilih software gratis dengan fitur premium. Namun jika Anda sudah memiliki usaha dan bisnis yang mapan, Anda bisa mmulai menggunakan software berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

Pilih dengan teliti software akuntansi yang akan anda gunakan, lihat kredibilitas, keamanan dan pelayanan servisnya. Kami merekomendasikan 8 software akuntansi gratis dn berbayar.

Loading...