Software Akuntansi Pilihan yang Bisa Membantu Bisnis UKM

Banyak yang masih tidak mengetahui bahwa menggunakan software akuntansi itu adalah kebutuhan seperti apapun bisnis yang dijalankan. Ini sering ditemui pada pegiat UKM atau Usaha Kecil dan Menengah yang sebagian besar masih menggunakan cara konvensional. Banyak yang masih berpikiran bahwa bisnisnya masih kecil-kecilan jadi belum terlalu membutuhkan. Padahal kalau mau memulai dari sekarang, bukan tidak mungkin bisnis akan berkembang pesat karena pengelolaan uang yang tertata.

Anda jadi tahu bagaimana caranya memisahkan keuangan pribadi dengan bisnis, tahu seluk beluk uang masuk dan uang keluar, dan tahu harus kemana uang itu akan digunakan semisal mendapatkan keuntungan. Karena masalah UKM saat ini adalah banyak yang tidak tahu berapa dana yang sudah dikeluarkan. Lalu ketika mendapatkan untung, langsung digunakan untuk membeli macam-macam tanpa sadar ternyata modal untuk mengembangkan bisnis malah habis termakan.

Karenanya dari sekarang baik itu bisnis jasa, manufaktur, ritel, dan lain sebagainya; baik itu bisnis kecil ataupun besar, marilah bersama-sama agar melek urusan pengelolaan keuangan. Kalau masih beralasan tidak mengerti soal keuangan atau akuntansi, bisa coba menggunakan software akuntansi. Tidak perlu khawatir, software akuntansi yang serba otomatis sebenarnya justru mempermudah. Karena Anda tinggal memasukkan data dan semuanya langsung diolah sesuai dengan hasil yang dibutuhkan. Data yang ditampilkan juga bentuknya beragam dan sudah diatur agar mudah dipahami.

Sekarang memang banyak software akuntansi, apalagi yang buatan luar negeri. Banyak nama yang sudah sering terdengar seperti DacEasy Accounting (DAC), Quickbook, MYOB, Peachtree, Value plus dan Oracle. Mungkin banyak yang beranggapan kalau menggunakan software ini hasilnya akan maksimal. Tapi tunggu dulu, untuk jenis-jenis bisnis kecil dan menengah banyak yang ternyata tidak cocok karena fiturnya yang tidak sesuai dengan kondisi bisnis di Indonesia dan penggunaan bahasa yang susah dipahami.

Kali ini saya ingin berbagi sedikit mengenai software akuntansi yang menjadi andalan saya untuk urusan pengelolaan keuangan. Mungkin ada yang sudah pernah mendengar namanya atau mungkin sudah memakai. Namun untuk yang belum dan masih mencari-cari, saya rekomendasikan untuk menggunakan software akuntansi yang bernama Jurnal. Kemarin, setelah saya cari informasi lebih lanjut, ternyata software ini memang mempunyai ide dasar pengembangan yang dikhususkan untuk UKM. Jadi untuk Anda yang menggeluti UKM maka saya sarankan untuk menggunakan Jurnal.

Namun menurut pihak jurnal ketika training kemarin, kapasitas Jurnal juga bisa digunakan untuk bisnis-bisnis kecil hingga berskala besar. Meskipun ada banyak software lokal lain seperti Accurate, Zahir, dan lain sebagainya, untuk saya sendiri lebih cocok menggunakan Jurnal setelah mencoba trial semua software di atas. Mengapa? Langsung saja saya berikan alasannya.

Tampilan/User Interface

software jurnal untuk ukm

Ini saya jadikan poin pertama karena banyak yang enggan menggunakan software akuntansi dengan alasan sulit dipahami. Dari pandangan pertama saya sudah yakin bahwa saya akan mampu menggunakannya. Karena memang Jurnal diatur dengan tampilan yang sederhana sehingga mudah dipahami. Baik itu dalam hal input data ataupun penyajian.

Khusus untuk penyajian, Jurnal memberi keleluasaan memilih tampilan yang menurut kita paling mudah untuk dipahami, mau dalam bentuk tabel ataupun grafik. Jika yang menjadi kesulitan adalah penggunaan bahasa yang sulit dicerna oleh Anda yang tidak berlatar belakang akuntansi. Tidak perlu khawatir, karena Jurnal memang dikhususkan untuk bidang usaha UKM Indonesia, maka tentu saja mereka menggunakan bahasa dan istilah yang mudah dipahami masyarakat negara ini.

Fitur

Firue software akutansi jurnal

Software akuntansi tidak ada artinya tanpa fitur lengkap dan mumpuni. Bagi saya kelengkapan fitur Jurnal sudah tidak diragukan lagi. Setidaknya ada 25 fitur yang masih dibagi ke dalam sub-bagian. Ini jelas jauh mengungguli software lain yang sejenis seperti Accurate yang mungkin tidak sebanyak ini. Fitur ini nantinya diberikan sesuai dengan kebutuhan bisnis kita, baik bisnis offline atau bisnis online. Dari usaha kecil yang hanya butuh fitur sederhana seperti pembuatan neraca, laba-rugi, perubahan modal, arus kas, invoice, stok barang, utang-piutang, penjualan dan pembelian serta fitur standar lainnya.

Sampai bisnis yang lebih besar dengan pengelolaan yang lebih komplit. Di sini Jurnal lebih unggul dari segi otomatisasi, kelengkapan dalam paket dan harga. Dibandingkan dengan Accurate misalnya, hanya Jurnal yang katanya dapat secara otomatis melakukan rekonsiliasi bank tanpa perlu repot melakukan mutasi manual. Jurnal juga memberikan kemudahan lain dengan pembayaran online melalui fitur Jurnal Pay sehingga tidak perlu lagi mengecek pembayaran satu per satu. Untuk kelengkapan, cuma Jurnal juga yang punya fitur laporan konsolidasi serta produk bundle.

Keamanan

Accurate memang dikatakan memiliki software dengan keamanan yang cukup valid untuk melindungi pengguna. Namun mengapa saya lebih memilih Jurnal? Karena hanya Jurnal yang dapat secara gamblang menjelaskan sistem keamanan yang digunakan sehingga tentu saja saya lebih percaya dan merasa aman menggunakannya. Jurnal telah telah tersertifikasi ISO/IEC 27001 yang langsung diberikan oleh Grup British Standards Institution (BSI) yang merupakan badan standarisasi Inggris, yang bekerja sama dengan Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan ANSI-ASQ National Accreditation Board (ANAB). Sertifikasi ini menunjukkan tidak adanya keraguan bagi Jurnal untuk menjamin seluruh keuangan tersimpan dengan aman.

Harga

Harga software akuntansi jurnal

Siapapun suka dengan harga yang terjangkau, termasuk saya. Ketika menggunakan Jurnal Saya cukup mengeluarkan IDR199.000 saja dalam sebulan untuk berbagai fitur yang bisa digunakan secara bebas. Kalau Anda ingin yang lebih menguntungkan bisa dengan langsung berlangganan selama satu tahun. Karena dengan begitu Anda dapat menghemat hingga IDR488.000 dengan cukup membayar IDR1.900.000 saja. Harga yang diberikan oleh Accurate juga tidak jauh berbeda dengan ini. Namun hanya di Jurnal saya diberikan layanan pemasangan, training, buku panduan lengkap, live chat online selama 24 jam dan layanan pelanggan lain secara gratis.

Layanan Konsumen

Layanan konsumen software akuntansi jurnal

Saya tentu saja memilih software dengan layanan konsumen yang terbaik. Karena saya membutuhkan panduan dalam pemakaian dan sewaktu-waktu saya juga pasti membutuhkan untuk perbaikan. Jurnal menyediakan buku panduan serta video tutorial yang detail secara gratis khusus untuk pelanggan yang menggunakan software-nya. Berbeda dengan software lain yang memberikan panduan setelah ada request dari calon pelanggan. Hal lain yang membuat saya sangat puas dan mungkin tidak akan saya dapatkan dari software lain adalah Jurnal akan memandu dengan Live Chat Online kapanpun itu jika kita memiliki kesulitan ketika mencatat pembukuan keuangan.

Itu tadi beberapa poin-poin keunggulan yang menjadi alasan mengapa saya memilih Jurnal sebagai partner pengelolaan keuangan bisnis. Sampai sejauh ini pun kinerja software akuntansi Jurnal belum pernah mengecewakan. Pembukuan dan laporan keuangan yang rapi membuat tidak ada lagi kebingungan kemana uang berjalan. Kalimat “bisa lebih fokus mengurus bisnis” yang kerap saya baca di tiap posting-an Jurnal pun bukan isapan jempol setelah saya menggunakannya. Input dan output yang serba otomatis membuat saya menghemat banyak waktu yang bisa digunakan untuk mengerjakan hal lain.

Loading...