Stockbit – Sinarmas Sekuritas, Duet Maut Cuan Besar di Pasar Modal

Berdiri dengan nama Sinarmas Ekagraha Money Changer pada tahun 1988, Sinarmas Sekuritas adalah salah satu perusahaan sekuritas tertua di Tanah Air. Sempat berganti menjadi Sinarmas Ekagraha pada 1989, anak perusahaan Sinarmas Grup di bidang pasar modal ini baru menggunakan nama PT Sinarmas Sekuritas sejak 1996.

Jika pada awal perjalanannya Sinarmas Ekagraha menjalankan bidang usaha valuta asing (valas), traveller cheque dan surat-surat berharga lainnya, kini Sinarmas Sekuritas fokus menjadi perantara pedagang efek. Seperti namanya, Sinarmas Sekuritas bertugas melakukan transaksi jual beli saham di bursa. Bahkan kini Sinarmas Sekuritas juga memiliki anak usaha di bidang Manajer Investasi (MI) lewat Sinarmas Asset management.

Memenuhi diri sebagai salah satu perusahaan efek terbaik, Sinarmas Sekuritas pun telah memiliki izin usaha resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau yang dulu disebut Bapepam. Nomor izin usaha Sinarmas Sekuritas adalah No. Kep-82/PM/1992 tanggal 29 Februari 1992 sebagai Penjamin Emisi Efek danNo. Kep-83/PM/1992 tanggal 29 Februari 1992 sebagai Perantara Pedagang Efek.

Namun jika dibandingkan perusahaan efek lainnya, Sinarmas Sekuritas memiliki berbagai keunggulan termasuk dengan jalinan kerjasamanya bersama Stockbit. Bahkan dengan Stockbit, Sinarmas Sekuritas yang fokus melayani investor milenial ini bisa membuat siapapun bisa berpeluang memperoleh cuan besar di pasar modal! Seperti apa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Tetap Cuan, Inilah 10 Saham Terbaik di Era New Normal

Produk dan Layanan Sinarmas Sekuritas

Sebagai perusahaan efek berkualitas, Sinarmas Sekuritas memiliki cukup banyak produk dan layanan yang disediakan. Untuk produk perdagangan pasar modal, bisa diakses secara online. Di mana kedua produk perdagangan pasar modal itu adalah Simas Equity dan Simas Mobile. Berikut ulasan singkatnya:

  • Simas Equity: Merupakan layanan jual beli saham online. Nasabah bisa memantau perkembangan saham secara aktual termasuk hingga perkembangan informasi yang mempengaruhi naik-turunnya harga saham. Tenang saja, seluruh data saham di situs resmi Sinarmas Sekuritas sudah memperoleh izin dari BEI (Bursa Efek Indonesia).
  • Simas Mobile: Seperti namanya, ini adalah aplikasi transaksi jual beli saham yang bisa dipasang pada gawai Anda. Anda bisa melakukan transaksi saham di jam perdagangan dan tentunya lebih praktis dibandingkan Simas Equity. Untuk bisa menggunakan Simas Mobile, Anda haruslah terdaftar di Sinarmas Sekuritas.

Melalui dua produk tersebut, Sinarmas Sekuritas siap untuk melayani nasabah yang hendak melakukan transaksi di pasar modal. Layanan yang pertama adalah Sinarmas Sekuritas memberikan hasil riset pasar modal secara rutin setiap hari. Lewat hasil riset ini, investor tentu akan bisa mengetahui pergerakan saham serta saran-saran yang harus dilakukan. Anda tentu bisa lebih terbantu dalam menentukan apakah bakal menjual, membeli atau diam saja.

Selain riset, Sinarmas Sekuritas juga memberikan layanan edukasi pasar modal di mana Anda bakal mengetahui potensi keuntungan sekaligus risiko kerugian dalam dunia sekuritas. Untuk transaksi saham sendiri, Sinarmas Sekuritas melayani nasabah ritel dan korporasi. Perdagangan saham juga bisa dilayani secara margin (skema pinjam meminjam). Bahkan Anda juga bisa melakukan transaksi obligasi dan Corporate Finance bersama Sinarmas Sekuritas.

Cara Daftar di Sinarmas Sekuritas

Tentunya untuk bisa menggunakan Simas Equity dan Simas Mobile serta seluruh layanan yang sudah dijabarkan, Anda harus melakukan pendaftaran di Sinarmas Sekuritas. Tenang saja, tidak sulit kok untuk bergabung sebagai nasabah dan melakukan perdagangan di pasar modal. Berikut ini tahapan yang harus Anda lewati:

tahapan daftar Sinarmas Sekuritas
tahapan daftar Sinarmas Sekuritas
  1. Buka terlebih dulu situs resmi Sinarmas Sekuritas
  2. Pilih kolom DAFTAR lalu kemudian Anda akan dialihkan ke halaman baru. Di halaman baru itu, Anda akan diberi pertanyaan apakah sudah mempunyai rekening Sinarmas Sekuritas atau tidak. Pilih yang sesuai dengan kondisi Anda, termasuk apakah mau melakukan pendaftaran online trading atau tidak. Kemudian pilih SUBMIT
  3. Anda diminta untuk memilih kantor cabang dan sales untuk proses verifikasi nanti
  4. Siapkan KTP dan NPWP milik Anda sekaligus softcopy dari kedua dokumen tersebut
  5. Isi formulir pendaftaran sesuai dengan data dan informasi yang diminta
  6. Kirimkan hardcopy dokumen yang diminta dalam proses pendaftaran ke alamat PT Sinarmas Sekuritas di Sinarmas Land Plaza Tower 3 Lantai 7, Jl MH Thamrin No 51 Jakarta 10350
formulir pendaftaran Sinarmas Sekuritas
formulir pendaftaran Sinarmas Sekuritas

Biasanya proses pendaftaran SID (Sistem Informasi Debitur) ini diproses dalam waktu maksimal 2×24 jam di hari kerja. Kalau data yang diberikan dalam formulir tidak lengkap, otomatis SID bakal ditolak. Setelah SID dan Sub Rek selesai, RDN (Rekening Dana Nasabah) akan diproses. Jika semua sudah selesai dilakukan, Anda bisa melakukan investasi di pasar modal.

Baca juga: Pengertian Dividen: Jenis, Keuntungan, Syarat, dan BUMN Dividen Terbesar

Deposit Awal dan Fee Transaksi Sinarmas Sekuritas

syarat daftar rekening efek Sinarmas Sekuritas
syarat daftar rekening efek Sinarmas Sekuritas

Sudah memperoleh 14 penghargaan di sektor finansial dengan 30 ribu lebih klien, 600 lebih emiten dan total nilai transaksi menembus Rp67 triliun, Sinarmas Sekuritas tak bisa dipungkiri adalah salah satu perusahaan efek terbaik. Bahkan untuk deposit awal, bisa dimulai dari Rp500 ribu. Namun deposit bisa di bawah itu asalkan dana yang dimiliki nasabah bisa untuk membeli 1 lot saham.

Mematok fee transaksi beli 0,15% dan fee transaksi jual 0,25%, Sinarmas Sekuritas cukup kompetitif dan amat sangat layak dipertimbangakn investor. Sementara untuk biaya market info dan administrasi, Sinarmas Sekuritas tidak mematok apapun alias gratis selamanya. Kendati menawarkan tiga bank RDN yakni Sinarmas, BCA dan CIMB Niaga, proses top up/deposit ke RDN bisa dilakukan secara mudah. Di mana Anda bisa melakukannya lewat akun bank pribadi Sinarmas Sekuritas dan kemudian nasabah harus mengirimkan konfirmasi lewat email/fax.

Mengenal Stockbit, Aplikasi Saham Milenial

Demi memberikan layanan maksimal untuk seluruh nasabah yang ada, Sinarmas Sekuritas pun menjalin kerjasama dengan Stockbit. Sekadar informasi, Stockbit adalah aplikasi komunitas saham online yang akhirnya bisa menjadi wadah perdagangan saham pula. Seperti layaknya media sosial, Stockbit mempertemukan Anda dengan para investor baik pemula atau yang sudah berpengalaman.

Karena merupakan komunitas saham online, Anda bisa membuat status, melakukan polling bahkan prediksi lewat Stockbit. Hal inilah yang akhirnya membuat Stockbit menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk investasi saham. Dengan menggunakan Stockbit, Anda yang merupakan pemula di dunia pasar modal tidak akan bermasalah karena panduan dan teknikal support dalam Stockbit sangatlah lengkap.

Lewat kerjasama yang dijalin, Anda yang membuka rekening saham Sinarmas Sekuritas di Stockbit dan melakukan deposit Rp5 juta, akan mendapat akun Stockbit Pro seumur hidup! Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang membedakan Stockbit dengan aplikasi investasi saham lainnya? Berikut beberapa fitur yang bisa dipertimbangkan:

1. Stream

contoh update status di Stockbit
contoh update status di Stockbit © mastersaham

Dalam fitur menu Stream, Anda bisa melakukan update status layaknya media sosial Facebook. Namun yang membedakan dengan media sosial adalah, update status di Stockbit memungkinkan Anda memperoleh tip dari investor lain yang dibayarkan lewat Gopay. Bagaimana caranya? Tentu Anda harus memposting sebuah analisa, yang jika nanti terbukti menguntungkan, investor yang memperoleh untung bisa memberikan tip.

Ada pilihan kategori dalam update status seperti News, Report, Ideas, Prediction, Chart dan Insider. Bukan cuma sekadar update status, And ajuga bisa melakukan komunikasi dengan investor lain lewat fitur chatting.

2. Analysis

Pada menu Analysis, Anda bisa menggunakan fitur Watchlist yang mencantumkan saham-saham milik nasabah supaya makin mudah dalam pemantauan. Bahkan ada juga shortcut buy/sell agar proses transaksi tidak ribet. Anda pun bisa melakukan kustomisasi dengan menambah sub-sub Watchlist.

Kemudian untuk Anda yang memiliki akun Stockbit Pro, ada beberapa fitur yang hanya bisa digunakan nasabah premium seperti Chartbit, Bandarmologi, Hotlist, Orderbook, Valuasi, Finansial, Key Stat, Profile dan Seasonality. Seluruh fitur itu sangat membantu dalam membaca pergerakan pasar modal dan melakukan keputusan.

Baca juga: Investasi Saham, Inilah Rahasia 8 Cara Kaya Ala Warren Buffett

3. Screener

Seperti namanya, menu Screener ini memungkinkan Anda untuk menjaring emiten sesuai dengan apa yang Anda tentukan. Lantaran ada ratusan hingga ribuan emiten di BEI, tentu bakal sulit jika harus mengecek satu persatu. Biasanya dalam memilah emiten ini, Anda harus menentukan kebutuhan berdasarkan fundamental dan teknikal.

4. Optional Feature

contoh fitur Stockbit Pro
contoh fitur Stockbit Pro © mastersaham

Dalam menu ini, ada fitur Price Alert yang lagi-lagi cuma bisa dimanfaatkan nasabah Stockbit Pto. Lewat Price Alert, Anda akan memperoleh peringatan ketika ada harga emiten yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk selalu memantau pasar modal, sudah pasti Price Alert ini sangat membantu. Dan terakhir, Stockbit juga memiliki fitur Helpdesk, di mana Anda bisa langsung chatting dengan CS atas kendala yang terjadi.

Dari informasi di atas, bisa disimpulkan kalau kerjasama Sinarmas Sekuritas dan Stockbit ini akan membuka peluang nasabah untuk memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar. Karena bersama Stockbit, Anda yang belum pernah melakukan investasi, akan memperoleh berbagai kemudahan lewat fitur-fitur yang ditawarkan. Untuk itulah tunggu apalagi? Segera bergabung di Sinarmas Sekuritas atau Stockbit, untuk bisa langsung meraup cuan di pasar modal.

Bagikan ;