Pemasaran Efektif : 15 Cara Promosi Produk Online Maupun Offline

Bisnis tidak akan jauh dari cara promosi, karena hal itulah, banyak pebisnis yang rela merogoh biaya yang cukup besar untuk mempromosikan produk yang dimilikinya. Namun, untuk Anda seorang pebisnis pemula tak perlu berkecil hati jika Anda tak bisa mempromosikan produk anda karena biaya yang besar. artikel ini akan mengulas lengkap cara promosi produk baik secara online dan offline.

Sejatinya untuk memasarkan produk tersebut tak selamanya harus mengeluarkan modal yang besar. Tetapi bisa dengan menggunakan biaya yang murah dan sesuai dengan budget yang Anda miliki. untuk Anda yang pemula bisa “memainkan” sebuah strategi promosi yang tentunya sudah banyak yang menggunakannya.

Dengan melakukan strategi promosi ini tentunya akan berharap agar target pembeli Anda bisa tertarik dan membeli produk yang Anda tawarkan. Nah untuk mewujudkan hal ini ada 15 cara promosi produk yang kami tulis untuk Anda.

Dan berikut pembahasannya!

Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

Strategi pemasaran digital yang efektif

Dalam berbisnis hal yang terpenting yang dilakukan setelah memproduksi sebuah produk adalah membuat sebuah strategi untuk pemasaran, lalu memikirikan cara promosi produk terbaik.

Keduanya penting dilakukan agar ketika Anda sudah siap mempromosikan produk yang dimiliki, konsep strategi pemasaran produk yang dibuatnya telah matang dan memperkecil kerugian yang didapat.

Karena itu, sebelum membahas tentang cara promosi produk ada hal-hal yang penting yang harus Anda lakukan dalam melakukan strategi pemasaran produk tersebut, seperti:

1. Membuat Sebuah Perencanaan

Untuk Anda yang bergerak dalam usaha kecil dan menengah sangat memerlukan sebuah perencanaan yang matang dalam mengatur strategi pemasaran produk.

Karena itu ketika Anda membuat sebuah perencanaan harus diperhatikan tentang cara promosi apa saja yang akan digunakan, merinci anggaran keperluan marketing yang dibutuhkan, dan juga memikirkan tentang team yang akan diajak untuk bekerjasama dalam mengembangkan usaha yang Anda miliki.

Baca juga : Panduan membuat rencana bisnis

2. Riset Produk

Meriset produk yang sedang digandrungi dipasaran sangatlah diperlukan. Karena hal tersebut bisa berdampak pada penentuan produk yang akan Anda jual.

Jika target pasar Anda seorang wanita berhijab maka cari tahu tentang kesenangan warna, model yang digunakan, serta keperluan jilbab itu sendiri lebih menyukai jilbab untuk keperluan sehari-hari atau untuk acara formal.

Riset produk ini berlaku juga untuk produk yang lainnya seperti makanan, fashion, alat-alat rumah tangga dan lain sebagainya.

3. Menentukan Target Market

Alat promosi apapun nantinya yang akan Anda gunakan, tetap saja akan berujung pada target market yang dibidik. Karena itu, sebelum memasarkan produk alangkah baiknya untuk menentukan terlebih dahulu target marketnya.

Cara menentukan target market ini bisa dimulai dari usia, jenis kelamin, wilayah penjualan dalam atau luar negeri, komunitas, dan lain sebagainya.

Hal ini sangat perlu untuk dilakukan agar energi yang Anda miliki tidak digunakan sia-sia ketika harus terjun mempromosikan sebuah produk.

4. Siapkan Segala Kebutuhan Branding Produk

Setelah langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan, maka langkah berikutnya adalah menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan branding produk Anda.

Hal tersebut bisa dimulai dari pembuatan logo, menentukan tagline yang menarik, menetapkan harga, dan menetapkan produk unggulan yang Anda miliki apabila Anda menjual lebih dari satu produk.

Jika Anda tak mahir membuat logo bisa gunakan jasa pembuatan logo atau bisa pula dengan menggaet rekan Anda yang memang ahli dalam hal tersebut.

Untuk menentukan tagline memang tak bisa dianggap main-main dan harus berhati-hati dalam penggunaan kata. Oleh karena itu, Anda bisa konsultasikan kepada para pengusaha senior atau kepada jasa konsultasi bisnis.

5. Buat website untuk Bisnis Anda

Memiliki website untuk para pelaku bisnis di zaman serba canggih ini sangat diperlukan dan wajib untuk dimiliki. Karena hampir 70 % penduduk di seluruh dunia mengakses sebuah informasi melalui internet.

Oleh sebab itu, memiliki website untuk para pengusaha sudah menjadi “kewajiban” agar brand produk Anda meningkat dan semua orang bisa mengakses dengan mudah.

Jika belum ada anggaran yang mencukupi, bisa pula dengan menggunakan akun sosial media atau lewat marketplace yang ada di Indonesia.

Jika anda ingin membuat website perusahaan, seperti company profile, toko online atau Anda ingin membuat blog seperti blog yang sedang Anda baca ini, Anda bisa menggunakan jasa kami di sini. Kami akan membuatkan website profesional untuk Anda.

Baca juga : 6 Tips menjual produk agar sukses dalam bisnis

Cara Promosi Produk untuk Meningkatkan Penjualan

Cara dan strategi promosi

Setelah Anda melakukan strategi pemasaran produk yang efektif, maka tahap selanjutnya adalah mempromosikan produk Anda. Agar produk Anda bisa terjual dan dikenal orang banyak, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Cara Promosi Produk dengan Menggunakan Sosial Media

Maraknya pengguna media sosial dapat dijadikan sebagai peluang bisnis untuk mencari pelanggan. Namun, untuk menggunakan media sosial ini diberikan strategi yang jitu yang biasanya target pasar yang dibidik harus pas dan sesuai dengan produk yang dipasarkan.

Karena itulah, banyak para pelaku bisnis yang berlomba-lomba memberikan ilmu yang sangat bermanfaat lewat sebuah buku, training dan sebagainya untuk mengupas bagaimana bisa untuk menemukan target pasar yang sesuai.

Maraknya pengguna media sosial dapat dijadikan sebagai peluang para pelaku bisnis untuk mencari pelanggan. Namun, untuk menggunakan media sosial ini diberikan strategi yang jitu yang biasanya target pasar yang dibidik harus pas dan sesuai dengan produk yang dipasarkan.

Karena itulah, banyak para pelaku bisnis yang berlomba-lomba memberikan ilmu yang sangat bermanfaat lewat sebuah buku, training dan sebagainya untuk mengupas bagaimana bisa untuk menemukan target pasar yang sesuai.

Banyak pelaku bisnis yang menggunakan media sosial ini dikarenakan gratis dan hanya mengandalkan kuota atau wifi. Karena itu, wajar bila pengguna sosial media saat ini cukup banyak karena ada yang mengggunakannya untuk berbisnis.

Adapun sosial media yang bisa digunakan untuk memasarkan produk adalah sebagai berikut :

  • Facebook

Selain bisa digunakan untuk berkomunikasi, seiring dengan berjalannya waktu facebook pun bisa digunakan untuk berbisnis.

Cara berbisnis lewat facebook ini bermacam-macam, ada yang melakukannya dengan cara mengupload foto produk dan menandai teman-teman yang ada di facebook. Ada pula yang mengupload sebuah foto di sebuah grup atau komunitas.

Dan yang terakhir, ada pula yang menggunakan Fb Ads agar produk yang dijual tepat sasaran dari segi wilayah ataupun orang-orang yang ditujunya. Anda bisa memulainya dari sini.

  • Instagram

Berikutnya, media sosial yang dapat membantu Anda untuk mempromosikan produk adalah Instagram. Instagram ini mulai booming di tahun 2010, seperti yang diketahui bersama instagram hadir untuk memfasilitasi para pelaku sosial media untuk mengupload foto-foto terbaiknya.

Baca juga : 10 Tips laris jualan di Instagram bagi pemula

Nah, di media sosial inilah Anda pun bisa mempromosikan produk jualan Anda dengan menggunakan hastag yang populer. Contohnya saja Anda menjual produk buku anak-anak maka bisa dicantumkan sebuah hastag populer dengan nama #bukuanakmurah atau #bukuanakdiskon.

Hastag tersebut berfungsi memudahkan pencarian orang akan produk yang ingin dicarinya. Sama  halnya dengan facebook, selain bisa dibuat untuk akun pribadi instagram bisa digunakan untuk berjualan.

Untuk di instagram ini Anda bisa menggunakan cara endorse dengan mengontak langsung para selebgram yang memiliki follower hingga ratusan ribu orang.

  • Line@

Line tidak saja berfungsi sebagai media sosial untuk chatting. Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi, line pun mengembangkan diri dengan memfasilitasi para pengguna line untuk mempermudah promosi produk lewat media sosial tersebut.

Karenanya, pada rahun 2015 Line membuat sebuah aplikasi bernama Line@ (Line at). Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk chatting, bersosial media, dan bisa juga digunakan untuk toko online.

  • BlackBerry Messenger (BBM)

Beberapa tahun yang lau BlackBerry Messenger menjadi primadona di kalangan pengguna gadget Indonesia. Banyak orang yang menggunakan BBM untuk kepentingan pribadi atau bisnisnya. Karena itu BBM dianggap sebagai sarana yang tepat untuk mempromosikan sebuah produk.

Sejak hadirnya android, pesona BBM pun mulai menurun. Namun tak perlu khawatir karena hal tersebut bisa dijadikan peluang untuk bisa memisahkan gadget untuk berbisnis maupun untuk kepentingan pribadi.

Ya, banyak diantara para pengusaha yang masih menggunakan BBM untuk memperluas jaringan berbisnisnya. Mereka menggunakan smartphone BBM untuk kepentingan bisnis dan smartphone android digunakan untuk kepentingan lainnya.

  • Twitter

Twitter ini hadir pada tahun 2006, dengan mengusung konsep microblogging twitter mampu menjadi sosial media yang diunggulkan oleh para tokoh, artis, dan juga masyarakat umum.

Pengguna twitter di Indonesia sendiri sudah lebih dari 300 juta. Artinya dalam sebulan bahkan seharinya bisa menghasilkan “kicauan” di sosial media tersebut. Indonesia sendiri masuk sebagai lima besar negara yang penduduknya banyak menggunakan sosial media berlambang burung tersebut.

Nah, dengan angka tersebut menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku bisnis untuk bisa mempromosikan produk yang dimilikinya.

Sama halnya dengan facebook, twitter ini bisa digunakan secara berbayar menggunakan twitter promosi.

  • Youtube

Youtube dikenal sebagai sosial media yang dikhususkan untuk menampilkan video baik itu film, video klip, dan belakangan ini youtube dijadikan sebagai media untuk melakukan promosi sebuah produk.

Menurut seorang ahli, salah satu media sosial yang saat ini sanagt efektif untuk mempromosikan produk adalah Youtube.

Karena dilihat dari pengguna youtube sudah mencapai hingga satu miliyar orang di seluruh dunia yang menggunakan sosial media tersebut.

Angka tersebut bisa menjadi peluang yang besar untuk Anda manfaatkan dalam hal berbisnis.

2. Terapkan Promosi Beli 1 Gratis 1

Cara promosi produk dengan membeli 1 gratis 1 sangat ampuh untuk Anda yang ingin meningkatkan penjualan produk.

Tentunya dengan harga yang lebih murah dan hemat para konsumen bisa mendapatkan barang yang banyak. Dan keuntungan untuk Anda adalah barang yang dijual pun akan cepat habis.

Biasanya untuk menerapkan promosi tersebut sam halnya dengan memberikan sebuah diskon 50 % kepada penjual. Hanya saja perbedaannya adalah akan berpengaruh terhadap persediaan produk yang Anda miliki.

Selain menerapkan promosi beli 1 gratis 1, Anda pun bisa menerapkan sebuah promo beli 2 gratis 1. Jangan lupa, promosi tersebut sudah diperhitungkan dengan sebaik mungkin agar Anda pun mendapatkan keuntungan yang sepadan.

3. Membuat Sebuah Kontes

Salah satu cara untuk bisa melejitkan produk adalah dengan membuat kontes. Kontes yang dibuat pun bermacam-macam, contohnya Anda bisa membuat sebuah kontes penulisan dimana melibatkan para blogger.

Para blogger tersebut diminta untuk menuliskan sebuah tulisan yang berkaitan dengan produk Anda. Bagi blogger yang memenuhi syarat yang Anda tentukan maka berhak untuk mendapatkan hadiah dari produk yang Anda jual.

Selain menuliskan di blognya, mintalah juag untuk mempublikasinya di sosial media yang mereka miliki. Dengan begitu, produk Anda yang tadinya belum dikenal sedikit demi sedikit akan dikenal oleh banyak orang.

4. Berikan Diskon

Cara promosi produk dengan memberikan diskon
Berikan diskon

Mendengar kata diskon tentunya siapapun akan berusaha untuk membeli produk tersebut. barang yang dibeli pun tak hanya satu tapi bisa dibeli dengan jumlah yang cukup banyak.

Diskon ini biasanya diterapkan menjelang hari raya, akhir tahun, awal tahun, atau bisa pula ketika toko tersebut sedang launching.

Nah, penerapan diskon ini bisa juga Anda pakai sebagai salah satu cara promosi produk Anda.

Loading...

Namun untuk menerapakan diskon ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada cara-cara khusus yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

  • Pembulatan Harga

Pernahkah Anda melihat sebuah harga dengan nominal yang cukup membingungkan seperti Rp 512,227?

Akan lebih baik bila harga yang dicantumkan dibulatkan dengan seharunya yaitu Rp 500,000. Hal tersebut akan memudahkan konsumen untuk menghitung total pembeliannya.

Angka pembulatan tersebut akan memberikan sebuah efek emosional yang berarti bagi para konsumen. Mereka akan mudah tertarik dan mau membeli apabila harga yang diterapkan tidak susah untuk menghitungnya.

Tetapi harga pembulatan tersebut bisa diterapkan untuk produk kebutuhan sehari-hari yang pasti orang tersebut membeli. Contohnya seperti sabun mandi, para pelaku bisnis kebutuhan sehari-hari akan menerapakan harga yang bervariasi seperi Rp 6,897

  • Diskon di Waktu yang Tepat

Penerapan diskon ini juga tidak bisa sembarangan dan harus berada pada moment yang tepat. Hal ini berfungsi agar harga diskon yang diterapkan tidak jatuh dan merugikan bisnis Anda.

Moment yang tepat bisa saja saat pergantian tahun baru, menjelang hari raya, ataupun di waktu yang memang menurut Anda sangat tepat.

  • Diskon untuk Para Segmentasi Pasar Tertentu

Pemberlakukan diskon ini bisa diterapkan untuk para segmentasi pasar tertentu. Misalnya diskon untuk para pelajar atau mahasiswa, diskon untuk para member komunitas tertentu, diskon untuk para ibu hamil dan lain sebagainya.

Cara penentuan diskon ini bisa membuat brand Anda naik karena menjangkau target pasar yang sesuai.

5. Memberikan Sampel Produk

Pernahkah Anda melihat atau menawari langsung seorang penjual yang memberikan produk sampelnya dengan cuma-Cuma?

Ya, cara tersebut merupakan salah satu cara promosi produk yang bisa mendongkrak penjualan Anda. Selain itu, bis apula menaikkan brand Anda.

Namun itu semua tak akan tercapai apabila tidak dikemas dengan menarik dan tidak tepat sasaran.

Karenanya, bila ingin target pasar tersebut tertarik untuk mendengarkan promosi Anda atau untuk mau mencobanya maka bisa dilakukan dengan cara yang lain dari biasanya.

Misalnya produk yang Anda jual adalah makanan ringan yang sedang digandrungi anak muda di kota Anda. Maka, Anda bisa menyiapkan kemasan sampel untuk para target tersebut.

Atau jika Anda membuka stand penjualan jangan lupa untuk sediakan sampel makanan agar orang mau mencoba dan saat itu juga terjadi closing penjualan.

Bila brand Anda sudah muali dikenal dan keuntungan yang didapat sudah cukup besar, maka bisa pula dengan memberikan produk sampel ke sekolah-sekolah atau instansi tertentu.

Jangan lupa pada kemasan yang dibuat, cantumkan label “sampel” agar tidak terjadi hal yang diinginkan.

Contoh di atas adalah untuk makanan, apabila Anda bergerak dalam bidang jasa seperti memberikan les bahasa atau pelajaran.

Sample yang digunakan bisa dengan memberikan les percobaan selama 3-5 hari. Setelah itu biarkan calon konsumen yang menentukan apakah akan berlanjut ataukah hanya cukup sampai degan waktu percobaan.

6. Menjadi Sponsorship

Di Indonesia ini banyak sekali acara seminar, training, talkshow dan lain sebagainya yang diadakan oleh instansi, perusahaan, sekolah, kampus, ataupun event organizer tertentu.

Biasanya para pihak penyelenggara memerlukan sponsor untuk mendukung acara yang mereka buat. Yang diperlukan dari sponsor pun beranek ragam biasanya selain dana mereka pun memerlukan produk untuk dijadikan doorprize kepada para peserta acara.

Nah, kesempatan itulah yang bisa Anda ambil untuk bisa menjadi bagian dari pendukung acara tersebut. Selain uang Anda pun bisa memberikan produk atau meminta pihak acara menyiapkan stand untuk melakukan penjualan.

Keuntungan lain yang didapat ketika menjadi sponsor adalah pihak MC yang memandu acara tersebut akan menyebutkan para sponsor yang mendukung acara tersebut. dengan begitu, brand Anda akan dikenal oleh semua orang.

7. Berikan Merchandaise Menarik untuk Pelanggan Anda

Anda tentunya pernah melihat atau mengalami sendiri bagaimana senangnya diberikan sebuah merchandaise ketika membeli suatu produk?

Ya walaupun merchandaise tersebut tidak terlalu menarik atau dibutuhkan oleh Anda tetap saja menjadi nilai plus bagi toko tersebut.

Nah, cara tersebut bisa Anda adaptasi dengan membuat sebuah merchandaise dengan jumlah terbatas. Merchandaise tersebut bisa berupa payung, kalender, mug, topi, notebook, tumbler, dan lain sebagainya yang sekiranya layak untuk dijadikan sebagai merchandaise.

Di merchandaise tersebut tentunya harus dibubuhkan sebuah logo toko Anda lengkap dengan no kontak atau website dari toko Anda.

Karena sewaktu-waktu mereka membutuhkan kembali barang Anda bisa langsung menghubungi nomor yang tertera dalam merchandaise tersebut.

Merchandaise tersebut bisa Anda berikan pada 10 atau 20 pembeli pertama. Atau bisa pula diberikan untuk orang yang membeli barang dengan jumlah yang cukup banyak.

8. Open Reseller dan Dropshipper

Para reseller dan dropshipper juga menjadi kunci yang terpenting dalam mempromosiakn produk Anda.

Karena itu berusahalah untuk terbuka dengan adanya yang menawarkan diri untuk menjadi reseller ataupun dropshipper. Mereka adalah “tangan-tangan” yang akan mempercepat penjualan produk Anda.

Untuk membuka reseller ataupun dropshipper tentunya harus diberlakukan harga khusus. Bisa dibilang keuntungan yang Anda dapat harus dibagi-bagi dengan mereka para reseller. Dan biasanya akan berdampak pada keuntungan pribadi yang menjadi sedikit.

Namun, hal tersebut jangan dijadikan masalah yang besar karena sejatinya para reseller tersebut akan membuka peluang-peluang baru yang lebih menguntungkan Anda.

Para reseller ataupun dropshipper tersebut akan memasarkan produk Anda hingga ke daerah yang belum pernah Anda jangkau sebelumnya.

9. Buat Kode Promo

Untuk Anda yang memasarkan produk lewat ecommerce, pemberian kode promo pada pelanggan ini sangat diperlukan. Dengan tujuan para pelanggan yang menggunakan kode tersebut bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Pemberian kode promo ini bisa juga dilakukan untuk pelanggan yang telah membeli lebih dari 3x ataupun memang diberikan ketika event-event tertentu.

10. Pemberian Voucher untuk Pelanggan

Pemberian voucher atau gift voucher ini bisa diterapkan sebagai salah satu cara promosi produk.

Sistem pemberian voucher pun bisa dilakukan dengan mengirimkan email kepada para pelanggan yang layak mendapatkan voucher tersebut.

Pemberian voucher dilakukan bisa karena pelanggan tersebut berulang tahun, memenangkan kuis, ataupun membeli produk dengan jumlah yang memang cukup besar.

Selain kategori di atas bisa pula karena hal lain yang memang pelanggan tersebut layak untuk mendapatkan voucher.

11. Berikan Penawaran Gratis Ongkos Kirim kepada Pelanggan Anda

Ongkos kirim, kata yang sangat akrab untuk para pelaku bisnis online. Tak heran karena ongkos kirim banyak orang yang tidak jadi membeli karena mahal dan juga bisa biayannya bisa melebih dari pembelian produk.

Karena itu, sesekali Anda bisa menerapkan sistem ongkos kirim untuk para pelanggan Anda. Dengan menerapkan sistem tersebut tak heran, mereka pun akan kembali berbelanja di tempat Anda.

Namun, untuk menerapkan ongkos kirim ini tak bisa sembarang diberlakukan harus ada strategi khusus dalam penerapannya seperti:

  • Berlakukan gartis ongkos kirim kepada pelanggan yang memang membeli produk minimal 3 buah atau yang Anda tentukan sebelumnya.
  • Jangan berikan gratis ongkos kirim bila Anda sendiri tidak mendapatkan keuntungan
  • Berikan sistem gratis ongkos kirim apabila barang yang diorder memiliki berat yang ringan dan tidak melebihi dari berat yang ditentukan
  • Sistem gratis ongkos kirim bisa diberlakukan untuk sesama wilayah. Dimana keuntungan yang Anda ambil sebagiannya bisa dijadikan “modal” untuk memberlakukan gratis ongkos kirim.
  • Jika memungkinkan, Jalin kerjasama dengan pihak perusahaan pengiriman agar Anda bisa mendapatkan harga yang murah untuk pengiriman.

12. Berlakukan Diskon untuk Profesi Tertentu

Menerapkan diskon untuk profesi tertentu sangatlah tepat, karena selain bisa tertarget produk Anda pun akan cepat dikenal.

Profesi yang ditujua biasnaya adalah profesi guru dimana para guru tersebut akan mendaptkan diskon pembelian produk Anda.

Produk yang ditawarkan boleh saja yang berhubungan dengan profesi mereka atupun tidak yang berhubungan.

Dengan begitu Anda pun sudah berkontribusi dengan memberikan yang terbaik bagi para pahlwan tanda jasa tersebut.

13. Gaet Orang Terkenal untuk Mempromosikan Produk Anda

Sistem mengaet orang terkenal ini biasanya dikenal dengan nama endorse yang biasa ditampilkan di media sosial.

Untuk mempromsosikan produk dengan cara ini memang harus memiliki akses tersendiri ketika menghubungi orang terkenal tersebut.

Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi tergantung seberapa terkenalnya mereka dan seberapa banyaknnya follower di akun media sosial mereka.

Orang-oang terkenal tersebut bisa meliputi artis, tokoh nasional, artis lokal, ataupun teman Anda yang memang cukup dikenal di dunia media sosial.

14. Minta Testimoni Pelanggan Anda

Selain menggunakan jasa orang terkenal, salah satu cara promosi produk ini bisa dilakukan dengan meminta testimoni pada pelanggan Anda.

Meminta testimoni ini bisa dilakukan via chatting lewat SMS atau WA. Kemudian tulisan testimoni tersebut bisa Anda screnshoot dan dicantumkan di sosial media.

Atau jika Anda menggunakan media sosial youtube, bisa pula dengan merekam pelanggan Anda dan dibuat sebuah video yang cukup menarik.

Dengan adanya testimoni bisa meminimalisir terjadinya ketidakpercayaan terhadap toko online yang Anda miliki.

15. Kerjasama dengan Media Komunikasi

Selain media sosial, tak ada slaahnya untuk membuat iklan di media-media komunikasi yang ada di Indonesia ataupun di wilayah Anda seperti koran lokal, majalah, ataupun radio lokal.

Tentunya harga yang dianggarkan cukup besar dan harus dibuat dengan seunik mungkin. Karena itu, perlu persiapan yang matang untuk bisa menembus media komunikasi tersebut.

Namun, jangan salah harga yang dikeluarkan tersebut akan sebanding dengan dampak yang dihasilkan. Tentu saja, brand produk Anda akan mudah dikenali dan mengundang rasa penasaran seseorang untuk membeli.

Baca juga : 37 jenis usaha rumahan dengan modal kecil

Penutup

Strategi dan cara pomosi produk bisa dilakukan dengan berbagai cara sebenarnya sangat baik. Asalkan produk yang dihasilkan pun menunjang hal tersebut.

Karena itu ketika memutuskan untuk berbisnis yang harus diperhatikan pertama kali adalah kualitas dari produk yang Anda hasilkan.

Dan ingat, jangan pernah menyerha untuk berbisnis karena selalu ada jalan yang berliku. Namun, bukan berarti tak bisa hindari semua hanya butuh waktu.

Semoga informasi mengenai 15 cara promosi produk ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait :

    5 Shares
    Loading...