10 Strategi Jitu Dalam Melakukan Promosi Usaha yang Baru Merintis

Dalam bisnis apapun, seorang pebisnis pasti melakukan promosi usaha. Promosi adalah langkah yang dilakukan untuk menjual produk agar laku dan dibeli oleh konsumen.

Sebenarnya ada banyak sekali pengertian promosi dalam dunia usaha. Tapi tujuan dari semua itu hanya satu, yaitu bagaimana agar barang dagangan atau jasa yang ditawarkan bisa laku.

Salah satu variable yang menjadi jembatan agar sebuah produk bisa laku yaitu memperkenalkan produk kepada konsumen. Dengan mengetahui adanya produk ini diharapkan konsumen mengerti manfaatnya, mengerti kelebihan produk yang ditawarkan dibandingkan dengan produk lain, sehingga konsumen tidak hanya membeli tapi juga menjadi berlangganan.

Tapi proses memperkenalkan barang hingga menjadikan konsumen loyal tidaklah mudah. Apalagi untuk bisnis atau usaha-usaha yang baru merintis. Lalu strategi apa saja yang bisa dilakukan pebisnis pemula untuk promosi? Berikut 10 Strategi Jitu untuk Melakukan Promosi Usaha yang Baru Merintis:

1. Media Sosial

Media Sosial untuk melakukan promosi usaha
Media Sosial/unsplash

Zaman sekarang sosial media merupakan tempat wajib dalam melakukan promosi usaha. Ada banyak jenis media sosial yang bisa kamu pilih. Mulai dari facebook, Instagram, twitter hingga youtube.

Tapi sebelum melakukan promosi di media sosial pastikan dulu siapa targetmu.

Memastikan target atau konsumen yang akan membeli produk kita sangatlah penting agar tidak ada usaha yang sia-sia. Contohnya: Seorang pebisnis menjual baju anak kepada seorang laki-laki yang tinggal sendiri di kota besar. Kemungkinan baju anak ini dibeli akan lebih kecil dibandingkan dengan seorang pebisnis menjual baju anak kepada seorang ibu yang baru saja melahirkan.

Ada banyak variabel yang bisa dipertimbangkan dalam menentukan konsumen. Beberapa di antaranya yaitu:

  1. Gender (Pria/Wanita)
  2. Umur (Dewasa/Anak-anak)
  3. Tempat tinggal
  4. Kebiasaan
  5. Daya beli

Dari target yang telah ditetapkan dan data-data yang sudah terkumpul, penjual selanjutnya bisa mempertimbangkan harus menggunakan media sosial yang mana.

Baca yuk, 15 Cara Promosi Produk yang Ampuh Online Maupun Offline

Biasanya jika target pembeli adalah anak muda, media sosial yang digunakan adalah Instagram. Sedangkan untuk orang dewasa atau ibu-ibu bisa menggunakan facebook. Market place seperti shopee, tokopedia, buka lapak dan sejenisnya juga bisa menjadi alternatif tempat promosi dan berdagang.

2. Membuat Website

Masyarakat sekarang terutama yang tinggal di perkotaan seperti sudah tidak dapat dipisahkan dengan internet dan smartphone. Jika ingin mengetahui atau membeli sesuatu, maka tempat pertama mencari sesuatu tersebut adalah internet atau “mbah google”.

Dalam melakukan promosi usaha di internet, website menjadi salah satu tempat yang bisa membuat toko jualanmu menjadi terpercara. Hal ini dikarenakan website dapat memuat semua informasi mengenai toko termasuk alamat, kontak dan sejenisnya.

Pembuatan website juga tidak bisa sembarangan. Butuh keahlian dan waktu untuk mengelolanya. Bahkan dibutuhkan biaya jika ingin menggunakan alamat pribadi dan meminta profesional untuk mengelolanya.

Selain terpercaya, yang paling penting websitemu bisa muncul di halaman satu google jika dikelola dengan baik. Dengan masuk halaman astu google peluang produk yang sedang kamu jual akan terjual akan lebih besar.

Contoh: Calon pembeli searching “tempat membeli baju muslim abaya” di google. Jika websitemu berada di halaman satu google makan calon pembeli akan melihatnya terlebih dahulu. Selanjutnya bagaimana dengan kualitas, harga dan model yang tersedia. Jika kamu sudah menyediakan apa yang dicari oleh pelanggan, kemungkinan produkmu dibeli akan besar.

Tapi untuk melakukan ini ada usaha yang memang harus kamu keluarkan. Sebuah website bisa berada di halaman satu google pasti membutuhkan pengelolaan yang baik. Jika kamu ingin menggunakan jasa orang lain, maka kamu bisa mencari jasa digital marketing yang mengelola website untuk mensukseskan promosi barang daganganmu.

3. Promosi Melalui Youtube

Youtube
Youtube/unsplash

Youtube menjadi salah satu media sosial yang bisa digunakan dalam melakukan promosi usaha. Konsentrasi orang yang sedang menonton dapat kamu gunakan untuk memperkenalkan produkmu. Meski tidak seperti media sosial lain yang biasanya bisa langsung menawarkan barang hingga terjadi proses jual beli, akun youtube yang memiliki banyak subscriber menjadi salah satu tempat yang baik untuk promosi pebisnis pemula.

4. Endorsement Kepada Selebgram (yang sesuai dengan target pasar)

Langkah selanjutnya dalam melakukan promosi usaha adalah endorsement. Endorsement atau endors sering diistilahkan sebagai tindakan mendukung atau mensupport sebuah produk. Langkah ini tentu akan menguntungkan si penjual karena barang dagangannya digunakan atau dimakan oleh seorang influencer

Influencer ini tentunya memiliki pendukung atau pengikut yang akan meniru pelakunya. Selain itu produk jualanpun akan semakin banyak dikenal karena dipromosikan oleh seorang influencer.

Lalu bagaimana cara meminta para influencer untuk melakukan endorse produk yang akan kita jual? simak penjelasannya berikut:

a. Pertama-tama kamu harus tau profil influenser yang ingin kamu endorse. Entah itu dari pengikut, kredinilitasnya, kecocokan dengan barang yang kamu jual, jangkauan, dll.

b. Kamu perlu membuat daftar calon influencer yang akan diminta endorse sehingga bisa membandingkan setu dengan yang lainnya. Jangan sampai sudah membayar mahal tapi target pasar yang kamu bidik tidak kena.

c. Kamu bisa membuka beberapa profil pengikut si influencer untuk mengenali apakah followernya memang cocok untuk barang daganganmu.

d. Cek di bio apakah ada nomor kontak yang bisa dihubungi entah itu nomor hp atau email.

e. Jika sudah menemukan kontaknya tanyakan dengan sopan dan profesional untuk melakukan kerjasama.

Catatan: untuk harga endorse biasanya tergantung dari rating. Untuk selebgram pemula harganya mungkin masih terjangkau tapi followernya masih sedikit dan belum tau loyal apa tidaknya.

Baca juga, Panduan membuat rencana bisnis

Untuk selebgram terkenal biasanya harga sudah meningkat karena jangkauannya pun sudah meningkat dan pengikut lumayan loyal. Yang ketiga adalah artis, untuk mengendorse seorang artis kamu harus menyiapkan budget yang lumayan karena mereka memiliki banyak follower yang loyal.

5. Membuat Giveaway

Give Away untuk melakukan promosi usaha
Give Away/unsplash

Give away merupakan salah satu cara melakukan promosi usaha melalui media sosial yang bisa mendatangkan banyak calon pembeli. Selain itu, beberapa strategi juga akan membuat media sosialmu menjadi ramai pengikut.

Contoh promosi menggunakan give away yang sering dilakukan adalah sebagai berikut:

Gratis satu set baju muslim abaya untuk 5 orang pemenang dengan syarat follow akun Instagram @bajumuslimabaya, komen “MAU” di foto produk baju muslim abaya sebanyak-banyaknya, tag 3 orang temanmu. Pemenang yang beruntung akan kami umumkan satu minggu sejak give away ini diumumkan.

Dengan program give away tersebut, akun media sosial usahamu akan semakin banyak yang memfollow dan komen sehingga lebih hidup. Produk yang kamu jual akan semakin banyak yang mengenalnya.

6. Bergabung dalam komunitas pebisnis

Ada banyak komunitas pebisnis yang dapat kamu ikuti mulai dari yang gratis hingga berbayar ratusan juta. Dengan bergabung dalam grup tersebut setidaknya kamu akan mendapat ilmu mengenai cara melakukan promosi usaha. Asal pintar-pintar memilih dan sabar dalam prosesnya, ada banyak komunitas yang sangat membantu dan cocok dengan bisnis yang akan kamu jalankan.

Selain itu komunitas ini juga akan memperbanyak koneksimu dengan berbagai pebisnis lainnya. Mulai dari yang tinggal satu kota hingga beda negara. Siapa tahu kamu menemukan distributor yang menawarkan harga lebih murah sehingga bisa mendapatkan untung yang lebih maksimal.

7. Diskon dan penawaran menarik

Discount
Discount/unsplash

Untuk bisnis-bisnis yang baru saja dibuka, melakukan promosi usaha menggunakan cara diskon dan penawaran menarik merupakan salah satu yang ampuh. Pasalnya belum ada banyak orang yang mengenal produk yang akan dijual. Untuk posisi tersebut, promo diskon atau penawaran menarik seperti beli 2 gratis 1 akan sangat menggiurkan.

Masa-masa ini kamu harus memperhatikan kualitas produk yang disebar. Jika memang produkmu berkualitas dan dibutuhkan, maka para konsumen pasti akan membeli lagi jika memang dibutuhkan walaupun harganya sudah kembali normal.

Contoh diskon yang bisa kamu lakukan:

  • Diskon 50%
  • Diskon 50%+75%
  • Diskon 50% untuk minimal pembelian Rp.300.000,-
  • Diskon 30% untuk pembelian 3 item berbeda

Kamu bisa menggunakan macam diskon di atas sesuai dengan yang kebutuhan. Jangan lupa rencanakan dengan matang terlebih dahulu untuk menerapkan penawaran terbaik ini.

8. Menjadi Sponsor acara tertentu

Untuk memperkenalkan sebuah produk, menjadi sponsor acara tertentu adalah salah satu cara yang ampuh. Melakukan promosi usaha dengan memperkenalkan produk pada acara-acara tertentu akan memudahkan calon konsumen mengingat produk tersebut.

Contoh: Kamu menjual sebuah produk minuman penyegar. Maka acara-acara olahraga menjadi tempat yang tepat untuk mempromosikan barang daganganmu. Orang-orang yang kelelahan setelah melakukan pertandingan olahraga akan ingat rasa minuman penyegarmu yang memang benar-benar menyegarkan tersebut.

9. Membuat Spanduk Atau Brosur Menarik

spanduk untuk melakukan promosi usaha
spanduk/unsplash

Melakukan promosi usaha secara online memang sedang banyak dilakukan oleh para pebisnis. Tapi jangan pernah lupa dengan promosi offline untuk calon pembeli yang terjangkau dari toko jualan kita.

Dengan adanya spanduk dan brosur yang menarik kamu bisa menggaet orang-orang terdekat seperti teman, tetangga dan saudara. Apalagi jika kamu baru saja merintis usaha dari nol. Cara ini menjadi salah satu andalan untuk memperkenalkan barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen.

10. Strategi promosi dari mulut ke mulut

Strategi promosi dari mulut ke mulut merupakan salah satu cara melakukan promosi usaha yang sudah dilakukan sejak dulu kala. Strategi ini serupa dengan promosi media sosial yang follow akun Instagram, tag 3 orang yang belum follow dan komen mau.

Bedanya, untuk tag dan follow dapat dilakukan di media sosial. Sedangkan promosi dari mulut ke mulut dilakukan secara langsung. Kamu bisa memanfaatkan brosur yang telah disediakan sebelumnya.

Baca juga, Kumpulan Kata-kata Promosi Agar Pembeli Datang

Kamu bisa membuat challenge menyebarkan 10 brosuk akan diskon 5%, atau bisa membuat promo belanja Bersama teman-teman mendapatkan diskon sekian persen. Dan beberapa ide kreatif lainnya dapat dicoba agar produkmu diperbincangkan dari mulut ke mulut.

Penutup

itulah 10 strategi jitu dalam melakukan promosi usaha yang baru merintis. Langkah-langkah promosi ini memang perlu dilakukan sebagai usaha agar bisnis berjalan lancar. Tapi hal lain yang harus diperhatikan adalah produk yang dijual.

Perhatikan kualitas, kebutuhan dan daya beli masyarakat. Jika produk tersebut dibutuhkan, secara harga terjangkau oleh pasar dan kualitasnya baik, maka otomatis produk yang dijual akan dicari atau bahkan dibeli berulang kali karena pembeli ingin berlangganan.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar