Tabel Pinjaman Bank Mandiri Dan Jenisnya Tahun 2021

Pinjaman menjadi salah satu solusi dari masalah keterbatasan modal. Apakah itu modal untuk usaha, kredit dan renovasi rumah, ataupun untuk kebutuhan lainnya. Apalagi sejak pandemi, banyak usaha yang gulung tikar, terkena PHK, atau mengalami pemotongan gaji. Di sisi lain kita semua harus berpikir agar bagaimana roda kehidupan bisa tetap berjalan.

Nah, dalam hal program pinjaman Bank Mandiri merupakan salah satu bank besar milik BUMN yang memiliki berbagai program pinjaman. Jenis pinjamannya juga ada macam-macam, tergantung kebutuhan dan tujuan peminjaman. Mulai dari KUR, KPR, KSM dan beberapa jenis pinjaman lainnya. Anda tinggal memilih jenis pinjaman mana yang cocok dan mempelajari syarat-syaratnya.

Iklan

Jika Anda tertarik dengan program pinjaman Bank Mandiri, berikut adalah jenis-jenis pinjaman yang di sediakan oleh Bank Mandiri selengkapnya. Tak lupa kami sertakan juga tabel pinjaman Bank Mandiri untuk membantu memahami simulasi angsuran yang terbaru tahun 2021.

1. Pinjaman Bank Mandiri Untuk Korporasi

Jenis pinjaman Mandiri yang pertama adalah pinjaman yang di peruntukan bagi perusahaan/ korporasi. Secara umum pinjaman Mandiri untuk korporasi di bagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu kredit modal kerja dan krediit investasi. Apa itu kredit modal kerja dan kredit investasi? Lebih detailnya bisa Anda simak melalui penjelasan di bawah ini!

Kredit Modal Kerja

Kredit Modal kerja merupakan pinjaman yang bersifat jangka pendek untuk membiayai modal kerja dalam suatu usaha misalnya biaya inventory, piutang, dan lainnya. Kenapa di sebut sebagai pinjaman jangka pendek?

Yuk baca juga, Tata Cara Daftar Internet Banking Mandiri (Lengkap!).

Hal ini karena kredit modal kerja hanya memiliki batas tenor maksimal 1 (satu) tahun saja. Kemudian jika berbicara mengenai jaminan, perlu Anda tahu bahwa jaminan utama dari kredit ini adalah usaha yang di biayai ataupun jaminan lain yang di persyaratkan sesuai ketentuan Bank Mandiri.

Syarat-syarat

Untuk mengajukan kredit modal kerja di Bank Mandiri Anda beberapa dokumen yang harus Anda siapkan :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu keluarga (KK)
  • Akte Pendirian Perusahaan
  • NPWP
  • SIUP, SITU, TDP atau SKDU (Legalitas perusahaan)

Kredit Investasi

Jenis kredit untuk korporasi yang kedua adalah kredit investasi. Kredit investasi adalah jenis ini termasuk dalam pembiayaan yang bersifat jangka menenngah dan jangka panjang. Pinjaman ini bertujuan untuk membantu membiayai untuk perluasan proyek, refinancing usaha dll. Bentuknya bisa dalam mata uang rupiah maupun valuta asing.

Sementara itu sumber dana untuk melunasi pinjaman ini berasal ddari hasil usaha dengan barang-barang modal yang dibiayai. Besaran angsuran akan di sesuaikan dengan persentase pembiayaan biasanya maksimal 65% dan pembiayaan sendiri minimal 35%.

Syarat-syarat untuk mengajukan kredit investasi hampir sama dengan kredit modal kerja yang telah di sebutkan diatas. Hanya saja Anda juga harus membuat proposal proyek.

2. Pinjaman Mandiri Untuk UMKM

Jenis pinjaman dari Bank Mandiri selanjutnya adalah pinjaman untuk UMKM. Pinjaman ini terdiri dari 2 (dua) kategori, yakni KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan KUM (Kredit Usaha Mikro). Untuk lebih jelasnya coba simak penjelasan berikut!

Kredit Usaha Rakyat

Adalah program pembiayaan pemerintah untuk mendorong produktifitas usaha masyarakat dari kalangan UMKM. Bank Mandiri ini adalah salah satu bank yang di tunjuk untuk menyalurkannya.

KUR juga di bagi menjadi beberapa kategori lagi yakni KUR Mikro, KUR Ritel, KUR Penempatan TKI dan juga ada KUR Khusus. Mengenai penjelasan masing-masing jenis KUR Mandiri, sudah di bahas pada artikel sebelumnya.

Sebagai gambaran mengenai tenor, Anda bisa meminjam KUR dengan rentang jangka waktu minimal 1 tahun (12 bulan) dan maksimal selama 3 tahun (36 bulan). Nah, syarat-syarat untuk mengajukan KUR di Bank Mandiri kurang lebih seperti ini :

Syarat-syarat KUR Mikro & Ritel

  • Dokumen fotocopy KTP suami istri dan fc Kartu Keluarga (usia saat kredit lunas berusia maksimal 60 tahun)
  • Dokumen fc Surat Nikah dari pihak yang berwenang
  • Pas photo suami istri (ukuran 4×6)
  • NPWP, surat surat izin usaha atau keterangan usaha seperti SIUP, SKDU dll
  • Jaminan BPKB, atau sertifikat tanah dan bangunan dll
  • Bukti bahwa Anda memiliki usaha produktif yang layak dan minimal sudah berjalan 6 bulan lamanya
  • Tidak masuk daftar hitam negara (Peernah melakukan penarikan cek kosong dll)
  • Tidak sedang menerima kredit baik itu : KUR dari Bank Mandiri (penyalur yang sama), kredit kepemilikan rumah, kendaraan bermotor, ataupun kartu kredit
  • Jika masih memiliki kredit-kredit tersebut maka Anda perlu menyertakan surat keterangan lunas

Secara umum, syarat pengajuan KUR Penempatan TKI masih sama namun ada beberapa syarat yang berlaku khusus untuk jenis KUR ini seperti : minimal berusia 18 tahun (untuk calon TKI), memiliki surat ijin bekerja di luar negeri dari wali (suami/ istri/ orang tua/ wali lain) memiliki surat kontrak kerja setidaknya minimal 2 tahun.

Berikut adalah tabel pinjaman KUR Bank Mandiri!

Iklan
Sumber gambar : ruangbisnis.co.id

Kredit Usaha Mikro

Jenis pinjaman untuk UMKM yang lainnya di Bank Mandiri adalah Kredit Usaha Mikro (KUM). Pinjaman bisa digunakan baik untuk modal kerja ataupun investasi yang bisa mempercepat pengembangan usaha para pelaku UMKM.

Dengan KUM Anda bisa meminjam dengan limit maksimal Rp 200 juta dalam jangka waktu (tenor) maksimal 5 tahun.

Syarat-syarat Umum KUM

  • WNI dan berdomisili di Indonesia
  • Memiliki usaha yang telah berdiri minimal selama 2 tahun (di lokasi dan bidang yang sama).
  • Minimal berusia 21 tahun (atau sudah menikah) dan maksimal 60 tahun saat pelunasan pinjaman.
  • Belum pernah mendapatkan kredit atau sedang mendapatkan kredit dengan bukti kredit lancar

Syarat Dokumen KUM

  • Fc KTP debitur & pasangan
  • Fc Kartu Keluarga (KK) debitur
  • Fc Surat Nikah atau surat cerai
  • Fc NPWP
  • Surat Ijin Usaha
  • Fc buku Mandiri Tabungan atau atas nama Calon Debitur

Untuk Anda yang tertarik dengan pinjamam KUM, bisa melihat tabel pinjaman di salah satu daerah di bawah ini!

Tabel pinjaman Mandiri

3. Kredit Serbaguna Mandiri

Sekarang kita beralih ke pinjaman non usaha atau perseorangan yang di sediakan oleh Bank Mandiri. Jenis pinjaman pertama yakni kredit serbaguna Mandiri (Mandiri KSM).

Mandiri KSM di tujukan bagi Anda yang memiliki penghasilan tetap atau profesi tetap, pensiunan ataupun market lain. Seperti namanya, jenis pembiayaan ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan misalnya biaya pendidikan, pernikahan, kesehatan dll.

Limit maksimal yang bisa diberikan dari program Mandiri KSM ini cukup besar yakni hingga Rp 1 milyar dengan jangka waktu (tenor) maksimal sampai 15 tahun. Jika Anda tertarik melakukan pinjaman Mandiri KSM, berikut syarat pengajuannya!

Syarat-syarat Mandiri KSM

  • WNI dan berdomisili di Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun atau maksimal usia pensiun saat kredit lunas.
  • Minimal masa kerja 1 tahun (untuk pegawai tetap)
  • Minimum penghasilan 3 juta/bulan

Simulasi pinjaman Mandiri KSM bisa di lihat dari tabel angsurannya di bawah!

Sumber gambar : idekredit.com

4. Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Ingin mulai KPR rumah? Bank Mandiri juga punya program KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Walaupun namanya KPR, tapi Anda tetap bisa mengajukan kredit untuk membeli rumah tinggal, apartemen, ruko atau rukan melalui developer ataupun tidak.

Kredit Kepemilikan Rumah

Besaran kredit yang di acc nantinya tergantung dari berbagai aspek seperti penghasilan, harga rumah, dll namun tenor maksimal dari KPR Mandiri adalah 20 tahun.

Baca artikel lainya yuk, Cara Pengajuan KTA Bank Mandiri, Tabel, Angsuran Terbaru.

Ada beberapa fitur KPR Mandiri yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, diantaranya :

  • Mandiri KPR Take Over : Jenis pembiayaan KPR untuk mengambil alih KPR dari Bank lain.
  • Mandiri KPR Top Up : Jenis pembiayaan berupa penambahan limit kredit untuk mandiri KPR yang sudah berjalan minimal satu tahun dengan catatan kredit lancar minimal selama 6 bulan
  • Mandiri KPR Flexible : Pembiayaan KPR untuk membeli rumah, apartemen, ruko atau rukan yang angsurannya di lakukan dengan cara di cicil secara flexible
  • Mandiri KPR Angsuran Berjenjang : Pembiayaan KPR yang bertujuan untuk mempermudah karyawan dalam memiliki hunian dengan penundaan pembayaran pada sebagian angsuran pokoknya sampai dengan tahun ketiga.

Syarat KPR Mandiri

  • WNI dan berdomisili di Indonesia
  • Minimal berusia 21 tahun, dan pada masa kredit berakhir untuk Anda yang berprofesi sebagai pegawai usia maksimal nya 55 tahun (pegawai) dan 60 tahun untuk profesional/wiraswasta
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap yang masa kerjanya bagi pegawai minimal sudah 1 (satu) tahun atau 2 (dua) tahun untuk profesional/wiraswasta
  • Menyiapkan dokumen-dokumen yang harus di penuhi sesuai profesi (bisa di lihat langsung di website resmi Bank Mandiri)

Jika Anda berminat melakukan KPR melalui Bank Mandiri jangan lupa untuk menyiapkan biaya-biaya seperti biaya provisi, administrasi, premi asuransi (jiwa dan kerugian), pengikatan aggunan, taksasi agunan, notaris dan juga biaya balik nama.

5. KPR Mandiri Multiguna

Jenis pembiayaan lain yang di tawarkan Bank Mandiri adalah KPR Multiguna Mandiri. Apa bedanya dengan KPR Mandiri yang sudah di jelaskan di atas?

Pinjaman KPR Mandiri Multiguna adalah kredit untuk perorangan yang jaminannnya berupa properti. Kredit ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, inilah mengapa namanya KPR Mandiri Multiguna. Jangka waktu (tenor) untuk jenis pinjaman ini adalah maksimal selama 10 tahun. Untuk syarat pengajuan dan biaya-biaya yang perlu di siapkan kurang lebih hampir sama dengan KPR Mandiri.

Syarat KPR Mandiri Multiguna

  • WNI dan berdomisili di Indonesia
  • Minimal berusia 21 tahun, dan pada masa kredit berakhir untuk Anda yang berprofesi sebagai pegawai usia maksimal nya 55 tahun (pegawai) dan 60 tahun untuk profesional/wiraswasta
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap yang masa kerjanya bagi pegawai minimal sudah 1 (satu) tahun atau 2 (dua) tahun untuk profesional/wiraswasta
  • Menyiapkan dokumen-dokumen yang harus di penuhi sesuai profesi (bisa di lihat langsung di website resmi Bank Mandiri)
  • Iklan

6. Kepemilikan Kendaraan Bermotor Mandiri

Nah, kalau yang KKB Mandiri adalah jenis pembiayaan untuk perseorangan ataupun badan usaha yang hendak melakukan pembelian kendaraan bermotor seperti mobil ataupun motor. Untuk mengajukan KBB Mandiri Anda bis amengikuti langkah berikut :

  • Datang ke cabang Bank Mandiri terdekat dan mengisi formulir pengajuan mandiri Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)
  • Serahkan dokumen pada petugas Bank Mandiri
  • Tunggu proses pengajuan Kredit Kendaraan Bermotor. Nantinya pengajuan Anda akan di proses oleh mandiri Tunas Finance (MTF) atau mandiri Utama Finance (MUF)

Jika Anda tertarik melakukan kredit kendaraan bermotor melalui bank Mandiri (KKB Mandiri)

Sumber gambar : www.mtf.co.id

Penutup

Itulah beberapa jenis kredit yang di sediakan oleh Bank Mandiri. Anda bisa memilih pinjaman Bank Mandiri yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa perhatikan syarat dan tenor, pertimbangkan kemampuan Anda dalam mengangsur sehingga tidak sampai mengganggu arus kas bulanan Anda.

Yulinda Nurlisdiana: Hai, saya Yulinda Nurlisdiana, penulis di folderbisnis

This website uses cookies.