Mengenal Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri (Tabel Pinjaman, Cara Dan Syaratnya 2021)

Sedang mencari tahu tentang tabel pinjaman KUR Bank Mandiri? Anda sudah berada di tempat yang tepat, karena pada artikel kali ini kita akan membahasnya secara tuntas bahkan jika Anda belum begitu paham soal program KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang ada di Bank Mandiri. Kita akan memperjelas tentang apa yang di maksud dengan KUR Mandiri, tabel pinjaman cara dan juga syarat KUR terbaru khususnya di Bank Mandiri.

Perlu Anda ketahui, bahwa ada banyak sekali bank yang di tunjuk pemerintah untuk menjadi penyalur KUR. Bank Mandiri adalah salah satunya. Jadi jika setelah mempelajari program KUR Mandiri Anda merasa kurang sreg, maka Anda bisa mencari tahu Daftar KUR dari bank lain dan membandingkannya. Hanya saja sekarang kita akan fokus membahas KUR yang di salurkan oleh Bank Mandiri saja.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan program KUR, yuk ikuti penjelasannya sampai akhir!

Mengenal Apa itu Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri

Apa itu Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri
Apa itu Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri

Seperti yang kita tahu, dalam rangka meningkatkan produktifitas usaha masyarakat Indonesia khususnya UMKM, pemerintah memiliki program bernama KUR (Kredit Usaha Rakyat). Sehingga pastinya setiap tahun pemerintah selalu membuat anggaran untuk program ini.

Secara umum, untuk mengikuti program ini pelaku UMKM bisa mendaftar melalui mitra yang di tunjuk pemerintah, dalam hal ini adalah Bank Mandiri. Bagi Anda yang punya hambatan keuangan seperti modal tambahan padahal di sisi lain Anda melihat potensi pengembangan dari usaha Anda, maka peluang mengajukan KUR terbuka lebar.

Setiap program pinjaman pastinya memiliki tenor atau batas waktu peminjaman begitu juga KUR. Sayangnya jangka waktu pinjaman KUR di Bank Mandiri tidak terlalu lama yakni minimal 1 tahun (12 bulan) dan maksimal 3 tahun (36 bulan).

Sementara untuk prosedur pengembalian dana KUR bisa di angsur (kredit) sesuai ketentuan yang berlaku. Mengenai ketentuannya akan kita bahas nanti.

Yuk Baca juga, 10 Pinjaman Modal Usaha Terbaik (Bunga dan Syaratnya).

Jenis-jenis KUR yang Ada di Bank Mandiri

Ternyata program KUR di Bank Mandiri ada beberapa macam. Masing-masing jenis punya ketentuan besaran maksimal pinjaman dan wkatu tenornya. Anda bisa mengambil jenis KUR yang sesuai dengan konteks UMKM Anda masing-masing. Lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan di bawah ini!

1. KUR Mikro Mandiri

Pertama ada jenis KUR Mikro. Dari segi jumlah pinjaman, program ini nampaknya di tujukan untuk Program ini menawarkan pinjaman KUR sampai dengan Rp 25 juta/ debitur (maksimal). Sementara itu jangka waktu/ tenor yang di berikan untuk jenis KUR Mikro Mandiri ini adalah maksimal selama 2 tahun.

2. KUR Ritel Mandiri

Jenis KUR Mandiri yang kedua adalah KUR Ritel. Berbeda dengan KUR Mikro, program KUR Ritel bisa memberikan limit kredit di atas Rp 25 juta hingga maksimal sebesar Rp 200 juta/debitur. Jangka waktu/tenornya pun lebih panjang bisa sampai 3 tahun (maksimal) untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.

3. KUR Penempatan TKI Mandiri

Sesuai dengan namanya, jenis KUR Penempatan TKI di peruntukan untuk masyarakat yang berprofesi menjadi TKI. Jumlah limit kredit jenis KUR ini adalah Rp 25 juta/debitur. Namun jangka wkatu pinjamannya bisa di sesuaikan dengan masa kontrak kerja atau maksimal 12 bulan.

4. KUR Khusus

Nah untuk Anda yang punya usaha yang di miliki secara berkelompok, Anda mungkin bisa mengajukan KUR Khusus. Sejauh ini, program KUR khusus adalah jenis KUR yang memiliki limit pinjaman terbesar di Bank Mandiri. Dengan program ini Anda bisa mengajukan KUR sampai dengan Rp 500 juta.

Tenor KUR Mandiri

Untuk mempermudah Anda memahami tenor KUR Mandiri berikut kami rangkum tenor KUR Mandiri dan juga limit pinjamannya dalam sebuah tabel!

NoJenis KUR MandiriTenor (Jangka Waktu)Limit Pinjaman (Rp)
1KUR Mikro MandiriMaksimal 2 tahun (24 bulan)< Rp 25 juta
2KUR Ritel MandiriMaksimal 3 tahun (36 bulan)
untuk kredit modal kerja
dan 5 tahun (60 bulan)
untuk kredit investasi
Rp 25 juta – Rp 200 juta
3KUR Penempatan TKI MandiriSesuai masa kontrak kerja/
Maksimal 1 tahun (12 bulan)
< Rp 25 juta
4KUR KhususMaksimal 3 tahun (36 bulan)
untuk kredit modal kerja
dan 5 tahun (60 bulan)
untuk kredit investasi
Rp 25 juta – Rp 500 juta

Tabel Pinjaman KUR Mandiri

Sebagai informasi tambahan, jika ingin mengajukan program KUR di Bank Mandiri, minimal pinjaman yang Anda ajukan adalah sebesar Rp 10.000.000. Nah, seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, ada beberapa jenis KUR Mandiri dengan limit dan juga ketentuan tenornya masing-masing. Lalu bagaimana dengan bunganya?

Jika Anda tertarik mengajukan KUR melalui Bank Mandiir, informasi tentang bunga tentunya sangat penting untuk Anda ketahui. KUR Bank Mandiri untuk jenis apapun memiliki ketentuan bunga flat sebesar 6% pa atau 0,2 % perbulannya. Namun bunga setiap pengajuan KUR juga bergantung berapa lama jangka waktu peminjamannya. Sebaiknya Anda memperhatikan betul tentang hal ini dan memilih jenis KUR serta tenor yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Informasi selengkapnya mengenai bunga dan tenor KUR Mandiri terbaru (tahun 2021) bisa Anda lihat melalui tabel pinjaman KUR Mandiri di bawah ini!

tabel kur mandiri terbaru 2021
Tabel Pinjaman KUR Mandiri

Cara Mengajukan Kredit Usaha Rakyat di Bank Mandiri

Sebelum membicarakan tentang cara mengajukan KUR di Bank Mandiri, sebenarnya ada 2 pola pengajuan KUR yang bisa di lakukan. Misalnya saja dengan pola excuting atau pola channeling. Apa maksudnya?

  • Pola Excuting adalah peminjaman KUR dimana Bank Mandiri akan memberikan pinjaman kepada mitra usaha (lembaga Linkage). Lalu barulah mitra usaha tersebut yang meneruskannya kepada Anda sebagai nasabah (end user). Di sini berarti mitra usahalah yang akan tercatat sebagai debitor bank Mandiri dan pinjaman yang di lakukan kepada nasabah (end user) di catat sebagai eksposur pembiayaan perusahaan mitra usaha tersebut. Dalam hal ini jumlah KUR yang diberikan oleh bank Mandiri biasanya maksimal sebesar Rp 2 Milyar/ lembaga Linkage dan untuk pinjaman per nasabahnya maksimal Rp 100 juta/ nasabah (end user).
  • Pola Channeling agak berbeda dengan pola excuting. Ini karena alurnya tidak melibatkan mitra usaha (lembaga linkage) dalam menyalurkan KUR secara langsung. Lembaga linkage nantinya memang mengajukan KUR kepada Bank Mandiri yang akan di cek berdasarkan daftar nominatif end user yang limit pinjamannya adalah sebesar Rp 500 juta/ end user.

Nah sedangkan untuk cara mengajukan KUR Mandiri Anda secara detail, Anda bisa coba melakukan langkah-langkah berikut ini!

1. Siapkan Dokumen dan Syarat Pengajuan KUR Bank Mandiri

Sebagai calon debitur Anda menyiapkan dokumen syarat pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Apa saja dokumen dan persyaratan lainyang di butuhkan? Nanti akan di bahas pada poin selanjutnya.

2. Datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri Terdekat

Cari tahu dimana kantor cabang Bank Mandiri terdekat dari rumah Anda. Jika Anda sudah mengetahui lokasinya Anda bisa membawa syarat dokumen dan mengunjungi kantor cabang di jam dan hari kerja. Ketika sampai, beritahukan pada satpam/petugas bahwa Anda ingin mengajukan KUR di Bank Mandiri. Petugas akan mengarahkan Anda dan memberikan nomor antrian.

3. Isilah Formulir Pengajuan KUR

Ketika nomor antrian Anda di panggil, maka itu artinya giliran Anda untuk mengkonsultasikan pengajuan KUR pada cs. Nantinya pihak Bank Mandiri akan memberikan formulir pengajuan KUR. Setelah memberikan dokumen yang di minta, isilah dengan jelas dan menggunakan data yang benar adanya. Jika sudah selesai, serahkan form tersebut kepada petugas untuk di proses.

4. Tunggu Survey Petugas Ke Rumah Anda

Sampai pada tahap 3, Anda sudah dinyatakan sebagai calon debitur KUR dan boleh pulang. Nantinya petugas Bank Mandiri akan melakukan survey ke rumah Anda. Hal ini adalah langkah yang harus di lakukan sebelum memberikan keputusan bahwa pengajuan KUR di terima ataukah di tolak.

5. Tunggu Keputusan Pengajuan KUR

Jika petugas dari Bank Mandiri sudah melakukan survey, Anda tinggal menunggu keputusan pengajuan KUR Anda di terima/ di tolak. Petugas dari Bank Mandiri akan menghubungi Anda pada jam dan hari kerja.

Syarat KUR di Bank Mandiri

Jika Anda ingin mengajukan KUR di Mandiri, tentunya Anda harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Ada baiknya Anda membaca dan memperhatikan syarat-syaratnya, sehingga bisa melakukan persiapan sebelumnya agar pengajuan KUR Anda bisa di terima dan berjalan lancar. Untuk Anda yang belum tahu syarat mengajukan KUR di Bank Mandiri coba perhatikan list di bawah ini!

Syarat Administrasi & Dokumen

  • Menyerahkan fotocopy KTP suami & istri
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy Surat Nikah dari pihak yang berwenang
  • Menyiapkan pas photo suami istri (ukuran 4×6)
  • NPWP
  • Melampirkan surat surat izin usaha atau keterangan usaha
  • Jaminan berupa aset seperti BPKB, tanah dan bangunan

Syarat Umum & Track Record Keuangan

  • Minimal berusia 21 tahun (atau sudah menikah) dan saat kredit lunas berusia maksimal 60 tahun
  • Memiliki usaha produktif dan dinyatakan layak (minimal sudah berjalan selama 6 bulan)
  • Tidak masuk dalam daftar hitam negara. Misalnya melakukan penarikan cek atau bilyet giro yang kosong.
  • Pastikan Anda tidak sedang menerima kredit baik itu : KUR dari penyalur yang sama (Mandiri), kepemilikan rumah, kredit/leasing kendaraan bermotor, dan juga kartu kredit
  • Jika Anda memiliki kredit-kredit tersebut maka diperlukan Surat Keterangan Lunas dengan melampirkan rekening Koran dari Bank.

Syarat Pengajuan KUR Penempatan TKI

Secara umum, syarat pengajuan KUR Penempatan TKI masih sama namun ada beberapa syarat yang berlaku khusus untuk jenis KUR ini. Apa saja itu?

  • Calon TKI minimal berusia 18 tahun
  • Menyerahkan surat ijin dari suami/ istri/ orang tua atau wali untuk bekerja di luar negeri.
  • Memiliki perjanjian kerja/ kontrak kerja minimal 2 (dua) tahun (Baik itu bagi TKI yang ditempatkan oleh PPTKIS/ PJTKI, Pemerintah, ataupun bekerja secara perseorangan)

Anda juga bisa membaca, Panduan KUR BRI Terbaru, Bunga, Syaratnya dan Tabel Angsuran.

Penutup

Semoga informasi mengenai pinjaman KUR di Bank Mandiri di atas bisa memberikan pencerahan untuk Anda yang tertarik mengajukan KUR. Anda bisa mencermati kembali mengenai jenis KUR Mandiri dan tabel pinjamannya supaya lebih yakin. Namun jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait KUR di Bank Mandiri, Anda bisa menghubungi call center Bank Mandiri melalui telepon di 14000 ataupun email : [email protected]

Bagikan ;

Tinggalkan komentar