4 Tabungan Digital Terbaik Tawarkan Banyak Keunggulan

Kemajuan teknologi digital membuat perubahan besar di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Termasuk juga pada cara yang kita butuhkan untuk menabung dimana perbankan akhirnya perlu melakukan inovasi yakni dengan menciptakan tabungan digital yang saat ini sudah mulai banyak di gunakan.

Secara umum perbedaan konsep tabungan digital dan konvensional adalah pada proses pendaftarannya dan juga cara menabung serta cara bertransaksinya yang lekat dengan smartphone dan internet.

Jika tabungan konvensional mengharuskan calon nasabah datang langsung ke bank untuk melakukan pendaftaran, maka pendaftaran tabungan digital bisa di lakukan secara online. Kemudian cara menabung dan bertransaksi yang menggunakan teknologi digital seperti aplikasi mobile.

Biasanya tabungan digital tidak menyediakan buku tabungan melainkan aplikasi bahkan ada juga tabungan digital yang cukup menggunakan smartphone saja untuk tarik tunai walaupun adapula yang tetap menyediakan buku tabungan dan kartu atm fisik.

Umumnya cara mendaftar sebagai nasabah tabungan digital cukup mudah tinggal download aplikasinya di app store dan ikuti langkah pendaftaran yang ada di dalam aplikasi tabungan digital tersebut seperti mengisi data, foto selfie, memasukan dokumen identitas (seperti ktp, npwp dsb). Selain itu calon nasabah juga harus melakukan verifikasi data. Setiap bank digital berbeda-beda dalam metode verifikasi, ada yang di pandu untuk melakukan videocall dengan CS, melakukan fingeridentity dll.

Baca juga : 7 Tabungan Anak Terbaik yang Bisa Anda Percaya

Untuk Anda yang sedang mempertimbangkan membuka rekening digital, mungkin Anda bisa memilih dari 4 daftar tabungan digital yang menawarkan berbagai kelebihan di bawah ini!

1. Jenius

Tabungan digital terbaik jenius dari bank BTPN

Jenius adalah tabungan digital yang di buat oleh Bank BTPN dan telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan sudah di jamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Dapat di bilang bahwa Jenius merupakan generasi awal pencetus tabungan digital di Indonesia sebelum akhirnya bank-bank lain berbondong-bondong mengeluarkan produk tabungan digitalnya.

Baca juga : 7 Jenis Tabungan Terbaik Bagi Milenial

Terdapat 3 fitur unggulan yang Jenius tawarkan yakni :

  • Maxi Server
    Yakni deposito berjangka dengan bunga yang cukup besar di banding bank konvensional, yakni mulai dari 5% p.a hingga 6.25% p.a. Deposito bisa di buka, di atur dan kita cairkan sendiri melalui aplikasi Jenius dengan minimum nilai pokok Rp. 10.000.000 dan jangka waktu 1 s/d 12 bulan.

    Uniknya dari fitur Maxi Server ini adalah deposito yang belum jatuh tempo tetap bisa di cairkan dan tidak dikenakan biaya penalti, tetapi Anda tidak akan mendapatkan bunga dari deposito tersebut. Bagaimana, apakah Anda tertarik?
  • Dream Saver
    Yaitu tabungan otomatis yang membantu Anda menabung dengan tujuan spesfik misalnya untuk travelling, membeli gadget baru, dp rumah, membeli mobil dll. Dengan fitur Dream Saver ini Anda bisa mendapatkan bungan sebesar 5% p.a.

    Anda bebas menentukan target jumlah yang ingin di tabungan, besaran setoran otomatis dan jangka waktu pencapaiannya. Dream Saver juga bisa di tarik kapanpun tanpa dikenalkan biaya penalti.
  • Flexi Saver
    Adalah tabungan yang bersifat fleksibel, artinya tidak terikat waktu untuk bisa setor ataupun di tarik kapanpun sesuai kebutuhan Anda. Tidak Ada saldo minimum untuk menabung di Flexi Server. Untuk mengisi saldo Jenius bisa melalui 4 cara yakni setor dengan mesin TCR Jenius yang ada di menara BTP dan Mall Kasablanka, setor melalui Jenius Live terdekat, setor melalui teller bank BTP, dan transfer melalui bank lain.

Ternyata di Jenius bebas biaya tarik tunai serta transfer antar bank masing-masing hingga 25 kali per bulan untuk 2 bulan awal, lalu selanjutnya 15 kali gratis dengan minimal saldo sebelumnya Rp.1.000.000 dan 25 kali gratis jika saldo di atas Rp.10.000.000. Selain itu bebas biaya administrasi, biaya pembukaan dan penutupan rekening, saldo awal, saldo minimum, dan biaya pembuatan kartu.

Berbicara tentang keuangan yang berduet dengan teknologi digital, tentu saja kita tetap perlu berhati-hati mengenai keamanannya. Soal keamanan, selain sudah terdaftar di OJK dan LPS, Jenius juga menyediakan metode otentikasi 2 tingkat (PIN & Password), sidik jari dan keamanan kartu (bisa blokir kartu Debit Jenius yang hilang). Cukup ketat ya!

Bagi anda yang ingin membuka rekening di BTPN dan mendapatkan kartu jenius anda bisa membaca panduan lengkapnya disini.

2. PermataMobile X

Tabungan digital PermataMobile X

PermataMobile X diluncurkan oleh Permata Bank dan masih termasuk generasi awal tabungan digital di Indonesia. Aplikasinya langsung bisa Anda download di appstore. Melalui PermataMobile X ini, Permata Bank menawarkan fitur-fitur menarik yang agak berbeda dengan Jenius seperti :

  • Permata Store
    Anda bisa memiliki semua produk Permata Bank mulai dari Tabungan, Giro, Deposito, Reksa Dana, Obligasi, SBN, Kartu Kredit, Pinjaman online, hingga KPR hanya dengan menggunakan aplikasi PermataMobile X.
  • Easy Access
    PermataMobile X menawarkan pengalaman menyenangkan dengan kemudahan akses ke semua akun PermataMobile X Anda dengan :
    – Fitur keamanan super simple yakni face ID dan fingerprint
    – Picking, dimana kita bisa melihat langsung jumlah saldo yang kita miliki
    – Dan Account holding yakni summary/ringkasan akun PermataMobile X
  • Savings & Current Account
    Anda bisa melakukan mutasi transaksi sampai dengan 12 bulan di semua jenis akun, mulai dari Giro, Tabungan, Deposito, Reksa Dana, Obligasi, Kartu Kredit, KTA, KPR. Anda juga bisa melakukan transfer dengan cepat melalui 3 pilihan transfer, yakni dengan account number, mobile number, menu favorite
  • Investment
    Melalui aplikasi PermataMobile X, Anda juga bisa berinvestasi reksa dana online dengan mudah. Mulai dari pembelian, penjualan dan switching transaksi bisa dilakukan. Oh ya, Anda juga bisa berinvestasi dengan membeli SBN (Surat Berharg Negara) disini.
  • Credit Card & Loan
    Anda bisa mengajukan cicilan (SimplePay), dana tunai (Cash on Call) sampai dengan pengajuan kenaikan limit sementara atau penambahan kartu kredit Anda hanya lewat aplikasi.

Hampir sama dengan Jenius, PermataMobile X juga memberlakukan bebas biaya tarik tunai serta transfer antar bank dengan minimal saldo sebelumnya Rp.1.000.000. Selain itu bebas biaya administrasi, biaya pembukaan dan penutupan rekening, saldo awal, saldo minimum, biaya transfer, dan biaya pembuatan kartu. 

Untuk menjaga keamanan akun Anda, PermataMobile X menawarkan fitur keamanan akun dengan cara yang praktis yakni dengan fitur face ID & fingerprint. Jadi tidak sembarang orang bisa mengakses aplikasi PermataMobile X Anda tapi Anda sendir jadi lebih mudah mengaksesnya bukan?

3. Digibank

Tabungan digital dari Digibank

Tabungan digital lainnya yang termasuk generasi awal adalah Digibank dari Bank DBS. Bank DBS sendiri merupakan bank asli singapura yang membuka cabang di Indonesia. Digibank juga banyak bekerja sama dengan berbagai platform digital sehingga nasabah baru bisa mendaptkan promo-promo mearik untuk pmbukaan rekening di Digibank. Jadi sebelum Anda membuka rekening DIgibank, sebaiknya Anda mengecek promo-promo apa saja yang masih tersedia untuk mendapatkan kode promonya dan di gunakan saat mendaftar.

Selain itu Digibank juga menawarkan keunggulan lewat fitur-fitur yang tidak kalah menarik dalam aplikasi. Berikut adalah fitur-fitur yang di sediakan Digibank untuk para nasabahnya :

  • Produk Digibank
    Seperti tabungan digital lainnya, Digibank juga menawarkan beberapa produknya seperti tabungan, kartu kedit, investasi, pinjaman, dan transfer valas. Perlu diketahui bahwa bunga deposito di Digibank juga cukup besar yakni hingga 6,25% p.a sehingga mungkin DIgibank bisa jadi alternatif pilihan bagi Anda untuk menaruh uang dalam bentuk Deposito.
  • Bayar Beli
    Nah, untuk Anda yang memiliki kebutuhan untuk melakukan transaksi online saat ini bisa langsung mengklik menu yang ada dalam Digibank. Mulai dari top up e-wallet, bayar tagihan bulanan sampai membeli e-voucher bisa di lakukan dalam satu aplikasi saja. Mudah kan?
  • Virtual Assistant
    Digibank juga menyediakan fitur virtual assistent yang membantu Anda dalam tanya jawab seputar digibank, melakukan transfer atau transaksi dan juga mengecek saldo. Caranya tinggal chat saja digibot yang ada dalam aplikasi tanya tentang digibank, cek saldo dan suruh da mentransfer atau melakukan transaksi.
  • Soft Token
    Untuk melakukan semua transaksi, Digibank menawarkan kemudahan dengan satu password.
  • Spending Tracker
    Lewat aplikasi digibank memiliki fitur spending tracker untuk membantu Anda memantau pengeluaran Anda sendiri sehingga Anda bisa mengelola keuangan lebih baik.
  • Pembukaan Rekening Dengan Sidik Jari
    Inilah keunggulan dari pembukaan tabungan digital ala Digibank, karena Anda bisa membuka rekening dan menggunakan berbagai produk Digibank tanpa harus pergi ke bank. Cukup dengan e-ktp dan sidik jari saja.
  • Atur Kartu Kredit
    Berbagai pilihan jenis kartu kredit bisa Anda ajukan lewat aplikasi. Selain itu Anda juga bisa melakukan cek transaksi yang di lakukan sebelumnya.

Kartu debit akan Anda dapatkan langsung dikirim ke alamat rumah Anda tanpa harus mengunjungi bank. Mengenai fitur keamanannya sendiri, Digibank menyediakan password dan Anda juga bisa mengaktifkan fingerprint jika Anda ingin menggunakan fitur keamanan yang lebih simple.

4. BCA Mobile

tabungan digital BCA Mobile

Seperti namanya, BCA Mobile adalah tabungan digital yang berasal dari Bank BCA, yakni salah satu Bank terbesar di Indonesia. Untuk membuka rekening online BCA Mobile caranya cukup mudah yakni dengan mendaftar lewat aplikasi dan melakukan videocall dengan cs tanpa perlu ke bank. Anda hanya perlu ke Bank untuk mengambil kartu debitnya.

Fitur-fitur unggulan BCA Mobil antara lain :

  • M-Info & M-Transfer
    Anda bisa mengetahui jumlah saldo dan melakukan transfer dengan cepat dan mudah menggunakan menu favorite yakni daftar rekening atau nomor pembayaran yang Anda simpan.
  • M-Payment & M-Commerce
    Dengan M-Payment Anda bisa membayar berbagai tagihan seperti kartu kredit, pulsa, telepon,bpjs, listrik, PDAM dll. Jadi semakin mudah untuk bayar ini itu!
  • Cardless
    TIdak khawatir lagi kalau kartu debit ketinggalan, karena aplikasi BCA Mobile menyediakan fitur Cardless, dimana Anda tetap bisa tarik tunai tanpa kartu debit kapanpun di mesin ATM BCA.
  • QR
    Menerima dan mengirim transfer semakin mudah dengan fitur kode QR. Anda bisa melakukan transfer dalam hitungan detik.
  • BCA Keyboard
    Anda bisa bisa chating sambil transaksi di waktu bersamaan dengan mengaktifkan BCA Keyboard di BCA mobile. Jadi untuk Anda yang super sibuk dan ingin mengefesienkan waktu yang Anda miliki, BCA Mobile bisa jadi solusinya.

Untuk fitur keamanannya, BCA Mobile masih menggunakan password dan PIN saja. Tetapi, hampir sama dengan Digibank, BCA Mobile juga menawarkan berbagai promo menarik untuk calon nasabah yang ingin membuka rekening online melalui aplikasi BCA Mobile.

Baca juga : 7 Deposito Syariah Terbaik di Indonesia yang Bisa Anda Coba!

Itulah 4 tabungan digital ala milenial dengan keunggulannya masing-masing. Dimana Anda akan membuka tabungan digital Anda sendiri?

Apa itu tabungan digital?

Secara prinsip dan aturan tabungan digital dan konvensional sama. Bedanya pada proses pendaftarannya dan juga cara menabung serta cara bertransaksinya yang lekat dengan smartphone dan internet.

4 Tabungan digital pilihan?

Versi folderbisnis ; Jenius BTPN, PermataMobile X, Digibank, BCA Mobile

Bagikan ;