5 Tabungan Pendidikan Anak Terbaik Pada Tahun 2021

Setiap orangtua tentu ingin buah hatinya memperoleh hal-hal terbaik dalam hidup, termasuk urusan pendidikan. Hal inilah yang membuat tabungan pendidikan anak termasuk salah satu produk perbankan paling populer saat ini.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang tidak menentuk, semua orang harus semakin bijak mengelola keuangan. Ada pos-pos keuangan yang tetap menjadi prioritas seperti kebutuhan makan/minum, tempat tinggal, kesehatan dan tentunya pendidikan.

Melalui tabungan pendidikan anak, setiap orangtua diajak untuk lebih tenang dan sistematis dalam mengelola finansial, demi masa depan buah hati. Karena melihat bagaimana anak bisa menyelesaikan jenjang pendidikan SD, SMP, SMA hingga kuliah di institusi berkualitas, tentu sebuah kebanggaan.

Baca juga: Cara Menjadi Agen JET Express : Syarat, Biaya dan Keuntungan

Kenapa Harus Bikin Tabungan Pendidikan Anak?

alasan bikin tabungan pendidikan anak
alasan bikin tabungan pendidikan anak © FSCB

Kendati masih banyak instrumen investasi yang lebih menjanjikan, faktanya produk tabungan pendidikan anak tetap jadi favorit orangtua di Indonesia. Produk perbankan ini dianggap sebagai solusi orangtua dalam mempersiapkan biaya sekolah anak.

Namun lepas dari itu, tabungan pendidikan anak sejatinya memiliki banyak sekali keunggulan yang selain berfungsi sebagai persiapan dana pendidikan buah hati, juga bikin tenang. Seperti apa alasan-alasan yang membuat orangtua zaman now wajib mempertimbangkan memilih produk tabungan untuk pendidikan anak? Berikut beberapa di antaranya:

  • Biaya pendidikan dari tahun ke tahun bukannya makin terjangkau, tapi makin mahal. Bahkan menurut BPS (Badan Pusat Statistik), inflasi pendidikan di Indonesia mencapai 3,81% dengan peningkatan rata-rata uang pangkal mencapai 10-15% per tahun. Fakta ini membuat orangtua harus melakukan persiapan noaua setiap jenjang sekolah mulai dari perlengkapan sekolah, akomodasi, uang saku dan uang ekstrakurikuler
  • Untuk ikut serta dalam membuka tabungan pendidikan anak sangat mudah dan anti ribet. Anda tinggal datang ke bank, menghubungi CS (Customer Service), membuka rekening tabungan pendidikan untuk anak dan menyetorkan uang
  • Proses menabung di tabungan pendidikan buah hati bisa dilakukan secara online bahkan memanfaatkan fitur auto-debet sehingga Anda tak perlu khawatir lupa bayar setoran
  • Dengan adanya produk tabungan pendidikan ini, setiap orangtua bisa mengajarkan pentingnya menabung bagi buah hati. Orangtua pun jadi lebih disiplin dalam mengelola finansial dan tentunya lebih tenang saat usia anak makin beranjak dewasa

Lewat keempat alasan itulah, tabungan pendidikan bagi anak masihlah menjadi salah satu produk unggulan perbankan. Tak heran kalau banyak instansi bank baik nasional atau swasta yang menawarkan produk tersebut untuk orangtua di Tanah Air.

Baca juga: KKB BRI, Kredit Kendaraan dengan Bunga Kompetitif

Kriteria Pilih Tabungan Pendidikan Untuk Buah Hati

kriteria bikin tabungan pendidikan anak
kriteria bikin tabungan pendidikan anak © everybuckcounts

Dengan makin meningkatnya literasi keuangan orang Indonesia, persiapan tabungan untuk pendidikan anak di masa depan adalah keharusan. Untuk memenuhi kebutuhan itu, perbankan saling berlomba menawarkan produk tabungan pendidikan buah hati, yang tentunya memiliki keuntungan dan kekurangannya sendiri.

Sebelum membahas lima produk tabungan pendidikan bagi anak yang terbaik, berikut beberapa kriteria yang harus Anda pelajari sebagai pertimbangan dalam menentukan produk tabungan yang berguna bagi masa depan pendidikan anak”

1. Pertimbangan Bunga Tabungan

Setiap saat hendak membuka tabungan, apapun jenisnya, pastikan Anda mengetahui bunga tabungan yang diatawarkan. Bahkan bunga pada tabungan pendidikan akan sangat mempengaruhi tujuan keuangan Anda, karena bakal menjadi dana yang dikumpulkan untuk pendidikan buah hati saa makin beranjak dewasa.

Usahakan tidak memilih tabungan pendidikan yang menawarkan bunga terlalu kecil, karena tidak akan mampu memenuhi biaya pendidikan yang terus naik tiap tahun. Namun ketahuilah ada bank yang menawarkan bunga tetap ada pula mengambang, sehingga tingkat bunga bisa berubah karena beberapa faktor.

2. Keberadaan Asuransi Jiwa

Sebagai orangtua, ada baiknya memilih produk tabungan pendidikan yang memberikan fasilitas perlindungan jiwa. Proteksi jiwa ini sangat berguna ketika pihak yang membuka tabungan pendidikan meninggal dunia, maka dana tabungan tetap aman dan bisa dipakai ahli waris atau anak. Namun cari tahu soal besaran premi untuk fasilitas ini, termasuk berapa jumlah pertanggungan.

3. Tata Cara Penarikan Dana

Ketika mengawali kontrak tabungan pendidikan, diatur pula mengenai tata cara penarikan dana. Anda harus memahami betul aturan ini, supaya tahu bagaimana jika ingin mencairkan dana untuk membayar pendidikan buah hati. Setiap bank jelas punya aturan berbeda soal ini. Ada yang baru bisa mencairkan dana pendidikan saat jatuh tempo beberapa tahun kemudian, ada yang membolehkan dana ditarik kapanpun, tapi nasabah bakal bayar denda.

4. Perihal Setoran Bulanan

Ketahuilah kemampuan finansial Anda sebagai kepala keluarga, pastikan dana yang disisihkan untuk tabungan pendidikan buah hati tak akan mempengaruhi keuangan rumah tangga. Yang harus Anda ingat, makin besar nominal setoran tabungan, tentu makin cepat pula dana pendidikan terkumpul sehingga anak bisa memasuki SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi lebih tenang.

Baca juga: Fitur-Fitur iBank BCA KlikBCA Internet Banking yang Cocok untuk #DiRumahAja

Lima Tabungan Pendidikan Anak Terbaik di 2020 yang Layak Dipilih

Nah, jika sudah paham alasan dan kriteria yang tepat dalam memilih tabungan pendidikan, maka berikut ini akan kami bahas tabungan-tabungan pendidikan untuk anak yang terbaik. Ditawarkan oleh bank-bank populer, sudah pasti produk-produk ini akan sangat berkualitas dan memberikan profit maksimal supaya pendidikan anak tidak terbengkalai.

1. BNI Tabungan Perencanaan Masa Depan (Tapenas)

BNI Tabungan Perencanaan Masa Depan
BNI Tabungan Perencanaan Masa Depan © Ameltami

BNI Tapenas pada dasarnya adalah produk tabungan berjangka dari BNI untuk membantu nasabah melakukan perencanaan keuangan, termasuk pendidikan anak. Yang cukup menarik, BNI Tapenas juga memberikan perlindungan asuransi secara gratis. Besaran manfaat pertanggungan asuransi mencapai satu setengah hingga enam miliar Rupiah!

Nasabah bahkan bisa menentukan sendiri besaran setoran rutin mulai Rp100 ribu – Rp5 juta setiap bulannya. Nanti akan ada fitur auto-debet yang berhubungan dengan rekening sumber dana, dimana akan langsung menarik uang setoran otomatis tiap awal bulan. Anda bisa menarik dana dari BNI Tapenas sebelum jatuh tempo, tapi dibebankan biaya 1% dari saldo akhir.

Syarat, Bunga dan Biaya BNI Tapenas:

  • WNI berusia 17-65 tahun
  • Mempunyai kartu identitas yang masih aktif baik KTP/SIM/paspor
  • Memiliki rekening di bank BNI lalu mengisi formulir aplikasi BNI Tapenas
  • Perhitungan bunga 4% per tahun
  • Biaya administrasi Rp18 ribu per tahun
  • Biaya penutupan rekening sebesar 1% dari total saldo akhir (minimal Rp100 ribu)

2. Tabungan Rencana Mandiri

Tabungan Rencana Mandiri
Tabungan Rencana Mandiri © rivaekaputra

Sebagai bank nasional dengan total aset terbesar, Mandiri menawarkan produk tabungan pendidikan anak lewat Tabungan Rencana Mandiri. Meskipun difungsikan sebagai pendidikan, nasabah bisa mencairkan dana sewaktu-waktu asalkan sudah melewati masa setahun, dengan penarikan dana maksimal sebesar 30% dari total tabungan.

Setoran bulanan untuk Tabungan Rencana Mandiri mulai dari Rp100 ribu dengan jangka waktu menabung selama 1-20 tahun. Perlindungan asuransi diberikan cuma-cuma senilai Rp5 juta per bulan melalui PT Axa Mandiri Financial Services. Nasabah bisa melakukan perubahan setoran rutin bulanan sehingga sangat fleksibel.

Syarat, Bunga dan Biaya Tabungan Rencana Mandiri:

  • WNI dengan usia 18-70 tahun saat Tabungan Rencana Mandiri jatuh tempo
  • Wajib mempunyai rekening di bank Mandiri seklaigus mengisi formulir aplikasi pembukaan Tabungan Rencana Mandiri
  • Gratis biaya administrasi
  • Bunga kisaran 2,5% – 3,25% per tahun
  • Terdapat biaya penutupan rekening Tabungan Rencana Mandiri sebesar Rp150 ribu

Baca juga: Promosikan Kost dan Apartemen Anda dengan 6 Aplikasi Terbaik Ini!

3. Tabungan BTN Siap

kartu debit ATM BTN
kartu debit ATM BTN © JPNN

Dikenalkan pada tahun 2017, Tabungan BTN Siap adalah produk perbankan dari BTN yang bisa difungsikan untuk persiapan biaya pendidikan buah hati. Selain perlindungan asuransi jiwa bebas premi, Tabungan BTN Siap juga memberikan perlindungan asuransi tambahan berupa santunan duka lantaran kecelakaan, hingga perlindungan penyakit-penyakit tropis.

Untuk setoran rutin bulanan, Tabungan BTN Siap menetapkan mulai dari Rp100 ribu dengan masa simpanan mulai satu hingga lima belas tahun. Meskipun tanpa buku tabungan, nasabah Tabungan BTN Siap memperoleh detail transaksi lewat e-statement yang dikirim bulanan lewat email.

Syarat, Bunga dan Biaya Tabungan BTN Siap:

  • WNI berusia 17-65 tahun
  • Wajib memiliki rekening di bank BTN
  • Perhitungan bunga sebesar 3% per tahun
  • Terdapat biaya penarikan sebesar 1% dari total saldo akhir (minimal Rp100 ribu)
  • Gratis biaya administrasi

4. Tahapan Berjangka BCA

Tahapan Berjangka BCA
Tahapan Berjangka BCA © Cermati

Membahas tabungan pendidikan anak, tak mungkin kalau melupakan BCA. Sebagai bank swasta terbesar di Indonesia, Tahapan Berjangka BCA bisa dipilih untuk perencanaan keuangan demi pendidikan buah hati di masa depan.

Tahapan Berjangka BCA mempunyai jangka waktu menabung minimal 12 bulan dengan maksimal 240 bulan alias 20 tahun. Selama tabungan berjalan, nasabah tidak bisa menarik dana yang ada. Untuk setoran bulanan minimal Rp500 ribu, dengan setiap nasabah akan memperoleh perlindungan asuransi jiwa yang memiliki pertanggungan maksimal Rp1,5 miliar.

Syarat, Bunga dan Biaya Tahapan Berjangka BCA:

  • WNI berusia 12-60 tahun
  • Mempunyai rekening BCA dan wajib mengisi aplikasi pembukaan Tahapan Berjangka BCA
  • Bunga yang ditawarkan sebesar 2,75% hingga 3,75% per tahun (suku bunga floating)
  • Gratis biaya administrasi
  • Jika ingin menutup rekening sebelum jatuh tempo, akan dibebankan denda 1% dari saldo akhir

5. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga

Tabungan Pendidikan CIMB Niaga
Tabungan Pendidikan CIMB Niaga © Cermati

Menawarkan besaran bunga lebih besar dari BNI Tapenas, CIMB Niaga juga mempunyai produk tabungan pendidikan anak lewat Tabungan Pendidikan CIMB Niaga. Untuk perlindungan jiwa, ada asuransi gratis dari PT Sun Life Financial Indonesia dengan jaminan mencapai Rp160 juta.

Yang menarik dari Tabungan Pendidikan CIMB Niaga adalah nasabah bebas menentukan jadwal jatuh tempo, meskipun jangka waktu penyimpanan tabungan antara tiga hingga sepuluh tahun. Sementara untuk setoran rutin tabungan mulai Rp100 ribu per bulan.

Baca juga: Panduan Lengkap Daftar dan Aktivasi Akun Jenius Secara Mudah (Disertai Gambar)!

Syarat, Bunga dan Biaya Tabungan Pendidikan CIMB Niaga:

  • WNI dengan usia minimal 18 tahun
  • Memiliki rekening bank di CIMB Niaga dan mengisi formulir pembukaan rekening Tabungan Pendidikan CIMB Niaga
  • Menyerahkan fotokopi KTP asli yang masih aktif
  • Perhitungan bunga 4,85% per tahun
  • Biaya administrasi sebesar Rp50 ribu per bulan yang mulai ditarik pada bulan ketiga sejak rekening aktif
  • Pencairan sebelum jatuh tempo diberi denda 2% dari total pencairan (minimal Rp50 ribu)

Kesimpulan

Dari kelima produk tabungan pendidikan anak yang dibahas di atas, tentunya semuanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih salah satu di antaranya yang paling sesuai dengan kebutuhan. Asalkan sudah memenuhi kriteria tabungan pendidikan yang dicari dan sesuai alasan yang Anda miliki, langsung saja buka tabungan pendidikan bagi buah hati, supaya mereka bisa memperoleh hak pendidikan terbaik sampai dewasa kelak.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar