8 Tanda yang Membuktikan Kalau Anda adalah Seorang Pengusaha Sukses

Perekonomian Indonesia yang semakin maju dan sejahtera rupanya memicu kehadiran para enterpreneur alias pengusaha. Tak harus punya latar belakang sekolah tinggi di jurusan ekonomi, siapapun yang memiliki tekad dan semangat luar biasa, bisa melangkahkan kakinya dengan penuh percaya diri sebagai seorang pengusaha sukses. Mendengarkan kisah para pengusaha sukses tentu membuat siapapun terpesona.

Baca juga: Inilah 7 Kesalahan Menulis Deskripsi Produk Saat Jualan Online

Bagaimana orang-orang yang harus melewati segala kesulitan dan perjuangan begitu beratnya, mereka akhirnya mampu menggapai kesuksesan. Sudah pasti seorang pengusaha yang berhasil akan diliputi dengan kekuatan finansial yang begitu mumpuni. Siapa sih yang tak ingin sukses? Memiliki harta melimpah bahkan di usia muda? Tentu semua orang termasuk Anda pasti ingin mendapatkannya.

Untuk bisa menggapai kesuksesan sebagai seorang pengusaha tentu diperlukan semangat juang yang begitu tinggi. Namun tahukah Anda kalau ada beberapa hal yang menjadi tanda jika seseorang bisa menjadi pengusaha sukses? Seperti apakah itu? Berikut ulasannya dan jika salah satu dari tanda ini ada dalam diri Anda, maka teruslah semangat dan gapai kesuksesan sesegera mungkin!

Inilah 8 Tanda yang Membuktikan Jika Anda Pengusaha Sukses!

1. Tetap Bangkit Meski Sering Gagal

Tanda-tanda pengusaha sukses (1)

Kegagalan adalah sebuah ketakutan utama seseorang yang mau jadi pengusaha. Tentu tak ada yang mau kehilangan tabungan hasil jerih payah sendiri hanya karena bisnis yang dikembangkan gagal bukan? Tak heran kalau banyak orang menjadi depresi hingga gangguan mental karena bangkrut mendadak. Namun bagi mereka yang punya bakat jadi pengusaha handal, kegagalan bukanlah akhir segalanya.

Pengusaha-pengusaha besar baik yang populer di tingkat global atau di Indonesia, adalah orang-orang yang mampu bangkit kembali setelah berulang kali gagal. Kegagalan dan rencana yang tidak berjalan sesuai harapan bukanlah penghalang atas impian mereka. Bahkan setiap kali gagal dan kehilangan banyak hal, mereka bisa bangkit dan kembali ulet, sampai akhirnya mampu menempatkan nama mereka di daftar bergengsi, orang-orang terkaya.

2. Tidak Mudah Puas dan Mencari Tantangan

Tanda-tanda pengusaha sukses (2)

Seorang pengusaha sukses tentu memahami betul bahwa keberhasilan tak akan tercipta dalam satu malam. Hal inilah yang membuat mereka selalu memacu diri menghadapi berbagai tantangan dan bahkan bersedia menunda kepuasan. Kesabaran adalah hal yang mutlak jika memang Anda ingin fokus memperluas bisnis dan memiliki masa depan yang lebih baik.

Rasa ingin tahu dalam mencari tantangan di benak pengusaha handal berbeda dengan rasa kepo yang dialami orang-orang. Rasa ingin tahu mereka berdasarkan pada pertanyaan yang logis dan mencari solusi masuk akal. Bagi mereka tantangan adalah sebuah tahapan baru untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih luas. Karena hal inilah, bisnis yang dijalankan bakal bisa berkembang pesat dari waktu ke waktu.

3. Meski Diremehkan Tetap Percaya Diri

Tanda-tanda pengusaha sukses (4)

Saat Anda tengah mengawali bisnis dan memiliki mimpi yang begitu tinggi, tentu akan ada suara-suara minor yang meremehkan hal itu. Apalagi jika Anda terbentur modal uang, suara sumbang kalau Anda tak bisa sukses bakal makin terdengar. Harus apakah jika dalam kondisi begitu? Merasa malu, tertekan dan akhirnya kehilangan semangat? Jangan! Karena itu bukan tanda pengusaha sukses.

Bob Sadino, Chairul Tanjung adalah contoh orang-orang sukses dan kaya raya yang pernah mengalami diremehkan selama membangun karir bisnisnya. Memang butuh kepercayaan diri yang tinggi untuk membungkam pendapat negatif supaya Anda tetap fokus pada tujuan. Namun tetap, percaya diri tidak boleh membuat Anda sesumbar sehingga tak bersedia menerima kritikan dan nasihat membangun dari siapapun. Karena kesombongan justru akan membuat bisnis Anda bisa hancur entah cepat atau lambat.

4. Bersemangat Kejar Tujuan Hidup

Tanda-tanda pengusaha sukses (3)

Jika memang ingin memperoleh kesuksesan, maka Anda harus punya tujuan dan itulah yang menjadi tanda seseorang layak disebut sebagai calon pebisnis handal. Tujuan ini bukan hanya sekadar mimpi belaka, tapi mereka bahkan mereka memiliki rencana yang wajib dipatuhi dengan disiplin. Tidak seperti orang-orang yang mungkin hanya berkhayal, calon pengusaha sukses lebih fokus meminimalkan gairah untuk tujuan-tujuan hidup yang penting.

Karena sudah fokus, mereka pun tidak masalah ketika harus beradaptasi atas segala perubahan. Misalkan saja, tren kuliner saat ini adalah berbagai hal viral di internet, para pengusaha sukses akan bisa menciptakan produk unggulan dengan memanfaatkan tren yang tengah ramai dibicarakan. Karena memang semua hal ini mereka lakukan demi mengejar tujuan hidup yang sudah ditentukan.

5. Rasional Saat Ambil Keputusan

Bicara dengan seorang pengusaha, tentu bicara secara rasional. Mereka tidak akan bersedia menerima jawaban ‘mungkin’ atau bahkan ‘tidak bisa’. Bagi mereka semua hal memiliki sebab akibat yang memicunya. Misalkan saja ketika omzet tidak sesuai harapan tengah terjadi. Alih-alih menyalahkan kondisi atau bahkan menuding pihak lain berbuat di luar nalar, mereka justru menilai itu karena produk yang ditawarkan tidak sesuai standar pasar. Sehingga karena selalu berpikir logis, keputusan yang dihasilkan pun sangat rasional.

Baca juga: Belajar Bisnis dari Kylie Jenner, Miliarder Termuda di Dunia

6. Risiko Ada untuk Dihadapi

Tanda-tanda pengusaha sukses (6)

Yang namanya dunia bisnis, tentu ada berbagai risiko. Hal inilah yang kerap membuat orang-orang enggan keluar dari zona nyamannya karena ogah menghadapi risiko. Beberapa risiko yang kerap dijadikan alasan adalah rugi besar hingga kehilangan modal sampai harus menghadapi persaingan dengan pemilik bisnis yang lebih senior. Namun jika Anda adalah calon pengusaha sukses, tentu tahu bahwa risiko itu ada untuk dihadapi.

Mereka yang sudah memiliki bakat alam sebagai enterpreneur, tentu paham bahwa menjadi seorang pengusaha adalah risiko besar. Tidak hanya modal, tenaga dan waktu tentu harus direlakan demi sebuah tujuan. Keberanian mengambil risiko adalah sebuah ciri penting seseorang bisa menjadi pengusaha sukses. Dengan mental yang sudah teruji begitu, Anda sudah siap jadi pemimpin yang tangguh dan pebisnis handal.

7. Cerdas dan Punya Ide Inovatif

Tanda-tanda pengusaha sukses (5)

Inilah tanda-tanda yang semakin membuktikan seseorang memang berbakat menjadi pengusaha besar yakni berpikiran cerdas. Mereka bahkan memiliki ide-ide inovatif yang sangat unik dan susah ditebak. Karena hal inilah, seorang pengusaha sukses mampu membedakan dirinya dengan pedagang pada umumnya. Ide yang begitu unik jelas tak akan dimiliki orang lain sehingga produk bisnis yang ditawarkan bakal berbeda dan menarik perhatian.

8. Skill Komunikasi yang Bagus

Kesuksesan seseorang tentu tak bisa diperoleh hanya dari satu individu saja. Seorang calon pengusaha handal jelas paham akan hal ini sehingga penting bagi mereka untuk membangun komunikasi. Mencari relasi-relasi bisnis yang menguntungkan pun kerap dilakukan demi tujuan bisnis. Dengan kemampuan berkomunikasi yang bagus, Anda tentu bisa membentuk kepribadian yang menyenangkan.

Baca juga: 8 Kesalahan yang Terjadi Saat Bisnis Franchise, Jangan Sampai Dilakukan

Bagaimana? Sungguh istimewa sekali kan tanda-tanda pengusaha sukses itu? Tak perlu berkecil hati jika beberapa hal di atas masih belum terbentuk dalam kepribadian Anda. Anda bisa mencoba menerapkannya satu-persatu karena dapat membuat diri Anda makin berkesan positif. Jangan lupa untuk selalu menghargai orang lain bahkan sekalipun Anda sudah menjadi seorang pemimpin perusahaan kelak. Karena memang, pengusaha sukses adalah mereka yang selalu rendah hati tapi memiliki pemikiran begitu revolusioner.

Loading...