Tertarik? Ini Keuntungan Investasi Emas Online Jelang Tahun 2023

Bicara soal aset investasi, emas memang tak akan pernah kehilangan kilaunya. Logam mulia yang satu ini bahkan sudah membuktikan mampu mempertahankan harganya yang stabil saat pandemi lalu. Bahkan di tahun 2020 itu, emas mampu melambung hingga menembus Rp1 juta per gram, nilainya tertinggi sepanjang sejarah.

Hal inilah yang akan selalu menjadikan emas sebagai safe haven dan kembali diburu ketika kondisi ekonomi memburuk. Apalagi dengan banyaknya prediksi perekonomian kelam di tahun 2023, membuat investor mulai mengambil ‘kuda-kuda’ dan membeli kembali emas atau mengalihkan dana investasi mereka ke logam mulia ini.

Tak heran kalau bakal meningkatnya permintaan akan investasi emas, membuat aset ini memberikan berbagai kemudahan penawaran.

Jika dulu untuk membeli emas haruslah minimal satu gram, saat ini Anda bisa membeli emas 24K dalam bentuk kepingan-kepingan yang lebih kecil.

Bahkan Pegadaian menawarkan produk Tabungan Emas, membuat Anda bisa menyetorkan dana tunai dan langsung dikonversi ke harga emas secara realtime.

Namun perkembangan zaman membuat munculnya investasi emas online. Apakah investasi emas jenis ini jauh lebih baik daripada menyimpan emas-emas fisik? Simak terus ulasan berikut ini sehingga Anda bisa melakukan pertimbangan secara tepat.

Potensi Emas Sebagai Investasi di Tahun 2023

Gadai Emas | Folder Bisnis

Sebelum memahami lebih lanjut seperti apa untung rugi investasi emas online, tak ada salahnya untuk membahas sekilas mengenai potensi kilau emas di tahun 2023 nanti.

Seperti yang Anda tahu, sudah menjadi rahasia umum kalau tahun mendatang diprediksi perekonomian global mengalami kemuraman karena banyaknya negara tergelincir ke jurang resesi.

Sekadar informasi, selama tahun 2022 ini emas ternyata sudah berusaha semaksimal mungkin dalam mempertahankan harganya di tengah kondisi perekonomian dunia dan sentimen pasar yang makin tak menentu.

Baca juga : Pembelian Terburuk di Umur 20-an dan Cara Menghindarinya

Bahkan pada bulan Maret 2022 silam, harga emas sempat melambung kembali yang dipicu oleh konflik perang di Eropa Timur antara Rusia dan Ukraina.

Hanya saja ketika The Fed (Federal Reserve) sebagai bank sentral Amerika Serikat menaikkn suku bunga acuan, emas terkoreksi. Belum lagi saat dolar AS semakin menguat, harga emas pun perlahan-lahan jadi menurun.

Sekadar informasi, Investing melansir jika harga emas berjangka untuk pengiriman Desember 2022 yang dilaporkan pada akhir Oktober lalu mampu meningkat 0,89% ke level US$1.672 per ounce. Di mana sebelumnya pada awal Maret 2022, harga emas berjangka sempat ada di level US$.043 per ounce.

Namun menurut Kontan, kabar terbaru menyebutkan jika upaya The Fed untuk terus mengerek suku bunga acuan di tahun 2023 demi bertahan saat resesi akan membuat harga emas makin berkilau.

Alwi Assegaf selaku analis Global Kapital Investama menyebutkan jika saat The Fed mulai berkurang dalam menaikkan suku bunga acuan, maka itu jadi peluang yang terbaik untuk emas melambung.

Hal ini terjadi karena internal The Fed sendiri masih saling terbagi antara ke pihak yang ingin menaikkan suku bunga di penghujung 2022, dengan mereka yang menolak kenaikan suku bunga.

Meskipun begitu Alwi tak menampik kalau harga emas hingga penghujung 2022 akan terus tertekan.

Kabar gembira baru akan terjadi saat emas berpotensi melakukan rebound di awal tahun 2023 nanti. Prediksi menyebutkan kalau The Fed hanya akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 25-50 bps pada tahun depan, yang membuat emas bisa menarik napas panjang untuk meningkatkan harganya.

Bukan tak mungkin kalau akhirnya emas akan lagi-lagi menjadi aset safe haven dan sangat wajib untuk dikoleksi.

Jika emas Antam sempat anjlok ke level terendah di bulan September 2022, jelang akhir tahun ini bisa saja menuju Rp965 ribu. Tentu merupakan momen yang tepat jika Anda melakukan investasi emas online pada saat ini.

Inilah 7 Keuntungan Investasi Emas Online

Ilustrasi Emas Fisik
foto: Scottsdale Mint/UNSPLASH

Pada dasarnya investasi emas online ini adalah Anda tetap membeli emas dalam konsep tradisionalnya yakni logam mulia 24K, alih-alih emas berjangka maupun produk turunan efek di bursa saham.

Baca juga : 9 Ciri Orang yang Akan Sulit Kaya

Sehingga Anda tak perlu cemas karena masih akan bisa memiliki bentuk fisik emas. Supaya tidak bingung, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang ditawarkan:

1. Modal Terjangkau

Bisa dibilang inilah keunggulan paling mendasar dari investasi emas online. Yap, Anda tak perlu mengeluarkan modal besar dan langsung membeli emas fisik 24K senilai satu gram.

Karena modal yang dibutuhkan untuk berinvestasi emas lewat internet bahkan bisa dimulai dengan modal Rp100 ribu saja. Nanti modal yang disetorkan itu akan dikonversikan langsung ke harga emas secara realtime.

2. Mudah Dilakukan

Biasanya jika kita ingin mengoleksi emas, kita harus membeli terlebih dulu di toko emas terdekat entah Antam atau Pegadaian. Anda haruslah membawa uang tunai dalam jumlah besar yang sudah pasti merepotkan dan cukup mengancam keamanan.

Belum lagi jika lokasi toko membeli emas cukup jauh dari rumah dan harus melewati kemacetan, jelas bikin malas. Namun denfan investasi emas online, Anda bisa melakukannya secara praktis lewat smartphone tanpa perlu antri.

3. Tak Repot Disimpan

Ada banyak sekali cerita pencurian emas fisik sekalipun sudah disimpan dengan aman di rumah.

Untuk itulah banyak orang menggunakan layanan safe deposit box di beberapa instansi keuangan, demi menyimpan emas-emas fisik mereka.

Hanya saja jika Anda melakukan investasi emas online, tak perlu repot membayar layanan penyimpanan ataupun cemas dicuri di dalam rumah, karena biasanya penyedia layanan investasi online sudah punya brankas khusus.

4. Dapat Dipantau

Untuk investasi emas online, sudah pasti dilakukan lewat perantara platform. Nah keberadaan platform ini akan sangat mempermudah Anda karena bisa memantau saldo emas yang dimiliki, harga beli, dan harga jual emas secara update pula.

Dengan begitu Anda sebagai investor tak perlu bolak-balik ke toko emas atau mengetahui pergerakan pasar yang mana akhirnya mempermudah pengambilan keputusan.

5. Tak Ada Administrasi

Apa yang menjadikan investasi emas online lebih menguntungkan adalah minim hingga tanpa biaya administrasi. Hal ini terjadi karena seluruh transaksi dilakukan lewat perantara internet sehingga jauh lebih mudah tanpa beban biaya-biaya administrasi.

Kalaupun memang ada, biasanya beban yang diberikan sangatlah kecil sehingga tidak mempengaruhi modal investasi Anda. Belum lagi harga jual dan harga beli emas yang berselisih kecil, menjadikan Anda makin diuntungkan.

6. Pembelian Mudah Tanpa Uang Tunai

Beli emas harus bawa uang tunai dalam jumlah besar? Sudah pasti tak semua orang bisa melakukannya secara tenang.

Membawa uang tunai dalam jumlah besar bisa mengancam keamanan sehingga Anda bisa mempertimbangkan berinvestasi secara online saja.

Karena lewat perantara internet, kegiatan jual-beli emas bisa dibayarkan lewat transfer online langsung ke rekening.

7. Bisa Punya Fisiknya

Keunggulan terakhir jika Anda ingin investasi emas online adalah masih tetap bisa memperoleh emas dalam bentuk fisik.

Asalkan dilakukan di platform yang terpercaya dan sudah dijamin serta terdaftar oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Anda bisa mengubah saldo emas dalam bentuk online itu ke emas secara fisik.

Baca juga : 5 Emiten Akan Bagikan Dividen Sebelum Akhir Tahun

Nantinya emas fisik (minimal cetak 0,5 gram) itu bisa dikirim ke rumah Anda langsung lengkap dengan sertifikat dan asuransi transaksi.

Kesimpulan

Tentu dengan sejumlah keunggulan yang dibahas di atas, terungkap kalau ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan investasi emas online. Anda yang ingin tetap setiap pada aset safe haven satu ini jelas bakal makin diuntungkan dan tak perlu ribet-ribet lagi. Bisa dilakukan di mana saja, membuat investasi bisa makin maksimal.

Belum lagi dengan peluang bahwa emas akan mengalami peningkatan harga di masa resesi 2023 mendatang, menjadikan aset investasi yang satu ini bakal tetap selalu menjanjikan. Jadi, kapan Anda mau memulai investasi emas?

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar