Masih Ada THR Tersisa? Lakukan 5 Investasi ini Supaya Untung Berlipat Ganda!

investasi terbaik untuk THR tersisa - bisnis properti

Lebaran sudah tiba, inilah momen yang paling dinantikan setelah menjalani puasa Ramadan satu bulan lamanya. Bisa berkumpul bersama keluarga terdekat tentu menjadi kebahagiaan Idul Fitri yang dinantikan semua orang. Mudik bersama, makan bersama dan saling bersilaturahmi adalah pemandangan khas Idul Fitri.

Baca juga: 10 Ide Bisnis StartUp Paling Potensial di 2019, Layak untuk Dicoba!

Identik sebagai momen kemenangan, Lebaran memang selalu dihiasi dengan berbagai hal serba baru. Beruntung bagi Anda yang memperoleh Tunjangan Hari Raya (THR), bisa memenuhi berbagai kebutuhan. Namun ingat, kehidupan setelah Lebaran akan dimulai segera setelah Idul Fitri. Sehingga Anda harus benar-benar bijak dalam mengelola keuangan.

Salah satu cara bijak yang bisa Anda lakukan setelah Idul Fitri adalah melakukan investasi. Apalagi kalau ternyata masih ada THR yang tersisa dalam jumlah cukup banyak, ada baiknya untuk mulai memikirkan tabungan masa depan. Siapa tahu THR yang tersisa ini malah mampu memberikan keuntungan besar untuk Anda. Jadi, yuk simak ulasannya!

Berikut Ulasan 5 Investasi Terbaik untuk THR yang Masih Tersisa

1. Beli Logam Mulia

investasi terbaik untuk THR tersisa - beli emas
investasi terbaik untuk THR tersisa – beli emas

Investasi logam mulia seperti membeli emas entah emas batangan atau perhiasan adalah cara menabung paling favorit bagi masyarakat Indonesia. Entah tua ataupun muda, entah laki-laki atau perempuan, membeli logam mulia kerap dipilih jika memiliki kelebihan dana dan bingung ingin diapakan. Peluang untung besar dan mudah dijual saat darurat adalah segelintir penyebab kalau investasi logam mulia adalah yang terbaik.

Karena itu kalau memang masih ada THR yang tersisa dalam jumlah cukup besar, Anda bisa langsung membeli logam mulia. Mereka yang ingin berinvestasi dengan fleksibel yakni mudah dibeli dan mudah dijual, memang emas adalah pilihan terbaik. Emas pun tersedia dalam berbagai ukuran dan harga sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Tidak perlu takut akan kerugian, asalkan Anda membeli logam mulia di tempat yang terpercaya dan memiliki sertifikat pembelian, tentu bisa dijual dengan harga terbaik. Harga jual kembali untuk logam mulia seperti emas batangan inipun cenderung stabil bahkan bisa meningkat seiring dengan waktu, sehingga sangat aman untuk investasi. Karena itu daripada digunakan belanja tidak penting, langsung saja gunakan THR tersisa untuk beli logam mulia.

2. Mencoba Reksa Dana

investasi terbaik untuk THR tersisa - reksa dana
investasi terbaik untuk THR tersisa – reksa dana

Ingin keuntungan investasi yang lebih besar? Maka Anda bisa mencoba Reksa Dana. Bisa dimulai dengan modal sangat terjangkau yakni mulai Rp 100 ribu, tingkat pengembaliannya pun cukup tinggi yaitu mencapai 20%. Semakin besar dana yang Anda keluar, peluang untung pun makin besar sekalipun memang sebanding dengan risiko meruginya.

Sekadar informasi, Reksa Dana adalah wadah yang digunakan masyarakat untuk menghimpun dana. Dana tersebut kemudian dikelola oleh manajer investasi ke berbagai portofolio efek seperti saham, surat berharga, obligasi, deposito dan lainnya. Karena disalurkan ke banyak tempat berbeda, risiko Reksa Dana relatif kecil sehingga Anda bisa mencobanya.

Baca juga : 10 Saham Blue Chip Terbaik di Indonesia

Ada banyak sekali pilihan jangka waktu Reksa Dana dan bisa Anda sesuaikan. Namun wajib diingat, saat ini banyak perusahaan investasi yang tersebar di masyarakat karena memang minat akan Reksa Dana melonjak drastis. Untuk itulah supaya tidak merugi di kemudian hari, pastikan perusahaan yang Anda pilih sangat kredibel, bertanggung jawab dan profesional.

3. Investasi di P2P Lending

investasi terbaik untuk THR tersisa - P2P Lending
investasi terbaik untuk THR tersisa – P2P Lending

Ingin meminjamkan uang ke teman tapi terlalu khawatir tidak balik? Maka Anda bisa mencoba melalui jalur P2P Lending (Peer-to-peer Lending). Melalui platform online, sistem P2P Lending mempertemukan si peminjam (debitur) dengan pihak yang akan meminjamkan uang (kreditur).

Semakin meningkatnya jumlah startup Financial Technology (Fintech) sedikit banyak membuat sistem investasi P2P Lending makin laris manis. Anda bisa memperoleh keuntungan dalam bentuk bunga hingga mencapai 20%. Namun hampir sama seperti Reksa Dana, supaya memperoleh bunga sesuai harapan, Anda harus berinvestasi di perusahaan P2P Lending terbaik.

Pelajari dulu sistem kerja perusahaan, sistem pembagian hasil dan reputasi perusahaan sebelum Anda ikut serta dalam investasi P2P Lending. Karena jika terjadi masalah hingga kredit macet, uang sisa THR yang Anda tanamkan tentu bisa-bisa menguap dan tidak kembali.

4. Tabungan Deposito

investasi terbaik untuk THR tersisa - tabungan deposito
investasi terbaik untuk THR tersisa – tabungan deposito

Ogah ribet mengelola uang sisa THR dan ingin cepat untung? Maka deposito adalah pilihan terbaik. Jika Reksa Dana atau P2P Lending memberikan risiko kerugian sebesar peluang untungnya, tidak dengan tabungan deposito yang sudah pasti memberikan untung. Hal inilah yang akhirnya membuat deposito menjadi salah satu investasi pilihan dan lazim dilakukan masyarakat Indonesia.

Anda pun bisa memilih ingin melakukan deposito di bank mana sesuai dengan keinginan. Entah bank lokal atau swasta, biasanya memiliki bunga deposito yang berbeda meskipun ada standar minimal dari Bank Indonesia (BI), selaku bank utama di negeri ini. Semakin panjang pula jangka deposito yang Anda pilih, perhitungan bunga pun makin besar dan Anda makin untung.

Namun untuk investasi tabungan deposito ini, Anda tidak akan memiliki keleluasaan untuk mencairkannya. Pada umumnya jangka waktu deposito terendah adalah tiga bulan, tapi bunganya pun cukup kecil. Artinya, Anda baru bisa mencairkan dana yang didepositokan di awal bulan keempat. Tentu sistem investasi seperti ini tidak cocok bagi mereka yang sering membutuhkan dana dalam waktu singkat.

Tetapi jika Anda memang benar-benar sedang tidak membutuhkan uang sisa THR, deposito bisa jadi pilihan terbaik jika malas mengelola keuangan. Anda bisa pilih jangka waktu deposito setahun, sehingga saat Idul Fitri tahun depan, Anda memiliki dana tak terduga yang cukup besar.

5. Membeli Properti

investasi terbaik untuk THR tersisa - bisnis properti
investasi terbaik untuk THR tersisa – bisnis properti

Ada alasan kenapa para pebisnis properti memiliki kekayaan selangit, karena memang hampir-hampir tidak ada kata rugi dalam bisnis properti. Satu-satunya penyebab bisnis ini merugi adalah adanya bencana alam atau musibah kemanusiaan yang membuat harga properti anjlok.

Namun jika sebuah daerah tempat di mana properti Anda berada mengalami kemajuan perekonomian, bisa ditebak kalau tanah atau bangunan di sana bakal punya harga jual fantastis. Meskipun memberikan keuntungan berlipat ganda terbesar, dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk bisa terjun ke bisnis ini.

Jika sisa dana THR Anda cukup besar, Anda bisa membeli sebidang tanah berukuran sedang. Namun jika sisa dana THR tidak terlalu banyak, ada baiknya ditabung deposito terlebih dulu sebelum kemudian membeli properti. Yang istimewa, kalau properti yang dibeli adalah rumah kos, Anda berpeluang bisa meraup penghasilan tambahan tiap bulan.

Baca juga: Layak Dicoba! 10 Peluang Usaha Menggiurkan Cocok untuk Pensiunan

Wah, menarik sekali ya ragam investasi yang bisa dicoba untuk memanfaatkan dana THR tersisa. Karena itu jika memang selesai Idul Fitri ini masih memiliki uang tersisa, Anda bisa memilih satu dari lima instrumen investasi di atas. Pilih yang paling mudah, minim risiko dan memberikan keuntungan sebanding untuk Anda.

Ketahuilah, bahwa orang-orang yang memiliki penghasilan besar itu selalu tahu cara mengelola kekayaan mereka. DI mana salah satu caranya adalah dengan memilih berinvestasi. Dimulai dengan nominal yang kecil, investasi bisa memberikan keuntungan besar seiring dengan berjalannya waktu. Intinya, selalu belajar dan berani bertanya sebelum memilih satu dari lima jenis investasi di atas. Semangat!

Scroll to Top