9 Tips Ampuh Jalankan Bisnis Kedai Kopi Kekinian Biar Laris Manis

Kopi adalah salah satu minuman favorit di Indonesia. Mau laki-laki atau perempuan, tua atau muda, kaya atau miskin, pekerja atau pengangguran, kopi menjadi teman terbaik untuk mengisi waktu luang. Tak heran kalau produsen kopi di Indonesia memang sangat banyak entah jenis kopi arabika, kopi robusta atau mungkin kopi luwak yang didapuk sebagai salah satu kopi termahal di dunia.

Bukan hanya dalam bentuk biji kopi, kopi-kopi yang dijual juga banyak yang sudah diolah kemasan hingga siap seduh yang menyajikan pilihan rasa bukan kopi hitam saja. Perkembangan industri kopi yang sangat pesat ini memang didasari dari tingginya minat akan meminum kopi. Tak heran kalau bisnis-bisnis yang berkaitan dengan kopi selalu laris manis. Salah satunya adalah kedai kopi kekinian yang sekarang telah menjamur di berbagai kota.

Baca juga: 21 Tips Sukses Usaha Laundry Kiloan dengan Modal Kecil

Mulai dari ibukota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang hingga Malang, Palembang, Medan, Bali atau mungkin Makassar, menemukan kedai kopi kekinian bukanlah hal sulit. Menawarkan berbagai varian minuman kopi, produk-produk yang dijual pun di kisaran belasaran sampai puluhan ribu Rupiah. Cukup menarik karena meskipun jumlah kedai kopi begitu banyak, pengunjungnya pun tetap saja ramai.

Hal inilah yang akhirnya membuat banyak orang tertarik untuk mencoba peruntungan dengan membuka kedai kopi. Ada yang memilih menciptakan brand sendiri, ada juga yang ikut waralaba seperti daftar dalam jaringan Kopi Kenangan, Kopi Janji Jiwa dan lainnya. Nah, bagi Anda yang kini tengah tertarik ingin menggeluti bisnis kedai kopi kekinian tapi bingung bagaimana memulainya, tenang saja karena kami akan membahasnya khusus untuk Anda.

9 Tips Ampuh Mulai Bisnis Kedai Kopi Kekinian

1. Punya Konsep yang Kuat

Kedai Kopi dengan konsep yang kuat

Salah satu kunci dalam berbisnis yang bisa menghasilkan kesuksesan adalah memiliki konsep yang kuat. Yap, mau bisnis apapun yang Anda geluti, jika memang sudah memiliki dasar konsep bisnis begitu kuat dan berbeda. Maka sudah bisa dipastikan bakal mampu bertahan menghadapi saingan. Konsep bisnis yang kuat juga akan membuat calon konsumen lebih tertarik untuk datang dan membeli.

Ambil contoh, kenapa membeli kopi di kedai-kedai kekinian jauh lebih mahal daripada kopi-kopi di warteg pinggiran padahal sama-sama menjual kopi hitam yang pahit? Jawabannya mudah karena kedai kopi kekinian memiliki konsep bisnis yang jelas dan kuat mulai dari nama menu hingga tampilan kedai. Konsep inilah yang akhirnya menjadikan sebuah bisnis memiliki nilai lebih di mata pasar.

Untuk itulah Anda tak perlu khawatir jika jumlah kedai kopi kekinian saat ini sangat beragam. Anda bisa menarik perhatian dengan menciptakan konsep yang berbeda misalkan saja kedai kopi kekinian khusus perempuan. Di mana seluruh menunya menawarkan nama-nama yang girly termasuk dekorasi kedai hingga para barista dan pelayan yang keseluruhannya adalah perempuan. Konsep yang menarik akan membuat kedai kopi Anda jadi pembicaraan dan artinya, sarana promosi yang menguntungkan.

2. Tentukan Target Konsumen

Mbah Bayan Coffee & Kitchen © gudeg.net
Mbah Bayan Coffee & Kitchen © gudeg.net

Dalam membantu menentukan konsep bisnis, salah satu tips yang juga bisa diterapkan adalah menentukan target konsumen. Bisnis yang memiliki tujuan jangka panjang dan jelas, sudah pasti memiliki target konsumen. Misalkan saja, Anda ingin menjual produk-produk kopi di kedai kekinian dengan pasar kalangan mahasiswa sampai pekerja muda di kisaran usia 20-35 tahun, maka tentu harus memperhitungkan penghasilan mereka.

Usia-usia milenial dan generasi Z biasanya memiliki penghasilan bulanan rata-rata sudah UMR. Sehingga dengan begitu Anda bisa menentukan seperti apa harga yang bakal ditawarkan, jenis-jenis minuman apa yang dijual hingga tampilan dekorasi kedai. Jika kedai kopi yang digeluti tidak mempunyai target konsumen, tentu akan kesulitan dalam mewujudkan berbagai tujuan dan mencapai target penjualan. Kedai kopi yang tak memiliki target juga sudah pasti tak punya konsep bisnis tak jelas sehingga bakal lebih mudah dilupakan.

3. Perhitungkan Modal

Apapun jenis bisnis yang Anda geluti, modal adalah hal paling mendasar supaya bisa menjalankan sebuah usaha. Apalagi jika Anda menggeluti bisnis kedai kopi kekinian, modal merupakan salah satu hal mendasar yang harus diperhitungkan dengan seksama. Tanpa perhitungan modal yang tepat dengan menyesuaikan terhadap konsep serta target konsumen, bisnis kedai kopi tak akan bisa berjalan sesuai harapan.

Baca juga: 10 Tips Penting Sebelum Memulai Bisnis yang Harus Dilakukan

Berapakah modal yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah kedai kopi? Semua tentu tergantung dengan konsep dan target konsumen. Irfan Rahadian Sudiyana selaku pemilik Kiwari Coffee pernah menjelaskan bahwa uang Rp1 juta sudah cukup sebagai modal bisnis kedai kopi. Dari modal yang sangat minimalis itu, bisa memperoleh alat racik manual yang sederhana dan menjalankan bisnis kecil-kecilan. Sementara itu Achmad Fahmi yang memiliki bisnis Kedai Seruput menjelaskan kalau dirinya mengeluarkan modal sebesar Rp15 juta.

Pria asal Tangerang itu memulai Kedai Seruput dengan gerobak sebagai alat berjualan. Barulah enam bulan kemudian, Fahmi mengubah garasi rumahnya menjadi kedai-kedai kopi kekinian. Dua tahun berjalan, Fahmi sudah bisa meraup omzet bulanan menyentuh Rp12 juta, seperti dilansir detikFinance. Tentu saja modal ini harus disesuaikan dengan kemampuan Anda. Jangan sampai terlalu ngotot ingin membuka kedai kopi mewah sampai berhutang yang cukup besar ke pihak ketiga. Hal ini jelas akan membebani bisnis lantaran harus membayar tagihan dan malah bisa bangkrut.

4. Cari Supplier Berkualitas

Cari supplier kopi terbaik

Apa yang membuat sebuah kedai kopi bisa laris manis di tengah persaingan? Benar sekali jika jawabannya adalah rasa yang lezat. Penjual kopi bisa banyak, tapi hanya yang paling enak bakal diburu. Apa yang membuat citarasa kopi bisa tak terlupakan? Kuncinya ada pada biji kopi berkualitas. Untuk itulah tips ampuh berikutnya yang harus Anda terapkan adalah mencari supplier kopi terbaik.

Jangan tergiur dengan harga biji kopi yang murah dan bikin untung besar tapi kopi yang disajikan tidak sesuai selera pasar. Untuk itulah sebagai pemilik bisnis kedai kopi kekinian, Anda harus melakukan uji coba ke beberapa supplier sampai akhirnya memperoleh supplier biji kopi terbaik. Wajib diingat, memilih supplier juga harus memperhitungkan lokasinya supaya tidak terbebani ongkos kirim.

5. Pilih Lokasi Strategis

Kendati saat ini memang berjualan bisa dilakukan secara online, tetap saja memiliki store offline yang mudah diakses akan semakin membuat bisnis kedai kopi menjanjikan. Untuk itulah tips berikutnya yang harus jadi perhatian adalah pemilihan lokasi. Tak bisa dipungkiri memang lokasi masih menjadi salah satu penentu kesuksesan bisnis kedai kopi karena jadi pertimbangan calon konsumen.

Jika Anda memasang target generasi muda produktif usia 20-35 tahun, usahakan membuka kedai kopi di area dekat kampus, kawasan perkantoran hingga komplek perumahan. Usahakan lokasi itu harus mudah dan sering dilewati kendaraan bermotor. Perhatikan pula dengan kondisi masyarakat, masalah keamanan hingga kebersihan lingkungan supaya kedai kopi benar-benar bikin nyaman. Memang bakal membutuhkan modal cukup besar untuk menempati lokasi yang strategis, tapi sangat bermanfaat dalam jangka panjang.

6. Perencanaan Dekorasi Kedai

Dekorasi Kedai Kopi kekinian

Hal mendasar yang juga membuat sebuah kedai kopi berbeda dengan banyak kedai lainnya adalah dekorasi interior dan eksterior kedai itu sendiri. Mungkin bagi beberapa orang, dekorasi hanyalah sekadar pemanis saja. Tapi bagi seorang pebisnis handal, dekorasi tempat usaha bisa memberikan pengaruh besar terhadap omzet.

Dekorasi di dalam atau luar kedai yang menarik mata bakal membuat calon pelanggan penasaran dan akhirnya masuk lalu membeli produk kopi. Perihal dekorasi ini juga akan mempengaruhi pelanggan apakah mereka nyaman atau merasa bosan. Coba lihat kedai-kedai kopi kekinian di kota-kota besar yang selalu ramai dikunjungi, mereka pasti memiliki dekorasi yang sekalipun minimalis, bakal terlihat elegan, unik dan sangat cozy.

7. Tentukan Menu dan Harga

Menu dan harga produk Kedai Kopi

Tips ampuh berikutnya supaya bisnis kedai kopi bisa laris manis adalah cermat dan bijak dalam menentukan menu serta harga. Kedua hal yang saling berkaitan ini memiliki dampak paling signifikan dalam omzet bisnis. Apa yang membuat kedai Kopi Kenangan, Kopi Janji Jiwa atau Kopi Tuku sangat sukses? Tepat, lewat pemilihan nama menu yang unik dan tak biasa.

Sebetulnya produk-produk kopi yang dijual menggunakan bahan baku yang relatif sama, tapi kedai kopi-kedai kopi kekinian itu memiliki packaging yang menarik termasuk pemilihan nama menu. Keunikan menu itulah yang membuat viral dan digemari banyak pelanggan terutama anak muda. Untuk itulah sebelum menentukan menu dan harga, ada baiknya jika Anda melakukan survei terlebih dulu.

Ambil contoh kedai Kopi Kenangan yang menawarkan produk Kopi Kenangan Mantan, Kopi Mantan Terindah hingga Kopi Lupakan Dia. Dipatok dengan harga puluhan ribu Rupiah, kedai Kopi Kenangan tidak pernah sepi pembeli karena pemilihan menu yang unik dan harga sesuai dengan target pasar mereka. Untuk itulah dalam menentukan menu dan harga jual, usahakan tetap berpedoman pada target konsumen.

Baca juga: 6 Tips Menjual Produk Agar Cepat Sukses Dalam Berbisnis

8. Gunakan Media Sosial

Kesuksesan sebuah bisnis terletak pada pemasaran yang tepat dan efektif. Untuk bisnis kedai kopi, tips pemasaran yang sangat ampuh saat ini adalah dengan memanfaatkan media sosial. Yap, Anda bisa menggunakan jasa influencer atau selebgram hingga youtuber sebagai pihak yang mempromosikan produk kedai kopi. Sosok-sosok terkenal di media sosial itu dianggap punya impact yang cukup besar terhadap generasi muda, target konsumen utama bisnis kedai kopi kekinian.

Karena itulah agar tepat memanfaatkan media sosial, Anda bisa merekrut seorang social media officer yang khusus menghasilkan konten-konten menarik. Jangan anggap remeh kekuatan media sosial, karena justru bisa melipatgandakan omzet dengan cepat, apalagi jika bisnis Anda jadi viral. Selain media sosial, Anda juga harus rajin mengenalkan bisnis ke situs food review dan Google hingga mendaftar sebagai merchant dalam beberapa layanan pesan-antar makanan online seperti GO-FOOD atau GrabFood.

9. Pilih Barista Terbaik

Barista kedai kopi kekinian

Bukan hanya sekadar orang yang menyajikan kopi, barista bahkan memiliki pengaruh kuat dalam omzet sebuah bisnis kedai kopi. Barista yang menarik tak cuma ramah, memiliki penampilan yang menarik dan kemampuan meracik kopi berkualitas jelas akan menjadi idola banyak pelanggan. Konsumen bahkan bisa berulang kali kembali ke sebuah kedai kopi hanya karena jatuh hati pada sosok barista. Untuk itulah jangan sembrono dalam memilih barista. Pilihlah sosok yang begitu istimewa dan bisa meningkat branding kedai kopi Anda.

Bagaimana? Tidak sulit bukan dalam menerapkan tips-tips di atas? Jika Anda menerapkannya dengan sebaik mungkin, maka bisnis kedai kopi kekinian yang digeluti bisa memberikan hasil maksimal. Ingat, jangan pernah berhenti untuk belajar dan selalu mendengarkan segala kritikan. Sekalipun mungkin terkadang mengalami kerugian, percayalah bahwa semua itu hanyalah kesuksesan yang tertunda. Tetap belajar, selalu berbenah dan memberikan yang terbaik akan menjadi kekuatan terbesar dalam sebuah bisnis kedai kopi kekinian.

Bagikan ;

SEKURITAS

INFO

  • 15% Instant Bonus

  • Min Deposit: $5

  • Regulasi Terjamin

5/5
  • Bonus 100% per deposit

  • $1 Deposit Awal

  • Trading Saham dan Forex

5/5
  • 50% Bonus deposit

  • $ 50 Deposit Awal

  • Trading Forex, CFD

  • Komoditas dan indeks Saham

5/5