6 Tips Memulai Bisnis Es Krim Dengan Modal dan Sumberdaya Minim

Peluang bisnis ice cream dapat dibilang menjadi peluang yang menguntungkan. Dunia bisnis ice cream sendiri di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya, dimana terus berkembang sangat pesat. Produk ice cream menjadi bisnis minuman yang paling laris.

Siapa yang tak menyukai es krim?

hampir semua orang di dunia ini pasti pernah mencoba kelezatan es krim tak terkecuali masyarakat Indonesia. Es krim adalah makanan yang sangat digemari oleh seluruh kalangan usia baik anak-anak, remaja, maupun orang tua.

Es krim memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lembut juga sangat menyegarkan. Rasa ice cream cukup beragam mulai coklat, stawberry, vanilla, mocca dan lainnya.

Kenikmatan rasa ice cream memang sering membuat banyak orang ketagihan. Tak heran jika ice cream banyak dicari serta diminati oleh masyarakat.

Kunci keberhasilan berbisnis es krim sehingga mampu bersaing dengan para kompetitor yang sudah terlebih dulu eksis di pasaran adalah membuat sebuah inovasi baik dalam bentuk, harga, atau rasanya.

Memodifikasi rasa atau tampilan es krim menjadi lebih unik dan tidak dimiliki oleh kompetitor bisa menambah nilai jual tanpa harus mengesampingkan citarasa es krim yang dingin dan enak.

1. Memulai bisnis ice cream

Memulai bisnis ice cream
Bisnis ice cream

Prospek dalam bisnis ice cream dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Dimana melalui bisnis ice cream dapat mendatangkan keuntungan bombastis.

Bisnis yang bergelut dengan olahan ice cream memiliki prospek sangat bagus dalam jangka ke depan. Bisnis ice cream yang sejak dahulu tumbuh hingga sekarang masih berkembang juga tak pernah sepi akan konsumen.

Ketika menjalankan bisnis ice cream memang dapat dimulai dengan langkah mudah dan gampang. Dalam menjalankan bisnis ice cream bisa dijalankan dalam kebutuhan modal kecil yang dilakukan dengan skala rumahan.

2. Tidak Memerlukan Banyak Modal

modal untuk berbisnis
Modal

Banyak orang yang mengkhawatirnya bahwa mengawali sebuah usaha itu memerlukan banyak modal dan SDM. Jangan khawatir, peluang usaha es krim ini tidak membutuhkan banyak uang.

Apabila dirinci, inilah modal yang harus kamu persiapkan :

Freezer : Rp. 1.500.000,-

Mixer : Rp. 450.000,-

Wadah & Sendok Es Krim : Rp. 50.000,-

Baskom : Rp. 50.000,-

Jika ditotal, biaya yang dibutuhkan adalah sekitar 2 juta rupiah. Tambahan sebesar 350.000 rupiah untuk membeli perlengkapan khusus bagi kamu yang ingin memasarkannya dengan berjualan keliling untuk membeli box es krim dan pendingin.

Namun jika ingin berjualan di tempat maka perlu tambahan sekitar 750.000 rupiah untuk membeli sendok, piring, gelas dan juga perlengkapan seperti meja dan kursi. Setelah dijumlah semua, modal yang dikeluarkan tidak lebih dari 3 juta rupiah.

3. Target Pasarnya Jelas

Tentukan target pasar saat merilis bisnis baru
Target Pasarnya

Hal ini juga sangat penting sebelum kamu membuka usaha, melihat target pasar. Karena olahan es krim ini digemari oleh semua kalangan, maka kamu perlu mengolah es krim dengan teliti dan menyesuaikan dengan target pasar.

Untuk lokasi kamu bisa melakukan riset ke berbagai tempat yang sekiranya produk es krim bisa laku terjual. Tempat seperti kampus, mall, sekolah, kolam renang dan kafe punya potensi bagus dalam bisnis es krim kamu.

Karena negara Indonesia beriklim tropis, maka hal ini menjadi nilai plus yang bisa mendukung kamu dalam berjualan es krim.

Strategi yang diterapkan dalam berbisnis es krim harus berbeda dengan para kompetitor kita. Olahan es krim dengan rasa yang lain seperti memanfaatkan bahan tradisional misalnya es krim ubi jalar, ubi ungu sampai es krim pisang.

Jenis es krim yang sedang booming saat ini adalah es krim goreng. Banyak ditemukan penjual es krim ini di mall dengan harga yang cukup mahal.

Memang untuk membuat es krim goreng ini diperlukan kreativitas tinggi, namun jika berhasil, bisnis kamu akan semakin berkembang.

Peluang usaha es krim ini memang tak pernah lekang oleh waktu karena sudah menjadi kebutuhan atau jajanan yang selalu dicari semua kalangan di Negara Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Lalu bagaimana jika sedang musim penghujan? kamu takut jika es krim yang kamu jual tidak laku? Jangan khawatir, konsumen yang masuk dalam pasar penjualan es krim ini sangatlah luas tanpa mengenal musim.

4. Bahan baku bisnis ice cream

Bahan baku

Dalam menjalankan bisnis ice cream memerlukan bahan baku untuk pembuatannya.

Untuk membuat ice cream yang nikmat membutuhkan bahan baku yakni bubuk es krim, susu, coklat, cream, aneka toping, buah segar, pelengkap lainnya dan lainnya.

Untuk mencari bahan baku ice cream bisa dijumpai di toko, pasar atau supermarket terdekat.

5. Peralatan bisnis ice cream

Peralatan bisnis ice cream
Peralatan

Dalam bisnis ice cream membutuhkan beberapa peralatan penting ;

Seperti; Booth, mesin hard ice cream, pisau, toples, nampan, meja, kursi, sekop ice cream, sendok, gelas, baskom, mesin blender, serbet, spanduk serta peralatan lainnya.

6. Lokasi strategis dalam berjualan ice cream

tentukan lokasi bisnis yang tepat
Lokasi strategis

Dalam berjualan ice cream, Kamu bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai.

Bisnis ice cream dapat membuka gerai, stand juga kios di pusat perbelanjaan, tengah kota, dekat sekolah, pasar, dekat rumah sakit, pinggiran jalan raya, taman kota, sekitar kampus dan lainnya.

7. Karyawan bisnis ice cream

Karyawan
Karyawan

Karyawan dalam menjalankan bisnis ice cream bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan. Setalah bisnis berkembang, anda bisa memulai mepekerjakan beberapa orang. Manajeman karyawan sangat dibutuhkan.

Apalagi jika produk es krim yang anda jual sudah dikenal enak dan laris manis.

8. Harga jual ice cream

cara menentukan harga jual
Harga jual

Patokan harga untuk ice cream dapat Kamu buat dalam hitungan per porsi dimana harga mulai Rp 5.000 hingga Rp 8.000.

Untuk mencari es krim memang sangat mudah mulai pinggiran jalan, toko, rumah makan hingga pusat perbelanjaan banyak yang menjualnya.

Harga ice cream sangat bervariasi mulai murah hingga mahal pun ada. Tingginya antusias masyarakat akan produk ice cream menjadikan minuman ini menjadi perutungan bisnis yang menjanjikan.

Dimana pangsa pasar produk ice cream yang luas serta mudah di pasarkan. Tentu akan sangat menguntungkan jika Kamu menjalankan bisnis ice cream ini. Kamu berminat menjalankan bisnis ice cream yang menguntungkan ini?

Peruntungan bisnis ice cream memang bisa dibilang sangat menguntungkan. Potensi bisnis ice cream memang bukan main main. Dimana lewat bisnis ice cream dapat mendatangkan keuntungan yang terbilang sangat besar.

Baca juga : 10 Daftar Waralaba Minuman Terlaris Menjelang 2020

Bisnis ice cream ini selalu laku keras sehingga kerugian yang ditimbulkan sangat minim. Produk yang sudah menjadi kegemaran masyarakat tentu akan mudah dijadikan bisnis yang menguntungkan.

Sehingga sangat jelas jika bisnis ice cream layak untuk Kamu jalankan. Bisnis ice cream dapat Kamu jalankan dengan langkah mudah.

Berbekal modal 3 hingga 6 jutaan saja maka bisnis ice cream dapat Kamu mulai dengan mudah. Dengan mengembangkan inovasi dan juga kreatifitas maka bisnis ice cream dapat dijalankan.

Dilihat dari teksturnya, ada 2 jenis es krim yang bisa kamu buat, yaitu soft ice cream (lembut) dan hard ice cream (keras). Keduanya memiliki perbedaan dalam cara pembuatannya.

Untuk soft es krim mempunyai tekstur lembut sehingga dalam pembuatannya membutuhkan mesin cone ice cream. Sementara hard ice cream teksturnya keras jika dibekukan dalam freezer sehingga dalam penyajiannya pun memakai skop es krim.

Baca juga : 10 Ide Bisnis Minuman Halal ini Berpeluang Untung Besar

Poin plus dari es krim jenis keras ini adalah tidak memerlukan mesin untuk membuatnya. kamu cukup menggunakan mixer lalu dibekukan dalam freezer. Selain itu, es krim jenis ini bisa diolah menjadi berbagai menu seperti es krim goreng, rujak es krim, mochi es krim dan lain sebagainya.

Penutup

Demikian tadi ulasan peluang bisnis ice cream dan analisa bisnisnya yang bisa dijadikan referensi memulai bisnis ice cream tersebut. Tertarik mencoba bisnis ice cream ?

Bisnis ice cream menjadi pilihan bisnis sangat menjanjikan. Semoga informasi mengenai peluang dari bisnis ice cream tersebut dapat bermanfaat dalam kemajuan bisnis minuman dingin yang popular sepanjang masa.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar