Tips Bisnis Jual Beli Komputer Bekas dan Keunggulannya

Seiring berkembangnya teknologi digital, kebutuhan akan gadget juga meningkat. Apalagi sejak adanya kebijakan work from home dan juga study at home, kebutuhan komputer baik berupa PC ataupun laptop pasti tak bisa di hindarkan.

Namun masalahnya tidak setiap orang siap untuk membeli komputer baru karena harganya bisa di bilang cukup mahal. Itulah mengapa bisnis jual beli komputer bekas cukup meroket, sebab banyak orang lebih memilih membeli komputer bekas di banding komputer baru.

Di masa pandemik, jual beli komputer bekas bisa terjadi secara online dan cukup di minati. Kalau dulu, komputer bekas biasanya hanya di beli secara offline saja, namun kini banyak juga toko-toko offline yang membuka lapaknya melalui marketplace online.

Walaupun sebelumnya beredar stigma negatif tentang komputer bekas (second), tapi sekarang nyatanya banyak orang yang lebih memilih komputer second di banding komputer baru. Mengapa demikian?

Ternyata bisnis jual beli komputer second ini memeiliki beberapa keunggulan yang cukup menarik. Namun di samping keunggulannya, ada baiknya jika kita mempertimbangkan juga kelemahannya. Berikut adalah keunggulan sekaligus kelemahan berbisnis komputer bekas!

Keunggulan dan Kelemahan Bisnis Komputer Second

keunggulan dan kelemahan bisnis komputer second
Keunggulan dan Kelemahan Bisnis Komputer Second

Keunggulan

Dari Segi Harga, Lebih Terjangkau dan Murah

Harga komputer bekas tentunya lebih ekonomis. Ini akan berpengaruh pada modal awal yang bisa jauh lebih minim dibanding jual beli komputer baru.

Kira-kira minimal Rp. 25 juta, Anda sudah bisa melakukan bisnis jual beli sekitar 4 unit komputer bekas lengkap dengan beberapa perangkat pendukungnya seperti mouse, cooling pad dll.

Kualitas Barang Bisa di Adu dengan yang Baru

Sebelumya beredar stigma negatif bahwa komputer bekas cepat rusak dll. Namun kini kenyataannya berbalik, ternyata banyak juga komputer bekas yang sangat worth it dari segi kualitas jika di perjual belikan kembali.

Bahkan banyak juga komputer bekas yang masih sangat mulus atau biasanya di sebut like new. Semuanya tergantung ketelitian dalam mencari barang sehingga bisa mendapatkan barang berkualitas.

Bisa Balik Modal dengan Cepat

Bisnis jual beli komputer bekas termasuk bisnis yang tingkat penjualannya tinggi. Karena harganya lebih ekonomis dan juga bisa mendapatkan kualitas barang yang cukup oke, peminat komputer bekas ini akan selalu ada dan hampir tidak pernah sepi.

Komputer bekas biasanya tidak akan lama berada di display karena tak lama lama kemudian pasti ada pembelinya. Inilah faktor yang membuat perputaran uang pada bisnis yang satu ini juga bisa cepat.

Software Lengkap dan Siap Pakai

Ketika membeli komputer baru biasanya tidak ada software yang terpasang (kosongan). Sementara laptop bekas biasanya sudah menyediakan software yang lengkap dan siap pakai.

Orang-orang saat ini suka dengan hal-hal praktis sehingga ini menjadi salah satu daya tarik dari bisnis komputer second.

Kelemahan

Jaminan Garansi Berbeda-beda

Berbeda dengan komputer baru yang punya masa garansi yang cukup panjang, membeli komputer bekas tidak demikian. Setiap penjual memberlakukan masa garansi yang berbeda-beda bahkan ada juga yang di jual tanpa garansi apapun. Namun rata-rata 2-4 minggu. Jadi sebaiknya Anda membeli

Mendapatkan Komputer yang Masalahnya Cukup Berat

Bisnis jual beli komputer juga tidak selalu mulus. Bisa jadi Anda juga mendapatkan komputer yang masalahnya cukup berat. Untuk itu Anda perlu menyiapkan antisipasi jika hal itu terjadi.

Apakah Anda memiliki kapasitas untuk memperbaikinya, ataukah ada orang lain yang Anda percayai dan sudah bekerjasama untuk memperbaiki komputer second tersebut.

Komplain dari Customer

Karena ini adalah komputer second (sudah pernah di pakai) maka kualitasnya tidak selalu like new. Biasanya jika hal ini tidak di mengerti oleh customer pada awal pembeliannya, atau ternyata mendapati kerusakan lain ketika di pergunakan maka customer bisa komplain. Nah, Anda harus siap menghadapi komplain semacam ini.

Tips Bisnis Jual Beli Komputer Bekas

Tips Bisnis Jual Beli Komputer Bekas
Tips Bisnis Jual Beli Komputer Bekas

Setiap bisnis pasti memiliki resiko, termasuk jual beli komputer bekas. Namun resiko tersebut tentunya bisa kita manajemen dengan memikirkan strategi yang tepat. Apakah Anda juga tertarik menggeluti bisnis jual beli komputer bekas? Anda bisa mempertimbangkan beberapa tips di bawah ini!

1. Riset Dulu Sebelum Jual Beli Komputer Bekas

Sebelum memulai bisnis, kita perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai apa merek komputer yang ingin di perjual belikan, bagaimana dengan spesifikasinya dll. Perhatikan kebutuhan target pasar dan juga daya belinya terhadap komputer tersebut serta tentunya budget Anda sendiri.

Bisnis jual beli komputer bekas biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki latar belakang pengetahuan IT. Jika Anda belum punya basic pengatahuan tentang IT lebih baik Anda juga mempelajari hal tersebut supaya dalam pemilihan komputer Anda tidak kena tipu karena bisa menilai kelayakan komputer.

2. Cari Tahu Tentang Garansi

Anda membeli komputer di tempat yang terpercaya dan layanan purna jual yang baik. Hal ini agar meminimalir kerugian akibat kerusakan komputer setelah pembelian yang tidak di tanggung seller.

Ketika sedang hunting komputer bekas di toko/ seller, cari tahu tentang garansinya secara detail. Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi kerusakan yang tidak Anda ketahui saat pembelian dan nantinya berakibat pada saat penjualan kembali.

Yuk, baca ulasan lain, 5 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Menggunakan Media Sosial.

Coba tanyakan berapa lama garansi yang di berikan, apa saja yang di jamin dalam garansi dan apa saja hal-hal yang bisa membatalkan garansi. Dengan begitu Anda punya estimasi waktu untuk mengecek ulang setelah pembelian sebelum akhirnya komputer terjual kembali. Sebaiknya

3. Lakukan Pengecekan Awal Tentang Kondisi Komputer/ Laptop

Pengecekan komputer second wajib Anda lakukan saat sudah memilah calon komputer yang akan di beli. Pengecekan awal bisa di lakukan dengan melihat tampilan (look) komputer dari luar.

Sebab tampilan juga penting hubungannya dengan daya jual komputer nantinya. Coba cek apakah ada bagian yang tergores, penyok, warnanya sudah pudar pada bagia body komputer dan juga layar monitornya.

4. Coba Periksa LCD/ Layar Monitor Komputer

Selanjutnya periksalah bagian LCD/ Layar monitor komputernya. Hidupkan komputer/laptop dan periksa apakah layar komputer masih nyaman di lihat, apakah terdapat jamur atau pixel lain yang menghalangi pandangan LCD.

Untuk mengeceknya lebih detail coba lakukan ganti background kompute/ laptop dengan warna putih. Ganti juga background dengan warna-warna yang berbeda untuk melihat tampilannya. Pastikan warna dan tampilannya tidak pecah, blur atau terkesan berlebihan/kekurangan warna (tidak enak di lihat).

Terakhir, dalam pengecekan layar Anda bisa menyalakan dan mematikan komputer beberapa kali. Hal ini di lakukan untuk melihat konsistensi apakah layar meninggalkan garus putih hrizontal ataukah tidak. Jika hal ini terjadi Anda perlu mempertimbangkan kembali, karena akan mempengaruhi harga jualnya nanti.

5. Cek Bagian Keyboard

Jika sudah selesai mengecek bagian layar/monitor sekarang beralih ke bagian penting lainnya yakni keyboard. Lihat apakah warna dan huruf tombol-tombol keyboard masih cukup nyaman di lihat. Apakah seluruh fungsi tombol pada keyboard masih berfungsi normal.

Untuk mengeceknya Anda bisa membuka Microsoft Word, dan cobalah mengetikan sesuatu dengan menggunakan seluruh tombol tanpa terkecuali.

Lakukan printscreen menggunakan keyboard, cek tombol volume, dan fungsi-fungsi ctrl yang biasa di gunakan. Jika semuanya masih normal, Anda bisa mempertimbangkan untuk membelinya.

6. Cek Kualitas Hard disk/ SSD

Masalah yang seringkali di keluhkan pada sebuah perangkat komputer atau laptop adalah hardisk. Hard disk adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi komputer karena berfungsi untuk menyimpan data.

Jadi jika terdapat kerusakan pada hard disk seperti hard disk sulit bahkan tidak bisa terbaca maka Anda harus berpikir dua kali untuk membelinya, karena pastinya Anda harus mengganti hard disknya terlebih dahulu sebelum menjualnya kepada customer.

Coba cek juga apakah terdapat bunyi yang kasar keluar dari hard disk ketika komputer menyala. Hard disk yang masih bagus biasanya tidak menghasilkan suara gemeretak saat kita menyalakan komputernya.

Saat ini, teknologi hardware sudah lebih berkembang dengan kemunculan SSD (Solid State Data) yang bisa lebih awet dalam hal penyimpanan data di komputer/laptop.

Karena kualitasnya lebih bagus, komputer/laptop yang menggunakan SSD biasanya di jual lebih mahal di banding yang masih menggunakan HDD (Hard disk).

7. Periksa Fungsi Audio dan Wifi

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa bagaimana fungsi audio dan wifi dari komputer. Untuk mengecek audio sekaligus wifi, Anda bisa menghubungkan komputer ke wifi yang ada dalam ruangan lalu membuka youtube dan klik sebuah video.

Setting volume pada komputer pada volume kecil hingga yang paling kencang. Coba perhatikan apakah suara yang di hasilkan masih bagus ataukah malah pecah.

Jika suara yang di hasilkan masih jernih dan stabil, maka audio komputer masih bisa di katakan baik. Lalu pada wifi, coba matikan terlebih dahulu wifi yang terhubung sebelumnya, lalu nyalakan lagi.

Jika komputer langsung bisa menangkap signal wifi sebelum Anda membuka youtube maka konektifitas komputer/ laptop tersebut juga masih cukup baik.

8. Cek Perlengkapan Laptop, Seperti Baterai dan Charger

Hal lain yang tidak kalah penting untuk di cek adalah masalah perlengkapan laptop seperti bataerai dan charger. Hal ini akan berpengaruh pada performa laptop. Jika baterai komputer cepat mati, atau charget tidak berfungsi tentu akan menurunkan nilai/ harga jualnya.

Periksa apakah komputer masih memiliki baterai dan charger yang berkualitas ataukah tidak. Apakah baterai dan chargernya original ataukah bukan. Yang paling penting, coba pastikan charger mampu mengisi daya baterai komputer/laptop secara maksimal dan bagaimana daya tahannya.

Yuk baca juga artikel tentang, 10 Tips Sukses Jual Beli Tas Branded dan Strateginya.

Jika baterai atau charger sudah jelek dan Anda berniat meningkatkan harga jualnya tentunya Anda harus mengganti terlebih dahulu perangkat-perangkat tersebut dengan yang lebih layak.

Penutup

Selain bisnis jual beli komputer bekas, Anda juga bisa menambah pemasukan dengan membuka jasa service komputer jika Anda memiliki kemampuan serta kapasitas di bidang IT. Ini menjadi peluang yang bagus dan bisa di jadikan usaha pendukung karena toko Anda sudah di kenal dalam jual beli komputer sehingga orang tidak akan ragu untuk memperbaiki komputernya di tempat Anda. Nah, setelah menyimak ulasan mengenai bisnis jual beli komputer bekas di atas apakah Anda semakin tertarik membuka bisni tersebut?

Tinggalkan komentar