10 Tips Cara Cepat Bebas Hutang Agar Hidup Tenang

Cara-cepat-terbebas-dari-hutang

Hutang adalah masalah keuangan yang dimiliki seseorang atau lembaga, bersifat membebani dan sangat perlu untuk diselesaikan.Seseorang yang berhutang biasanya karena berbagai alasan hidup yang menghampiri dan merupakan solusi akhir untuk melakukan hal tersebut.

Namun, hutang ini sebenarnya bukan akhir dari penyelesaian masalah justru sebaliknya karena banyak orang yang terjebak dengan hutang dan tidak bisa membayarkannya.

Faktor-faktor tidak bisa membayarkannnya pun beragam karena memang belum memiliki dana, bunga bertambah jika meminjam ke lembaga atau ke bank, dan berbagai alasan lainnya.

Maka tidak heran, dari faktor-faktor tersebut munculah istilah ”orang yang berhutang lebih galak dari penagihnya” dikarenakan mereka pun ”ketakutan” dan bingung untuk membayarnya.

Jika Anda saat ini sedang kesulitan dalam menyelesaikan masalah hutang, sangat tepat berada di halaman artikel ini karena kami akan memaparkannya tentang 10 Tips Cepat Bebas Hutang dan Merdeka Finansial. Berikut ulasannya!

Cara Cepat Bebas Hutang

Langkah-Langkah yang Bisa Ditempuh Agar Bebas Hutang dan Merdeka Finansial

1. Terbukalah Pada Orang lain Jika Memiliki Hutang

Seseorang yang terpaksa berhutang biasanya karena untuk memenuhi anggota keluarga yang ingin bergaya hidup sama seperti dilingkungannya. Biasanya pula, tergerak untuk ingin memenuhi hal tersebut dikarenakan gengsi ataupun alasan lainnya.

Akibatnya kebutuhan dalam keluarga pun menjadi lebih besar pasak dari tiang, dimana solusi ”terbaik” dan cepat adalah dengan mengambil hutang kredit.

Maka dari itu, agar hutang tidak semakin membengkak alangkah lebih baik untuk terbuka akan masalah hutang ini pada anggota keluarga. Entah itu kepada pasangan, anak-anak, dan juga sebaliknya.

Tentunya ada beberapa manfaat yang bisa dicapai ketika terbuka memiliki hutang, keluarga menjadi solid dan bersama-sama memecahkan masalah tersebut.

Umur kita di dunia tidak ada yang pernah tahu, jangan sampai ketika kita meninggalkan keluarga mereka pun nanti harus menanggung hutang salah satu anggota keluarganya yang begitu besar dan mereka pun tidak tahu cara untuk membayarnya.

Baca juga : Fakta-Fakta Jasa Negosiator Hutang untuk Nasabah Fintech

Baik itu suami istri dan juga anak-anak perlu diberitahu masalah hutang ini, biasanya keterbukaan ini semua anggota keluarga pun akan memahami dan bisa mengubah gaya hidup yang selama ini dijalani.

2. Prioritaskan Membayar Hutang Untuk yang Memiliki Bunga Tinggi

Semua pasti mengetahui bahwasannya hutang dengan bunga sangat tinggi membuat kita semua ketar-ketir dan kebingungan dalam membayarnya. Pasalnya, bunga tersebut ”berkembang” sangat cepat menjadikan pinjaman yang tidak seberapa harus dibayar dengan berkali-kali lipat dimana hal itu membuat stress dan putus asa.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk melunasi terlebih dahlu hutang Anda yang memiliki bunga tinggi. Ketika melunasi hutang memang harus berkoraban dan hidup hemat agar hutang-hutang tersebut bisa terlunasi. Setelah hutang lunas, pasti ada kenikmatan tersendiri sehingga bisa menghirup ”kebebasan”.

Jika sudah terbayarkan, jangan lupa untuk memabayar hutang-hutang lain yang memiliki bunga rendah ataupun tidak memliki bunga sama sekali.

Baca juga : 10 Pinjaman Modal Usaha Terbaik ( Bunga dan Syaratnya )

Jadikan pembelajaran yang berharga, karena itu sebisa mungkin untuk mengubah gaya hidup dan tidak berhutang lagi jika sudah mengetahui bunga yang harus dibayarkan cukup tinggi.

3. Mengevaluasi Pemasukan dan Pengeluaran

Salah satu penyebab kita memilih untuk berhutang dikarenakan tidak pernah mengetahui atau pun melakukan evaluasi pada pemasukan dan pengeluaran pendapatan sendiri maupun keluarga. Karenanya, pengeluaran lebih besar dari pemasukan yang menyebabkan kita terpaksa harus berhutang.

Belum lagi gaya hidup di sekitar kita yang kerap membuat tergoda sehingga ingin merasakan hal yang sama dengana pa yang dimiliki atau telah menjadi gaya hidup orang lain.

Pengeluaran yang tidak dipergunakan dengan bijak akan menjadi boomerang yang sangat merugikan diri sendiri, oleh karyawanya lakukan evaluasi pengeluaran dan pemasukan pendapatan Anda secara berkala.

Jika perlu, minta bantuan orang lain yang ahli dalam hal ini untuk membantu kita menjadi orang yang bisa bebas hutang dan bebas financial.

Dari evaluasi yang dilakukan tersebut jika sudah menemukan anggaran yang ternyata membuat kita harus berhutang, maka perlahan bia dengan menguranginya atau jika perlu dihilangkan untuk sementara waktu sampai keadaan keuangan stabil.

Baca juga : Inilah 6 Fakta yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Lakukan Pinjaman Online

Gampangnya, pengeluaran tersebut bukan berasal dari kebutuhan pokok, maka cermat dan berkorbanlah untuk menghilangkan hal tersebut.

4. Buat Anggaran yang Pas untuk Berbelanja

Setelah kita membuat evaluasi pemasukan dan pengeluaran, langkah berikutnya adalah membuat anggaran yang pas untuk berbelanja. Hal ini dilakukan,agar hutang-hutang bisa lunas dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Karena itulah, membutuhkan strategi yang baik dan pas untuk bisa membuat anggaran belanja atau kebutuhan pokok setiap bulannya. Memang dalam hal ini diperlukan pengorbanan dan menyesuaikan kebiasaan yang telah dilakukan.

Sebagai contoh,

.. misalnya saat bekerja kita sudah terbiasa untuk membeli makan siang di restoran dekat kantor. Nah, ada baiknya dalam rangka melunasi hutang ini, bawalah bekal makan siang dari rumah yang biasanya akan menghemat pengeluaran.

Lakukan hal tersebut sampai bisa melunasi hutang, namun jika hal tersebut sudah sangat nyaman dan menjadi gaya hidup baru, tidak masalah untuk melanjutkan ”misi” tersebut, manfaatnya justru banyak, salah satunya adalah kita bisa menabung untuk keperluan di masa-masa yang akan datang.

5. Tidak Menunda Pembayaran Hutang

Setelah melakukan evaluasi berkorban mengubah gaya hidup, tips berikutnya agar cepat bebas hutang adalah dengan tidak menunda pembayaran hutang.

Setelah uang terkumpul untuk bisa membayar hutang, ada baiknya untuk segera dibayarkan. Karena percaya atau tidak, adanya uang yang banyak dalam jumlah yang cukup banyak sering kali membuat kita tergoda untuk digunakan berbagai hal. Apalagi, jika uang pokok yang dimiliki sudah berkurang.

Hal fatal tersebut kerap menggoda dan menjadi ujian bagi para pemilik hutang. Kadang kala faktor terkuat untuk menggunakan dahulu uang tersebut adalah belum jatuh tempo atau menganggap uang tersebut bisa diganti dibulan berikutnya dari penghasilannya.

Hal ini bila terus ”dipelihara” akan sangat sulit untuk bebas hutang dan merdeka dari finansial. Maka dari itu, anggaplah uang tersebut tidak pernah ada sehingga kita tidak pernah berniat untuk menggunakannya. Harus diingat pula, ketika hutang tidak dibayarkan tepat waktu, bunga pun akan semakin ”berkembang” dan menambah beban hutang.

6. Mencari Pekerjaan Tambahan

Ketika melakukan evaluasi dari pengeluaran dan pendapatan, namun hutang tersebut belum bisa terlunaskan karena pendapatan kecil, maka langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari pekerjaan tambahan.

Pekerjaan tambahan yang dilakoni usahakan tidak mengikat atau full time untuk bekerja karena bisa mengganggu pekerjaan utama Anda. Selain itu ada banyak hal yang harus dikorbankan seperti waktu bersama keluarga, tenaga, bahkan kesehatan.

Alih-alih ingin hutang segera lunas, kesehatan Anda malah terganggu dan berujung menambah beban biaya hidup.

Maka dari itu, pilihlah pekerjaan freelance yang disesuaikan dengan hobi atau minat Anda.

Jika perlu, jadilah pengusaha dengan menjual barang-barang secara online.

Pekerjaan tersebut bisa Anda ambil karena tidak menyita waktu dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Jika Anda memilih untuk menjadi pebisnis online, bergurulah pada sang ahlinya agar bisa mempercepat penghasilan yang dibutuhkan. Karena memang segala sesuatu dbutuhkan strategi yang cukup matang.

7. Konsultasi Pada Ahlinya

Mau tidak mau jika hutang ini terus ”menggerogoti” pendapatan Anda, tips berikutnya yang perlu dilakukan adalah berkonsultasi pada ahli keuangan. Hal ini perlu dibantu ahlinya karena untuk menyelesaikan hutangini buan hal yang mudah apalagi jika kita tidak ahli dalam hal tersebut.

Konsultasi pada ahlinya pun bisa dilakukan dengan berbayar ataupun gratis tergantung dengan kemampuan finansial kita saat ini.

Adapun jika dirasa mahal, kita bisa menggunakan cara yang gratis dan tanpa biaya seperti;

  • Membeli Buku perencanan keuangan yang sudah banyak dibuat dan dijual oleh para pakar-pakarnya. Topik mengenai keuangan tersebut sudah dirancang dan disusun sedemikian rupa, tinggal kita menjemput bola untuk mau membaca dan mempraktekannya.
  • Memanfaatkan sosial media dengan meliaht youtube, mendengarkan podcast, dna lain sebagainaya tentang perencanaan keuangan yang dishare oleh para pakar keuangan dengan gratis.

Adapun jika ingin dilakukan dengan berbayar, Anda bisa ikut seminar atau workshop tentang perencaan keuangan yang biasanya mengupas tips dan langkah-langkah tahap perencanaan keuangan. Ataupun bisa melakukan konsultasi privat dengan pakar keuangan untuk meminta ilmunya dalam langkah-langkah menuntaskan hutang.

8. Mengenali Jenis Hutang

Hutang pun ternyata memiliki jenis-jenisnya, karena itu penanganannya pun berbeda pula. Pada dasarnya hutang digunakan untuk mendapatkan sesuatu. Adapun jika hal yang dibeli hutang adalah sebuah aset maka hutang bukan hal yang buruk. Karena aset tersebut akan terus meningkat seiring waktu hingga biaya hutang lebih kecil.

Contohnya ketika Anda membeli rumah atu apartemen menggunakan KPR, maka nilai rumah tersebut akan terus meningkat.

Adapun contoh hutang yang jahat adalah hutang untuk konsumsi, seperti membeli barang elektronik, jalan-jalan, makan mewah dan lain sebagainya yang bersifat konsumtif.

Maka dari itu, setelah Anda mengklasifikasikan, mana hutang yang perlu dibayarkan lebih dahulu adalah hutang jahat yang bersifat konsumtif.

9. Jangan Memikirkannya Setiap Waktu

Kita memang perlu berjuang dan berkorban untuk melunasi hutang-hutang tersebut. Tetapi jangan memikirkannya setiap waktu hingga kesehatan terganggu dan membuat kita tertekan.

Ketika berniat untuk membayarkannya hal itu merupakan langkah yang tepat dan sudah ada kemauan untuk bertanggung jawab.

Baca juga : Ini 5 Ciri Fintech Bodong Dari OJK!

Apalagi jika ditambah dengan sudah ada perencanaan yang matang untuk bisa melunasi hutang, maka sebaiknya jangan dijadikan beban yang terlalu dalam. Percayalah ”badai” tersebut akan berlalu dan kita sudah berusaha dengan sebaik mungkin.

10. Latih Diri Untuk Tidak Berhutang Kembali

Jika hutang membuat kita jera, maka langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah melatih mental dalam diri untuk tidak berhutang kembali.

Cara tersebut tentunya akan berhasil jika memang kita sudah bisa merencanakan pengeluaran, mengelola dengan baik. Serta paling penting adalah menghindari situasi ”Besar Pasak Daripada Tiang”. Karena tanpa Anda sadari, utang akan menjadi beban tersendiri yang membuat diri menjadi tidak nyaman dalam menjalani hidup.

Nah, itulah dia 10 tips cepat bebas hutan dan merdeka finansial. Semoga bermanfaat untuk Anda yang memang sedang mengalami hal tersebut.

Scroll to Top