5 Tips Jadi PNS Kaya Raya dengan Gaji Bulanan, Wajib Dicoba!

Sudah jadi rahasia umum bahwa status sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) memang bikin bangga. Namun PNS selalu identik sebagai profesi dengan penghasilan itu-itu saja. Apakah tak ada tips jadi PNS kaya raya?

Tentu saja ada!

Sama seperti menjadi pengusaha sukses dan tajir, tips jadi PNS kaya raya bukanlah sebuah hal yang tak mungkin terjadi. Yap, para pegawai pemerintahan ini berpeluang menambah pundi-pundi keuangan dan memiliki kehidupan dengan finansial lebih dari makmur di masa depan.

Meskipun memang faktanya, profesi PNS sudah cukup menjamin kehidupan mulai dari penghasilan pasti, tunjangan bulanan cukup besar hingga kemudahan dalam pengajuan kredit konsumtif, membuat siapapun mendamba jadi PNS. Hanya saja banyaknya kasus PNS yang terjerat korupsi demi menambah kekayaan menjadi pandangan terhadap PNS sedikit negatif.

Baca juga: 7 Tips Atur Keuangan Anti Boros Saat Akhir Tahun di Era Pandemi

Padahal faktanya, profesi PNS bukanlah pekerjaan dengan tanggung jawab kecil. Dibutuhkan juga totalitas dalam bekerja dan kesibukan yang tinggi selayaknya pegawai. Untuk itulah kalau Anda ingin jadi PNS sukses dengan masa depan finansial terjamin, sederet tips jadi PNS kaya raya berikut ini bisa jadi pertimbangan.

Inilah Tips-Tips Jadi PNS Kaya Raya yang Wajib Dicoba

1. Rutin Sisihkan 10% Dari Penghasilan

PNS sedang mengikuti upacara
© ponorogo.go.id

Daya tarik terbesar menjadi PNS adalah memperoleh penghasilan yang besar, belum lagi ditambah Tukin (Tunjangan Kinerja), membuat gaji bulanan sangat menggiurkan dan jauh meninggalkan UMR (Upah Minimum Regional). Dilansir CNBC Indonesia, saat ini ada empat golongan PNS mulai I-IV dengan perhitungan gaji pokok mulai dari Rp2,3 jutaan – Rp5,9 jutaan.

Belum lagi untuk Tukin PNS, sesuai Perpres nomor 37 tahun 2015, besaran terkecilnya adalah Rp5,3 jutaan sementara untuk level jabatan pelaksana dan tertinggi mencapai Rp117 jutaan! Sungguh nilai yang luar biasa sehingga sudah jadi kewajiban bagi Anda yang adalah PNS, harus rutin menyisihkan penghasilan untuk investasi, tabungan dan persiapan dana darurat.

Sebelum membayar kewajiban seperti kebutuhan bulanan, tagihan kendaraan bermotor, angsuran rumah dan kredit konsumtif lainnya, pastikan Anda menyisihkan minimal 10% dari penghasilan sebagai investasi. Anggap saja gaji pokok Anda sebagai PNS golongan IIIa sebesar Rp4,2 jutaan, maka setidaknya per bulan wajib menyimpan Rp420 ribu untuk investasi.

Dalam waktu setahun saja, Anda sudah mempunyai dana Rp5,04 juta untuk bisa dibelikan instrumen investasi menjanjikan entah emas, properti, deposito, saham dan lain-lain. Satu tips jadi PNS kaya raya, Anda haruslah disiplin dalam menyisihkan gaji bulanan untuk keperluan investasi. Jika perlu pisahkan dana investasi tersebut ke rekening lain, bukannya rekening gaji bulanan.

2. Bijak Pakai Gaji ke-13

Hal berikutnya yang menggembirakan dari profesi PNS adalah peluang memperoleh gaji ke-13 hingga ke-14. Maksudnya di sini adalah jika normalnya dalam setahun kerja memperoleh gaji sebanyak 12 kali sesuai perhitungan 12 bulan, PNS bisa memperoleh gaji tambahan berupa THR (Tunjangan Hari Raya) yang disebut gaji ke-13.

Baca juga: Terkumpul dalam 1 Tahun! Ini 10 Cara Nabung Dana Nikah Paling Efektif

Bahkan dalam kondisi tertentu, pemerintah biasanya juga mencairkan gaji tambahan selain THR yang disebut gaji ke-14 seperti saat tahun ajaran baru. Memperoleh THR sesuai dengan besaran gaji pokok tentu adalah hal yang sangat membahagiakan. Hanya saja banyak PNS yang terlalu berbahagia sehingga tidak sadar menggunakan gaji ke-13 untuk kebutuhan konsumtif.

Bagi Anda yang berkeluarga, tentu kadang gaji ke-13 dan ke-14 akan digunakan untuk kebutuhan keluarga terutama biaya pendidikan anak. Hanya saja kalau Anda yang masih melajang, daripada dipakai untuk foya-foya, gunakan gaji tambahan itu untuk kebutuhan yang lebih bijaksana demi mencapai finansial stabil di masa depan.

Jangan lupa untuk tetap menyisihkan minimal 10% dari gaji tambahan itu ke dana investasi. Anda bebas menambahkan hingga 20%, asalkan kebutuhan dan kewajiban tagihan lain sudah dipenuhi. Memang adalah hak Anda untuk menggunakan gaji demi bersenang-senang, tapi lakukanlah secara bijaksana.

Misalkan saja THR cair sebesar gaji pokok jelang Lebaran, gunakan maskimal 50% untuk memenuhi gaya hidup seperti beli baju baru, beli sepatu baru atau beli gawai baru. Anda harus disiplin dalam menggunakan gaji ke-13 itu, karena pemborosan adalah salah satu alasan terkuat kenapa tips jadi PNS kaya raya tidaklah pernah bisa diwujudkan.

3. Jangan Pilih Trading Saham

pengambilan sumpah PNS
© aceh.bpk.go.id

Ada yang bilang bahwa trading saham bisa memberikan keuntungan besar. Memang. Hanya saja trading saham bukanlah pilihan yang tepat jika Anda berprofesi sebagai PNS. Bahkan untuk investasi saham pun, diperlukan pengetahuan yang cukup besar dalam menentukan emiten, hingga memantau pasar saham dari waktu ke waktu.

Perilaku itulah yang kadang tak bisa dilakukan oleh PNS karena mereka terikat pada jam kerja mulai pukul 08.00-16.00. Karena terikat aturan pemerintah, PNS tentu tak bisa seenaknya sendiri dalam bekerja karena sibuk memantau pergerakan pasar saham. Untuk itulah, instrumen saham sepertinya tidak cocok bagi PNS, apalagi memilih trading saham.

Jika memang Anda tetap ingin investasi saham, cobalah mempelajari soal value investing, karena itu tak akan mengikat Anda untuk 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu, memantau pasar saham. Atau jika ingin lebih mudah lagi, pilihlah reksadana saham yang dikelola profesional oleh MI (Manajer Investasi) di perusahaan sekuritas berkualitas.

Baca juga: Korban PHK? Ini Tips Kelola Uang Pesangon Saat Pandemi Covid-19

4. Cerdas Diversifikasi Investasi

Satu-satunya tips jadi PNS kaya raya adalah dengan melakukan investasi. Supaya bisa berinvestasi dengan maksimal, cobalah lakukan diversifikasi investasi. Maksud dari diversifikasi ini adalah tidak meletakkan dana investasi hanya pada satu instrumen saja.

Ambil contoh Anda memiliki dana investasi yang sudah terkumpul sebesar Rp10 juta, maka dana itu bisa Anda alokasikan ke reksadana saham, membeli ORI dan belanja emas batangan. Sehingga ketika reksadana saham mengalami kerugian karena kinerja anjlok, imbal hasil ORI masihlah tetap hingga jatuh tempo.

Begitu pula dengan emas batangan, harganya bahkan sempat melonjak gila-gilaan di awal pandemi Covid-19, yang membuat Anda bisa memperoleh keuntungan lebih. Hanya saja kalau dana investasi yang disiapkan pas-pasan karena masih baru menjadi PNS dan golongan tidak terlalu tinggi, pilih saja salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dan fokus.

5. Terapkan Gaya Hidup Hemat

pengangkatan CPNS jadi PNS
© bolmongkab.go.id

Nah, menerapkan gaya hidup hemat adalah tips jadi PNS kaya raya terakhir sekaligus yang paling sulit dilakukan. Karena gaya hidup seseorang bisa berubah seiring dengan penghasilan dan lingkungan yang didapat. Ambil contoh sebelum jadi PNS, gaji bulanan Anda hanyalah Rp2 juta dan tinggal di kota kecil maka kebutuhan bulanan cuma maksimal Rp1,5 juta saja.

Maka ketika Anda sudah jadi PNS dengan gaji bulanan Rp5 juta dan ditugaskan di kota besar, mau tak mau biaya hidup bisa melambung hingga Rp4 juta. Gaya hidup membuat siapapun jadi suka nongkrong di cafe, membeli makanan atau minuman viral, belanja online untuk produk-produk branded hingga keinginan travelling ke luar negeri.

Baca juga: 6 Cara Cerdas Pakai Kartu Kredit Saat Pandemi Covid-19

Gaya hidup inilah yang harus Anda kontrol sebijaksana mungkin. Cobalah untuk berpikir sederhana dan tak usah melulu mengikuti gaya hidup konsumtif. Jika memang masih bisa makan di kantor atau membawa bekal dari rumah, janganlah terlalu ngotot beli makanan mahal di restoran mewah cuma demi sakadar update status media sosial.

Cobalah jadi orang yang bisa memprioritaskan kebutuhan mendesak dan menunda keinginan yang sifatnya tidak darurat. Dengan menjalani hidup hemat, bukan tak mungkin kalau Anda akan tetap konsisten menyisihkan dana untuk investasi minimal 10% dari penghasilan bulanan.

Kesimpulan

Bagaimana? Sebetulnya tidak sulit kan menerapkan tips jadi PNS kaya raya? Untuk itulah bagi Anda yang kini berprofesi sebagai PNS, tetap bisa berpeluang mempunyai pundi-pundi penghasilan lebih besar dengan menerapkan manajemen finansial yang lebih cerdas. Dengan begitu, masa muda bahagia dan tua pun tetap menyenangkan dan nyaman.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar