Tips Jual Beli Motor Bekas, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Agar Untung

Jual beli motor bekas menjadi salah satu bisnis yang sekarang mulai dilirik oleh sebagian orang. Hal ini karena kendaraan sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan harga yang lebih murah dari pada mobil dan angkutan umum, masyarakat bisa menghemat ongkos untuk komoditas sehari-hari.

Untuk memulai bisnis jual beli motor tentunya ada hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu bagaimana cara membeli motor bekas dengan harga yang terjangkau dan dapat dijual dengan harga yang lebih mahal agar mendapat keuntungan.

Cara Membeli Motor Bekas

Tips Jual Beli Motor Bekas, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Agar Untung
Tips Jual Beli Motor Bekas, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Agar Untung/Unsplash

1. Tentukan Motor Tipe Apa yang Akan Dibeli

Agar proses jual beli motor bekas berjalan lancar kamu butuh tahu keinginan dan kebutuhan konsumen. Cara mengetahuinya adalah dengan melakukan survei motor bekas tipe apa yang paling banyak dibeli.

Untuk mengetahui data ini, kamu bisa langsung survei ke tempat-tempat penjualan motor bekas. Bisa juga mengunjungi media sosial dan website tempat jual motor bekas melalui internet. Pastikan survei ke banyak tempat agar memiliki data yang lebih valid.

Selain untuk mengetahui motor second tipe apa yang paling banyak dicari, kamu bisa sekalian mengetahui kisaran harga jual dari motor tersebut.

2. Belilah di Tempat yang Terpercaya

Jika sudah tahu motor bekas dengan tipe seperti apa yang paling banyak dicari dan kisaran harganya, kamu bisa langsung mendatangi atau bertemu motor tersebut.

Untuk mendapatkan motor bekas yang bisa dijual lagi, kamu bisa membuka lapak di website maupun media sosial mengenai “tempat jual motor”.

Biasanya orang-orang yang ingin menjual motor bekasnya akan datang sendiri ke website atau media sosial tersebut. Atau kamu juga bisa mengunjungi langsung grup-grup jual beli motor bekas. Jika sekiranya ada yang cocok, maka kamu bisa mulai bertemu dengan pemilik dan motornya tersebut.

Jika sudah bertemu dengan motor yang ingin dibeli, berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

a. Periksa Kelengkapan Surat Kendaraan Sebelum Memulai Transaksi Jual Beli Motor Bekas

STNK dan BPKB
STNK dan BPKB/website resmi POLRI

Surat menyurat menjadi hal penting dalam bisnis jual beli motor bekas. Hal ini untuk memastikan agar tidak ada masalah yang timbul karena ternyata itu motor curian. Dua surat yang penting dalam kepemilikan motor adalah BPKB dan STNK.

BPKB adalah singkatan dari Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor. Sedangkan STNK adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan. Cara untuk mengetahui surat menyurat tersebut asli adalah sebagai berikut:

Cara cek keaslian BPKB:

  • Pastikan halaman sampul BPKB menggunakan bahan yang mengkilap. Jika warnanya buram maka kamu harus curiga.
  • Hologram yang ada di halaman pertama BPKB asli jika diterawang berwarna abu-abu. Kalau ternyata ketika diterawang berwarna kekuningan maka bisa hampir dipastikan bahwa BPKB tersebut palsu.
  • Cek nomor seri yang ada di bawah hologram pada halaman pertama ke pihak kepolisian.
  • Pada halaman ke-14 BPKB akan terlihat lambang Korlantas jika diterangi dengan sinar ultraviolet. Perhatikan tekstur kertas, BPKB yang asli bertekstur agak kasar karena dibuat timbul. Sedangkan BPKB palsu tidak bertekstur alias rata.

Cara cek keaslian STNK:

  • Yang perlu Anda perhatikan pada STNK adalah data jenis kendaraan, merk, warna, kapasitas mesin, tanda tangan, cap, hingga nomor polisi. Pastikan data yang ada di STNK dengan fisik kendaraan sesuai.
  • Pastikan nomor rangka kendaraan sama dengan yang ada di BPKB dan STNK. Nomor rangka terletak di body mesin motor (sesuai dengan merk motor yang hendak dibeli).
  • Cara paling aman adalah bawa ke samsat untuk mengetahui keaslian dokumen yang ada.

b. Lakukan Pengecekan Keadaan Body Motor

Agar mendapatkan untung dalam proses jual beli motor bekas, kamu harus memastikan bahwa kualitas motornya masih oke. Hal pertama yang bisa dilihat adalah komponen sparepart yang digunakan apakah asli atau sudah diganti dengan yang lainnya.

Biasanya sparepart yang asli akan memiliki kualitas lebih baik dibanding dengan yang palsu. Jika ternyata sudah digantipun, kamu bisa bertanya kenapa diganti. Dari sini kamu akan mengetahui bagaimana riwayat motor bekas yang akan dibeli tersebut. Secara harga motor bekas dengan sparepart yang sudah tidak asli tentu bisa dibeli lebih murah.

Setelahnya kamu bisa memperhatikan angka yang tertera pada speedometer. Semakin banyak angkanya, maka kemungkinan besar sudah semakin lama motor ini digunakan. Walau sebenarnya ini juga tidak bisa jadi patokan karena sekarang sudah ada alat untuk mereset speedometer untuk kembali ke angka nol.

c. Lakukan Pengecekan pada Mesin

Lakukan Pengecekan pada Mesin dalam proses Jual Beli Motor Bekas
Lakukan Pengecekan pada Mesin/Unsplash

Agar motor bekas dapat dijual kembali maka pastikan mesin motor tidak bermasalah. Karena selain tampilan, mesinlah komponen utama pada motor agar dapat digunakan semaksimal mungkin. Kamu bisa mengecek mesin motor dengan menyalakan motornya.

Sebelum menyalakan mesin kamu bisa terlebih dahulu meminta penjual motor bekas membuka penutup oli. Kondisi oli yang masih full dapat meredam suara mesin sehingga terdengar lebih lembut. Dari sana kamu bisa mengira-ngira bagaimana keadaan mesin dari suara yang terdengar nantinya.

Dalam proses jual beli motor bekas aktifitas pengecekan sangatlah wajar, jadi jangan sungkan untuk melakukannya. Pastikan sistem kelistrikan seperti starter, lampu, sign, dan lainnya normal.

Lakukan juga test drive sebentar. Rasakan tarikan gas, rem, tombol-tombol penunjang, klakson dan perpindahan gigi untuk motor gigi. Pastikan juga kondisi motor yang tidak digas sama sekali. Apakah motor (biasanya matic) yang tidak digas sama sekali berjalan sendiri?

d. Periksa dan Teliti Apakah Motor Pernah Mengalami Kecelakaan atau Tidak

Kecelakaan berat biasanya akan merusak body motor sehingga sudah tidak seimbang. Body motor yang tidak seimbang tentu akan mempengaruhi keselamatan penggunanya. Jika tidak hati-hati, bisa saja body yang tidak seimbang ini menjadi penyebab kecelakaan.

Cara mudah untuk mengetahui apakah motor tersebut pernah kecelakaan atau tidak adalah bertanya langsung pada si penjual. Tapi untuk menghindari kebohongan, kamu bisa mengeceknya sendiri dengan cara menegakkan motor dengan standart tengah.

Jika sudah di standart tengah, perhatikan posisi ban depan dan belakang. Pastikan posisi ban sejajar dan seimbang. Perhatikan pula posisi antara stang, body dan roda untuk menjaga keseimbangan motor.

e. Tanyakan Riwayat Servise.

Motor yang melakukan servis berkala akan lebih tahan lama karena komponen-komponennya terjaga. Minimal penggunaan olinya tercukupi dan bersih sehingga mesinpun akan lebih terawatt.

f. Jangan Transfer Uang Sebelum Melihat Kondisi Motor

Jangan Transfer Uang Sebelum Melihat Kondisi Motor
Jangan Transfer Uang Sebelum Melihat Kondisi Motor

Dalam proses jual beli motor bekas jangan pernah memberikan uang sebelum melakukan pengecekan pada motor yang hendak dibeli. Karena kamu bisa saja akan lebih rugi karena ternyata motor yang dibeli berkualitas rendah dan tidak dapat dijual kembali.

Pastikan motor ada minimal di kondisi normal baru melakukan pembayaran. Jika seandainya kamu tidak mengerti, bisa membawa orang ahli untuk melakukan semua pengecekan di atas.

Itu tadi adalah 7 hal yang harus diperhatikan ketika membeli motor bekas untuk bisnis jual beli motor bekas.

Setelah mengetahui bagaimana cara mendapatkan motor bekas yang berkualitas agar dapat dijual dengan harga yang lebih mahal, kamu harus mengetahui bagaimana cara menjualnya.

Yuk cari tahu tentang Bisnis Kecil : 23 Contoh Usaha Terbaik

Cara Menjual Motor Bekas

Sebenarnya ada 2 tipe menjual motor bekas. Yaitu kamu memiliki barang, dipajang, orang yang melihat akan bertanya dan membeli. Atau karena kamu sudah terkenal dengan bisnis jual beli motor bekas, maka orang lain memesan terlebih dahulu motor bekas tipe apa yang hendak dibeli, selanjutnya kamu mencarikan apa yang diinginkan oleh konsumen.

Untuk mensukseskan du acara tersebut berikut cara yang bisa kamu lakukan:

1. manfaatkan Media sosial

Agar konsumen tahu dan percaya terhadap bisnis jual beli motor bekasmu, media sosial dapat dijadikan media yang dilihat oleh konsumen. Semakin sering kamu memperlihatkan transaksi jual beli motor bekas di media sosial, akan semakin banyak pula orang yang mengetahui dan percaya terhadap bisnismu.

Selain itu media sosial juga akan membantumu untuk menemukan konsumen yang lebih luas dari berbagai kalangan. Dengan semakin banyak orang yang tahu bisnismu, akan semakin banyak pula peluang orang membeli motor bekas dari bisnismu.

2. Punya Toko Dealer Secara Fisik

Dengan adanya toko fisik calon pelanggan akan semakin percaya karena bisa dayang langsung ke tempatnya. Untuk melakukan proses jual beli motor bekas pun akan semakin mudah karena sudah ada tempat yang di tentukan.

Apalagi kamu memiliki stok barang yang banyak. Semakin banyak barang, semakin banyak pilihan, semakin besar pula peluang motor bekasmu dibeli orang.

3. Miliki Skill Mendandani Motor Agar Jual Beli Motor Bekas Semakin Untung

Miliki Skill Mendandani Motor agar untung dalam Jual Beli Motor Bekas
Miliki Skill Mendandani Motor/Unsplash

Dengan skill pengetahuan mengenai motor, kamu bisa meningkatkan kualitas motor yang akan dijual. Misalnya pada saat membeli motor, suara mesinnya sudah tidak halus atau ada kelistrikan yang rusak. Dengan kerusakan tersebut kamu mendapatkan motor bekas dengan harga yang murah.

Tapi karena kamu mengerti tentang dunia per motoran, kamu bisa memperbaiki masalah tersebut sendirian sehingga harga jual motor tersebut meningkat tanpa kamu harus mengeluarkan uang.

Bisa juga dengan mengetahui tempat beli sparepart motor yang murah, kamu bisa menjual motor dengan harga yang lebih tinggi.

4. Patok Harga yang Sesuai

Agar bisnis jual beli motor bekas tetap berjalan, pastikan harga jual yang kamu patok sepadan. Jangan menjual terlalu murah agar ada keuntungan dan jangan jual terlalu mahal karena akan sedikit yang melirik. Patok harga wajar, tidak apa mendapatkan untung yang sesuai kualitas (tidak terlalu banyak). Asal bisnis terus berjalan dan pemasukan selalu ada.

Latihlah teknik komunikasi agar saat tawar menawar harga dengan konsumen, kamu mendapatkan harga yang sepadan. Konsumen biasanya akan datang lagi jika mendapatkan barang yang berkualitas dan pelayanan yang memuaskan.

Itulah tips jual beli motor bekas yang harus kamu tahu agar mendapatkan untung. Teknik jual beli secara umum tentu juga perlu dilakukan dalam proses ini. Jangan lupa untuk terus meningkatkan skill dan belajar dari pengalaman.

Baca ulasan, 22 Ide Bisnis Online Paling Menjanjikan Bagi Generasi Muda

Semakin banyak pengalaman dalam bisnis jual beli motor bekas tentu akan membuat kamu semakin mahir dalam bisnis ini. Semoga tips yang telah diulas di atas bermanfaat dan bisnis jual beli motor bekasmu sukses selalu.

Tinggalkan komentar