10 Tips Jualan Online di Tokopedia, Utamakan Keamanan !

Tips-jualan-di-marketplace-tokopedia

Seiring berkembangnya teknologi di masa kini, tidak hanya memudahkan seseorang untuk berkomunikasi, melainkan dimudahkan pula untuk berbisnis yang populer dengan istilah bisnis online.

Dengan bisnis online, jangkauan customer pun semakin luas dan keuntungan yang didapatkan pun semakin besar.

Melihat pelaku bisnis online yang sudah mulai menjamur, banyak perusahaan pun yang menyediakan marketplace untuk memudahkan para pebisnis online menjual produk-produknya. Marketplace tersebut biasanya menyediakan ‘’tempat’’ dengan sistem bagi hasil yang telah ditentukan.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak marketplace yang dibangun salah satunya adalah tokopedia yang konsisten mempertemukan penjual dan pembeli di ‘’tempat’’ tersebut.

Sistem jual beli yang sudah bagus membuat menarik para pelaku pebisnis online untuk menjual produknya-produknya.

Tips Jualan Online di Tokopedia
Tokopedia

Nah, bagi Anda yang sudah terjun ke bisnis online namun masih bingung dengan marketplace yang akan dibidik bisa memilih tokopedia tersebut.

Adapun, ketika Anda sudah memilih marketplace tersebut janganlah asal untuk menjual produk karena hal tersebut menyangkut keamanan penjual maupun pembeli.

Maka dari itu, kami akan memberikan tips tentang jualan online di Tokopedia agar jualan semakin aman dan nyaman. Ini dia pemaparannya.

Cara Jualan Online di Tokopedia

1. Memperjelas Identitas Sebagai Penjual

Jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis professional, berkualitas, dan dipercaya oleh para konsumen, Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperjelas identitas Anda sebagai penjual.

Hal itu bisa dimulai dari memperjelas deskripsi identitas Anda di akun tersebut. Jangan sampai menggunakan identitas atau toko orang lain karena bisa merugikan Anda dan orang lain.

Bila perlu gunakan logo identitas toko yang jelas dan jargon dari toko Anda untuk menarik perhatian konsumen.

Biasanya pada bagian deskripsi tersebut harus tertulis nama toko, deskripsi barang yang dijual, alamat toko offline atau Anda berasal dari mana, serta nomor kontak yang bisa dihubungi, bila ada cantumkan juga media sosial dari toko Anda.

Tujuan memperjelas deskripsi toko ini selain menumbuhkan faktor kepercayaan juga memperkuat keamanan.

Karena biasanya para customer akan mempercaya dan lebih aman belanja di toko yang memang jelas asal usulnya. Dibandingkan toko yang asal membuat akun dan tidak serius menjual produk-produknya.

2. Berjualan dengan Produk yang Sesuai dengan Identitas

Mungkin Anda pernah menemukan satu atau beberapa jenis toko online dimana nama toko, deskripsi, dan barang jualannya tidak sesuai.

Maksud tidak sesuai di sini adalah, contohnya Toko A memiliki logo dan deskripsi tentang makanan, tetapi foto-foto yang diupload adalah berjualan pakaian, aksesoris, dan lain sebagainya.

Jika hal tersebut Anda lakukan, besar kemungkinan penjual tidak akan melirik toko Anda atau bahkan tidak mempercayai toko tersebut.

Hal tersebut juga bisa memicu complain lebih besar dari konsumen karena barang yang tidak sesuai atau Anda memberikan barang yang salah.

Maka dari itu, tetapkan secara spesifik ingin berjualan di bidang apa dan deskripsikan dengan jelas pada identitas tokonya.

Keuntungan fokus pada satu produk yang Anda jual adalah bisa lebih professional menangani konsumen dan produk-produk yang dijual.

Anda pun bisa semakin percaya diri menjual produk tersebut karena tahu keistimewaan serta manfaat yang didapatkan oleh para konsumen tersebut.

Hal ini bukan berarti Anda tidak boleh menjual lebih dari satu jenis produk, namun alangkah lebih baik untuk bisa fokus pada satu produk saja untuk bisa melakayni konsumen dengan optimal.

3. Menjual Produk yang Sedang Booming

Tips ini bisa dilakukan, khusus untuk Anda yang masih atau sedang bingung mencari produk yang akan dijual.

Untuk Anda yang belum menemukan produk yang pas, maka bisa memulainya dengan menjual produk yang sedang booming.

Keuntungan menjual produk yang sedang booming biasanya akan lebih cepat mendatangkan konsumen, apalagi jika barang yang dijual memiliki kualitas lebih baik, harga murah dari toko lain, dan secara tidak langsung konsumen pun akan lebih memilih toko Anda.

Maka dari itu, pentingnya bagi Anda untuk mencari tahu apa-apa saja yang sedang booming pada saat itu. Bisa berupa tentang produk-produk kesehatan.

Merchandaise band atau film yang sedang booming, kuliner yang sedang digemari, baju yang sedang trend, dan lain sebagainya.

Namun, Anda pun perlu mengetahui bahwasannya, produk-produk booming tersebut akan cepat menjadi ‘’kadaluarsa’’ manakala orang-orang sudah tidak tertartik lagi dengan hal itu.

Oleh karena itu, Anda harus segera mengupdate barang-barang terbaru untuk bisa dijual kembali di marketplace tersebut.

4. Menggunakan Jasa Pengiriman Lebih Dari Satu

Tips berikutnya untuk bisa jualan online di Tokopedia adalah gunakanlah jasa pengiriman barang lebih dari satu.

Tips ini perlu dilakukan karena salah satu manfaatnya adalah bisa mendapatkan banyak pelanggan. Mereka akan merasa terfasilitasi dengan jasa pengiriman yang sesuai dengan keinginan mereka.

Dengan meningkatkan fitur ini, efek lain yang bisa Anda terima adalah bisa meningkatkan kepercayaan konsumen pada toko Anda.

Walaupun begitu, jangan asal memilih jasa pengiriman. Anda selaku pemilik toko berhak untuk melihat dan memperhatikan terlebih dahulu track record dari jasa pengiriman yang akan diajak untuk kerjasama.

Semakin baik track record dari jasa pengiriman tersebut tentunya akan lebih baik untuk toko online Anda di marketplace tokopedia.

5. Deskripsikan Produk yang Dijual dengan Sejelas Mungkin

Tips berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memberikan deskripsi yang jelas pada produk yang dijual.

Hal ini walaupun terlihat kecil, banyak penjual online yang lupa melakukannya. Padahal dengan melakukan hal ini akan memberikan efek yang besar untuk toko online Anda terutama tentang kepercayaan konsumen kepada Anda selaku penjual.

Penjelasan deskripsi produk tersebut bisa dimulai dengan membuat deskripsi ukuran, varian rasa, komposisi makanan, Label halal, BPOM, dan detail informasi lainnya yang selayaknya diperlukan oleh para konsumen.

Untuk mendapatkan detail informasi produk tersebut, biasanya akan Anda ketahui ketika banyak konsumen yang bertanya tentang hal-hal yang belum terpaparkan di deskripsi produk tersebut.

Jika Anda mencantumkan dengan lengkap dan detail, maka semakin banyak pula konsumen yang mau berkunjung ke toko online Anda dan tidak menutup kemungkinan untuk bisa menjadi pelanggan setia Anda.

6. Menyusun Katalog dan Fitur Etalase dengan Baik

Selain mendeskripsikan detail produk dengan baik, langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk bisa berjualan di tokopedia adalah dengan menyusun katalog dan fitur etalase dengan baik.

Layaknya toko offline yang sering dikunjungi, tentunya akan menarik jika produk-produk yang dijual bisa tersusun dengan rapih dan disimpan di etalase yang seharusnya.

Maka dari itu, jika Anda berjualan online pun harus tetap menyusun produk-produk tersebut dengan baik.

Walaupun begitu, jangan sampai katalog dan fitur etalase tersebut semakin menyulitkan konsumen untuk melihatnya karena design yang Anda lakukan tidak tepat.

Alangkah lebih baik jika setelah menyusun produk-produk tersebut, Anda menuliskan deskripsi dengan detail hingga para konsumen pun tertarik untuk membeli produk-produk Anda dan menjadi pelangan setia.

Secara keseluruhan tokopedia sudah memiliki fitur tersebut, maka para pemilik toko tinggal memasukkan produk-produknya serta menyusunnya dengan rapi dan sesuai ketentuan yang ditetapkan market place tersebut.

7. Mengupdate Informasi Secara Berkala

Tips jualan berikutnya di tokopedia adalah mengupdate informasi tentang produk yang dijual secara berkala. Mengupdate produk ini perlu Anda lakukan apalagi jika produk yang dijual adalah produk-produk booming yang laku sesuai zamannya.

Selain itu, update informasi yang sangat penting dan harus Anda lakukan adalah mengenai kualitas dan jumlah stok barang.

Jika mengupdatenya secara berkala, akan berefek pada kredibiltas toko online yang Anda miliki. Mereka pun akan senang dan merasa dilayani serta terbantukan dengan informasi terupdate dari produk tersebut.

Update infomasi ini bisa dilakukan sesuai dengan kebijakan Anda, yaitu seminggu atau bahkan sebulan sekali.

8. Jadilah Toko yang Fast Respon

Jika ingin mendatangkan konsumen yang setia dan loyal, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memberikan pelayanan ‘’fast respon’’ kepada konsumen Anda.

Karena pastinya, para konsumen akan lebih memilih toko yang cepat tanggap pelayannya dibandingkan dengan yang lambat atau slow respon.

Maka dari itu, jika konsumen yang Anda miliki sudah semakin banyak, ada baiknya untuk memiliki team customer service yang bisa melayani dengan cepat terutama bisa menangani complain pelanggan dengan tepat dan bersahabat.

Baca : Pengertian Distributor, Suplier, Agen dan Reseller

Agar pelayanan maksimal, ada baiknya pula dicantumkan jam operasional untuk melayani konsumen, agar mereka pun mengerti dengan kondisi dari toko online yang Anda buat.

Dengan cara ini, biasanya jarang ada konsumen yang complain karena mereka pun mengerti dan tahu tentang jam operasional pelayanan tersebut.

9. Memberikan Diskon

Diskon, adalah sebuah kata ‘’terindah’’ yang enak didengar para konsumen. Pasalnya dengan diskon tersebut, para konsumen diberikan harga yang cukup murah dan barang yang dijual pun bisa semakin cepat terjual.

Memberikan diskon ini memang perlu pengkajian yang cukup mendalam, tidak heran dari diskon ini banyak konsumen yang rugi dan ada pula yang untung.

Namun yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah sesekali manjakanlah para konsumen Anda agar bisa mendatangkan konsumen yang loyal dan toko online Anda di tokopedia semakin dikenal banyak orang.

Untuk penerapan diskon ini bisa dilakukan ketika Anda sudah melakukan survey tentang harga produk-produk serupa di pasaran ataupun di toko online lainnya.

Setelah Anda mengetahui harga yang pas dan sesuai barulah terapkan sistem diskon tersebut dan buatlah para konsumen Anda senang dengan sistem diskon tersebut.

10. Bergabung Menjadi Gold Merchant

Beruntunglah Anda yang telah bergabung di tokopedia karena salah satu fitur yang dimiliki Tokopedia adalah memberikan fitur Gold Merchant.

Fitur tersebut menandakan bahwa toko online Anda merupakan toko yang terpercaya dan berkualitas. Dengan begitu, para konsumen pun tidak akan ragu lagi untuk berbelanja di tempat Anda.

Tentunya sangat mudah untuk bisa bergabung menjadi gold merchant, yaitu memiliki skor performa toko minimal 75 dan mencantumkan KTP Anda untuk memverifikasi data yang akurat.

Adapaun keuntungan bergabung menjadi gold merchant adalah sebagai berikut;

  • Mendapatkan akun admin gratis
  • Memiliki 200 etalase toko
  • Gambar ukuran produk unggulan akan terlihat besar di halaman toko Anda
  • Berkesempatan mendapatkan modal toko.

Baca juga : 6 Situs Belanja Online Bisa Bayar di Tempat

Nah, itulah dia 10 tips jualan online di tokopedia. Semoga Informasi ini bermanfaat untuk Anda dan semakin banyka konsumen yang mengunjungi toko online Anda. Semoga sukses.

Scroll to Top