10 Tips Memilih Hadiah Wisuda Kekinian yang Unik

Bagi Anda yang saat ini memiliki sahabat, teman ataupun pasangan yang sedang mengerjakan tugas akhir, tentunya Anda akan menunggu saat-saat bahagia yaitu momen kelulusan dan wisuda  teman, sahabat atau pasangan Anda. Wisuda adalah momen yang dinantikan mahasiswa setelah berjuang menempuh pendidikan di bangku kuliah. Perjuangan berat semasa  di bangku kuliah mengerjakan segala macam tugas kuliah akan terbayar lunas dengan momen wisuda.

Usai wisuda akan melangkah ke kehidupan baru yaitu memasuki dunia kerja. Namun, sebelum melangkah ke jenjang kehidupan berikutnya,  harus berhenti sejenak untuk merayakan momen wisuda dengan orang-orang yang Anda sayangi, baik orangtua, sahabat, teman maupun orang terkasih Anda.

Baca : 10 Hadiah paling romantis untuk pasangan Anda

Tentunya sebagai seorang teman, sahabat atau pasangan, Anda tidak akan tinggal diam melihat kesuksesan orang terkasih Anda lulus dan wisuda. Pasti di benak Anda kepikir untuk memberikan hadiah wisuda kekinian dan unik.

Soal memberikan hadiah wisuda kekinian dan unik, Anda tidak perlu khawatir dan bingung memilihnya karena akan dibahas tips memilih hadiah wisuda kekinian dan unik. Berikut adalah tips memilih hadiah wisuda kekinian dan unik.

1. Pilihlah Hadiah yang Sesuai dengan Keuangan Anda Namun Tetap Kekinian

Tips memilih hadiah wisuda

Memberikan hadiah wisuda kepada teman, sahabat, kekasih atau orang terdekat Anda memang gampang-gampang susah karena wisuda adalah momen yang dinantikan dalam hidup seseorang yang telah menjalani bangku kuliah.

Namun, kenyataannya saat wisuda, Anda dapat memberikan hadiah berupa apa pun bahkan hang out atau makan malam saat kekasih Anda wisuda cocok diberikan.

Hadiah wisuda layak dalam bentuk apa pun yang terpenting adalah bagaimana Anda memilihnya. Tentu saja, Anda harus memilih hadiah yang sesuai dengan keuangan Anda. Sesuatu yang mahal belum tentu berkesan bagi seseorang namun sesuatu yang bernilai dan bermakna akan memiliki harga yang mahal di mata seseorang.

Nah, dalam memilih hadiah wisuda untuk orang terdekat Anda, pilihlah hadiah yang sesuai dengan dana yang Anda miliki jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli sesuatu yang mahal karena yang terpenting dari sebuah hadiah adalah niat yang tulus dan perhatian Anda.

Contoh Anda dapat memberikan sebatang cokelat seharga Rp20.000,00, kemaslah cokelat tersebut dengan pita warna pink atau merah dan selipkan ucapan selamat serta quote yang memberikan inspirasi langkah hidup selanjutnya.

2. Buatlah Hadiah Wisuda yang Unik dengan Karya Sendiri

Tips memilih hadiah wisuda terbaik

Seperti pada pembahasan sebelumnya, pilihlah hadiah wisuda yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Nah, cara ini dapat dilakukan jika kondisi keuangan Anda belum memungkinkan namun Anda ingin sekali memberikan hadiah wisuda, Anda dapat membuat hadiah wisuda yang unik buah karya tangan Anda sendiri.

Memberikan hadiah wisuda dengan hasil karya sendiri akan memberikan kesan mendalam kepada orang terdekat Anda karena Anda telah bekerja keras dalam proses pembuatannya. Selain itu, ide kreatif Anda dalam proses tersebut akan sangat dihargai oleh orang terdekat Anda.

Tips membuat hadiah wisuda karya sendiri, tidak perlu yang rumit dan memakan banyak waktu. Pilihlah hadiah yang mudah dibuat dan memanfaatkan bahan yang tersedia di rumah Anda. Anda dapat membuat kerajinan tangan yang sederhana namun elegan, seperti benda-benda berikut ini.

  • Scrap Frame yang terbuat dari bahan dasar kardus sebagai aplikasinya Anda dapat menempelkan aksesoris unik, seperti kancing baju, batu-batuan dan pernak-pernik lainnya.
  • Scrap Book yang terbuat dari bahan dasar kertas kartun. Scrap Book yang Anda buat dapat Anda isi dengan foto-foto kebersamaan Anda dengan si dia.
  • Syal, sweater, atau boneka rajut yang terbuat dari benang.
  • Kue kering buatan tangan Anda sendiri.
  • Tas yang terbuat dari kain perca.

Nah, bagaiman dengan tips membuat kerajinan tangan tersebut, apakah menarik perhatian Anda? Pilihlah kerajinan tangan yang tidak terlalu rumit untuk Anda buat.

3. Buatlah Hadiah Wisuda Kekinian Bersama Teman Anda yang Lain

memilih hadiah wisuda

Mencari hadiah wisuda yang kekinian dan unik sesuai dengan karakter orang terdekat Anda memang gampang-gampang susah. Namun, akan berbeda jika Anda dan teman Anda membuat hadia wisuda bersama-sama. Hadiah wisuda kekinian apa sih yang dapat dikerjakan bersama teman? Salah satunya yaitu membuat kumpulan video rekaman ucapan selamat wisuda bersama temanmu.

Kumpulan video rekaman ucapan selamat wisuda ini dapat dilakukan bersama teman terdekat Anda lainnya atau bisa jadi Anda dapat membuat film pendek yang berkesan saat kuliah. Nah,  jika video ini dibuat bersama teman Anda yang lainnya, Anda dapat melakukan pembagian tugas sehingga video yang Anda buat memiliki kualitas yang bagus.

Tentunya banyak momen kebersamaan masa kuliah Anda bersama teman-teman Anda yang dapat dijadikan materi video. Selain itu, Anda juga dapat melakukan mixing dengan lagu-lagu yang sesuai dengan tema vidoe.

Hadiah video ini dapat Anda berikan dalam bentuk CD, DVD atau bahkan flashdisk. Buatlah kemasan CD, DVD, atau flashdisk agar teman yang menerima hadiah tersebut menjadi lebih berkesan, sangat menarik bukan? Silakan Anda coba.

4. Cari Tahu Hobi Penerima Hadiah

Cari tahu minat penerima hadiah

Ada hal yang harus Anda perhatikan dalam memberikan hadiah wisuda ini, salah satunya hobi atau kesukaan si penerima hadiah. Hobi penerima hadiah tidak dapat diremehkan begitu saja karena jika Anda memberikan hadiah sesuai dengan hobinya maka hadiah tersebut akan sangat berkesan dan berguna untuknya.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika sebelum memberikan hadiah, Anda cari tahu terlebih dahulu hobi si penerima hadiah. Anda dapat bertanya kepada orangtuanya atau saudara terdekatnya.

Nah, jika Anda sudah menemukan hobi si penerima hadiah, pilihlah hadiah yang dapat mensupport hobinya, seperti jika dia hobi membaca berikan dia buku dengan genre buku yang dia suka, jika dia hobi olahraga berikan dia hadiah peralatan olahraga yang mendukung. Dengan cara itu, hadiah wisuda yang Anda berikan sangat berkesan dan bermanfaat. 

5. Cari Tahu Cita-Cita dan Profesi Penerima Hadiah

Cari Tahu Cita-Cita dan Profesi Penerima Hadiah

Seorang yang telah diwisuda akan memasuki dunia baru, yaitu dunia kerja. Sebagian besar orang akan mencari pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan cita-citanya. Oleh karenanya, sebelum Anda memberikan hadiah, cari tahu terlebih dahulu cita-cita dan profesi yang akan ia jalani setelah wisuda.

Dari cita-cita dan profesi tersebut, dapat memberikan inspirasi hadiah apa yang pantas dan cocok untuknya. Misalkan ia berprofesi sebagai guru setelah lulus kuliah, Anda dapat memberikannya pulpen dan buku atau benda lainnya yang dapat menunjang profesinya.

6. Cari Tahu Apa yang Ia Inginkan Setelah Wisuda

apa ya hadiah wisuda terbaik

Memberikan hadiah kepada orang yang sangat membutuhkan dan menginginkan hadiah tersebut tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri bagi Anda. Hal tersebut karena hadiah yang Anda berikan kepadanya sangat berguna dan dapat langsung ia gunakan.

Berdasarkan hal tersebut, tips terbaik untuk memilih hadiah wisuda kali ini adalah cari tahu apa yang ia inginkan dan butuhkan saat itu. Dengan cara tersebut maka hadiah yang Anda berikan untuknya sangat bermanfaat dan berdaya guna karena ia benar-benar membutuhkan dan menginginkannya.

Anda pun akan puas dengan memberikan hadiah tersebut. Contohnya jika saat itu ia menginginkan book planner untuk merencanakan masa depannya setelah wisuda Anda dapat memberikan hadiah book planner.

7. Pilihlah Hadiah yang Sesuai Ukuran Penerima

Pilihlah Hadiah yang Sesuai Ukuran Penerima

Hadiah wisuda dapat berupa sesuatu apa pun yang berkesan bagi si penerima. Pastinya Anda akan sangat senang jika hadiah yang Anda berikan sangat bermanfaat bagi dia. Biasanya setelah wisuda, seseorang akan mencari pekerjaan yang sesuai dengan cita-citanya, pendidikannya dan keterampilan yang dimilikinya. Selain itu, modal untuk mendapatkan pekerjaan idaman adalah penampilan yang menarik saat interview.

Biasanya saat memenuhi panggilan interview, seseorang akan memakai pakaian dan sepatu yang berbeda saat kuliah begitu juga dengan Anda. Jika Anda akan memenuhi panggilan kerja, Anda akan memakai pakaian dan sepatu kerja. Pakaian dan sepatu kerja dapat Anda berikan sebagai hadiah wisuda. Namun, sebelum memberikan hadiah tersebut Anda harus mengetahui ukurannya.

Tips memilih hadiah yang satu ini berkaitan dengan ukuran badan atau fisik si penerima hadiah. Jika Anda akan memberikan pakaian atau sepatu kerja sebagai hadiah wisuda maka Anda harus mencari tahu ukuran yang cocok untuknya. Pilihlah ukuran yang cocok dan sesuai dengan si penerima hadiah agar hadiah tidak sia-sia.

8. Hang Out Bareng Setelah Acara Wisuda

hadiah wisuda yang sesuai

Bagi Anda yang telah menjalani wisuda, Anda akan merasa lelah dan penat mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan wisuda. Mulai dari persiapan skripsi hingga pernak-pernak wisuda lainnya. Nah, Anda harus bisa mengambil kesempatan tersebut.

Baca juga : 13 Ide bisnis modal kecil untuk mahasiswa

Pastinya setelah wisuda, teman, sahabat, kekasih atau orang terdekat Anda akan merasakan lelah dan penat. Anda dapat menghilangkan rasa lelah dan penat tersebut dengan mengajaknya hang out bareng, jalan-jalan ke mall atau bahkan hanya duduk santai di restoran favorit menikmati makanan favorit bersama.

Hal tersebut dapat dijadikan hadiah wisuda paling istimewa untuknya karena dapat menghilangkan rasa capek, lelah dan penat setelah acara wisuda. Mudah bukan membahagiakan orang tercinta Anda?

9. Berikan Voucher Nonton Film Gratis

Berikan Voucher Nonton Film Gratis

Hadiah wisuda tidak hanya berbentuk materi atau benda saja, Anda dapat memberikan kesenangan dan kebahagiannya lainnya, seperti mengajaknya nonton bareng dan memberikan dia voucher nonton gratis. Hal tersebut akan memberikan kesan tersendiri.

Tips yang satu ini memang sederhana namun dampak memberikan dampak positif apalagi jika film yang akan ditonton adalah film favoritnya. Nonton film bareng dapat memberikan kebahagiaan untuknya karena dapat menghilangkan rasa lelah dan penat setelah acara wisuda. Anda boleh mencoba tips yang satu ini.

10. Berikan Kartu Ucapan Selamat Wisuda yang Berkesan dan Memberikan Semangat

Berikan Kartu Ucapan Selamat Wisuda

Tips yang satu ini dapat Anda buat sendiri yaitu kartu ucapan selamat wisuda yang berkesan dan memberikan semangat untuk menghadapi dunia kerja. Hadiah wisuda ini meski sederhana namun unik dan kekinian karena Anda dapat merancangnya sendiri.

Buatlah kartu ucapan yang unik dan kekinian kemudian di dalamnya tulislah quote yang dapat mendorong semangat dan memotivasi teman, sahabat, kekasih atau orang terdekat Anda untuk menghadapi fase kehidupan selanjutnya.

Baca : 10 Hadiah terbaik bagi teman Anda saat wisuda

Quote dari orang terdekat tidak akan mudah dilupakan. Selain itu, Anda juga dapat menulis quote tersebut dengan tulisan tangan Anda sendiri sehingga memberikan kesan tersendiri.

Penutup

10 tips tersebut merupakan tips memilih hadiah wisuda kekinian yang unik dan dapat memberikan kesan penuh kasih sayang kepada teman, sahabat, kekasih atau orang-orang terdekat Anda. Pilihlah tips yang mudah Anda lakukan dan sesuai dengan kepribadian Anda. Selamat mencoba tips memilih hadiah wisuda ini.