10 Tips Memulai Usaha Baru Bagi Pemula Dari Praktisi Bisnis

Seperti yang diketahui bersama, persentase pengusaha di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara maju lainnya. Pengusaha di Indonesia saat ini mencapai 3,1 persen sedangkan di negara lain mencapai 14 persen.

Walaupun bertumbuh dengan lambat, angka persentase tersebut naik setiap tahunnya yang menunjukkan bahwa minat penduduk Indonesia untuk menjadi pengusaha masih tinggi.

Karena itu, setiap tahunnya selalu saja ada pebisnis pemula yang mau belajar dari nol sampai sukses. Para pebisnis pemula selain menyiapkan segala lebutuhan untuk berbisnis, mereka pun akan meuangkan waktu untuk mengikuti seminar, training, workshop, bergabung dengan komunitas yang erat kaitannya dengan dunia mereka.

Tujuannya agar niat mereka menjadi pengusaha terjaga dan bisa mendapatkan ilmu bisnis yang belum mereka ketahui.

Baca juga : 10 anak muda yang kaya dari bisnis sebelum berumur 25 tahun

Nah, jika Anda termasukk pebisnis pemula, maka sangat tepat sekali membuka artikel ini karena Anda akan belajar langsung mengenai tips memulai usaha baru bagi pemula dari nol sampai sukses.

Terlebih tips berikut ini mengutip dari pakar bisnis ternama di Indonesia seperti Bob Sadino dan Dewa Eka Prayoga.

Tips Memulai Usaha Baru Bagi Pemula Dari Praktisi Bisnis

Lalu, apa pesan atau tips dari mereka untuk pebisnis pemula? Ini Dia Ulasannya!

Mengenal Profil Bob Sadino dan Dewa Eka Prayoga

Sebelum membahas tips berbisnis yang dikutip dari dua pakar bisnis ternama tersebut, alangkah lebih baik untuk mengenal terlebih dahulu profil dari keduanya.

Walaupun dari generasi yang berbeda, keduanya mampu memberikan motivasi dan tips tentang bisnis yang layak untuk diikuti oleh para pebisnis pemula.

Profil Bob Sadino

Om Bob Sadino dikenal sebagai pebisnis nyentrik yang merupakan salah satu konglomerat pemilik usaha kemfood, kemchicks dan kemfarm ini memiliki kisah inspiratif dibalik perjuangannya yang jatuh bangun dalam membangun usahanya sampai sukses hingga akhir hayatnya.

Walaupun sudah tiada, bisnisnya sampai hari masih berjalan dan kisah inspiratifnya akan menjadi rujukan terutama untuk para kalangan pebisnis.

Profil Dewa Eka Prayoga

Dewa Eka Prayoga memulai bisnis sejak ia duduk di bangku kuliah. Jenis usaha yang dilakoni pun beragam mulai dari bimbel, makanan, investasi, dan lain sebagainya.

Baca juga : 10 Tips bisnis bagi anak muda yang akan memulai usaha

Ia pun pernah merasakan kerugian dalam berbisnis. Dan yang lebih ‘’fantastis’’ di memiliki hutang hingga miliyaran rupiah dikarenakan bisnis investasinya yang tidak berjalan dengan baiks ehingga ia harus ditagih hutang oleh mitra bisnisnya.

Dari kasusu hutang tersebut, ia bangkit dan bis amelunasi hutangnya dengan cara menulis buku dan menjual buku tersebut hingga laku dipasaran.

Sekarang ia dikenal sebagai trainer dan motivator bisnis degan ilmu-ilmu bisnis kerennya lewat sebuah lemaga bernama billionare coach. Tak hanya itu, lini bisnis lain mulai dari fashion, makanan, kosmetik pun ia lakoni hingga dikenal sebagai pebisnis muda dengan segudang pengalaman yang sangat inspiratif.

Langkah-Langkah Membangun Bisnis Baru Bagi Pemula dari Nol Sampai Sukses

Om Bob Sadino selalu berpesan kepada para pebisnis pemula di acara seminar atau training bisnisnya bahwa ketika Anda terjun ke dunia bisnis, maka yang harus dilakukan adalah ;

1. Lakukan Apa yang Ingin Anda Lakukan, Cobalah Melangkah Tanpa Memiliki Tujuan

Itulah Prinsip yang dilakukan Om Bob Sadino ketika membuka bisnisnya. Ia tidak seperti pebisnis lainnya yang selalu sibuk dan fokus dalam menetapkan target bisnis.

Sehingga, banyak orang yang tidak percaya bahwa Om Bob Sadino menjalankan bisnisnya tanpa tujuan yang pasti. Tetapi yang dilakukannya adalah menjalankan bisnis sesuai dengan keinginannya.

Menurut beliau, seseorang yang memiliki tujuan dalam berbisnis maka seseorang tersebut hanya akan fokus pada satu titik yaitu tujuan tersebut. Mereka tidak akan mau berusaha untuk mendapatkan hasil lebih dari titik tujuan tersebut.

Padahal, setiap manusia memiliki potensi lebih sehinga bisa lebih mendapatkan titik tujuan tersebut.

Ketika beliau berbisnis pun tidak pernah menetapkan target karena baginya target merupakan suatu pengahlang untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.

Intinya, bangunlah bisnis yang memang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Jangan sampai Anda mengerjakan bisnis dengan tujuan dan target tertentu padahal Anda tidak menyukai atau ahli dalam bidang tersebut.

2. Berani Mencoba untuk Menciptakan Pasar Sendiri

Langkah berikutnya yang dilakukan Om Bob Sadino adalah berani mencoba. Dari keberanian ini beliau berhasil menciptakan pasaranya sendiri.

Bob Sadino dikenal sebagai pengusaha sukses bukan berarti tidak pernah dan menerima cibiran. Sebelum mencapai kesuksesan menjual telur ayam negeri, beliau harus bersaing ketat dengan para pebisnis telur ayam kampung yang telah banyak menguasai pasar di Indonesia.

Namun, beliau tidak pantang menyerah dengan cara mengubah target pasar. Dengan kefasihan dan keahliannya berbicara Bahasa asing, beliau menjual telur tersebut kepada penduduk asing yang ada di Kemang.

Sehingga bisa membuka Kemfood, Kemchick, dan tanaman sayuran holtikura yang saaat ini dikenal sebagai toko besar yang sering dikunjungi pula orang warga asing maupun lokal.

Dalam hal di atas, beliau mengajarkan bahwa satu pintu tertutup bukan berarti bisnis kita ‘’tutup’’ tetapi pasti ada jalan lain yang lebih menguntungkan asalkan kita berani mencoba.

3. Jadilah Pengusaha yang Mau Gagal dan Rugi

Om Bob Sadino mengatakan,kebanyakan para calon pengusaha terutama pengusaha pemula merencanakan bisnis untuk keuntungan yang besar saja serta yakin tidak akan mengalami kegagalan.

Namun, tidak untuk beliau yang justru mencari kegagalan dan kerugian dalam bisnisinya. Baginya, untung dan berhasil dalam bisnis itu adalah soal keberuntungan.

Hal itulah, yang ia lakukan ketika mengajar pada mahasiswanya bahwa dalam berbisnis tidak hanya mencari untung tetapi cari pulalah kerugian.

Bob Sadino melakukan hal tersebut agar seseorang tidak hanya berpikir secara linier saja. Banyaknya orang yang berpikir linier hingga menyebabkan mereka berpikir bahwa untuk usaha pasti mencari untuk dan berhasil.

Padahal selain untung dna berhasil dalam usaha itu ada yang Namanya rugi dan gagal dan itu yang harus dipikirkan.

Karena kegagalan dan kerugian adalah modal terbesar seorang pengusaha untuk bisa mencapai kesuksesan. Tanpa mencari dan mempelajari hal itu, rasanya sulit seseorang bisa mencapai kesuksesan. Sebab kesuksesan itu hanyalah sebuah titik di puncak gunung kegagalan.” – Bob Sadino, Belajar Goblok dari Bob Sadino.

4. Jangan Jadi Pengusaha yang Banyak Perhitungan, Action Saja!

Menjalankan bisnis memang tentang uang dan memang harus dikelaloa dengan baik apabila kita mendapatkan keuntungan.

Tetapi, tidak mutlak hal itu harus selalu dilakukan apalagi jika Anda menjadi pengusaha yang banyak perhitungan.

Om Bob Sadino, membeberkan tipsnya agar tidak menjadi pebisnis yang banyak perhitungan adalah Action atau lakukan saja apa yang ingin Anda lakukan.

Karena bisnis adalah tentang melakukan apa yang harus kita lakukan. Melakukan dengan cepat dan dengan sumber daya yang kita miliki.

Banyak pebisnis yang terlalu banyak berpikir untuk membuat rencana hingga ia tidak segera dan cepat melangkah.

Banyak pula pebisnis yang takut rugi padahal bisnisnya belum dijalankan dan ingin mencari untuk duluan.

Menjadi orang yang penuh perhitungan memang perlu, tetapi dalam bisnis harus menjadi orang yang ‘’Nekat’’. Dengan begitu, Anda akan menjadi pebisnis yang siap untuk melangkah dalam kondisi apapun.

5. Menjadi Diri Sendiri

Dalam setiap acara yang beliau isi, Om Bob Sadino selalu berpesan agar para pebisnis bisa menjadi dirinya sendiri dan jangan terus menerus menjadi mesin fotocopy orang lain.

Meniru, melihat, dan memperlajari memang perlu untuk dilakukan. Tetapi, jika Anda ingin sukses maka jangan melakukan hal tersebut.

Sebaiknya adalah jalankan saya apa yang ingin Anda lakukan kemudian jalani sesuatu dari pengalaman yang Anda miliki.

Karena prinsip menjadi diri sendiri itulah, Om Bob Sadino memiliki gaya yang sangat khas dengan selalu mengenakan celana pendek dalam acara dan kondisi apapun. Sehingga Ia dikenal sebagai pengusaha yang nyentrik.

Adapun tips memulai usaha baru dari Dewa Eka Prayoga adalah sebagai berikut;

6. Pilih Mentor yang Mumpuni

Untuk membangun bisnis itu terutama pebisnis pemula tidak bisa berjalan sendiri. Karena itu, Anda bisa menunjuk salah satu mentor bisnis yang menurut Anda kompeten dalam hal tersebut.

Untuk para pebisnis pemula, sangat disarankan untuk memiliki mentor yang bisa membantu Anda untuk memulai bisnis sedari awal dari mulai perencanaan, target pasar, penentuan omset, dan lain sebagainya.

7. Ikuti Seminar, Workshop, Training Tentang Bisnis

Saat ini banyak para pebisnis handal yang mengadakan acara seminar, workshop, atau training tentang bisnis.

Pebisnis pemula perlu mengikuti planning tersebut agar mendapatkan ilmu yang mumpuni dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Tentu saja bukan sekedar pelatihan, karena di tempat itulah Anda bisa membangun jaringan dengan bertemu banyak orang dengan beragam profesi dan juga pengalaman yang berbeda-beda tentang bisnis.

Jangan ragu untuk mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mengikuti pelatihan tersebut. Karena sejatinya, biaya yang dikeluarkan merupakan sebuah investasi untuk masa depan terutama dalam bisnis yang Anda jalankan.

8. Ikuti Komunitas Bisnis

Tips berikutnya yang disarankan oleh Dewa Eka Prayoga adalah mengikuti komunitas bisnis.

Dimana dengan bertemu dengan orang-orang yang memiliki tujuan sama, maka akan memiliki dampak positif terhadap kemajuan bisnis Anda.

Dengan mengikuti komunitas, Anda bisa membagi pengalaman atau mendapatkan pengalaman berharga dari orang-orang yang memang kompeten di bidangnya.

Sehingga, tidak lagi patah semangat bila bisnis yang dijalankan tidak sesuai dengan rencana.

9. Belajar dari Kegagalan

Sebelum Dewa Eka dikenal sebagai pebisnis yang sukses, dia pun pernah mengalami kegalalan dalam hal berbisnis. Tidak hanya sekali tetapi berkali-kali hingga harus memiliki hutang yang jumlahnya mencapai miliyaran rupiah.

Bangkitnya ia dari kegagalan terinspirasi dari mentornya yang Heppy Trenggono yang pernah bangkrut. Tetapi mentornya tersebut bisa membangun kembali bisnisnya dan menyelesaikan masalah yang ada pada bisnisnya hingga bisa mencapai kesuksesan.

Begitupun dengan Dewa Eka, dari sanalah ia mulai bangkit dan mencari solusi dari bisnis yang dijalankannya sehingga bisa memiliki banyak lini bisnis yang membuatnya sukses seperti saat ini.

10. Harus Berani Mempunyai Rencana dalam Mengembangkan Bisnis

Dewa Eka Prayoga memiliki sebuah prinsip ‘’Tidak semua yang kita rencanakan itu pasti berhasil. Apalagi tidak merencanakan’’ karena itu setiap pebisnis Harus berani memiliki rencana untuk pengembangan bisnisnya.

Kita boleh mengerjakan sesuatu sesuai dengan apa yang kita mau. Tetapi, kita juga harus berani untuk mengembangkan bisnis kita. Tanpa adanya keberanian, bisnis yang dijalankan pun akan ‘’berjalan’’ ditempat alias tidak berkembang.

Bagaimana sudahkah Anda semakin mantap untuk berbisnis? Semoga Bisnis yang Anda jalankan bisa sukses melebihi pebisnis-pebisnis hebat di negeri ini

Bagikan ;