10 Tips Menabung Bagi Karyawan yang Bergaji Kecil

Sebagai seorang karyawan, biasanya gaji yang akan diterima setiap bulannya tidak akan terlalu besar. Rata-rata penghasilan yang akan didapatkan oleh karyawan berkisar antara Rp 1,8 – Rp 3 juta per bulan serta tergantung daerah tempat Anda tinggal.

Gaji yang tidak begitu besar, kerap menjadi sumber masalah yang bisa berefek pada banyak hal terutama jika Anda sudah berkeluarga.

Terkadang dengan nominal gaji tersebut sangat pas bahkan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Alhasil, impian ingin memiliki tabungan untuk hal lain pun tidak pernah tercapai.

Namun ketika Anda ingin memiliki tabungan, perkara ini bukan tentang gaji kecil atau besar karena ada pula yang mendapatkan gaji kecil, tetapi masih cukup untuk menabung, begitupun sebaliknya, gaji besar tetapi gaya hidup tinggi bisa membuat seseorang tidak bisa untuk menabung.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki tabungan namun gaji kecil masih ada harapan untuk melakukannya. Anda sudah berada di halaman website yang tepat untuk bisa mempraktekannya.

Bagaimana, sudah siap untuk menyimak pembahasan dengan tema ini? Yuk, ikuti pembahasannya di bawah ini!

Langkah Cara Menabung dengan Gaji Kecil

1. Tentukan Target Pribadi Anda

Tentukan Target Pribadi

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan keinginan. Tentunya jika gaji yang didapatkan tidak sesuai harapan, kerap kali keinginan tersebut harus ditunda terlebih dahulu sebelum semuanya mencukupi.

Tentunya, Anda harus menentukan kebutuhan pribadi terlebih dahulu guna berlangsungnya hidup yang dijalani.

Oleh karena itu, sangat pentung kiranya untuk menentukan target pribadi Anda yang dimuai dari menyimpan anggaran untuk keperluan pribadi.

Caranya yaitu dengan menetapkan nominal yang akan disimpan serta uang yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Besaran nominal yang ditentukan pastinya bersumber dari gaji yang diterima setiap bulannya yaitu berkisar 10-25 %.

Sebaiknya jangan melebihi persenan di atas, walaupun baik tetapi kebutuhan sehari-hari Anda tidak akan terpenuhi. Alangkah lebih baik jika ingat dengan pepatah ‘’sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit’’.

Artinya, walaupun sedikit tabungan yang disisihkan apabila dilakukan dengan konsisten akan mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mengatur Anggaran dengan Baik dan Rinci

Membuat anggaran belanja

Salah satu faktor tidak biasnya Anda menabung dikarenkan pengeluaran bulanan yang tidak terkendali.

Oleh karena itu, Anda harus berusaha mengatur pengeluaran dengan baik dan terperinci. Untuk mengaturnya, bisa bekerja sama dengan suami atau istri jika sudah berkeluarga.

Jika belum, bisa meminta bantuan orang tua, adik,atau kakak untuk membantu pengaturan keuangan ini.

Adapun cara mengatur keuangan dengan baik dan rinci bisa dilakukan sebelum gaji bulanan diterima oleh Anda.

Sebelum masa gajian tiba, lakukanlah perhitungan total gaji bersih yang diterima, kemudian lakukan pertimbangan yang ketat ketika akan mengeluarkan uang, dan tulis rincian pengeluaran tersebut.

Dengan penulisan ini, bisa terlihat kebutuan prioritas mana saja yang memang harus didahulukan. Selain itu, terlihat pula kebutuhan mana saja yang belum perlu untuk dibeli atau dimiliki saat itu juga.

Dalam hal ini, Anda harus rela dan mau berkorban untuk menahan diri dari keinginan yang belum layak untuk dimiliki.

3. Membuat Rekening Tabungan Lebih dari Satu

Memiliki rekening tabungan

Untuk Anda yang masih kesulitan mengatur dan mengelola keuangan dengan gaji yang kecil, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuat rekening tabungan lebih dari satu.

Rekening tabungan tersebut bisa dari bank yang sama atau bank yang berbeda. Hal itu ditentukan dari ada tidaknya program tabungan berencana dari bank tersebut.

Tabungan berencana tersebut, biasanya tidak memiliki ATM, tidak memiliki potongan, dan bisa diambil dalam jangka waktu satu tahun hingga puluhan tahun tergantung produk yang dipilih sedari awal.

Tentu saja dengan tabungan khusus tersebut bisa membuat Anda displin dan bisa menahan diri untuk tidak mengambil gaji.

Adapun nominal yang ditentukan untuk menyimpan di tabungan berencana tersebut berkisar antara Rp 300 ribu hingga jutaan rupiah.

Dengan adanya progam tersebut biasanya sangat membantu Anda yang belum bisa mengelola keuangan.

4. Menerapkan Gaya Hidup yang Hemat

Cara-menghilangkan-gaya-hidup-konsumtif

Seorang karyawan yang mendapat gaji dengan digit dua angka belum tentu kebutuhan sehari-harinya tercukupi apabila gaya hidup yang diterapkan sangat berlebihan.

Maka dari itu, gaji Anda besar atau kecil jika gaya hidup terlalu berlebihan tentu tidak akan bisa menabung. Jangankan untuk menabung, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun belum tentu tercukupi.  

Jika dirasa, faktor utamanya adalah karena hal ini, maka yang perlu dilakukan adalah mengubah gaya hidup. Ubahlah gaya hidup berlebihan menjadi gaya hidup yang hemat.

Seperti kata pepatah yang sedari dulu diketahui, Hemat pangkal kaya. Hidup hemat bukan berarti pelit. Alih-alih ingin makan dengan menu sederhana melainkan menu alakdarnya yang mebuat kebutuhan gizi Anda tidak terpenuhi.

Adapun contoh hemat yang dimaksud adalah sebagai berikut, jika Anda ingin jalan-jalan usahakan dalam keadaan kenyang agar tidak lapar mata saat berpergian.

Jika terpaksa harus makan diluar, carilah restoran yang harganya terjangkau namun masih bisa mengenyangkan dan sehat.

Jika setiap minggu digunakan untuk bioskop, sebaiknya dikurangi frekuensi waktunya. Atau lebih hemat jika menontonnya lewat streaming atau aplikasi film yang mendukung.

Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang bagaimana agar hidup hemat dan menghindari gaya hidup boros disini.

Tentunya masih banyak contoh-contoh lain yang bisa dilakukan, sesuaikan dengan kondisi dan situasi yang dihadapi.

5. Berusaha untuk Menabung Setiap Hari

Cara tetap menabung meski gaji anda kecil

Langkah berikutnya adalah denga berusaha menabung setiap hari dari pengeluaran yang Anda keluarkan sehari-hari.

Artinya, selain wajib memiliki tabungan bulanan, usahakan untuk bisa menabung di rumah dari sisa pengeluaran uang sehari-hari.

Misalnya, jika Anda sudah berhasil untuk melakukan gaya hidup hemat, ketika belanja bulanan atau makanan sehari-hari ada sisa uang dari pengeluaran tersebut, mak bisa untuk ditabungkan.

Agar misi di atas bisa berjalan dengan baik, langkah sederhana yang perlu dilakukan adalah membeli atau membuat celengan untuk menyimpan uang tersebut.

Jika Anda sudah berkeluarga, ajak pula anggota keluarga untuk menerapkan hal ini agar mereka terbiasa hidup hemat dan bisa untuk menabung.

Uang ditabungkan boleh jadi tidak sebesar tabungan bulanan, tetapi jika dirutinkan setiap harinya bisa menghasilkan uang yang berguna di beberapa bulan atau tahun mendatang.

Selain dari uang belanja sehari-hari, uang untuk menabung pun bisa disisihkan dari uang transportasi, serta cost uang lainnya yang memungkinkan untuk dihemat.

Baca juga : 4 Tabungan Digital Terbaik Tawarkan Banyak Keunggulan

Namun, hal ini bukan bersifat wajib karena bisa disesuaikan dengan kondisi Anda. jIka dirasa cukup memiliki tabungan bulanan, tidak masalah lakukan pula dengan konsisten.

6. Menyisihkan Dana Darurat Sejak Awal

Ketika Anda menerima gaji bulanan, selain bersegera untuk bersedekah atau berzakat, sisihkan pula dari awal dana darurat.

Saat Anda sudah menetapkan, maka tidak akan bingung lagi atau ‘’menganggu dana-dana lainnya ketika diperlukan untuk sesuatu.

Besaran dana darurat sendiri disesuaikan persenannya, jadi tidak ada istilah terlalu banyak atau sedikit untuk memiliki dana darurat tersebut.

Dana darurat ini harus dipisahkan sejak awal karena fungsinya sangat penting. Sangat berguna ketika memang ada sesuatu yang terjadi dalam hidup Anda.

Atau boleh jadi dana ini bisa dipakai oleh sanak saudara Anda ketika membutuhkan. Jadi, walaupun gaji kecil tidak ada alasan untuk tidak menabung, bersedekah, dan juga menyimpan dana darurat.

7. Diupayakan untuk Tidak Memiliki Hutang dalam Bentuk Apapun

Diupayakan untuk Tidak Memiliki Hutang dalam Bentuk Apapun

Jika gaya hidup Anda tidak berlebihan, hutang ini tidak akan berlaku dalam hidup Anda karena segala sesuatunya telah dikelola dengan baik.

Ketika Anda memiliki gaji kecil, diupayakan untuk tidak menambah beban dengan banyaknya hutang. Baik hutang kepada orang lain, lembaga, ataupun memiliki cicilan kartu kredit.

Hutang pada orang lain ini jika tidak terlalu mendesak sebaiknya gunakan dana darurat yang dimiliki.

Hutang pada orang lain memang tidak akan memiliki bunga yang banyak, hanya saja Anda harus siap menganggarkan keuangan untuk membayar hutang setiap bulannya dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Adapun, jika Anda memiliki hutang pada lembaga koperasi atau hutang cicilan kredit harus siap menganggarkan dana lebih ketika membayar hutang-hutang tersebut karena pasti memiliki bunga yang harus dibayarkan.

Karena itu diupayakan untuk tidak memiliki hutang dalam bentuk apapun jika memang kondisi Anda terlalu mendesak.

Bagi anda yang sudah terlanjur terlilit hutang, anda bisa membaca Cara Cerdas Hidup Tenang Bebas dari Lilitan Utang.

8. Berusaha untuk Melakukan Investasi

investasi emas

Siapa bilang gaji kecil tidak bisa untuk berinvestasi? Tentu saja sangat bisa karena saat ini banyak sekali jenis investasi yang dilakukan dengan modal kecil.

Salah satunya dengan mencoba untuk berinvestasi emas. Emasi yang dipilih bisa berupa emas perhiasan ataupun logam mulia. Belilah emas dari mulai gram kecil atau disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Emas sangat cocok untuk investasi karena memang harganya cenderung stabil. Bahkan emas ini bisa membelinya dengan cara dicicil.

Pilihan untuk berinvestasi emas ini bisa Anda lakukan jika memang tidak ingin membuka tabungan berencana di bank.

9. Beralih Pada Transportasi Umum

Memiliki kendaraan pribadi memang sangat diuntungkan karena Anda tidak usah bersusah payah untuk menunggu kendaraan umum di satu tempat dan memakan banyak waktu yang cukup lama.

Hanya saja, jika ditelusuri kembali, memiliki kendaraan pribadi pun harus siap dengan resiko bayar pajak, bayar cicilan jika belum lunas, pengeluaran untuk mesin-mesin yang rusak, pengeluaran untuk kebutuhan BBM, dan lain sebagainya.

Sekarang, coba bayangkan bila gaji Anda tidak terlalu besar, uang gaji yang diterima pun boleh jadi akan habis karena untuk urusan kendaraan pribadi.

Jadi, ada baiknya untuk beralih pada transportasi umum untuk menghemat biaya pemeliharaan di atas dan Anda bisa menyisihkan uang untuk ditabunh atau diinvestasikan.

Jika dilihat saat ini, banyak kota-kota besar di Indonesia yang sudah sangat ramah transportasi umum, nah hal itu bisa Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari.

10. Mengendalikan Diri untuk Tidak Berlebihan dalam Berbelanja

Cara berikutnya adalah sebaiknya bisa untuk mengendalikan diri agar tidak berlebihan dalam belanja.

Insting ini biasanya sulit ditahan oleh wanita, apalagi jika sudah melihat barang-barang yang lucu dan menarik.

Sebaiknya kendalikan diri dan belilah barang-barang atau makanan yang memang diperlukan.

Ketika Anda bisa menahan diri, biasanya hal-hal lain pun mudah untuk dilakukan.

Penutup

Nah, itulah dia 10 tips jitu agar bisa menabung walaupun gaji Anda kecil. Dan yang terpenting adalah syukuri atas apa yang telah Anda terima karena hal tersebut didapatkan dengan cara yang halal. Semoga bermanfaat.

Loading...