Tips Menabung Bagi yang Hobi Travelling Meski Gaji Kecil

Bisa berlibur ke sebuah tempat yang memang diidam-idamkan, tentu adalah sebuah kebahagiaan. Apalagi kalau Anda termasuk orang yang senantiasa disibukkan dengan pekerjaan sehari-hari, kesempatan travelling tentu rasanya bak oase di gurun pasir.

Hanya saja kadang keinginan untuk travelling ini harus ditunda atau bahkan dibuang jauh-jauh, karena memang tak bisa dipungkiri, kegiatan liburan ini membutuhkan biaya. Mereka dengan gaji pas-pasan atau bahkan kecil, harus melupakan impian travelling lantaran tak ada uang.

Apakah memang seperti itu? Apakah memang travelling hanya bisa dilakukan mereka yang bergaji besar di atas UMR (Upah Minimum Regional), misalnya? Ooh, tentu saja tidak. Asalkan ada keinginan yang kuat dan kedisiplinan finansial, Anda yang bergaji kecil pun berpeluang untuk travelling ke destinasi impian.

Baca juga: 4 Tabungan Digital Terbaik Tawarkan Banyak Keunggulan

Hanya saja untuk mewujudkan hal tersebut, Anda harus memiliki perencanaan keuangan yang tepat lewat cara menabung. Beruntung, dalam pandemi Covid-19 saat ini yang mana semua orang melakukan pembatasan sosial, adalah waktu tepat untuk mulai menabung demi travelling di tahun depan. Seperti apa? Berikut ini akan kami bahas cara menabung bagi mereka yang ingin travelling, tapi penghasilan pas-pasan.

7 Tips Menabung Untuk Travelling ke Destinasi Impian, Bagi Mereka Bergaji Kecil

1. Tentukan Tujuan dan Biaya

Menentukan tujuan travelling
© Freepik

Hal pertama yang harus dilakukan agar Anda bisa menabung secara tepat untuk kebutuhan travelling adalah, menentukan terlebih dulu tujuan liburan. Misalkan saja, Anda ingin berlibur ke tiga negara Asia Tenggara (Malaysia-Singapura-Thailand), maka tentu budget yang dibutuhkan jelas lebih besar daripada cuma liburan ke Yogyakarta atau Bali sekalipun. Besaran budget travelling ini wajib diketahui jika Anda ingin mulai menabung, mengumpulkan dana liburan.

Dalam menghitung kisaran budget, pastikan Anda memasukkan biaya akomodasi seperti transportasi pulang-pergi (tiket pesawat/bus/kapal laut dan lain-lain). Lalu jangan lupa biaya penginapan, biaya selama ada di lokasi wisata untuk beli makanan, naik atau menyewa alat transportasi, masuk ke tempat wisata serta pembelian oleh-oleh. Jika tujuan dan biaya sudah ditemukan, maka Anda bisa mulai mengalokasikan besaran tabungan yang harus disisihkan dari penghasilan.

2. Pastikan Jadwal Berangkat

Setelah tahu kemana bakal pergi dan kisaran budget yang dibutuhkan saat travelling, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah mengenai jadwal keberangkatan. Lhoh, memangnya mempengaruhi kebutuhan menabung? Sudah pasti. Apalagi kalau Anda bepergian ke luar negeri, di mana harga tiket pesawat akan berubah-ubah di hari tertentu. Sekadar informasi, harga tiket pesawat terbang untuk momen libur akhir tahun dan Idul Fitri, jelas lebih mahal daripada harian. Begitu pula dengan harga tiket pesawat di akhir pekan, lebih tinggi daripada penerbangan Selasa-Kamis.

Karena itulah supaya bisa membuat budget makin efektif, ada baiknya Anda memilih jadwal berangkat liburan di hari-hari normal saja. Tips yang bisa dipertimbangkan, biasanya maskapai memberikan diskon harga tiket pesawat di hari-hari tertentu. Contohnya seperti diskon tiket pesawat hingga 50% jika terbang dalam waktu enam bulan ke depan. Anda juga bisa memanfaatkan momen ini untuk merampingkan budget liburan. Sehingga bisa menentukan besaran tabungan secara lebih optimal.

Baca juga: Strategi Mengatur Keuangan Dengan Gaya Hidup Minimalis dan Sederhana

3. Bikin Tabungan Khusus

Tabungan khusus liburan
© pikisuperstar/Freepik

Tujuan liburan sudah. Kisaran budget travelling juga sudah didapat, lantas apa yang harus dilakukan berikutnya? Sudah pasti membuat wadah tabungan khusus. Jika perlu, buka rekening bank lagi yang memang fokus untuk kebutuhan liburan. Dengan adanya rekening bank tersendiri, Anda tak perlu cemas kalau budget travelling bakalan terpakai dengan kebutuhan sehari-hari. Beruntung saat ini banyak bank sudah memberikan opsi rekening liburan, yang tentunya semakin mempermudah.

Usahakan rekening khusus liburan ini tidak memiliki kartu ATM, sehingga tak ada keinginan untuk menggunakan dana yang sudah disisihkan. Kalau dirasa membuat rekening tabungan khusus terlalu repot, Anda bisa menyisihkan uang di kaleng atau toples khusus yang bisa dilihat sehari-hari.

4. Mulai Menabung dan Konsisten

Nah, jika sudah memiliki media atau wadah untuk menyisihkan penghasilan demi budget liburan, maka hal berikutnya yang paling penting adalah mulai menabung. Kunci sukses agar tabungan bisa terkumpul sesuai rencana adalah dengan konsisten. Contohnya seperti ini, Anda ingin travelling ke Singapura selama seminggu tahun depan. Budget yang dibutuhkan adalah Rp6 juta, sudah termasuk tiket pesawat dan akomodasi selama di luar negeri.

Dalam waktu setahun, kalau Anda menabung setiap memperoleh gaji di akhir bulan, maka minimal yang harus disisihkan adalah Rp500 ribu. Jika sudah mengetahui nominal pasti, lakukan itu dengan disiplin. Bulatkan tekad dengan keinginan kuat agar bisa solo travelling ke Singapura, sehingga mau tak mau setiap bulan harus menyisihkan Rp500 ribu. Bagi Anda yang memiliki gaji Rp2,5 juta per bulan, masih memiliki Rp2 juta untuk kebutuhan hidup.

Jika dirasa penghasilan terlalu mepet, maka semua kembali ke tekad Anda. Mungkin Anda bisa mencoba mencari pekerjaan tambahan seperti menjadi seorang freelancer, atau mengubah destinasi wisata yang jauh lebih terjangkau dalam hal budget. Alih-alih ke Singapura, Anda bisa mengganti tujuan wisata ke Malaysia. Atau jika ingin di Indonesia saja, Yogyakarta, Bali, Bandung atau Palembang bisa sangat menyenangkan.

5. Kontrol Pengeluaran

kontrol pengeluaran
© vecteezy

Agar bisa membuat diri konsisten menyisihkan penghasilan per bulan secara rutin, usahakan untuk mengontrol pengeluaran semaksimal mungkin. Jika perlu, bikin anggaran tiap bulan mengenai pengeluaran yang dibutuhkan. Dengan adanya anggan dan catatan pengeluaran itu, Anda bisa tahu bagian mana yang paling banyak membutuhkan uang. Kalau memang penghasilan digunakan untuk sekadar nongkrong atau beli baju baru, mungkin bisa dikurangi dengan bijaksana.

Melalui kemampuan mengontrol pengeluaran ini, Anda akan menyadari bagian mana yang benar-benar dibutuhkan dan bagian mana yang cuma sekadar diinginkan tapi sebetulnya tidak terlalu berdampak ke rutinitas sehari-hari. Lewat kontrol pengeluaran ini, Anda juga belajar untuk membuat rencana anggaran selama liburan, sehingga diri sendiri sudah terbiasa untuk menjadi pribadi yang disiplin finansial.

Baca juga: Panduan Lengkap Daftar dan Aktivasi Akun Jenius Secara Mudah (Disertai Gambar)!

6. Kumpulkan Recehan

Mungkin tidak banyak yang menduga bahwa uang receh bisa menjadi salah satu penolong tabungan yang ampuh. Kenapa begitu? Karena sehari-hari kita pasti akan memperoleh uang receh yang mana jika dikumpulkan, tanpa sadar memiliki jumlah besar. Recehan bisa Anda dapatkan dari uang kembalian bayar tarif parkir, belanja di minimarket hingga keluar-masuk tol. Kumpulkan koin demi koin recehan ini di dalam kaleng dan biarkan saja selama Anda menabung untuk traveling.

Nanti ketika jadwal travelling sudah di depan mata, Anda bisa membuka kaleng recehan itu dan melihat jumlah uang yang sediki demi sedikit dikumpulkan. Bukan tak mungkin recehan juga ikut membantu menambah budget liburan, bukan?

7. Berburu Promo

berburu promo liburan
© vectorstock

Nah, tips terakhir yang juga berkaitan dengan tata cara menabung demi mempersiapkan budget travelling adalah berburu promo. Lhah, apa kaitannya? Sangat besar. Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, industri wisata adalah salah satu sektor yang paling terkena dampak terburuk. Demi meningkatkan minat wisatawan untuk kembali berkunjung, banyak pemilik hotel, lokasi wisata hingga maskapai penerbangan menawarkan promo gila-gilaan.

Dalam kondisi seperti ini, Anda bisa mulai hunting berbagai promo yang dibutuhkan entah melakukan reservasi hotel bintang lima yang ternyata punya harga bintang tiga, atau memesan kursi tempat duduk pesawat dengan harga terjangkau di akhir pekan. Tentunya supaya bisa memperoleh promo yang optimal, Anda harus memperbanyak infomasi dari penyedia perjalanan wisata.

Baca juga: 12 Kartu Kredit CIMB Niaga Terbaik Saat Ini

Anda juga bisa memanfaatkan kartu kredit yang sangat berguna saat travelling ke luar negeri. Banyak bank penerbit kartu kredit yang memberikan aneka diskon mulai dari pembelian tiket pesawat, pesan kamar hotel hingga belanja di negara lain. Namun ingat, gunakan kartu kredit dengan bijaksana. Jangan sampai Anda bahagia travelling, tapi saat kembali harus stres menanggung tagihan kartu kredit. Ingat juga, tetap sehat dan semangat supaya setelah pandemi Covid-19 berakhir, Anda bisa travelling sepuas hati!

Bagikan ;