7 Tips Jitu Menghilangkan Rasa Takut Gagal dalam Memulai Usaha

Jangan biarkan rasa takut gagal menghantui diri Anda untuk memulai sebuah bisnis. Karena bila hal tersebut masih menghinggapi diri Anda, maka tak akan ada keberanian diri untuk membuka suatu usaha.

Sebaiknya, ketika tekad Anda sudah bulat untuk menjadi seorang pengusaha maka bayangkan sebuah kesuksesan akan menghampiri Anda. Afirmasi tersebut akan sangat berguna untuk menambah rasa percaya diri Anda ketika akan memulai suatu usaha.

Jika hal tersebut tidak bisa dilakukan dan masih sangat terbayang akan kegagalan dalam membuka bisnis. Maka, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk menghiangkan rasa takut gagal dalam memulai usaha.

Seperti apakah tips tersebut? Berikut ulasannya dalam pembahasan 7 Tips Jitu Menghilangkan Rasa Takut Gagal dalam Memulai Usaha.

Baca juga : 7 bidang manajemen bisnis yang harus pengusaha ketahui

Tips Jitu Menghilangkan Rasa Takut Gagal dalam Berwirausaha

1. Mempersiapkan Startegi Bisnis dengan Matang

Buat strategi bisnis yang baik untuk meminimalis kegagalan

Kegagalan yang terjadi dalam berwirausaha salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah dari segi persiapan yang sangat kurang.

Artinya tak ada strategi bisnis yang baik dalam konsep, analisis, pemasaran, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ketika akan membuka sebuah bisnis pikirkanlah dari segi perencanaan bisnis yang matang.

Untuk membuat sebuah perencanaan bisnis tersebut, Anda bisa berguru kepada mentor bisnis yang sudah sukses atau berpengalaman di bidangnya.

Jangan lupa pula untuk membuat sebuah plan rencana bisnis dari A-Z. Hal ini dipersiapkan agar ketika plan A yang Anda buat tidak berjalan dengan lancar. Maka, mmasiha ada rencana bisnis lain yang bisa Anda jalankan.

2. Upgrade diri Tentang Ilmu Berbisnis

Setelah membuat rencana usaha, maka hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengupgrade diri tentang ilmu bisnis.

Ilmu berbisnis penting untuk Anda miliki agar ketika terjadi sebuah kesalahan Anda bisa menyelesaikannya dengan baik.

Saat ini untuk bisa mendapatkan ilmu bisnis pun tak sulit. Banyak di kota-kota besar Indonesia yang menyelenggarakan sebuah seminar atau training bisnis.

Maka, tak ada salahnya untuk mengikuti acara tersebut dengan tujuan untuk mengupgrade diri tentang ilmu berbisnis.

Dalam seminar atau training tersebut akan diajarkan mengenai cara untuk membangun bisnis dari mulai perisapan hingga cara menaikkan omset dari bisnis tersebut.

Baca juga : 10 Hal yang harus Anda lakukan dalam merilis bisnis baru

Terlebih cara untuk menghilangkan rasa takut gagal dalam memulai usaha pun biasanya akan disinggung oleh pemateri.

3. Bekerja sambil Berwirausaha

Takut gagal ini hadir ketika sesoerang tidak bisa meraup keuntungan dari bisnisnya. Tentu saja hal tersebut akan berimbas pada penghasilan yang idapatkan setiap bulannya.

Apalagi ketika modal yang dikeluarkan bukanlah dari dana pribadi melainkan dari orang lain yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Jika faktor tersebut masih terlintas pada diri Anda, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan bekerja sambil berwirausaha.

Artinya, sambil Anda bekerja bisa menjalankan bisnis sampingan yang tidak perlu mengeluarkan modal cukup besar.

Menjalankan dua hal sekaligus tentunya memerlukan tenaga dan perhatian ekstra karenanya , Anda harus pintar mengatur waktu untuk bisa menjalankan keduanya.

Baca juga : 10 Jenis bisnis bagi pemula yang mudah dijalankan

Walaupun terlihat berat, apabila dilakukan dengan tekun akan membuahkan hasil yang sesuai dengan kerja keras Anda. Maka, jangan pernah untuk menyerah.

4. Ikut Komunitas Bisnis

tips agar tidak takut memulai usaha

Jangan sampai semangat Anda untuk berwirausaha surut oleh orang-orang yang tidak mendukung keinginan Anda untuk berwirausaha.

Karena penyebab rasa takut gagal dalam memulai usaha ini bisa dipengaruhi dari orang-orang di sekitar Anda.

Oleh karena itu, sebelum orang-orang di sekitar Anda memadamkan semangat Anda lebih jauh lagi maka yang perlu dilakukan adalah bergabung atau ikut dalam komunitas bisnis.

Dengan bergabungnya Anda dalam komunitas bisnis, bisa mendapatkan pembelajaran baru tentang dunia wirausaha.

Anda akan bertemu dengan pengusaha-pengusaha dari berbagai bidang yang digelutinya. Boleh jadi, diantara rekan Anda tersebut ada jalan lain yang bisa membawa Anda kepada kesuksesan dalam berbisnis.

Yang terpenting dalam mengikuti komunitas tersebut adalah mengamati, meniru, dan juga memodifikasi kesuksesan mereka dalam berwirausaha.

Dengan lingkungan yang positif dan satu visi misi dengan Anda, maka rasa takut gagal dalam memulai usaha pun akan terkikis dengan sendirinya.

5. Berguru Pada Sang Ahli

Sebelum akan memutuskan untuk memulai usaha, ada baiknya untuk mendiskusikan terlebih dahulu dengan pakar bisnis yang Anda percayai.

Mintalah saran tentang peluang usaha yang akan Anda buka dalam waktu dekat. Biasanya sang pakar bisnis tersebut akan memberitahu secara detail keuntungan dan juga kerugian untuk membuka peluang usaha tersebut.

Setelah Anda berguru pada sang ahli, tetap saja segala keputusan ada di tangan Anda. Saran dari sang pakar bisnis tersebut bisa Anda terapkan jika memang cocok dengan Anda.

Setidaknya dengan Anda beguru kepada pakar bisnis, pelan-pelan bisa menghilangkan rasa takut gagal Anda untuk berwirausaha. Karena saat ini Anda sudah memiliki ilmu yang cukup mumpuni.

6. Menyadari Bahwa Kegagalan adalah Awal dari Kesuksesan

Tanamkan dalam diri bahwasannya, kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Anda bisa membaca biografi orang sukses untuk menambah motivasi dalam berwirausaha.

Sejatinya orang-orang sukses tersebut pernah mengalami sebuah episode kegagalan yang membawanya kesuksesan di kemudian hari.

Baca juga : 7 Tips sukses menjaga loyalitas pelanggan agar bisnis melejit

Yakinkan diri Anda, bahwa kegagalan bukanlah sesuatu yang menakutkan. Melainkan sebuah peluang besar untuk bisa meraih kesuksesan yang Anda inginkan.

7. Fokus Pada Proses yang Dijalani

Setiap orang yang membuka usaha tentunya ingin mendapatkan hasil yang menguntungkan. Namun, pebisnis sejati tak akan berhenti di tengah jalan apabila hasil yang diperolehnya tidak sesuai dengan keinginannya.

Karena, setiap pebisnis pasti memiliki sebuah target dalam waktu pendek maupun panjang. Mereka akan selalu menikmati proses yang dijalaninya ketimbang memikirkan hasil yang diperoleh.

Setiap pebisnis memiliki sebuah prinsip, sebuah hasil akhir tak akan pernah mengkhianti setiap proses. Artinya bila proses bisnis yang dijalani seusia dengan koridornya maka hasil yang didapat pun akan sesuai dengan keinginan Anda.

Daftar Pebisnis Sukses di Indonesia

Walaupun pebisnis di Indonesia masih mengalami kekurangan, namun sediit demi sedikit angka tersebut sudah mulai naik. Di Indonesia, saat ini sudah mulai banyak pengusaha-pengusaha sukses yang sudah banyak memakan asam garam kehidupan.

Tak ada salahnya untuk mengenal lebih dekat beberap pengusaha sukses tersebut. mereka membangun bisnis dari mulai nol hingga bisa dikenal sebagai miliyarder.

Diantara pebisnis sukses tersebut adapua yang pernah atau sedang menjabat sebagai menteri. Profil ini ditulis agar bermanfaat untuk Anda yang sedang atau baru memulai sebuah usaha. Lalu siapa sajakah pebisnis dari Indonesia tersebut? Ini Dia ulasannya!

1. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti, namanya saat ini sangat tersohor karena menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan di era pemerintahan Joko Widodo.

Gayanya yang nyentrik dan unik kerap kali mudah untuk dikenali oleh warga masyarakat Indonesia.

Sebelum diangkat menjadi seorang menteri, Susi Pudjiastuti adalah seorang pengusaha sukses yang berasal dari Pangandaran, Jawa barat.

Beliau memulai usaha sebagai pengepul ikan yang kemudian usah tersebut berkembang dalam bidang ekspor yang telah menjelajah benua Asia dan Amerika.

Selain itu usaha yang digelutinya seperti jual beli lobster dan juga bisnis maskapai penerbangan yang diberi nama susi Air.

Beliau pun menagkui untuk bisa seperti sekarang harus menempuh perjalanan yang panjang penuh dengan onak duri yang harus mampu dilewati oleh para pengusaha.

2. Dahlan Iskan

Namanya dikenal sebagai menteri BUMN pada era presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sebelum dikenal sebagai menteri beliau adalah pengusaha yang sukses dalam bidang media yaitu grup Jawa Pos.

Menjadi seorang pengusaha yang sukses dalam bidang media tak pernah terpikirkannya, karena sejak dulu hidup dalam kesusahan.

Namun, dengan kesusahan itulah beliau bisa menemukan jati dirinya dengan menjadi seorang jurnalis. Rupanya jurnalis adalah jalan hidupnya yang membawanya pada kesuksesan hingga saat ini.

Hidupnya yang sederhana, membuat para rakyat mengenalnya sebagai sosk meneteri dan pengusaha yang bersahaja.

Dahlan Iskan telah memebrikan inspirasi kepada seluruh rakyat Indonesia, bahwasanya dengan kerja keras dan pantang menyerah mampu membuatnya pada jalan kesuksesan.

3. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung merupakan salah satu perngusaha tersukses di Indonesia. Cahirul Tanjung atau akrab disapa dengan CT ini pun memiliki usaha dalam bidang media yang cukup berkembang dengan pesat di Indonesia.

Sebelum mencicipi kesuksesan seperti hari ini, CT sudah pernah menjalani usaha yang dilakukannya saat kuliah. Usaha yang dilakukannya saat itu adalah berjualan kaos, buku, hingga membuka usaha foto copyan didekat kampusnya.

Selain menjadi pengusaha, CT pun pernag menjabat sebagai menteri koordinator perekonomian pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhyono.

CT yang dijuluki anak singkong ini telah membuktikan sendiri, bahwasanya kesuksesan tersebut bisa diraih dengan fokus, konsisten, dan pantang menyerah.

4. Aburizal Bakrie

Aburizal Bakrie atau akrab disapa dengan ARB ini sebelum dikenal sebagai ketua umum Golkar di Indonesia, dalam kesehariannya adalah seorang pengusaha sukses.

Bisnis yang dibangunnya cukup banyak meliputi bidang media, properti, infrastruktur, migas, dan juga pertambangan.

Banyaknya bisnis yang dibangun oleh ARB menjadikan beliau sebagai orang terkaya di Indonesia dalam versi majalah Forbes Asia 2007.

Walaupun beberapa bisnis yang digarapnya hasil dari warisan orang tuanya, ARB tak pernah puas akan hal itu.

Beliau membangun bisnis sendiri mulai dari nol sehingga bisnis yang dimilikinya cukup besar dan mengantarnya pada kesuksesan.

Dari beliau pun kita belajar akan ketekunan, pantang menyerah, dan mau terus untuk belajar. Agar bisnis yang sedang dibangun bisa berkembang dengan pesat.

5. Bob Sadino

Nyentrik dan “gila” adalah ciri khas dari pengusaha sukses Indonesia bernama Bob Sadino. Beliau terkenal dengan teori wirausaha yang tidka biasanya namun masuk akal.

Semasa hidupnya, almarhum selalu menggunakan pakaian kemeja putih dengan celana jeans pendek dilengkapi dengan topi cowbonya.

Bob Sadino sendiri berasal dari keluarga yang kaya raya. Sepeninggal kedua orang tuanya beliau mendapatkan warisan yang cukup banyak karena sebagai anak bungus yang saat itu belum bekerja.

Dengan mengandalkan uang warisan beliau pndah ke Belanda untuk menajdi seorang karyawan. Tak lama disana, beliau pun pindah ke Indonesia dan memulai usaha mobil penyewaan mercedesz banz .

Sayangnya, usaha tersebut tidak berlangsung lama karena beliau harus mengalami kecelakaan. Sehingga mobil tersebut tidak bisa untuk digunakan.

Dari sanalah bermula, beliau kehilangan warisan dan juga modal usahanya. Namun, dari keterpurukan itulah beliau merintis usaha kecil-kecilan hingga saat ini dikenal sebagai pengusaha sukses dalam bidang pelayaran, peternakan, dan juga perkebunan.

Ada prinsip yang menarik yang beliau ajarkan untuk semua orang yaitu “Jangan Pernah Cari Untung dan Keberhasilan dalam Bisnis. Kalau Mau Berhasil Justru Kamu Harus Mencari Kegagalan dan Kerugian!”

Penutup

Setiap pengusaha yang sukses pasti akan pernah mengalami kegagalan. Dari kegagalan inilah setiap orang boleh memilih untuk bangkit meneruskan usaha serta memperbaiki kesalahan. Ataupun berdiam diri terpenjara oleh rasa takut yang berkepanjangan.

Tentunya, jIka tekad Anda sudah bulat ingin menjadi seorang pengusaha seperti para pengusaha sukses di atas. Mak bergerak, bangkit, dan belajar dari kesalahan.

Selagi Anda masih muda, habiskan jatah gagal Anda untuk bisa meraih kesuksesan di masa depan. Ingat sebuah proses tak akan pernah mengkhianati hasil. Maka nikmatilah setiap prosesnya untuk bisa menjadi pribadi yang tangguh.

Semoga informasi mengenai 7 Tips Jitu Menghilangkan Rasa Takut Gagal dalam Memulai Usaha ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba, Semoga Sukses Selalu!

Terkait :