10 Tips Penting Sebelum Memulai Bisnis yang Harus Dilakukan

Saat ini, banyak orang yang mencapai kesuksesan dengan cara berbisnis. Memang bisnis saat ini sedang menjadi tren terutama di kalangan anak muda. Bisnis jenisnya ada banyak sekali, mulai dari caffe, restoran, clothingan, dll.

Kini banyak bisnis di jalankan oleh anak muda, alasan berbisnis karena mereka tidak mau menjadi karyawan yang terus menerus bekerja pada orang lain.Memikirkan kalau dia punya mimpi yang harus dicapai. Memang bekerja untuk membangun mimpi sendiri itu lebih menyenangkan ketimbang bekerja untuk membangun mimpi orang lain.

Saat ini banyak orang melakukan apa saja untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis, dan memang banyak sekali anak muda yang sukses berbisnis saat ini. Namun jangan kira sukses dalam berbisnis itu mudah. Menjadi orang sukses dalam dunia bisnis tidak mudah, akan ada banyak sekali rintangan dan tantangan yang harus anda hadapi.

Tapi jangan jadikan itu alasanmu menyerah dalam berbisnis ya.

Berikut tips sukses dalam memulai bisnis.

#1. Pintar mengambil peluang dan fokus pada peluang tersebut

Di zaman yang sudah sangat modern sekarang, kita dituntut untuk pintar memperhatikan peluang yang ada. Kita harus pintar dalam memahami apa yang diinginkan masyarakat saat ini. Kita jangan asal menjual barang padahal tidak banyak konsumen yang membutuhkan barang tersebut.

Fokuslah dengan 1 bisnis dahulu, jangan pernah menjalankan lebih dari 1 bisnis kalau bisnis pertamamu belum juga berhasil. Bayangkan saja Anda belum bisa mengurus 1 bisnis, bagaimana mungkin akan berhasil mengurus bisnis yang lain?

Jadi fokuslah pada 1 bisnismu saja dahulu.

#2. Jalankan bisnis yang Anda sukai

Dengan menjalankan bisnis yang Anda sukai, kemungkinan besar Anda akan menguasai bisnis tersebut. Hal itu karena Anda akan bekerja dengan hati bukan dengan keadaan terpaksa. Jika Anda bekerja dengan keadaan terpaksa, bisa dijamin bisnis mu akan hancur berantakan dan kemungkinan bisnis Anda akan hancur.

Jangan melihat bisnis itu dari pendapatannya yang besar, perhatikan juga apakah Anda sanggup di bisnis itu atau tidak, apakah Anda suka dengan bisnis itu atau tidak, apakah Anda nyaman dengan bisnis itu atau tidak. Kalau semua jawabannya tidak, tinggalkan segera bisnis tersebut.

#3. Anda harus menguasai bisnis yang akan Anda jalankan

Diawal bisnis Anda, Anda pasti akan membutuhkan yang namanya modal. Jika Anda punya modal sendiri tidak apa apa, tapi jika Anda tidak punya modal tetapi berniat mencari modal, kuasai segala hal tentang bisnis Anda, Anda harus tahu apa yang akan didapat keuntungan dari bisnis Anda,

sehingga investor dengan mudah memberikan uangnya untuk menjadi modal Anda. Anda harus bisa menjelaskan secara detail tentang bisnis Anda dan mengapa mereka harus berinvestasi pada usaha Anda.

#4. Bukan hanya dari pengalaman sendiri, tetapi belajar juga dari orang lain

Jangan cuman belajar bisnis dari tutorial yang ada di internet, belajar juga dari orang lain yang sudah lebih dulu memulai bisnis.

Jangan hanya belajar dari pengalaman pribadimu, pelajari juga ilmu bisnis dari pengalaman orang lain, terutaam mereka yang pernah berada di bawah dan sekarang sudah menjadi orang sukses di dunia bisnis. Jangan malu bertanya pada orang yang lebih mengetahui ilmu bisnis ketimbang Anda.

#5. Hidup jangan banyak gaya, sederhana tapi kerja nyata

tips jitu sebelum bisnis

Saat Anda memulai bisnis, lupakan semua hal yang sebenarnya tidak perlu dalam hidup Anda, misalnya gaya. Coba Anda tinggalkan kemewahan yang mungkin Anda harapkan sebelum Anda memulai bisnis. Hilangkan pemikiran kalau Anda sudah sukses dalam berbisnis, Anda akan dipuji orang banyak dan mendapatkan uang banyak.

Itu semua memang penting tetapi jangan berfokus pada itu karena niat Anda dalam berbisnis akan hilang ketika Anda gagal walau hanya sekali, sebab expatasi Anda soal bisnis berbeda dengan apa yang Anda dapatkan di dunia nyata. Ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis, hiduplah dengan sederhana dan lakukan pekerjaan yang nyata.

Baca juga :

#6. Kalau gagal coba lagi

Sangat jarang sekali ada bisnis yang langsung sukses dalam sekali percobaan, kalau pun bisa maka keberhasilan itu biasanya tidak akan berlangsung lama, sebab Anda tidak merasakan bagaimana susahnya dalam membangun kepercayaan terhadap produk yang Anda jual. Ketika Anda gagal dalam sekali percobaan, pilihan Anda hanya ada 2, lanjut atau berhenti.

Jika Anda memilih lanjut maka mimpimu masih bisa Anda kejar dan Anda wujudkan, tapi jika Anda memilih berhenti, mimpi Anda akan direbut oleh orang lain. Sakit bukan? Karena itu ketika Anda mengalami kegagalan, jangan langsung cepat putus asa, teruslah berusaha. Apalagi baru kegagalan yang pertama. Ingatlah bahwa tidak ada pengusaha sukses yang tidak perbah gagal, semua pengusaha pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan.

#7. Buat konsep yang bagus dan tunjukkan pada investor

Untuk menarik hati para investor, buatlah konsep yang terbaik yang bisa Anda buat. Usahakan supaya dengan melihat konsep Anda, maka investor akan tertarik memberikan modal untuk Anda. Jika konsep bisnismu biasa saja, bagaimana seorang investor bisa mempercayakan uangnya untuk Anda pergunakan?

Buatlah konsep yang menguntungkan investor, supaya investor dengan mudah untuk mengeluarkan uangnya untuk modal Anda. Jika konsep Anda belum bagus, jangan harap ada investor mau mengeluarkan uangnya untuk modal Anda, tapi jika Anda membuat konsep bisnis yang terbaik, maka investor itu sendiri yang akan menghubungi Anda untuk memberikan uangnya untuk modal Anda

#8. Ingat kesehatan

Kesuksesan dalam berbisnis memang sangat perlu, tetapi jangan pernah melupakan urusan kesehatan Anda. Semua yang Anda lakukan itu tidak akan ada gunanya jika Anda sakit gara gara tertalu fokus pada bisnis Anda. Lagi pula, jika kesehatanmu terganggu maka Anda tidak akan bisa fokus dalam berbisnis, hasilnya bisnis Anda bisa berantakan dan lebih parahnya lagi bisnis Anda bisa hancur.

Karena itu usahakan untuk menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga, makan yang teratur dan pintar mengatur waktu istirahat. Untuk itu usahakan untuk menyeimbangkan pekerjaan dengan kesehatan Anda. Jangan berat sebelah.

#9. Lakukan pergerakan, jangan hanya bermimpi dan berkata

tips persiapan sebelum bisnis

Jika Anda sudah memutuskan untuk memulai bisnis, lakukan sekarang juga, jangan pernah menunda nundanya lagi. Jika Anda selalu menunda-nunda pekerjaan Anda, kapan lagi bisnis Anda bisa terlaksana? Orang akan lebih percaya tindakan nyata mu ketimbang dengan kata katamu.

Buktikan kepada semua orang kalau Anda adalah seorang pengusaha muda yang sukses. Ingat, ketika Anda menunda sebuah pekerjaan hari ini maka Anda menutup pintu kesuksesanmu untuk besok. Percuma konsep Anda bangun dengan bagus tapi jika Anda selalu menunda pekerjaan maka investor juga tidak akan memberikan uangnya untuk modal Anda. Konsumen juga akan lari dari Anda jika Anda angin anginan dalam melakukan bisnis.

#10. Promosi

Ini adalah hal yang penting. Untuk apa bisnis Anda buat kalau Anda tidak mempromosikannya. Anda bisa mempromosikan dengan cara offline ataupun dengan online. Promosikan bisnis Anda, bisa kepada keluarga, sahabat, teman, pacar, atau siapa pun. Anda juga bisa mempromosikannya lewat internet, melalui media sosial atau menggunakan jasa periklanan online.

Penutup :

Bisnis itu tentang apa yang direncanakan dan bagaimana merealisasikanya, karena seorang pebisnis yang sukses adalah konseptor dan eksekutor yang baik.

Itu adalah 10 tips sebelum Anda memulai bisnis, semoga dapat bermanfaat.