10 Tips Sukses Jual Beli Tas Branded dan Strateginya

Sebelum membahas tips sukses jual beli tas branded, kita sedikit bahas apa itu tas dan fungsinya. Tas merupakan salah satu aksesoris yang dibutuhkan dan berguna bagi kaum hawa ketika sedang keluar rumah.

Dengan membawa tas para perempuan ini bisa menyimpan barang-barang seperti uang, hp, make up, makanan minuman, dll. Selain sebagai tempat barang bawaan, tas juga berguna sebagai penunjang penampilan.

Tas sebagai penunjang penampilan bisa dilihat dari berbagai sisi. Mulai dari bentuk, warna hingga harga tas yang digunakan. Seorang remaja dapat dikatakan fashionable jika ia bisa memadu padankan tas dengan pakaian yang sedang ia gunakan. Seseorang dapat dikatakan hidup mewah jika menggunakan tas yang branded.

Sudah bukan rahasia lagi jika tas branded identik dengan kehidupan sosialita. Pasalnya harga satu buah tas saja bisa mencapai ratusan hingga miliaran rupiah. Harga ini biasanya tergantung “brand” apa yang mengeluarkannya. Semakin besar Namanya, semakin terbatas produksinya, akan semakin tinggi pula harganya.

Dengan harga yang biasanya selalu mengalami kenaikan dan banyak peminat, jual beli tas branded menjadi salah satu peluang untuk kamu yang ingin memulai bisnis.

Berikut 10 tips sukses jual beli tas branded,

1. Update Informasi Mengenai Tas Branded

Informasi mengenai brand tas mana saja yang dicari dan diminati adalah patokan awal untuk memulai bisnismu.

Informasi Mengenai Tas Branded
Informasi Mengenai Tas Branded

Biasanya brand-brand tas yang dicari adalah Hermes, Louis Vuitton, Gucci, Chanel, Dior, atau Balenciaga. Beberapa brand ini biasanya bisa dijadikan investasi karena dapat dijual kembali dengan harga yang lebih mahal.

Lalu dari berbagai brand tersebut tas mana yang sekarang sedang dicari? Kamu bisa melakukan riset produk dengan cara mengamati media social atau kehidupan artis-artis papan dalam dan luar negeri.

Biasanya para artis tersebut menjadi trendsetter bagi pecinta tas branded. Semakin aktif kamu mengikuti gaya hidup mereka, semakin update datamu untuk mengetahui brand mana yang akan laku.

2. Miliki Distributor Terpercaya

Sejauh ini tas branded yang banyak digemari pasti berasal dari luar negeri, bahkan sudah identik dengan luar negeri. Gerai-gerai tas branded juga banyak yang ada di Indonesia.

Miliki Distributor Terpercaya
Miliki Distributor Terpercaya

Tapi harga yang ada di gerai Indonesia dengan luar negeri pasti berbeda. Di luar negeripun tidak sama antara satu toko dengan toko lainnya. Maka dari itu, penting untuk kamu memiliki distributor agar mendapat keuntungan yang maksimal dengan kualitas masksimal pula.

Tidak harus distributor dari tokonya langsung, kamu bisa bekerja sama dengan teman atau saudaramu yang berada di luar negeri.

Dengan kamu memiliki orang terpercaya tersebut, urusan supply produk akan menjadi mudah. Bahkan kamu bisa mendapat untung lebih maksimal jika update mengenai diskon yang sedang ditawarkan brand tersebut.

3. Bergabung Dengan Komunitas

Komunitas tertentu adalah lahan tempat kamu menjual tas branded. Untuk produk yang berbentuk tas branded pastikan komunitas yang kamu masuki “bisa membelinya”.

Bergabung Dengan Komunitas
Bergabung Dengan Komunitas

Lebih mudah lagi jika komunitas tersebut spesifik pecinta tas branded. Dengan bergabung Bersama komunitas, kamu bisa langsung menawarkan katalog atau jasa pre order kepada mereka.

4. Menentukan Pembeli

Dengan masuk ke komunitas-komunitas tertentu kamu bisa mencari tahu secara mayoritas mereka minat dengan tas yang mana.

Menentukan Pembeli
Menentukan Pembeli

Dari sana kamu bisa mengkerucutkan siapa saja orang-orang yang bisa kamu tawari tas brandedmu. Lebih bagus jika kamu tahu spesifik orang tersebut menyukai tas yang mana.

Biasanya orang-orang tertentu memiliki kecenderungan tertentu. Kamu harus bisa membaca dengan cara mengamati kebiasaan dan gaya hidupnya.

Dengan mengamati gaya hidup, kamu bisa menawarkan tas yang tepat sesuai dengan keinginan dan kemampuan membelinya.

5. Gunakan Tas dengan Brand yang akan kamu jual

Dengan menggunakan tas branded kamu bisa menaikkan tingkat kepercayaan orang lain kepadamu. Dari sini kamu juga bisa belajar bagaimana cara merawatnya dengan benar.

Gunakan Tas dengan Brand
Gunakan Tas dengan Brand

Kamu juga bisa memperlihatkan bahwa tas yang kamu sediakan benar-benar ori dan bagus. Pembeli akan lebih mudah percaya dan tergiur jika kamu menggunakan brand yang kamu jual itu.

6. Memiliki Koleksi Tas Branded

Dengan memiliki beberapa tas, pembeli yang belum tahu tas apa yang ingin ia beli punya pilihan. Semakin banyak pilihan, semakin besar pula potensi koleksi tasmu dibeli.

Memiliki Koleksi Tas Branded
Memiliki Koleksi Tas Branded

Sediakan saja beberapa model dengan harga dan bentuk yang berbeda. Apalagi jika pelangganmu ada kolektor tas branded, kemungkinan besar ia memiliki tas tertentu sangat besar.

Selain itu kamu juga harus melihat jenis tas atau dari brand mana yang pelangganmu belum punya. Hal ini bisa kamu cari tahu dengan terus bergaul dengan mereka.

Baca artikel lainnya, Melirik Bisnis Kain Perca, 7 Produk Yang Bisa Dibuat.

Atau kamu mengingat tas apa saja yang sudah pernah mereka beli. Kamu juga bisa menyediakan tas yang limited edition sehingga nilai jualnya lebih tinggi karena perjuangan untuk mendapatkannya juga tidak mudah.

7. Merawat Koleksi Tas

Merawat tas agar kualitasnya tidak turun sangat penting untuk kamu lakukan. Perawatan tas branded memang terkesan lebih ribet dari tas biasa.

Merawat Koleksi Tas
Merawat Koleksi Tas

Tapi usaha kamu dalam merawat koleksi tas yang akan dijual ini tidak akan sia-sia jika bisnismu sudah berjalan. Untuk merawat tas branded kamu bisa melihat tutorialnya di google atau YouTube. Di sana sudah banyak tips dan trik merawat tas branded yang baik dan benar.

Untuk merawat tas jenis ini tentu kamu perlu bahan dan alat khusus. Maka dari itu sebelum memiliki koleksi tas, kamu harus tahu dulu bagaimana cara merawatnya.

Apa saja alat-alat atau bahan yang perlu disediakan. Misalnya seperti tempat khusus penyimpanan tas yang kesing agar tas tidak jamuran.

8. Perhatikan Tingkat Keaslian Tas

Karena harganya yang mahal, tas branded seringkali ditirualias ada yang palsunya. Biasanya tas-tas palsu ini disebut tas KW, ada KW 1, KW 2, hingga KW 3.

Keaslian Tas

Dari kualitas paling buruk karena berbeda sekali dengan aslinya hingga bagus karena sangat mirip dengan aslinya. Hati-hati dengan tas KW ini karena dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan.

Pelanggan yang kecewa karena dibohongi biasanya akan sulit untuk membeli tas kepada kita lagi. Maka dari itu perhatikan juga distributor kamu.

Cek secara berkala untuk kualitasnya. Biasanya tas branded ada sertifikat asli dan memiliki ciri-ciri tertentu. Bagi kamu yang sudah terbiasa membeli atau memegangnya pasti akan terlatih.

9. Pastikan Ketepatan Waktu

Jika kamu menyediakan jasa pre order untuk tas-tas tertentu atau tas limited edition, pastikan ketepatan waktu adanya tas. Jangan sampai tas yang dipesan datang beberapa hari setelah waktu kesepakatan.

Tips Sukses Jual Beli Tas Branded
Ketepatan waktu

Hal ini akan mengurangi kepuasan bahkan kepercayaan pelanggan. Maka dari itu pastikan juga ekspedisi pengirimannya berjalan lancer atau tidak bermasalah. Misalnya dengan cara menggunakan asuransi untuk tas yang dikirim.

10. Tentukan Strategi Bisnis yang Digunakan

Strategi bisnis dalam jual beli tas branded merupakan cara apa yang kamu gunakan agar tas yang hendak kamu jual dibeli dengan harga yang kamu inginkan (semaksimal mungkin). Ada banyak jenis strategi bisnis yang bisa kamu gunakan. Salah satunya dengan melakukan analisis SWOT.

Strategi Bisnis yang Digunakan
Strategi Bisnis yang Digunakan

Apa itu SWOT sudah diulas pada artikel sebelumnya, namun sedikt kita singgung kembali, SWOT adalah singkatan dari Strength Weaknesses Opportunities dan Threats.

Strength (Kekuatan)

Strength atau kekuatan adalah potensi apa saja yang kamu miliki sehingga bisnis jual beli tas brandedmu berjalan sesuai harapan. Misalnya secara harga kamu bisa memberikan lebih murah dari pada orang lain karena diambil dari pihak pertama. Atau kamu bisa selalu mendapatkan tas keluaran terbaru yang limited edition. Dua kelebihan tersebut dapat menjadi kekuatanmu dibandingkan dengan penjual lainnya.

Atau kamu adalah orang yang mudah bergaul dengan orang baru. Dengan kelebihan tersebut kamu bisa bergaul atau masuk ke banyak komunitas pecinta tas branded. Dari sanalah pelanggan-pelangganmu akan datang dan kamu bisa melakukan transaksi jual beli.
Weaknesses (Kelemahan)

Kelemahan juga menjadi variable yang harus diperhatikan dan dicari solusinya. Contoh kelemahan dalam jual beli tas branded misalnya adalah ekspedisi pengiriman barang yang sering bermasalah. Jasa pengiriman yang sering bermasalah membuat pelangganmu sering protes. Maka dari itu sebelum pelanggan protes kamu sudah harus mempersiapkan solusinya.

Solusi yang dapat kamu lakukan misalnya memberikan kompensasi berupa potongan harga jika barang datang terlambat. Memberikan penjelasan bahwa pengiriman bermasalah. Atau kamu bisa mencari jasa pengiriman baru yang lebih bagus meskipun tarifnya lebih mahal.

Opportunities (Peluang)

Opportunities atau peluang merupakan faktor eksternal yang melingkupi bisnismu. Untuk mendapatkan keuntungan dari peluang yang ada, kamu harus pintar menilai situasi sekitar. Maka dari itu, bergaul dan dekat dengan calon pembeli merupakan suatu keharusan.

Contoh peluang yang bisa kamu dapatkan dalam jual beli tas branded seperti adanya momen awal tahun. Momen awal tahun yang merupakan momen seseorang mendapatkan gaji ke-13 adalah kesempatanmu untuk memasarkan tas dengan keuntungan lebih besar. Dengan trik pemasaran yang tepat, “peluang” mendapat keuntungan akan terbuka semakin besar.

Threats (Ancaman)

Ancaman bisa berupa masalah yang berasal dari ekstarnal bisnis jual beli yang dimiliki. Contohnya seperti adanya penjual lain dalam komunitas yang selama ini menjadi lahan jual belimu. Dengan adanya penjual lain, peluangmu untuk menjual tas menjadi lebih terbatas. Lalu bagaimana caranya agar masalah ini tidak mengganggu bisnismu?

Kamu harus mencari solusi yang tepat entah itu meningkatkan kualitas barang yang dijual, memberikan bonus dan potongan harga, atau melakukan pendekatan secara personal sehingga pelangganmu setia membeli tas branded denganmu.

Persaingan antar penjual dalam bisnis pasti selalu ada. Untuk masalah jangka Panjang, kualitas barang jualan adalah hal nomer satu yang harus diperhatikan. Etika pemasaran yang baik juga akan membuat pelanggan semakin setia. Kadang pelanggan lebih senang membeli ke penjual yang ramah meski harganya mahal dibanding dengan harga murah tapi penjualnya sombong.

Penutup

Itulah beberapa tips dan strategi sukses jual beli tas branded. Dengan menjalankan strategi yang tepat, bisnismu akan bisa berjalan dengan maksimal. Jangan lupa terapkan tips dan trik suksesnya juga. Apabila kamu baru saja menjalankan bisnis maka bersabarlah dalam prosesnya. Karena keuntungan tidak bisa datang dengan sekejap. Ada proses yang harus dijalankan sedikit demi sedikit. Selalu ingat bahwa setiap masalah selalu ada solusinya.

Tinggalkan komentar