8 Tips Tetap Produktif Saat Work From Home Karena Corona

Semakin menggilanya wabah Covid-19 yang disebabkan oleh coronavirus memang membuat perubahan dalam peradaban manusia di dunia. Hingga Selasa (24/3) siang ini, sudah lebih dari 180 negara yang melaporkan adanya kasus Covid-19 termasuk di Indonesia. Di mana untuk pasien positif Covid-19 sudah menyentuh 569 orang.

Pergerakan kasus yang terus bertambah memang memicu kekhawatiran secara luas di seluruh pelosok Tanah Air. Supaya jumlah pasien Covid-19 tidak makin melambung, Presiden Joko Widodo pun akhirnya meminta seluruh rakyat Indonesia untuk melakukan social distancing alias pembatasan sosial.

Seperti namanya, social distancing akhirnya membuat semua orang lebih sering berada di dalam rumah dan menghindari kerumunan massa supaya Covid-19 tidak makin menular. Tentunya anjuran ini akhirnya menuai pro-kontra, karena para pekerja dan pebisnis harus melakukan kegiatan produktif mereka di rumah alias Work From Home (WFH).

Baca juga: Ampuh, Inilah 10 Cara Membuat Promosi Menarik di Instagram!

Menjalankan WFH sebetulnya tidaklah seindah yang dibayangkan, karena justru bekerja di rumah berpeluang membuat seseorang makin tak produktif. Kok bisa? Karena ketika bekerja di dalam rumah, Anda harus siap dengan segala gangguan yang terjadi seperti aktivitas di dapur, lalu lalang orang rumah, hewan peliharaan, rasa malas ingin tidur seharian hingga koneksi internet.

BPJamsostek Tetap Lindungi Para Pekerja yang WFH

meeting online pejabat
© The Jakarta Post

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pandemi Covid-19 ini tidak hanya berimbas ke Indonesia. Bahkan lebih lanjut, resesi global bisa dianggap di depan mata lantaran banyak industri-industri yang limbung. Namun langkah yang cukup luar biasa justru dilakukan raksasa media sosial Facebook.

Perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu bahkan meminta seluruh karyawan mereka untuk bekerja dari rumah alias WFH, demi mengurangi risiko penularan Covid-19 yang sudah menyerang lebih dari 300 ribu orang di seluruh dunia. Tak hanya meminta sekitar 45 ribu pegawai mereka untuk WFH, Facebook juga tetap memberikan bonus tambahan.

Seperti dilansir CNET, Facebook memberikan bonus sebesar US$1.000 (sekitar Rp16 juta) untuk setiap karyawan mereka. Pemberian bonus ini diungkapkan langsung oleh sang CEO yakni Zuckerberg pada pekan lalu. Kendati bonus itu hanya diberikan pada karyawan tetap, Facebook juga siap mengganti biaya yang dikeluarkan para pegawai kontrak untuk alat kerja hingga kebutuhan anak.

Sementara itu di Indonesia, BPJamsostek memastikan akan memberikan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) kepada para pegawai yang perusahaannya memberlakukan WFH. Hal ini diungkapkan langsung oleh Agus Susanto selaku Direktur Utama BPJamsostek, seperti dilansir Sindo News.

Di mana jaminan sosial ketenagakerjaan diberlakukan kepada mereka yang WFH selama jam kerja sesuai ketentuan perusahaan. Lewat skema baru BPJamsostek ini, Anda yang melakukan WFH tentu tak perlu khawatir saat mengalami cedera saat bekerja di rumah. Sehingga pekerja tetap merasa aman dan tenang menjalankan tugas perusahaan.

Inilah 8 Tips Selalu Produktif Meskipun Sedang WFH

Bekerja dari rumah memang terdengar sangat menyenangkan. Anda tidak perlu bangun pagi lalu mandi dan berdesakan di transportasi umum. Namun faktanya, banyak orang yang justru mengaku malas saat WFH lantaran godaan bekerja di rumah jauh lebih besar. Supaya tetap bisa produktif, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan berikut ini:

1. Tetapkan Jam Kerja

jam kerja saat WFH
© VOI

Tips pertama yang bisa Anda terapkan saat bekerja di rumah adalah menetapkan jam kerja. Bahkan jika perlu, sesuaikan dengan waktu di kantor supaya lebih konsentrasi seperti jam 09.00-16.00. Kenapa harus menetapkan jam kerja padahal WFH? Justru ini akan memegang kunci penting dalam membangun fokus pekerjaan.

Jika bekerja di kantor, siapapun akan sangat mudah fokus pada pekerjaan karena memang suasana kantor sangat mendukung. Namun saat di rumah, secara tidak sadar pikiran tentu akan menganggap itu sebagai tempat istirahat yang bisa bikin Anda malas sepanjang hari.

Baca juga: 10 Cara Menjadi Distributor Baju Langsung dari Pabrik

Kalau Anda menyamakan jam WFH dengan jam kantor, tentu tubuh suah terbiasa sehingga Anda pun tak akan kehilangan produktivitas. Bahkan jangan ragu untuk menggunakan seragam kantor dan tetap sarapan tepat waktu, sebelum melakukan WFH supaya tetap terasa benar-benar tengah bekerja.

2. Komunikasikan ke Keluarga dan Rekan Kerja

bekerja di rumah dengan anak
© Reuters

Tidak semua orang memahami yang namanya Work From Home. Terutama untuk anggota keluarga seperti orangtua, pasangan hingga anak yang mungkin menganggap itu cuma sekadar bekerja di rumah. Padahal WFH membutuhkan konsentrasi yang jauh lebih tinggi karena Anda harus tetap melaksanakan kewajiban kantor di lingkungan yang mungkin tidak kondusif.

Agar fokus bekerja tetap bisa muncul saat WFH, ada baiknya kalau Anda mengkomunikasikan hal ini dengan anggota keluarga. Beritahu kepada mereka bahwa Anda tidak bisa diganggu selama bekerja. Kalau Anda sudah berumah tangga dan memiliki anak kecil, tentu WFH bakal jauh lebih sulit karena anak cenderung ingin tahu apa yang dilakukan ayah atau ibu mereka. Sehingga beri si kecil mainan atau minta bantuan orang lain sementara Anda sedang WFH.

Karena itulah dengan membicarakan konsep WFH kepada anggota keluarga, semua orang tentu bisa mendukung aktivitas kerja di rumah ini. Tak hanya keluarga, Anda juga harus tetap menjalin komunikasi selancar di kantor saat tengah WFH bersama para rekan kerja. Manfaatkan perkembangan teknologi dengan tetap membalas email tetap waktu, mengikuti video call hingga melakukan absen di WhatsApp.

3. Tentukan Jam Istirahat

bekerja santai di rumah
© Beepdo

Sekalipun bekerja di rumah, Anda tetap harus memiliki jam istirahat pula. Bekerja di depan layar komputer selama 4-5 jam tentu sangat melelahkan sekalipun dilakukan di rumah. Karena itulah ketika menyusun jadwal kerja, jangan lupa sisipkan waktu istirahat supaya Anda bisa melakukan peregangan di sela-sela waktu kerja hingga makan siang atau beribadah.

Apalagi jika bekerja di rumah, waktu cenderung berjalan lebih cepat sehingga kadang Anda tanpa sadar sudah terlalu fokus dalam pekerjaan, dan lupa istirahat. Hal ini tentu bahaya karena tubuh dan otak tetap butuh rehat sejenak supaya konsentrasi terjaga. Otak yang dibiarkan bekerja selama berjam-jam tanpa istirahat justru bisa bikin Anda frustasi dan malah runyam saat WFH.

Kalau Anda memasang waktu istirahat sesuai dengan jeda istirahat kantor, gunakan hal itu dengan maksimal. Bisa untuk makan camilan, menonton TV, menghirup udara di halaman rumah bersama hewan peliharaan, atau sejenak melihat si kecil bermain. Sekadar informasi, istirahat yang cukup bisa bikin peredaran darah Anda lancar dan pikiran jauh lebih fresh.

4. Pastikan Koneksi Internet

Amunisi paling penting saat WFH adalah koneksi internet. Dengan koneksi internet yang lancar jaya, Anda tentu tetap bisa berkomunikasi dengan rekan kerja atau klien secara online sehingga pekerjaan tetap bisa diselesaikan. Karena itulah tips agar bekerja di rumah tetap produktif adalah dengan memastikan koneksi internet lancar.

Bagi Anda yang memiliki koneksi internet dengan bandwith besar, tentu tak masalah jika harus berselancar sepanjang hari. Namun kalau Anda menggunakan modem bersama dengan anggota keluarga lain, bisa memberikan informasi kepada mereka bahwa Anda tengah WFH, sehingga lebih membutuhkan kelancaran dalam akses internet.

Baca juga: Cara Terbaik Mendapatkan Kepercayaan Calon Pembeli

Supaya koneksi internet lancar, ada baiknya Anda menggunakan jaringan internet kabel yang relatif aman sekalipun terjadi perubahan cuaca. Namun kalau memang terpaksa menggunakan jaringan operator seluler, pastikan memang akses internet yang diberikan cepat dan sinyal stabil. Yang harus diingat, jaringan internet itu haruslah aman karena Anda bakal mengerjakan tugas dari kantor yang bersifat penting dan bukan tak mungkin menggunakan data-data rahasia.

5. Siapkan Ruang Kerja

ruang kerja khusus untuk WFH
© Medium

Tips selanjutnya yang bisa diterapkan saat bekerja di rumah adalah memastikan kalau Anda memiliki ruang kerja sendiri dan cukup nyaman. Tak bisa dipungkiri bahwa suasana sangatlah memberikan dampak besar dalam meningkatkan produktivitas ketika bekerja, terutama saat harus WFH. Suasana rumah yang ramai dan cenderung santai justru bisa bikin seseorang malas dan ingin rebahan saja.

Untuk itulah ada baiknya Anda menyediakan ruangan khusus untuk bekerja yang mungkin lebih sepi seperti di dalam kamar tamu atau garasi rumah. Usahakan tidak membawa laptop ke atas kasur karena itu justru malah bisa bikin malas dan tertidur tanpa sadar. Sediakan pula meja kerja yang nyaman dan bersih agar Anda tidak mudah capek dan bosan.

6. Wajib Punya Target

Tips yang cukup ampuh diterapkan saat WFH adalah menyusun target. Yap, sekalipun Anda bekerja di rumah dan mungkin tidak diawasi oleh atasan, Anda harus memiliki target supaya senantiasa produktif. Pekerjaan yang dijalankan tanpa target justru tak akan bisa maksimal dan malah banyak bermalas-malasan. Dengan adanya target, Anda tentu akan lebih serius saat WFH dan aware akan tugas sehingga tak ada lagi penundaan.

Jika perlu, manfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti Trello yang memungkinkan Anda bisa memantau kinerja. Bahkan kalau Anda yang adalah seorang manajer atau ketua tim, Trello juga bisa dipakai dalam memantau kinerja kelompok dalam satu dashboard. Dengan begitu Anda bisa mengecek siapa yang bekerja sesuai target dan mana yang belum.

7. Peralatan Kerja Optimal

perangkat komputer untuk bekerja
© chromeunboxed

Amunisi berikutnya yang penting saat WFH adalah peralatan kerja seperti komputer atau laptop. Supaya seluruh pekerjaan bisa selesai tanpa masalah, Anda harus memastikan kalau perangkat itu bisa bekerja maksimal. Contohnya pasang terlebih dulu aplikasi yang biasa digunakan di komputer kantor, sehingga Anda tidak perlu repot dan buang-buang waktu lagi.

Pastikan juga komputer/laptop di rumah bisa berfungsi tanpa masalah, dengan berbagai data penting yang diperlukan. Beberapa orang yang bekerja biasanya tidak menggunakan laptop/komputer pribadi dalam waktu lama, sehingga membuat perangkat tersebut bermasalah. Untuk itu lakukan pengecekan terlebih dulu supaya proses WFH bisa lancar.

Baca juga: Inilah 8 Alasan Kenapa Branding Sangat Penting untuk Bisnis Zaman Now!

8. Makan yang Bergizi

maksimal bekerja di rumah
© Gizmologi

Nah, tips terakhir yang juga penting dan tidak bisa dikesampingkan dari kegiatan WFH adalah Anda harus senantiasa makan makanan yang bergizi. Dengan pandemi Covid-19 yang begitu menular, imun tubuh adalah satu-satunya hal yang bisa melawannya. Untuk itulah supaya tidak sakit, Anda harus tetap mengonsumsi makanan yang bergizi.

Jika perlu, sediakan sejumlah vitamin dan selalu jaga kebersihan di dalam rumah. Jangan lupa untuk mengajak serta seluruh anggota keluarga untuk aktif membersihkan tangan dengan sabun, supaya bakteri dan virus berbahaya tidak masuk ke dalam tubuh. Dengan mengikuti anjuran bekerja di rumah secara tepat, Anda akan ikut membantu upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Tetap sehat dan tetap semangat bekerja!

SEKURITAS

INFO

5/5
  • 15% Instant Bonus

  • Min Deposit: $5

  • Regulasi Terjamin

4.5/5
  • Bonus 100% per deposit

  • $1 Deposit Awal

  • Trading Saham dan Forex