21 Tips Sukses Usaha Laundry Kiloan dengan Modal Kecil

Di zaman yang sudah sangat maju ini, banyak orang yang sudah tidak sempat lagi mengurus pekerjaan di rumah, misalnya menyuci baju. Hal itu karena sudah banyak orang yang memiliki kesibukan di luar ketimbang mengurus pekerjaan rumah. Bahkan mereka rela membayar orang untuk menyuci baju mereka, ada juga yang memanfaatkan jasa laundry.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha laundry, ini adalah kesempatan emas. Manfaatkan peluang ini dengan baik, jangan sampai Anda menyianyiakannya. Untuk memulainya, Anda harus mengetahi beberapa tips dalam memulai usaha laundry kiloan.

Jika sebelumnya sudah diulas secara umum bagaimana tips sebelum memulai bisnis, kali ini akan di ulas tentang tips memulai usaha laundry kiloan.

1. Membuat harga yang tepat

Kebanyakan konsumen menilai suatu jasa itu dari harganya. Semakin murah Anda membuat harganya, maka kemungkinan besar konsumen akan banyak yang datang. Sebaliknya, semakin mahal harganya, maka konsumen juga akan berfikir ulang untuk datang ke usaha laundry Anda.

Tapi Anda jangan membuat harga terlalu murah karena akan menciptakan opini negatif dari konsumen. Selain itu jika Anda membuat harga yang terlalu murah, kemungkinan Anda akan rugi. Jadi bagaimana membuat harga yang tepat untuk usaha laundry kiloan? Caranya adalah dengan meneliti atau mensurvei harga yang cocok di daerahmu. Anda harus berfikir apakah usahamu akan laku jika Anda membuat harga seperti itu?

3. Pelayanan prima dan memuaskan

Jika Anda hanya memikirkan tentang harga, maka Anda akan gagal. Perhatikan juga mengenai pelayanan Anda terhadap konsumen. Anda harus memperhatikan apakah konsumenmu puas dengan kinerja usaha laundry kiloan Anda? Jika tidak, maka Anda harus mengubahnya.

Jangan hanya karena pelayanan Anda buruk semua pelangganmu pada kabur. Usahakan usaha laundry kiloan Anda terbuka mulai dari pagi, agar pekerja kantoran banyak yang menjadi pelangganmu.

Selainn itu Anda harus jujur. Misalnya ada uang konsumen Anda yang tertinggal di bajunya, Anda jangan menyentuhnya. Buat apa Anda dapat uang segitu tapi Anda kehilangan pelanggan tetap Anda. Tapi jika Anda jujur, kemungkinan dia juga akan mempromosikan bisnis usaha laundry kiloan Anda kepada teman temannya.

3. Pilih lokasi yang tepat

Lokasi juga menjadi salah satu faktor utama banyaknya konsumen kita. Jika di lingkungan Anda orang orangnya tidak terlalu sibuk dan mereka lebih sering mencuci baju sendiri, maka Anda harus menghentikan niat Anda untuk membuka usaha laundry kiloan di daerah tersebut.

Carilah tempat yang dekat dengan kampus, sekolah, koskosan, dan perkantoran. Biasanya mahasiswa atau pekerja kantoran malas atau tidak sempat untuk mencuci pakaian mereka. Itu adalah kesempatan emas bagi Anda. Manfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan keuntungan dari mereka.

Baca juga : 13 Ide Bisnis yang cocok untuk mahasiswa

Kesalahan memilih tempat usaha laundry kiloan dapat berakibat fatal. Bisa bisa bisnis Anda cepat tutup karena tidak ada yang datang ke usaha laundry Anda.

4. Memilih karyawan yang baik dan berkualitas

Salah satu pendorong majunya suatu usaha adalah mempunyai karyawan yang baik dan berkualitas. Bukan hanya usaha laundry tapi juga semua usaha. Kesalahan memilih karyawan dapat berdampak buruk bagi kemajuan usaha Anda.

Untuk usaha laundry kiloan, carilah yang jujur, pintar menyetrika, pintar mencuci, dan yang paling penting bertanggung jawab.

Setelah Anda mendapatkan karyawan yang berkualitas, Anda juga harus menyetarakan gaji mereka dengan kemampuan mereka. Jika Anda mempunyai banyak pelanggan di usaha laundry Anda, jangan pelit untuk memberi mereka bonus, supaya bulan depan mereka lebih semangat lagi dan tidak lari dari Anda.

5. Melakukan pemasaran secara kreatif

Percuma Anda membuka usaha jika Anda tidak memasarkan usaha Anda. Anda harus bisa berfikir kreatif bagaimana supaya orang orang tahu usaha laundry Anda. Jika tempat Anda adalah pasar yang tepat, bukan tidak mungkin sainganmu bakalan banyak. Jika pemasaranmu sama dengan yang di miliki sainganmu, kemungkinan Anda bakalan kalah.

bisnis loundry kiloan

Anda bisa mempromosikan usaha laundry Anda lewat radio, surat kabar, brosur dan lain lain. Anda juga harus memanfaatkan teknologi saat ini, misalnya dengan mempromosikan usaha laundry Anda lewat website dan media sosial.

Salah  satu cara mempromosikannya adalah misalnya dengan memberikan diskon ketika baru buka atau bahkan cuci pakaian mereka dengan gratis. Kemungkinan besar mahasiswa yang malas mencuci pakaian bakalan datang. Disitu lah kesempatan Anda untuk menunjukkan kualias laundry kiloan Anda.

6. Cari hal baru untuk mengajak konsumen

Cobalah untuk tidak mengajak konsumen dengan hal hal yang biasa. Kemungkinan jika Anda melakukan hal yang biasa dalam menarik konsumen, tidak banyak orang yang bakalan mau datang ke usaha Anda.

Mungkin Anda bisa memulainya dengan membuat kartu member untuk menarik pelanggan. Setiap orang yang datang mencuci pakaiannya ke usaha laundry Anda makan akan mendapatkan poin. Tiap orang yang telah mencapai poin tertentu bisa mencuci pakaian secara gratis.

Jika Anda punya ide lain, coba jalankan di usaha laundry Anda. Semakin menarik ide Anda dalam menarik konsumen, maka semakin banyak orang yang tertarik untuk mencuci pakaian di laundry Anda.

7. Bisa menghargai waktu

Jika Anda saat ini kurang menghargai waktu, maka mulai sekarang Anda harus merubahnya. Tidak menghargai waktu adalah salah satu penyebab kegagalan orang dalan berbisnis, termasuk usaha laundry kiloan.

Jika Anda menjanjikan pakaian konsumen Anda lusa, maka lusa dia harus sudah mendapatkan pakaiannya. Jangan Anda tunda dengan alasan apapun. Sekali Anda tunda berarti Anda telah mengecewakan konsumen.

Satu konsumen yang kecewa sangat berbahaya karena dia bisa saja menceritakan hal negatif dari usaha laundry Anda. Dia akan menyesal dan akan mengajak orang lain supaya tidak mencuci di tempat Anda lagi.

Itu lah guna dari menghargai waktu. Jika Anda terus menerus tepat waktu memberikan pakaian yang telah dicuci kepada konsumen, maka Anda telah membuat banyak orang puas dengan usaha laundry Anda.

8. Terus belajar dari pengalaman

Anda tidak akan bisa langsung berhasil dalam sekali percobaan. Anda akan mendapatkan rintangan yang mungkin akan dapat menurunkan semangat Anda. Teruslah belajar. Ingat kata pepatah, setumpul tumpulnya pisau jika diasah akan tajam juga.

Seperti itu juga kemampuan Anda, jika Anda merasa bakat Anda bukan disitu, cobalah untuk terus belajar. Semakin Anda banyak belajar, maka Anda juga akan banyak mendapatkan pengalaman. Pengalaman yang banyak itulah yang bakalan mengantarkan Anda menuju kesuksesan dalan menjalankan usaha laundry kiloan.

9. Jangan berhenti mencoba

Belajar saja tidak cukup untuk mengantarkanmu untuk meraih kesuksesan usaha laundry. Anda harus terus mencoba. Dengan mencoba maka pengalaman Anda akan semakin terasah.

Dengan mencoba, Anda juga akan tahu letak kesalahan Anda. Setelah mengetahui letak kesalahan Anda dimana, Anda bisa mengubahnya supaya bisnis Anda dapat berjalan terus dengan lancar.

10. Pintar mengolah modal dan biaya

Bisnis sekecil apapun pasti akan membutuhkan modal, termasuk laundry. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup, jalankanlah usaha laundry kecil kecilan. Tapi jika Anda yakin dengan usaha Anda bahwa Anda akan sukses, tidak ada salahnya Anda meminjam duit.

Anda bisa meminjam duit dari keluarga, orangtua, sahabat atau bahkan pacar Anda. Setelah pinjaman Anda dapat, Anda harus sungguh sungguh. Ingat, ada hutang yang harus segera Anda bayar.

Jika Anda tidak yakin dalam usaha laundry Anda, lupakan soal meminjam uang. Mulailah dengan bisnis yang kecil dulu. Perlahan tapi pasti, bisnis kecil tersebut dapat menjadi bisnis yang besat jika Anda olah dengan serius.

Loading...

11. Mengetahui dan mengikuti siklus kebutuhan konsumen

Dengan sering mendengarkan keluhan atau saran dari konsumen, Anda akan membuka salah satu kunci kesuksesan usaha laundry Anda. Anda harus memprioritaskan kebutuhan  konsumen Anda.

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mempunyai pemikiran bahwa pembeli Anda adalah raja. Jangan jadikan keluhan atau saran dari konsumen sebagai salah satu yang akan menjadi penyebab kegagalan Anda. Justru saran dari merekalah yang dapat memajukan usaha laundry Anda.

Misalnya konsumen Anda berkomentar mengenai bau pakaiannya setelah menlaundry pakaian di tempat Anda. Bau pakaiannya menjadi aneh dan menyengat. Anda harus memperbaiki pewangi yang Anda gunakan, bukan malah menyalahkan konsumennya.

12. Mempunyai pemikiran yang cerdas

Maksudnya adalah Anda harus mengetahui trend bisnis yang sedang Anda jalankan. Tentang usaha laundry, Anda harus mengupdate apa saja pewangi atau pembersih yang sedang trend.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan penurunan omset Anda. Jika tiap bulan Anda mengalami kerugian, Anda harus berbenah. Sebagai seorang pengusaha laundry kiloan, Anda harus berfikir cerdas.

Kerugian yang Anda alami belum tentu itu adalah kesalah dari Anda atau karyawan Anda. Bisa jadi pesaing Anda mempunyai kelebihan yang Anda tidak ada, padahal kelebihan  itu sangat digemari konsumen. Itulah gunanya Anda dituntut untuk selalu memperhatikan pasar Anda.

13. Jangan bertindak ceroboh

Ceroboh adalah hal yang paling sering menjatuhkan para pengusaha. Banyak pengusaha muda yang terburu buru menaikkan nama usahanya, tapi tindakannya malah menjatuhkan namanya.

Sebagai manusia, kita memang tidak akan bisa hidup sempurna. Tapi alangkah lebih baik jika kita meminimalkan kesalahan yang kita lakukan.

Misalnya ketika akan mencuci pakaian, jangan pernah Anda mencampurkan segala jenis pakaian dalam sekali cuci. Anda memang bakalan cepat mengerjakannya, tapi Anda tidak akan mendapatkan pujian dari konsumen, melainkan kritikan.

14. Tampil menjadi yang terbaik

Sebagai seorang pengusaha, Anda harus menjauhkan pemikiran bahwa saingan Anda adalah musuh Anda. Ketika memulai usaha laundry kiloan, akan ada banyak sekali pesaing bisnis Anda. Anda harus pintar bagaimana supaya Anda yang menjadi target konsumen.

Jangan pernah memakai cara pintas apalagi cara licik untuk menaikkan nama Anda. Jika Anda memakai cara tersebut, memang masih mungkin nama Anda akan naik, tapi tidak akan bertahan lama.

Hal yang paling menyenangkan dari bisnis sebenarnya adalah prosesnya. Pengusaha yang benar benar sukses adalah orang yang menikmati proses. Jadi, nikmati lah proses Anda memulai usaha laundry kiloan Anda.

15. Berpikir kreatif untuk memajukan usaha laundry Anda

Berpikirlah dengan kreatif ketika akan menjalankan usaha laundry Anda. Anda harus mengingat bahwa saingan Anda tidak sedikit karena ini adalah salah satu bisnis yang menjanjikan.

Kalau Anda hanya membuka jasa laundry kiloan untuk pakaian umum saja, maka keuntungan Anda juga tidak banyak. Cobalah untuk membuka usaha laundry untuk tas, sepatu, atau pun boneka.

Semakin banyak jasa laundry Anda, maka akan semakin banyak juga orang yang akan datang ke usaha laundry Anda. Selain itu, Anda juga harus berinovatif mengenai pewangi Anda. Carilah saat ini yang sedang diinginkan konsumen.

16. Menguasai teknik laundry yang baik

Sebagai seseorang yang akan menjalankan usaha laundry, Anda harus mengetahui teknik laundry yang baik. Setidaknya Anda harus mengetahui cara mencuci pakaian dengan bersih.

Anda juga harus mengetahui bagaimana cara memilih pembersih dan pewangi pakaian. Anda harus mengetahui kelemahan dan kelebihan dari setiap merek pencuci dan pewangi pakaian.

Selain itu, Anda harus mengetahui apakah pembersih dan pewangi pakaian itu sama dengan pembersih dan pewangi untuk sepatu, tas, dan boneka?

17. Pilih peralatan yang berkualitas

Akan percuma Anda mengetahui teknik usaha laundry jika Anda tidak mempunyai peralatan yang berkualitas. Peralatan yang berkualitas bukan soal harga, tapi juga soal kualitas.

Peralatan yang berkualitas dapat membuat pakaian menjadi tahan lama dan menjadi sangat bersih. Jadi perhatikan mesin cuci Anda, pembersih dan juga pewangi.

Pilihlah mesin cuci yang tahan lama tapi harganya terjangkau. Jangan asal pilih merek mesin cuci, biasanya beda merek beda kualitas. Begitu juga dengan pembersih dan pewangi.

18. Buat promosi dadakan

Ketika Anda menjalankan usaha laundry kiloan, jangan pernah takut memberikan promosi. Promosi dapat menarik perhatian para konsumen, misalnya dengan memberikan diskon.

Konsumen biasanya akan lebih tertarik mengunjungi tempat yang memberikan diskon. Apalagi Anda memberikan diskon yang sangat menarik.

Selain diskon, Anda juga dapat membuat semacam hadiah bagi orang yang sudah menjadi pelanggan tetap Anda. Misalnya mencuci pakaian gratis selama 2 hari. Promosi tidak akan merugikan Anda jika Anda pintar mengelolanya.

19. Berpakaian yang bersih juga

Berpakaianlah yang bersih. Jika Anda memakai pakaian yang kotor dan banyak noda, orang tidak akan percaya kalau Anda dapat membersihkan pakaiannya. Membersihkan pakaian sendiri aja Anda tidak bisa, bagaimana membersihkan pakaian orang lain.

Dengan Anda memakai pakaian yang bersih juga, Anda akan menunjukkan hal positif mengenai diri Anda kepada orang lain.

Selain itu, Anda juga harus tampil wangi, terutama saat sedang mendapat klien di tempat usaha laundry Anda. Dengan Anda tampil wangi, maka orang orang akan berfikir kalau laundry di tempat Anda dapat membuat pakaian kita menjadi wangi. Tapi jangan buat wangi yang berlebihan, selain Anda rugi, itu juga dapat memperburuk wangi pakaian.

20. Segera mulai

Jika Anda merasa Anda sudah cukup matang untuk memulai usaha laundry kiloan Anda, segera mulai. Jangan menunggu waktu yang baik lagi. Semua waktu itu baik jika kita gunakan dengan baik.

Mulai dari yang kecil dahulu, baru setelah itu kembangkan agar usaha laundry kiloanmu menjadi tambah besar. Semakin besar usaha laundrymu, maka tingkat kepercayaan konsumen akan semakin meningkat juga.

21. Buka cabang

Jika usaha laundrymu berjalan dengan lancar dan semakin besar, tidak ada salahnya jika Anda membuka usaha laundry lagi di lain tempat yang menurut Anda lokasinya strategis. Semakin banyak usaha laundry Anda, maka keuntungan juga akan semakin banyak.

Akan tetapi jika Anda memutuskan untuk membuka cabang lagi, pastikan usaha laundrymu saat ini memang sudah benar benar Anda kuasai, jangan asal buka cabang.

Artikel Terkait :

Loading...