9 Tools SEO Gratis Untuk Cari Uang Online Lewat Blogging

Saat memulai blogging, memang tidak ada salahnya untuk fokus membuat konten-konten yang Anda minati dan kuasai. Namun tenyata untuk mengembangkan dan membuat blog agar bisa menghasilkan uang bagi para creatornya, faktor keberhasilannya bukan hanya konten saja. Kita perlu memperhatikan teknik SEO, termasuk di dalamnya adalah tentang bagaimana cara menggunakan tools SEO.

Ada berbagai alasan kenapa kita perlu mengoptimasi blog dengan teknik SEO seperti :

  • Mendatang pengunjung secara natural (traffic organik)
    Di Indonesia sendiri, lebih dari 70% pengguna internet mencari informasi seputar barang, jasa dan hal lainnya lewat Google. Biasanya mereka hanya mengklik situs di halaman pertama saja. Jadi sudah terbayang kan, betapa ruginya jika bisnis atau blog Anda tidak bisa muncul di halaman pertama?
  • Mendapatkan pengunjung yang berkualitas dan stabil
    Karena pengunjung yang mampir ke situs cocok dan merasa bahwa konten yang kita bagikan di blog bermanfaat, maka mereka akan datang kembali tanpa di minta. Selain itu, perpaduan SEO yang tepat dan konten yang berkualitas akan bisa mneyasar target pengunjung yang cocok dengan tema dan karakter blog sehingga akan awet.
  • Biaya lebih murah untuk mendapatkan brand awareness
    Traffic pasti di butuhkan untuk meningkatkan brandawarness. Iklan memang bisa mendatangkan traffic dengan cepat, namun setelah iklan di non-aktifkan maka jaminan traffic akan bertahan lebih kecil. Selain itu, yang pasti iklan itu berbayar dan punya aturan main tertentu untuk bisa bersaing dengan pengiklan lain. Sedangkan SEO, walaupun membutuhkan proses dan waktu biayanya sudah tentu lebih murah dan bahkan bisa 100% gratis dengan memanfaatkan tools SEO gratis.

Sekarang kita sudah tahu bahwa optimasi blog adalah salah satu langkah penting agar blog yang kita kelola bisa berkembang dan menghasilkan uang.

Ketika mulai mengoptimasi blog, tentunya tools SEO menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan. Nah, tahukah Anda bahwa kini karena semakin pesatnya perkembangan teknologi, tools SEO juga semakin canggih dan keren.

Berikut adalah beberapa tools SEO gratis dan juga berbayar yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar mengoptimasi blog Anda!

1. Tools SEO Gratis Pertama Google Search Console

Anda pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Google Search Console (GSC). Tools khusus SEO dari Google ini bisa Anda gunakan secara gratis untuk membantu Anda mengembangkan blog.

Fungsi dari GSC adalah agar Anda bisa memantau dan mencari tahu masalah yang terjadi pada situs Anda di mata mesin pencari Google. Mulai dari :

  • Memeriksa URL situs Anda (indexing)
    Jika setelah pemeriksaan ternyata URL situs Anda tidak terindex di mesin pencari, maka And abisa meminta pengindeks-an. Lama atau tidaknya proses crawl, tidak bisa di pastikan tapi berdasarkan pengalaman untuk blog baru butuh waktu 2-3 hari sampai halaman situs yang Anda periksa benar-benar dapat indeks oleh Google.
  • Melihat kinerja situs
    Google Seacrh Console bisa membantu Anda untuk mengetahui mana halaman yang paling banyak di klik,
  • Mendeteksi masalah keamanan situs
    Kita semua tahu, bahwa ada yang namanya kejahatan cyber. Dengan salah satu fitur GSC, Anda bisa mendeteksi apakah ada masalah keamanan pada situs Anda ataukah tidak.

Selain fitur-fitur di atas, masih ada beberapa fitur lain dari GSC yang bisa membantu Anda mengembangkan SEO situs Anda.

2. Google Analytics

tools seo gratis
Google Analytics

Tools SEO gratis selanjutnya yakni Google analytics (GA). Bedanya apa dengan Google console? Jelas berbeda. Google analytics berfokus untuk mengetahui bagaimana kebiasaan perilaku pengunjung situs Anda.

Anda bisa lebih memahami para pengunjung situs dengan data yang lebih valid dan rinci. Dengan begitu, Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai pijakan strategi pengembangan situs selanjutnya.

Bukan hanya bisa mengetahui jumlah pengunjung. Google analytics juga bisa menunjukan data realtime pengunjung yang sedang terjadi di situs Anda.

GA juga bisa menunjukan data dari mana saja Anda mendapatkan pengunjung setiap harinya (sumber traffic), apakah dari pencarian organik, social media, paid ads ataukah yang lainnya.

Pada menu laporan perilaku, Anda bisa melihat situs mana yang paling banyak di kunjungi dan juga bagaimana alur perilaku yang biasanya dan masih ada fitur-fitur GA lain yang sangat bermanfaat.

3. Google Trends

Riset kata kunci menjadi salah satu hal yang wajib di lakukan untuk mengembangkan situs. Masih dari Google, kini ada Google trends yakni tools SEO yang berguna untuk melakukan riset kata kunci dan topik-topik apa saja yang sedan g populer saat ini. Google trends juga bisa Anda gunakan secara gratis.

Jika Anda sudah punya akun google dan sudah mendaftar di Google Analytics atau Google Console, maka Anda tidak perlu lagi mendaftar untuk akses masuknya.

Pada halaman beranda Anda bisa langsung mengetikan topik yag ingin Anda tulis lalu enter. Voila! Akan muncul data-data minat secara waktu, sub wilayah, query terkait dan topik-topik terkait lainnya.

Anda juga bisa membandingkan kata 1 kata kunci topik tersebut dengan kata kunci topik lainnya.

Bagi kamu yang baru membuat blog, khususnya blog wordpress, bisa membaca bagaimana cara membuat artikel pertama kali di wordpress.

4. Yoast

tolls seo yoast
Yoast

Yoast adalah salah satu plug in SEO di WordPress yang tidak boleh di lewatkan oleh para blogger. Selain gratis, Yoast ini tentunya memberikan informasi yang sangat penting untuk sebuah situs dengan memberikan scoring terhadap konten-konten dan halaman yang di buat. Scoring tersebut dilihat dari segi SEO maupun keterbacaan.

Ada beberapa aspek yang di lihat oleh Yoast untuk menilai konten atau halaman. Scoring tersebut bisa Anda lihat dengan beberapa simbol.

Yoast akan memberikan simbol berwarna hijau untuk konten yang sudah bagus dari segi SEO dan keterbacaan, warna oranye untuk konten yang kualitasnya lebih rendah (cukup), dan warna merah jika konten Anda di nilai kurang bagus dan harus di perbaiki. Tidka perlu panik jika konten Anda di beri warna merah, karena tentu saja Yoast akan memberi tahukan poin apa yang harus di perbaiki.

5. SEMRush

SEMRush nampaknya menjadi tools SEO yang sudah dikenal banyak blogger. SEMRush mempunyai fitur-fitur gratis maupun berbayars yang bisa kita manfaatkan untuk mengoptimalkan SEO. Salah satu fitur gratisnya adalah “Keyword Magic Tool”.

Ini adaalah fitur untuk meriset keyword yang akan kita gunakan. Kita bisa menemukan variasi dan padanan kata yang sesuai dengan keyword yang kita gunakan serta tentu saja melihat detail data trendnya secara lengkap.

SEMRush ini bisa sangat membantu dalam membuat konten untuk situs Anda. Ada juga fitur untuk kualitas konten situs dengan menu “SEO Writing Assistant” yang bisa melihat readibbility dan SEO.

Namun Anda juga bisa mendapatkan penelaian dari segi originalitas dan juga konsistensi penggunaan nada suara pada konten jika mengupgrade akun SEMRush Anda.

6. Ubersuggest

tools gratis ubersuggest
Ubersuggest

Tools riset keyword (kata kunci) lainnya adalah Ubersuggest. Anda bisa masuk ke situs neilpatel.com untuk menggunakan tools SEO gratisnya.

Ada 3 fitur utama yang di miliki Ubersuggest, diantaranya : Keyword Analyzer, Competitive Analysis dan SEO Explorer. Jadi selain riset keyword, Anda juga bisa melakukan analisis komparatif untuk mengukur tingkat persaingan pada Anda.

Misalnya Anda pasti ingin tahu situs mana yang punya kesamaan dengan situs Anda. Nah, di Ubbersuggest ini ada menu yang namanya “Similar Website” yang bisa menemukannya dengan otomatis. Tapi untuk bisa menikmati fitur ini dan fitur lain di Ubersuggest selengkapnya Anda harus upgrade subscription (berbayar).

Selain itu, untuk bisa membaca dan menganalisi data-data yang tersedia, tentunya kita butuh wawasan atau ilmu bukan?

Nah, ternaytaa Ubersuggest juga menyediakan layanan konsultasi seputar SEO, Content Marketing dan juga Paid Media. Anda juga bisa mengatur bugdet yang Anda sediakan untuk mendapatkan layanan ini.

7. LSI Graph

Selain Ubersuggest, untuk meriset kata kunci SEO secara gratis Anda juga bisa menggunakan tools yang bernama LSI Graph.

Seperti namanya (Latent semantic indexing) LSI Graph ini merupakan tools yang cenderung berfungsi untuk mencari pengindeksan semantik laten pada kata kunci. Artinya, kita bisa menemukan padanan kata yang banyak di cari berdasarkan penggunaan kata kunci utama.

LSI Graph akan sangat membantu Anda mencari inspirasi konten. Cara menggukannya pun sangat mudah, tanpa log in atau registrasi, Anda bisa langsung melakukan pengecekan keyword.

Misalnya Anda ingin mengetahui keyword “keuangan”, maka ketika di enter akan langsung muncul data-data seputar daftar topik yang sering di cari, bagaimana trendnya, dan situs-situs yang membuat konten-konten seputar keyword tersebut dan paling banyak di kunjungi. Tapi pengecekan tanpa log in ini punya limit 3 kali saja sehari.

8. Answer The Public

tools seo answer the public
Answer The Public

Tools yang satu ini agak berbeda dengan tools yang sudah kita bahas sebelumnya. Answer The Public berfungsi untuk mengumpulkan data apa saja yang sering di tanyakan orang-orang lewat berbagai forum beserta kata kunci apa yang sering gunakan untuk menanyakan topik tersebut. Misalnya seperti Quora, Reddit, sosial media, dan blog.

Selain itu, Answer The Public juga melakukan riset perbandingan kata kunci (versus keyword). Fitur ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan SEO versus keyword biasanya tidak terlalu banyak pesaing, tapi juga banyak di cari. Dengan begitu situs Anda punya kesempatan yang lebih besar untuk berkembang.

9. Animalz Revive

Kalau tools yang bernama Animaz revive ini, akan membantu Anda menemukan konten-konten yang perlu Anda update, upgrade ataupun keduanya.

Animalz Revive juga bisa menunjukan seberapa banyak Anda kehilangan visitor atau pengunjung karena tidak mengupdate konten-konten lama Anda. Animalz revive akan mengambil data dari Google Analytics Anda, jadi pastikan ANda sudah mendaftarkan situs Anda di GA.

Tentunya hal ini akan membantu Anda mempertahankan pengunjung blog dan meningkatkan performa situs. Nah, jika Anda penasaran, coba langsung kunjungi di revive.animalz.co.

Baca juga artikel seputar SEO lainya, Cari Uang Online dengan Blogging Pentingnya Riset Keyword untuk SEO.

Penutup

Itulah beberapa tools SEO yang banyak di gunakan oleh para praktisi SEO dan marketing. Keren-keren ya? Ke 9 daftar tools SEO di atas bisa banyak kok yang bisa Anda akses secara gratis namun ada juga yang menawarkan layanan berbayar. Tentunya layanan berbayar punya fitur yang lebih canggih dan lengkap dari pada yang gratis. Tapi apakah mau menggunakan layanan gratis atau berbayar semuanya di tentukan pada kebutuhan Anda.

Untuk pemula, di sarankan mencoba dulu tools SEO gratis, jika sudah tahu bagaimana cara kerja dan mengolah datanya maka Anda bisa me-list fitur seperti apakah yang bisa membantu Anda mengembangkan blog lebih dari hari ini. Jika fitur tersebut Anda temukan pada layana berbayar, barulah cari tools SEO berbayar yang tepat.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar